alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5227c472a4cb17d92e000006/rekening-bank-amp-hotel-milik-shahabat-nabi
REKENING BANK & HOTEL MILIK SHAHABAT NABI...?!
APAKAH Anda tahu kalau sahabat nabi khalifah Utsman bin Affan adalah seorang pebisnis yang kaya raya, namun mempunyai sifat murah hati dan dermawan. Dan ternyata beliau radhiallahu ‘anhu sampai saat ini memiliki rekening di salah satu bank di Saudi, bahkan rekening dan tagihan listriknya juga masih atas nama beliau.

Bagaimana ceritanya sehingga beliau memiliki hotel atas namanya di dekat Masjid Nabawi..??

youtube-thumbnail


Diriwayatkan di masa Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam, kota Madinah pernah mengalami panceklik hingga kesulitan air bersih. Karena mereka (kaum muhajirin) sudah terbiasa minum dari air zamzam di Mekah. Satu-satunya sumber air yang tersisa adalah sebuah sumur milik seorang Yahudi, SUMUR RAUMAH namanya. Rasanya pun mirip dengan sumur zam-zam. Kaum muslimin dan penduduk Madinah terpaksa harus rela antri dan membeli air bersih dari Yahudi tersebut.

Prihatin atas kondisi umatnya, Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam kemudian bersabda : “Wahai Sahabatku, siapa saja diantara kalian yang menyumbangkan hartanya untuk dapat membebaskan sumur itu, lalu menyumbangkannya untuk umat, maka akan mendapat surgaNya Allah Ta’ala” (HR. Muslim).

Adalah Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu yang kemudian segera bergerak untuk membebaskan sumur Raumah itu. Utsman segera mendatangi Yahudi pemilik sumur dan menawar untuk membeli sumur Raumah dengan harga yang tinggi. Walau sudah diberi penawaran yang tertinggi sekalipun Yahudi pemilik sumur tetap menolak menjualnya, “Seandainya sumur ini saya jual kepadamu wahai Utsman, maka aku tidak memiliki penghasilan yang bisa aku peroleh setiap hari” demikian Yahudi tersebut menjelaskan alasan penolakannya.

Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu yang ingin sekali mendapatkan balasan pahala berupa Surga Allah Ta’ala, tidak kehilangan cara mengatasi penolakan Yahudi ini.

“Bagaimana kalau aku beli setengahnya saja dari sumurmu” Utsman, melancarkan jurus negosiasinya.
“Maksudmu?” tanya Yahudi keheranan.
“Begini, jika engkau setuju maka kita akan memiliki sumur ini bergantian. Satu hari sumur ini milikku, esoknya kembali menjadi milikmu kemudian lusa menjadi milikku lagi demikian selanjutnya berganti satu-satu hari. Bagaimana?” jelas Utsman.

Yahudi itupun berfikir cepat,”… saya mendapatkan uang besar dari Utsman tanpa harus kehilangan sumur milikku”. Akhirnya si Yahudi setuju menerima tawaran Utsman tadi dan disepakati pula hari ini sumur Raumah adalah milik Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu.

Utsman pun segera mengumumkan kepada penduduk Madinah yang mau mengambil air di sumur Raumah, silahkan mengambil air untuk kebutuhan mereka GRATIS karena hari ini sumur Raumah adalah miliknya. Seraya ia mengingatkan agar penduduk Madinah mengambil air dalam jumlah yang cukup untuk 2 hari, karena esok hari sumur itu bukan lagi milik Utsman.

Keesokan hari Yahudi mendapati sumur miliknya sepi pembeli, karena penduduk Madinah masih memiliki persedian air di rumah. Yahudi itupun mendatangi Utsman dan berkata “Wahai Utsman belilah setengah lagi sumurku ini dengan harga sama seperti engkau membeli setengahnya kemarin”. Utsman setuju, lalu dibelinya seharga 20.000 dirham, maka sumur Raumahpun menjadi milik Utsman secara penuh.

Kemudian Utsman bin Affan Radhiyallahu ‘anhu mewakafkan sumur Raumah, sejak itu sumur Raumah dapat dimanfaatkan oleh siapa saja, termasuk Yahudi pemilik lamanya.

Setelah sumur itu diwakafkan untuk kaum muslimin…

REKENING BANK & HOTEL MILIK SHAHABAT NABI...?!

dan setelah beberapa waktu kemudian, tumbuhlah di sekitar sumur itu beberapa pohon kurma dan terus bertambah. Lalu Daulah Utsmaniyah memeliharanya hingga semakin berkembang, lalu disusul juga dipelihara oleh Pemerintah Saudi, hingga berjumlah 1550 pohon.

Selanjutnya pemerintah, dalam hal ini Departemen Pertanian Saudi menjual hasil kebun kurma ini ke pasar-pasar, setengah dari keuntungan itu disalurkan untuk anak-anak yatim dan fakir miskin, sedang setengahnya ditabung dan disimpan dalam bentuk rekening khusus milik beliau di salah satu bank atas nama Utsman bin Affan, di bawah pengawasan Departeman Pertanian.

wakaf sahabat usman Rekening dan Hotel Atas Nama Khalifah Utsman bin Affan

Begitulah seterusnya, hingga uang yang ada di bank itu cukup untuk membeli sebidang tanah dan membangun hotel yang cukup besar di salah satu tempat yang strategis dekat Masjid Nabawi.

Bangunan hotel itu sudah pada tahap penyelesaian dan akan disewakan sebagai hotel bintang 5. Diperkirakan omsetnya sekitar RS 50 juta per tahun. Setengahnya untuk anak2 yatim dan fakir miskin, dan setengahnya lagi tetap disimpan dan ditabung di bank atas nama Utsman bin Affan radhiyallahu anhu.
bukti :

REKENING BANK & HOTEL MILIK SHAHABAT NABI...?!
[QUOTE][CENTER]sumber[/CENTER][/QUOTE]



MASYAA ALLAAH... SUPER SEKALI emoticon-Smilie

pertamax

just share...

SORRY KALO ADA KEKURANGAN..

MAKLUM POST VIA MOBILE emoticon-Big Grin

semoga bermanfaat emoticon-Smilie

komen dari agan2 :

Quote:Original Posted By vodgi
pernah liat ceritanya dulu di trans 7. orang yang sangat murah hati gan emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By superkatzer
umat islam harusnya bisa mencontohnya, jadi pengusaha kaya tapi jg dermawan. ane kadang sedih kenapa islam identik dengan kemiskinan dan kemalasan.


Quote:Original Posted By ramon1979
Wew luar biasa gan... emoticon-Matabelo
Masya Alloh, kejadiannya bermula seribu empat ratusan thn yg lalu tp bukti nyatanya dpt dilihat hingga kini emoticon-Angkat Beer


Quote:Original Posted By gloindark
Nice story. Rasul SAW dan para sahabatnya memang patut dijadikan tauladan atas sifat dan sikapnya gan.
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Sundul Up


Quote:Original Posted By rzxq
subhanallah..ane gak nyangka,jasa usman dizaman rasulullah masih dikenang sampai sekarang
emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By bobabiz
keren gaann,, ane terinspirasi banget sma cara negosiasinya..
Dongeng yang bikin ngantuk.
Subhanallah, keren banget gan emoticon-Matabelo patut kita contoh nih yang kaya gini
Quote:Original Posted By senopati994
Dongeng yang bikin ngantuk.


ngantuk? tidur obatnya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By woolsey
Subhanallah, keren banget gan emoticon-Matabelo patut kita contoh nih yang kaya gini


yoi gan... mau jadi pengusaha kaya kayak utsman bin 'Affan? emoticon-Smilie
Jadi panas mata ane gan
emoticon-Hammer (S) pantes post pakai hp
Hebat yah..emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ivanday
Jadi panas mata ane gan


siram pakai air gan emoticon-Smilie
ketika seseorang meninggal dunia, terputuslah segala perbuatan dosa kecuali 3 hal
1. Amal jahiliyah (membuat rumah bordir/bar/dll)
2. Ilmu yang tidak bermanfaat (santet/pelet/uang balik/dll)
3. Anak yg durhaka
subahanallah
ternyata sahabat nabi ada rekeningnya juga y gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By mooney
emoticon-Hammer (S) pantes post pakai hp


begini lah yg ane bs gan... lg di desa soalnya emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By senopati994
Dongeng yang bikin ngantuk.


hari gini masih ada orang yg sentimen ye ma tokoh agama....jalannya mundur kali...emoticon-Ngakak
Wew luar biasa gan... emoticon-Matabelo
Masya Alloh, kejadiannya bermula seribu empat ratusan thn yg lalu tp bukti nyatanya dpt dilihat hingga kini emoticon-Angkat Beer
mana ad org kyk sahabat utsman jaman skrg..
Quote:Original Posted By whitehat60
Hebat yah..emoticon-Matabelo


iya gan emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ramon1979
Wew luar biasa gan... emoticon-Matabelo
Masya Alloh, kejadiannya bermula seribu empat ratusan thn yg lalu tp bukti nyatanya dpt dilihat hingga kini emoticon-Angkat Beer


Iya gan... 'AMAL JARIYAH YANG TAK TERPUTUS...mantaaab emoticon-Matabelo
ahli surga gan..g putus2 amalnya..subhanallah
muda2han ga ada yang korupsi