alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5227782e40cb17ca1e000001/new-tips-lolos-tes-cpns-kementerian-luar-negeri-pendaftaran-3-17-september-2013
(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)
(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)
Pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah dibuka. Akan direkrut 150 CPNS baru yang akan dipekerjakan di lingkungan Kementerian Luar Negeri RI dan Perwakilan RI di Luar Negeri.


Registrasi online melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id mulai tanggal 3 September 2013 sampai 17 September 2013.
Tahapan Tes CPNS Kementerian Luar Negeri
Quote:Pelaksanaan tes CPNS Kemlu melewati beberapa tahapan. Tahapan-tahapan yang harus dilalui ini menggunakan sistem gugur bagi peserta yang gagal dan tidak sesuai dengan ketentuan yang diinginkan Kementerian Keuangan. Berikut adalah tahapan yang harus dilalui dalam tes ini.

1. Tahap seleksi administrasi

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

Quote:Memeriksa kelengkapan dokumen2. Dokumen yang diperlukan dapat dibaca di pengumuman lowongan. Biasanya yang diminta adalah fotokopi dokumen yang asli dan yang sudah dilegalisir . Biasanya minimal IPK pada jenjang S1 adalah minimal 2,75; apabila S2 dan S3 adalah minimal 3.
Penting : Surat keterangan lulus (SKL) TIDAK bisa diterima


2. Test Tertulis

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

Quote:
  1. Tes Kompetensi Dasar (meliputi wawasan kebangsaan, intelejensi umum, dan tes karakteristik pribadi), dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 30 September – 9 Oktober 2013. Tempat pelaksanaan ujian akan ditentukan kemudian.
  2. Tes Kompetensi Bidang (meliputi masalah nasional, internasional dan pengetahuan umum yang akan dilaksanakan dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris), dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 26 Oktober 2013

Materi yang PALING SERING KELUAR adalah :
  • Wawasan nusantara
  • Politik luar negeri bebas aktif
  • ASEAN
  • Indonesia di Organisasi Internasional (terutama PBB, WTO, OKI, Gerakan Non Blok dan APEC)
  • Isu-isu ekonomi terutama G-20
  • Interfaith dialogue


Akan ada soal essay. Bagi S1 dapat memilih 3 soal essay, S2 dapat memilih 4, sementara S3 harus mengisi semuanya. Pilih yang kira2 dikuasai dan dijawab dengan analisis yang lengkap selengkap-lengkapnya.


3. Test Kemampuan Bahasa Asing

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

Quote:
Ujian Kemampuan/Penguasaan Bahasa Inggris dan/atau Bahasa PBB Lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia) dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea). dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 November 2013. Agan bisa milih bahasa yang agan kuasai
TIPS nya :
  • Kira-kira 90% dari yang melamar Kemlu memilih tes bahasa Inggris.
  • Bentuk tesnya memakai tes EPT dari LIA (mirip dengan TOEFL yang paper based)
  • Mengambil tes bahasa lain juga bisa dilakukan kalau agan merasa ahli
  • Jangan ambil tes bahasa lain kalau kemampuan masih di level dasar. Karena agan akan kalah sama anak2 jurusan sastra



4. Pemeriksaan Psikologi dan Wawancara

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

Quote:
  • Psikotestnya terdiri dari menggambar pohon, tes Pauline (ketahanan kerja), dll.
  • Karena waktunya 1 hari dan padat, siapkan stamina yang cukup sebelum tes dilaksanakan.
  • Tes selanjutnya dilakukan dalam bentuk wawancara.
  • Pertanyaan yang ditanyakan biasanya berkaitan dengan pekerjaan terdahulu (kalau sudah pernah bekerja), penyelesaian dalam menghadapi skenario tertentu dalam pekerjaan, dan hal2 semacamnya.



5. Tahap tes kesehatan & Kebugaran

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

Quote:Dalam tahap ini, peserta tes hanya perlu membawa pakaian olahraga dan badan yang sehat. Sebab, mulai dari mata hingga kaki peseta akan dites kualitas kesehatannya. Pastikan juga saat melaksanakan tes lari mengitari lapangan yang ditentukan, berlarilah dengan konsisten. Jika lelah, tetaplah berlari-lari kecil. Usahakan untuk tidak terlihat sedang berjalan.
TIPS :
  • Berlatihlah berlari 10 menit tanpa henti minimal seminggu sebelum test utk menguatkan nafas
  • Berlari membentuk angka 8 sebanyak mungkin dalam 5 menit
  • Bawalah kacamata bagi agan yang minus
  • Buta warna parsial masih bisa diterima, kecuali buta warna total



Okey Gan, segitu dulu dari saya. Mudah2an agan lolos jadi PNS Kementerian Luar Negeri !

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)


NB : Soal-Soal CPNS Kementerian Luar Negeri
pake joki aja deh kak emoticon-Embarrassment



@beeanca90


(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)
nice info gan emoticon-Big Grin
ane coba ke tekape ah sapa tau beruntung emoticon-Ngacir

Tes tes tes

Tes tes tes
Quote:Original Posted By BBGES
nice info gan emoticon-Big Grin
ane coba ke tekape ah sapa tau beruntung emoticon-Ngacir


bener gan, kapan lagi bisa jadi PNS, jalan2 ke luar negeri & dibayarin negara lagi

emoticon-Matabelo ane belum lulus om emoticon-Matabelo
pengen jadi pns juga sih om emoticon-Matabelo ..begitu amazing om emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-thumbsup
Quote:Original Posted By bandungweb
bener gan, kapan lagi bisa jadi PNS, jalan2 ke luar negeri & dibayarin negara lagi

Registrasi online melalui situs https://e-cpns.kemlu.go.id mulai tanggal 3 September 2013 sampai 17 September 2013.
Quote:Original Posted By miss..beeanca90
pake joki aja deh kak emoticon-Embarrassment



@beeanca90


(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)

bisa aja mba ini
Quote:Original Posted By sabonjemek
emoticon-Matabelo ane belum lulus om emoticon-Matabelo
pengen jadi pns juga sih om emoticon-Matabelo ..begitu amazing om emoticon-Blue Guy Smile (S)emoticon-Blue Guy Peaceemoticon-thumbsup

bener gan. tp lebih baik lg jd wirausaha gan. bisa menggaji pegawai sendiri
Quote:Original Posted By zobain
mantep gan..... thanks infonya...... emoticon-Ngacir ke tkp

(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)


sip gan..mana tau lagi hoki gan
yang ga keterima jangan sedih yah
coba lg ajah tahun depan
ga usah bikin thread nyinyir yg jelek2in PNS jg hiihihi

TS nya keren nih bikin tips
semoga bermanfaat
Pertanyaan yang ditanyakan biasanya berkaitan dengan pekerjaan terdahulu (kalau sudah pernah bekerja), penyelesaian dalam menghadapi skenario tertentu dalam pekerjaan, dan hal2 semacamnya.
Quote:Original Posted By iktikafsenja
yang ga keterima jangan sedih yah
coba lg ajah tahun depan
ga usah bikin thread nyinyir yg jelek2in PNS jg hiihihi

TS nya keren nih bikin tips
semoga bermanfaat

setuju sist. tp memang wirausaha lebih baik dr pns
Supported by :
(New) Tips Lolos Tes CPNS Kementerian Luar Negeri (Pendaftaran 3-17 September 2013)
Ujian Kemampuan/Penguasaan Bahasa Inggris dan/atau Bahasa PBB Lainnya (Arab, Spanyol, Cina, Perancis, dan Rusia) dan/atau bahasa asing lainnya (Jepang, Jerman, dan Korea). dijadwalkan akan dilaksanakan pada tanggal 6 – 8 November 2013. Agan bisa milih bahasa yang agan kuasai
Pertanyaan yang ditanyakan biasanya berkaitan dengan pekerjaan terdahulu (kalau sudah pernah bekerja), penyelesaian dalam menghadapi skenario tertentu dalam pekerjaan, dan hal2 semacamnya.
info bagus nih yang mau masuk pns emoticon-Big Grin
bnykin doa aja gan emoticon-Malu
Pendaftaran CPNS Kementerian Luar Negeri (Kemlu) sudah dibuka. Akan direkrut 150 CPNS baru yang akan dipekerjakan di lingkungan Kementerian Luar Negeri RI dan Perwakilan RI di Luar Negeri.
Quote:Original Posted By doktercabuls
bnykin doa aja gan emoticon-Malu

setuju gan. kita berusaha, Tuhan yg menentukan