supermancakep
TS
supermancakep
Mengenal Trik Penjualan di Supermarket dan Swalayan


Pada umumnya para peritel, pemilik supermarket atau swalayan menempuh banyak taktik untuk memancing pembelanja agar mau membeli produk-produk yang mereka tawarkan. Bahkwa terkadang produk tersebut tak terlalu dibutuhkan oleh para pembelanja.
Tips berikut ini diambil dari harian republika Selasa, 27 Agustus 2013 untuk membantu konsumen dalam mengenali trik-trik di supermarket agar bisa lebih bijak dan disiplin terhadap budjet belanjanya.

1. Produk kebutuhan harian biasanya terletak di bagian belakang.
Pengelola supermarket kebanyakan menempatkan bahan pangan pokok dan kebutuhan harian lainnya (kebutuhan seperti ini biasanya memiliki margin keuntungan yang tipis) di area paling belakang tokonya. Contohnya telur dan susu. Hanya bisa ditemukan setelah pembeli melewati lorong panjang yang berisi aneka ragam barang terpajang di kedua sisinya. Trik ini mengondisikan pembeli untuk melihat-lihat isi supermarket terlebih dahulu sebelum sampai pada area barang kebutuhan harian atau kebutuhan pokok.
So agar tidak tergoda membeli barang yang tidak penting, fokuskan mata dan langsung saja menuju bagian belakang.

2. Letak Produk dan pandangan mata
Coba ingat kembali, di manakah biasanya anda menemukan produk yang harganya lebih murah?
Biasanya pengelola supermarket meletakkan produk yang margin keuntungannya tinggi pada rak yang tingginya selevel dengan pandangan mata dan mudah dijangkau tangan. Cara ini sangat efektif ketika si pembeli sedang terburu-buru atau tidak memiliki waktu banyak untuk berbelanja.
Ingin mendapatkan harga yang lebih murah? Cobalah tengok barang-barang di paling bawah rak atau paling atas rak.

3. Ramah tamah kepada pembeli
Pengelola toko yang menjual barang mahal selalu mencari kesempatan untuk membuat orang berlama-lama di tokonya. Toko perhiasan, misalnya, akan menawarkan jasa pencucian cincin agar konsumen berkesempatan melihat koleksi aksesori mereka. Cara lain adalah dengan adanya pelayan yang memberikan cemilan atau minuman untuk memainkan sisi psikologis mereka yang mampir ke toko tersebut. Dengan menerima minuman tersebut, calon konsumen seolah memiliki kewajiban untuk membeli

Sumber : rubrik spotlight, harian republika 27 Agustus 2013


tambahan kaskuser

Quote:
Diubah oleh supermancakep 05-09-2013 01:14
0
2.3K
21
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan