alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52279f3ef9ca172909000008/action-class-bergerak-untuk-sinetron-indonesia
[ACTION CLASS] Bergerak untuk sinetron Indonesia
Kenapa threadnya dikasih nama action class?

(1) Karena ini dirancang untuk beraksi=melakukan sesuatu. Udah banyak thread yg ngomongin soal payahnya sinetron lokal.



Hujatannya gak kira-kira, semua empet, semua udah jengah
emoticon-Najis
Masalahnya, ada gak pengaruhnya ke kualitas sinetron lokal?
Coba search di google dengan wording "sinetron indonesia" > hasil output Goooogle nya di tiap huruf "o" sudah bisa ditebak gimana isinya
ada tulisan bahkan mencantumkan bahwa sinetron dlm 10 – 20 thn ini kualitasnya benar2 memprihatinkan secara rata2.

10 - 20 thn!!!
Bayangkan selama ini tayangan dengan kualitas seperti ini memasuki sebagian besar ruang keluarga Indonesia, melakukan indoktrinasi secara tidak langsung untuk membentuk pola pikir dlm keluarga.
10 – 20 thn itu artinya nyaris 2 generasi, hidup berdampingan dgn tayangan layar kaca seperti ini. Apa iya gak ada pengaruhnya terhadap gmn kelakuan anak2 sekarang. Cinta cinta cinta, penampilan luar digeber maksimal, punya ini itu melambangkan identitas diri. Gak heran bnyknya anak sma yg menjajakan diri demi iphone terbaru

Dan sinetronis (pelaku sinetron) kita tidak melakukan improvement yg berarti dlm kurun waktu selamaaaa ini, nyaman dgn komunitas eksklusif mereka krn toh putaran uangnya menggiurkan. Bikin yg asal jadi aja dah dibeli stasiun tv ngapain repot2 bikin yg bagusan. Gini aja dah laku, klo nanti bikin yg gak ada
cerita amnesianya trus gak laku malah rugi jadinya

Jadi harusnya kita yg udah pada muak2 ini bisa lah berbuat sesuatu supaya siaran yg masuk rumah kita bisa layak ditonton bareng2 dgn keluarga

(2) alasan kedua adalah karena ini kebalikan dgn class action.
Class action menurut wiki:
is a form of lawsuit in which a large group of people collectively bring a claim to court and/or in which a group of defendants is being sued.
Intinya bersama2 ngusahain dapet return
Klo thread ini, saya pengen kita bersama2 mengusahakan untuk memberi (tenaga, pikiran, tulisan,waktu, mungkin jg uang). Syukur2 ada return nya.

“Tayangan lokal bukan masalah buat saya, dah bertahun2 saya langganan TV kabel, gk kenal sinetron lokal"
Sebagian besar kelas menengah atas juga berpikir sama saat ini. Nyaris rumah2 mereka atapnya tidak lagi dihiasi antena aerial yg mirip jerangkong itu. Diganti bentuk lingkaran dgn logo perusahaan satelit berbayar.
Tapi apa ya klo sekitar kita banjir trus kita diem aja dan masih nyaman dgn suasana nya?
emoticon-Bingung

dilanjutkan ya......
intinya sinetron dinegeri kita itu serba ga jelas kak emoticon-Embarrassment
"Terus kita bisa apa dengan kondisi ini?"
Yang kepikiran sama saya adalah kita bisa menulis mengenai dunia kita, mengenai profesi kita, mengenai sumbangsih profesi ini untuk negara, mengenai problemanya bahkan usulan perbaikannya.
Udah banyak banget buku2 lucu dan bagus hasil tulisan blog yg dibukukan. Boleh cek di gramedia deh. Contoh yang bisa saya catut adalah:

Spoiler for contoh:


Kenapa gak kita tulis aja skrip sinetron mengenai profesi kita? Skrip yg kuat adalah modal bikin sinetron yg berkualitas
bayangkan:
kualitas skrip sekelas House or ER yg ditulis dokter yg lagi PTT di puskesmas kalijodo. Kartu sehat diperkenalkan, pasien mbludak, dokter kurang, cuma bisa diagnosa kurang dr 3 menit per pasien. Klo salah diagnosa, dihujatnya abis2an. Bahwa profesi dokter bukan hanya keglamoran tp ada proses dan tanggung jawab sosial yang berat. Tawarkan solusi framework jaminan kesehatan yang membumi
atau
skrip sekelas CSI yang berangkat dari kegundahan seorang polisi. Profesi yang sering dihujat dan jarang terangkat kebaikannya. Klo di sinetron sekarang perannya cuma ditampilkan buat nangkep tokoh antagonis di akhir cerita. Padahal ada proses penyelidikan dan pembuktian perkara di dalamnya yang orang awam gak tau. Tawarkan solusi perbaikan yg mampu mengangkat pamor polisi (masak kalah sm satpol pp nya jokowi, yg sampe dibuatin lapsus sm detik)
atau
menyoroti kasus hukum yang kadang ajaib buat orang awam.Kita mungkin lebih familier dengan sistem pengadilan dgn juri daripada gmn proses pengambilan keputusan hakim di Indonesia.
Anda yg pengacara atau yang berkecimpung di pengadilan bisa mengangkat banyak tema dari dunia ini. Beberkan kebusukannya (tinggal kasih catetan di akhir cerita: All characters in this publication are fictitious and any resemblance to real persons, living or dead, is purely coincidental)
atau
Sapa yang tau klo dunia web programming itu fun? Kalo programmer itu bs bikin joke among themselves yg seru bgt. Stereotipnya programmer=nerd.
atau
perbaikan birokrasi di pemerintahan dari anda yang tau bgt dalemannya sebagai PNS karena
setiap hari ada di situ. Disampaikan dgn ringan kayak 1600 Penn or serius kayak West Wing
atau
mengangkat masalah budaya nasional yang terpinggirkan kayak Si Doel anak Betawi seri 1 ( seri berikutnya lebih cocok dikasih judul si Doel playboy Betawi, yg dbahas cinta2an mulu). Sinetron seri 1 ini bener2 mengangkat kenyataan Betawi sampe org jd noleh soal susahnya njaga gambang kromong supaya tetep ada yg mainin, marjinalisasi pemuda betawi macem Mandra, ...
atau
susahnya punya usaha d indonesia. Gimana punya buruh yang kurang produktif tapi rajin demo. Sumbangan macem2 dari iuran keamanan lingkungan, acara 17an sampe acara khitanan pak lurah. Dan tetep bisa survive!

Banyak hal yang diangkat ke permukaan supaya orang bisa melihat kenyataannya, bisa melakukan perbaikan, mendorong supaya berbuat lebih lagi.
Bayangkan efek yang dihasilkan sinetron sekelas ini buat negara yang kita cintai ini.
Lagipula, orang lebih tertarik untuk menyerap pengetahuan dalam kemasan yg menarik melalui acara TV yg lebih casual daripada acara talkshow dgn narasumber yg jadi omong doang

Demi Indonesia yg lebih baik!!

“Saya ada pekerjaan utama seharian,trus punya anak yg lagi lucu2 nya bla bla bla”
Satu hari adalah 24 jam buat smua org.
Org yg satu bisa mengubah hidup dari tukang asongan menjadi usaha beromzet puluhan juta sehari sementara orang lain tetep jadi karyawan dengan gaji sedikit di atas UMR dan trus2an ngedumel gajinya gak cukup.
Ini masalah mengelola waktu. Ini masalah memanfaatkan ksempatan. Isu klasik soal gak ada waktu untuk tidak bertindak apa2.
Coba itung berapa waktu yang kepake untuk:
• bengong or tidur d bis, kereta or nunggu pesawat
• waktu kongkow2 gk jelas sm temen2 yg gk jelas jg (bukan berarti ngobrol2 bareng temen gk
• penting lho)
• nongkrong d bengkel modif motor or mobil pas weekend
• ngurusin komunitas fan bintang sinetron
• bahkan waktu sia2 yg dipake buat nonton sinetron lokal trus menghujat habis2an di forum
Screenwriting(scenario) bisa juga dikerjakan berkolaborasi dengan temen2 kok. Itulah gunanya temen2 seperjuangan. Temen itu bukan cuma buat dieksploitasi jadi downline MLM.
Banyak art project yg dikerjakan secara kolaborasi tanpa pengerjanya pernah bertemu muka satu sama sekali. Teknologi web based memudahkan hal ini
Ini salah satunya contohnya:

Spoiler for Kolaborasi:


Harusnya ngerjain skrip sinetron jg bisa dgn cara yg sama.
Ada yg merancang cerita, membagi2 dalam babak dan karakter, menulis detail adegan. Intinya kerjaan besar bisa dibagi2 dalam unit2 kecil yg bisa dikerjakan secara simultan dan independen.
Jangan lupa set target date sesuai jadwal masing2 biar terkontrol waktu penyelesaiannya.
Tapi emang tetep perlu blajar bikin skrip yg bagus dan kuat karakternya. Browsing2 aja. Emang lebih banyak situsnya di Amrik karena profesi ini dah mapan banget di sana. Beberapa contoh:

"Terus bagaimana memulainya?"
Saya nemu situs yg peruntukannya memang buat screenwriting.
Plotbot.com. emoticon-thumbsup
Pas banget jg buat nulis skrip secara kolaborasi.
Tinggal create account trus langsung mulai nulis.
Klo mau joinan ya tinggal request aja ke project penulisan yg lain
Tutorialnya:

Spoiler for Plotbot tutorial:


Trus saya kepikiran perlu juga satu web untuk menampung seluruh plot yang kita masing2 sudah susun
1. Biar gampang jd rujukan buat yang tergerak untuk memproduksinya, jadi lbh mudah buat marketing campaign nya
2. Buat tempat nongkrong sesama screenwriter, berbagi ilmu nulis skrip atau cari ide kalo pas mentok
Saya lagi coba2 CMS yg cocok buat keperluan ini, pengennya yg dah jadi aja tinggal custom dikit. lagi cobain Wordpress karena kayaknya gampang didukung banyak plugin. Maklum lah saya jg bukan IT expert. Jadi kalo ada yg berkenan membantu setting web nya ya kontak saya aja

"Ada benefitnya gak?"
Sebagai gambaran dari tulisan di bawah ini, kira - kira 1 episode seorang scriptwriter dihargai Rp 2 juta buat sinetron durasi 1 jam
Di amrik jauh lbh tinggi, palagi untuk serial jd booming.

Kutipan dari http://hiburan.kompasiana.com/televi...r--573955.html
"Sementara honor seorang scriptwriter seperti serial televisi Desperate Housewivesminimal mendapat US$ 30.823 per episode. Itu kondisi kalo freelance. Kalo menggunakan sistem kontrak, scriptwriter dibayar minimal US$ 2.890 sampai US$ 3.688 per minggu. Dengan asumsi, mereka kerja selama 7 hari dalam seminggu. Selain gaji, sriptwriter memperoleh royalti 50% pembayaran kalo serial-nya diputar ulang (rerun) yang kedua kali, lalu 40% diputar ulang yang ketiga kali, dan seterusnya. Luar biasa bukan? Makanya banyak scriptwriter di AS juga cukup kaya. Marc Cherry dan Shonda Rhimes, misalnya. Nilai kontrak mereka sebagai scriptwriter pada November 2007 senilai US$ 5 juta per tahun."

Namun demikian, saya mengharapkan kita jangan berfokus ke situ. Anggap lah itu sebagai bonusnya jika kejadian demikian.
Yang penting adalah kualitas tayangan lokal yang mumpuni, menggerakkan seluruh komponen bangsa ke arah yang lebih baik. Saya kira legasi semacam itu yang pada akhirnya dapat kita banggakan daripada sekedar nilai uangnya. Saat kita bisa berkata bahwa saya ikut di dalam
kegerakan itu.

"Gimana kalo dah bikin capek2 tapi tetep aja gak ada production house yang mau memproduksi?"
Ya kita usahakan bisa kita produksi sendiri
Kita bikin aja pooling skenario terbaik yg akan kita produksi sendiri
Blajar dari pembuatan film “Atambua 39 derajat”, bisa koq kita ajakin orang saweran untuk mendanai sinetron kita lewat wujudkan.com
Tinggal atur aja gimana pembagian benefitnya

"Kalo gk ada stasiun TV yg mau beli?"
Nalarnya sih pasti ada yg beli.
Dengan dana saweran artinya dah ada promosi duluan untuk sinetron yg berhasil diproduksi. Dah pasti ratingnya bagus karena ada org banyak merasa memiliki.
Tapi kalo pun gak ada yg mau menayangkan, kita upload aja di youtube, klo bagus pasti hit nya gede
Dan akhirnya tetep bisa jadi stimulan untuk sinetron lain bergerak k arah yg lebih baik

Ini hanya sekedar ide krn cinta pada bangsa yg hebat ini.......emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By miss..beeanca90
intinya sinetron dinegeri kita itu serba ga jelas kak emoticon-Embarrassment


sebenernya justru jelas bgt koq sinetron lokal itu.
  • Alur nya jelas sampe gampang bgt ketebaknya
  • Cara bikinnya juga jelas: jelas2 asal aja yg penting stasiun TV beli.
  • yang beli juga jelas: stasiun TV yang dgn alesan klasik menuruti selera pasar tanpa mengedepankan faktor leverage nya terhadap komponen bangsa

dan pelaku2 ini dah nyaman dengan kondisi yg ada
mknya perlu aksi untuk menggoyang zona nyaman ini
Good luck gan emoticon-Cool
ane tempel doa terbaik ane -buat ente emoticon-Cool
dah beli domain nh, pgn nya komplot.com (komunitas plot), tp dah diambil org. jd beli komplotan.com. hosting k idhostinger yg gratisan. kayaknya bsk dah bisa aktif