alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521eba32becb175a3f000010/foto-pria-ini-sukses-mendaki-semeru-dengan-berjalan-mundur
FOTO: Pria Ini Sukses Mendaki Semeru Dengan Berjalan Mundur!
Quote:FOTO: Pria Ini Sukses Mendaki Semeru Dengan Berjalan Mundur!


Beberapa hari yang lalu Merdeka mengulas sosok Iswahyudi atau Tarpin yang akan mendaki Gunung Semeru dengan cara berjalan mundur. Kemarin (27/8) Tarpin kembali ke Malang dan membawa kisah menarik atas aksinya. Bagaimana ceritanya?

Selama tiga hari sejak Sabtu (24/8) pagi, Tarpin mulai mendaki Gunung Semeru dengan cara yang unik dan berisiko, yakni berjalan mundur. Aksi tersebut diawali dengan penyematan spion sebagai alat untuk Tarpin melihat jalan dibelakangnya, oleh petugas Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Proses pendakian dengan jalan kaki mundur pun resmi dimulai.


FOTO: Pria Ini Sukses Mendaki Semeru Dengan Berjalan Mundur!


Tarpin dengan alat bantu spion untuk mendaki Gunung Semeru

Tarpin memulai perjalanannya dari Ranu Pani menuju Ranu Kumbolo yang jaraknya sekitar 17 km. Kemudian dilanjutkan menuju Kalimati. Setelah itu Tarpin bersama tim beristirahat dan camping di sana. Pada hari Minggu (25/8) pagi, pria kelahiran Malang, 1 Januari 1968 melanjutkan pendakian ke etape tiga yakni Kelik (di atas Arcopodo). Di sini prejalanan mulai menanjak.

Seluruh tim kembal beristirahat untuk mempersiapkan pendakian menuju puncak. Jarak dari Kelik menuju puncak cukup dekat yakni sekitar satu kilometer. Namun Tarpin dan tim memutuskan untuk mendaki setelah waktu subuh pada hari Senin (26/8), untuk menghindari gas beracun dari Gunung Semeru, mengingat gunung ini masih aktif.

Dengan keadaan jalan yang menanjak sekitar 45 derajat, Tarpin tetap semangat untuk mendaki. Jalanan yang tidak rata, penuh pasir dan berbatu tidak menyurutkan pria ini untuk terus melanjutkan perjalanan.

Akhirnya Tarpin sukses menapakkan kaki di puncak Mahameru. Ia berhasil mendaki Gunung setinggi 3.676 meter dari permukaan laut itu. "Saya sangat bersyukur karena keinginan yang sudah lama saya impikan bisa terwujud dengan dukungan dari teman-teman Gimbal Alas dan pihak lainnya," ungkap Tarpin.


FOTO: Pria Ini Sukses Mendaki Semeru Dengan Berjalan Mundur!


FOTO: Pria Ini Sukses Mendaki Semeru Dengan Berjalan Mundur!



Aksi Tarpin saat menuju puncak dan ketika menapaki puncak bersama tim Gimbal Alas Indonesia


Setelah menjejakkan kaki di puncak, ia dan tim kembali berjalan mundur untuk turun menuju Kelik. Mereka juga melakukan aksi bersih puncak Mahameru. Mereka memberi contoh pasa masyarakat dan pendaki dengan membersihkan sampah yang tertinggal di Gunung Semeru.

Tarpin tiba di Ranu Pani pada Selasa (27/8) dalam kondisi yang masih prima. Kehadiran Tarpin dan tim disambut oleh perwakilan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru, keluarga besar Gimbal Alas, BlueGrass Community, para pendakian juga warga setempat.

Aksi Tarpin ini sangat menginspirasi dan patut diacungi jempol. Ia harus berhadapan dengan banyak risiko yang bisa merenggut nyawanya sendiri. Tak sedikit orang yang mendaki Gunung Semeru secara normal tapi kemudian meninggal karena beberapa faktor seperti kecerobohan atau terpeleset. Ada pula risiko hipotermia, edema, dehidrasi saat melakukan pendakian terutama ketika mendekati puncak dengan kondisi oksigen yang makin menipis.

Tujuan Tarpin bukan untuk membuktikan kehebatan dalam mendaki. Ia ingin memberi contoh pada pendaki pemula mengenai prosedur pendakian yang baik, hidup di alam terbuka, dan aksi bersih gunung (membersihkan sampah). Ia bersama kalangan pecinta alam prihatin akan semakin banyaknya sampah di jalur pendakian Semeru.

Semoga di luar sana masih banyak Tarpin-Tarpin lain yang bisa memberi inspirasi dan peduli dengan lingkungan.


SUMBER




Ini baru pendaki gunung yang keren maha dahsyat ....

jalan mundur .... apa gak capek tuh ... emoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabelo
Jago tuh dia
lah jadi kaya undur undur gitu gan emoticon-Ngakak
Temen ane ikut partisipasi tuh gan

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia
Quote:Original Posted By d4nd1y88
Temen ane ikut partisipasi tuh gan

emoticon-I Love Indonesia emoticon-I Love Indonesia


teman ente yang mana gan ?? tunjukin dong ...

tuh kan ada foto-foto beberapa orang tuh emoticon-Matabelo
kalo emang bener bakal jadi pengalaman yang hebat ya pastinya emoticon-2 Jempol
ada yang ngrangkak ga Gan???emoticon-Bingung (S)
Ada yang pake tangan g jalannya...kalo ada keren tu , btuh brpa bulan buat bisa nyampe ampe puncak
emoticon-Matabelo ini baru keren Gan

semoga maksud dan tujuan beliau jadi inspirasi buat para pendaki yg lain ya
ini orang apa undur undur gan emoticon-Ngakak mantap dah ..
ah sial pict ngga muncul emoticon-Cape d... (S)
wah kapan2 coba mendaki semeru pakai tangan buat jalan
emoticon-Big Grin
jalan lurus aja sulit ama capeknya setengan mati gan ..apa lagi jalan mundur ...emoticon-Matabelo
Sukses buat sam tarpin ama team dari NgalasAdventure utk Pemecahan rekor jalan mundur emoticon-I Love Indonesiaemoticon-2 Jempol
buset dah kocak amat itu gan ada spionnya emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By touhouvania
wah kapan2 coba mendaki semeru pakai tangan buat jalan
emoticon-Big Grin


ane coba sambil tiduran gan .... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
salute... congrats buat doi.. emoticon-I Love Indonesia (S)
pasti ga menikmati pemandangan, soalnya harus konsentrasi, kalo ga konsen bisa bahaya tuh emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By FW1983


teman ente yang mana gan ?? tunjukin dong ...

tuh kan ada foto-foto beberapa orang tuh emoticon-Matabelo


Ngak muncul gan yang jelas namanya dwi mulyono pangilannya menyun doi arek2 malang n DIMPA muhamadiyah

ane blom dapet ijin nampilin kume doi di sini

salam kenal mas bro emoticon-Shakehand2
Hebat, daki gunung jalan mundur. Ane daki gunung pake jalan biasa az setengah mampus emoticon-Cape d...s
Naik-mundur, turun-mundur juga emoticon-Ngakak
Sukses bt mas Tarpin, dengan kemundurannya emoticon-Toast
×