alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521b6ea220cb17f321000008/permintaan-buruh
permintaan buruh
assalamualaikum gan.....
sebelumnya ane minta maaf kalo thread ane ini kurang bagus... karena dibuat di hp

jadi gini gan... ane ikutan gabung group di facebook suatu serikat pekerja di tempat ane kerja dulu...
disana ada orang yang berkoar koar yang intinya
pada tanggal 3 dan 5 september akan ada demo besar di istana negara menyangkut kenaikan upah minimum regional (UMR) sekitar 50% dan buruh meminta umr untuk jakarta sekitar 3jtan....

menurut agan-agan disini pantes gak permintaan para buruh ini dilabulkan dengan keadaan ekonomi indonesia sekarang ini???

Spoiler for berita dikutip dari fb:


Spoiler for saeu lagi:


Sejujurnya ane sedih emoticon-Sorry begitu mendengar berita ini...
ane sedih karena pasti akan banyak orang yang susah cari kerja seperti ane... belum lagi nasib karyawan kontrak yang akan banyak dikeluarkan oleh perushaaan karena ke egoisan beberapa karyawan tetap yang merasa belum sejahtera walau gaji sudah diatas 2 juta...emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By qboelzz90
assalamualaikum gan.....
sebelumnya ane minta maaf kalo thread ane ini kurang bagus... karena dibuat di hp

jadi gini gan... ane ikutan gabung group di facebook suatu serikat pekerja di tempat ane kerja dulu...
disana ada orang yang berkoar koar yang intinya
pada tanggal 3 dan 5 september akan ada demo besar di istana negara menyangkut kenaikan upah minimum regional (UMR) sekitar 50% dan buruh meminta umr untuk jakarta sekitar 3jtan....

menurut agan-agan disini pantes gak permintaan para buruh ini dilabulkan dengan keadaan ekonomi indonesia sekarang ini???

sebelumnya maaf banget ane belum bisa kasih sumber karena ol lewat hp.... emoticon-Sorryemoticon-Sorry


yach kalau situ jadi pemilik pabrik gimana?
misal pengeluaran 1 milyar perbulan
penghasilan 300jt perbulan
kalau naek 50% jadi 1,5 M nombok ga?
hutang 200jt kan perbulan? nah mulai dipecat2in dah.......
kemaren baru baca koran 20.000 buruh akan dipecat dari lebih dari 300 perusahaan mulai bulan depan -_- dan sekitar 60 perusahaan bangkrut.....
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
NB: kalau buruh naek secara produknya +naek harga, managernya +naek gaji
,kepala buruh +naek gaji juga DUNG!
btw kemaren ini temen gw lulus S1 gajinya 2,3jt kalau UMR buruh (SMA) pabrik jakarta 2,2jt sama2 di jakarta,kalau lu jadi boss mendingan ambil yg bekas buruh apa yg S1? *walo beberapa pabrik emang ga kuat kasih gaji sesuai UMR c*
ane juga d3 dapet gaji 1,8 gan... ane juga gak habis pikir apa masih kurang naik gaji yang diberikan tahun kemarin bahkan umk di bekasi minimal 2,2jt...

PENGUSAHA SEPERTI PEDAGANG

klo menurut ane wajar gan,kita minta gaji setinggi tingginya.dan belum tentu jg pengusaha akan memberikan apa yg kita minta.asal tau pengusaha asing lebih suka menanamkan modalnya di INDONESIA karena upah buruhnya murah.contoh agan di atas .punya ijasah D3.S1 kok mau.gmn pengusaha ga suka ama INDONESIA?????
ane lulusan stm. jujur basic ane 2.670.000 blom over time.tp blom mencukupi kebutuhan di daerah ane.bukannya ane kurang bersyukur.
ane juga buruh gan... tapi klo naik sampai 50% kayanya perusahaan berat juga, emang kadang ane berpikir meding gaji kaya sekarang deh dari pada perusahaan banyak yg bangkrut....
Jujur aja gaji ane 4,7 jt tapi itu dengan masa kerja 12 tahun dan ane lulusan D3. dan ane sama istri juga lagi merintis usaha sampingan gan buat nutupin kekurangan sama buat nanti di masa pensiun, ini yg jarang banget jadi perhatian rekan-rekan buruh, persiapan masa pensiun walaupun masa kerja kita masih panjang itu perlu banget, karena semua ane pelajari dari senior-senior ane yg setelah pensiun kebanyakan langsung 3S (stress, stroke, stop alias almarhum) walaupun ada juga yg tidak, padahal kita kerja di salah satu perusahaan asing besar
Dulu MbahKu berpesan Kalo mau hidup Layak,,sekolah yg bener,jadi Pengusaha...Jangan Sekolah seEnaknya n Kerja di Pabrik/Buruh...jadi Kalau mau Hidup Layak/Enak ya..jgn jadi Buruh...Lo/Buruh kerja sama orang lain, ya mereka/Pengusaha dong yang menentukan seberapa layak Buruh diGaji..kalo ngak suka ya tinggal keluar,,Pindah Kerja yg lain atau Kerja/Usaha Sendiri...intinya,Ngak Ada Rumusnya,"Bisa Hidup Layak kalau Tetep Mau Jadi Buruh"...
Quote:Original Posted By veronica777


yach kalau situ jadi pemilik pabrik gimana?
misal pengeluaran 1 milyar perbulan
penghasilan 300jt perbulan
kalau naek 50% jadi 1,5 M nombok ga?
hutang 200jt kan perbulan? nah mulai dipecat2in dah.......
kemaren baru baca koran 20.000 buruh akan dipecat dari lebih dari 300 perusahaan mulai bulan depan -_- dan sekitar 60 perusahaan bangkrut.....
emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S) emoticon-Cape d... (S)
NB: kalau buruh naek secara produknya +naek harga, managernya +naek gaji
,kepala buruh +naek gaji juga DUNG!
btw kemaren ini temen gw lulus S1 gajinya 2,3jt kalau UMR buruh (SMA) pabrik jakarta 2,2jt sama2 di jakarta,kalau lu jadi boss mendingan ambil yg bekas buruh apa yg S1? *walo beberapa pabrik emang ga kuat kasih gaji sesuai UMR c*


setuju bgt ama agan ini
dulu gw lulus s1 kerja keuangan gaji cm 1,5 jt kotor , ga potong ongkos , uang makan gmn tuh

buruh jg asal minta umr naik
klo mau naik umr , harus disesuaikan dgn smua aspek
tmsk karyawan lulusan akademi gaji pun harus naik , klo ga buat apa skola tinggi toh gaji malah lbi gde yg cm pake tenaga

bgitupun smua aspek , dari barang dan jasa dibarengi kenaikan yg signifikan
alhasil tercipta inflasi , phk dimana2

mau lu ?
baca buruh2
gak ketinggian tuh naek 50% emoticon-Bingung (S) UMR buruh sampe 3jt emoticon-Bingung (S)

kalo emang bener dikabulkan, seneng sesaat iya, cuman dalam beberapa bulan bisa gulung tikar tu perusahaan. emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By qboelzz90
assalamualaikum gan.....
sebelumnya ane minta maaf kalo thread ane ini kurang bagus... karena dibuat di hp

jadi gini gan... ane ikutan gabung group di facebook suatu serikat pekerja di tempat ane kerja dulu...
disana ada orang yang berkoar koar yang intinya
pada tanggal 3 dan 5 september akan ada demo besar di istana negara menyangkut kenaikan upah minimum regional (UMR) sekitar 50% dan buruh meminta umr untuk jakarta sekitar 3jtan....

menurut agan-agan disini pantes gak permintaan para buruh ini dilabulkan dengan keadaan ekonomi indonesia sekarang ini???

sebelumnya maaf banget ane belum bisa kasih sumber karena ol lewat hp.... emoticon-Sorryemoticon-Sorry


lama2 itu perusahaannya stress akhirnya buruh2 dipecatin, diganti robot semua emoticon-Big Grin
jujur gan ane dulu kerja ama orang. sekarang ane pengusaha jadi di dua sisi ane udah alami. dulu sebagai buruh ane selalu berharap gaji ane naik dengan cara ga minta tapi nunjukin hasil kerja ane ke bos. sekarang sebagai pengusaha ane tau banyak hal lagi yang jadi beban ane selain bayar gaji karyawan, ane dituntut jual produk dan layanan ane murah kalo ga ya ga kejual akibat persaingan yang ketat dan permintaan pasar. kalo emang keadaan pasar baik kenapa ga ane naikin gaji karyawan? nah kalo keadaan begini yang notebene komponen biaya udah tinggi dan kita jualan mepet ya kalo disuru naikin upah ya mending ane tutup aja dan balik jadi karyawan..

coba deh pemerintah buat kebijakan yang memperbaiki keadaan pasar, meningkatkan daya beli, dan mendorong kewirausahaan pasti deh semua adem ayem ga ada protes lagi. ini minta naik umr kan pada dasarnya mereka yg daya belinya menurun. dulu inget ane umr 500rb aja ane bisa idupbnah sekarangvuda 2jt-an di beberapa daerah kok masih kurang
Quote:Original Posted By epenz


setuju bgt ama agan ini
dulu gw lulus s1 kerja keuangan gaji cm 1,5 jt kotor , ga potong ongkos , uang makan gmn tuh

buruh jg asal minta umr naik
klo mau naik umr , harus disesuaikan dgn smua aspek
tmsk karyawan lulusan akademi gaji pun harus naik , klo ga buat apa skola tinggi toh gaji malah lbi gde yg cm pake tenaga

bgitupun smua aspek , dari barang dan jasa dibarengi kenaikan yg signifikan
alhasil tercipta inflasi , phk dimana2

mau lu ?
baca buruh2


masih mending baru lulus S1 gaji segitu
S1 pengalaman kerja 2 tahun jadi admin, ngelamar di kaisar motor cuma digaji 1,5jt kotor, nggak ada jamsostek ama seragam lagi
emoticon-Cape d... (S)
terakhir naik 2,15jt waktu umr buruh 2,002jt
beda cuma 150rb
ngapain coba kuliah klo gajinya nggak jauh beda mah


Quote:Original Posted By Isoya
gak ketinggian tuh naek 50% emoticon-Bingung (S) UMR buruh sampe 3jt emoticon-Bingung (S)

kalo emang bener dikabulkan, seneng sesaat iya, cuman dalam beberapa bulan bisa gulung tikar tu perusahaan. emoticon-Cape d... (S)


satu-satu nya jalan buat ngurangin beban, perusahan harus menaikkan harga jual, otomatis akan terjadi inflasi lagi. harga2 barang naik n umr ga cukup lagi trus demo lagi minta naik lagi, ...dst....

buruh jangan cuma bisa nuntut aja. tunjukin donk produktifitas nya.
pemerintah juga harus buat kebijakan yang bisa mendukung iklim bisnis di indonesia.

kalo buruh demo terus, akhirnya penanam modal asing pada kabur semua.
apa ga kebanyakan gan ? emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By cendolsurabaya
apa ga kebanyakan gan ? emoticon-Hammer2

katanya sih menuntut kesejahteraan buruh gan... soalnya buruh telah ikut andil dalam kemajuan ekonomi indonesia... jadi buruh harus punya nilai jual... kata salah satu anggota serikat pekerja
masalah nya itu lingkaran setan gan.

sedikit ane jelasin soal mekanisme naeknya upah buruh.
jadi gini, dalam penentuan upah itu ada yg namanya KHL (kebutuhan hidup layak), ini yang jadi dasar utama penentuan upah.
nah, KHL ini ngikutin harga pasar. jadi kalo harga pada naek, ya otomatis KHL pasti naek gan.
yang jadi masalah sekarang itu, perhitungan KHL saat ini acuan nya harga-harga dalam kurun setahun yang lewat. makanya sempet ada wacana dari pihak pekerja, bahwa perhitungan KHL per 3 bulan aja, jangan setahun.
jadi sebenernya kalo dipikir-pikir, gaji buruh cuma naek secara kuantitas, tidak secara kualitas.

disitu lingkaran setannya gan. apalagi ketika pemerintah tidak mampu mengontrol harga pasar pasca naeknya upah dengan perhitungn setahun lampau.
bayangin gan, di bekasi, gaji 2012 kemaren belum naek, semua harga udah naek duluan.
mulai dari kontrakan sampe gorengan emoticon-Ngakak
kalo gitu, otomatis nilai KHL bakal naek, otomatis juga upah diminta naek emoticon-Ngakak
begitu seterusnya emoticon-Ngakak

ane sempet bergaul sama kawan-kawan di serikat pekerja (walopun ane ga pernah ikut satu pun serikat pekerja, soalnya beda ideologi emoticon-Ngakak)
jadi sedikit2 ane tau emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Matgoni
klo menurut ane wajar gan,kita minta gaji setinggi tingginya.dan belum tentu jg pengusaha akan memberikan apa yg kita minta.asal tau pengusaha asing lebih suka menanamkan modalnya di INDONESIA karena upah buruhnya murah.contoh agan di atas .punya ijasah D3.S1 kok mau.gmn pengusaha ga suka ama INDONESIA?????
ane lulusan stm. jujur basic ane 2.670.000 blom over time.tp blom mencukupi kebutuhan di daerah ane.bukannya ane kurang bersyukur.


waduh waduh gan emoticon-Malu (S)
gaji nambah, kerjaan nambah. simpel kan emoticon-Malu (S)
keberatan?
pengennya kerja lokal gaji internasional,
kalo perusahaan kolaps ente mikir ngga, ngga kan?
ente ngerasa pemerintah ngga adil? kerja keluar negeri aja, gaji bagusan tuh.
masi keberatan?

jangan banding2in kerjaan orang lah gan, lahan orang beda2.
lagian ngga semua orang kerja 100% buat nyari duit, tapi lebih ke passion ato beban moral mereka masing2.
kalo pola pikir ente masi dangkal kegitu, ya wajar kalo ente ngga pernah puas digaji berapapun. emoticon-Malu (S)

Quote:Original Posted By anomovic
masalah nya itu lingkaran setan gan.
......pihak pekerja, bahwa perhitungan KHL per 3 bulan aja, jangan setahun.
jadi sebenernya kalo dipikir-pikir, gaji buruh cuma naek secara kuantitas, tidak secara kualitas.
disitu lingkaran setannya gan. apalagi ketika pemerintah tidak mampu mengontrol harga pasar pasca naeknya upah dengan perhitungn setahun lampau.
bayangin gan, di bekasi, gaji 2012 kemaren belum naek, semua harga udah naek duluan.
mulai dari kontrakan sampe gorengan emoticon-Ngakak
kalo gitu, otomatis nilai KHL bakal naek, otomatis juga upah diminta naek emoticon-Ngakak
begitu seterusnya emoticon-Ngakak
ane sempet bergaul sama kawan-kawan di serikat pekerja (walopun ane ga pernah ikut satu pun serikat pekerja, soalnya beda ideologi emoticon-Ngakak)
jadi sedikit2 ane tau emoticon-Ngakak

wkakkakakaka bener juga c,kalau UMR naek pasti harga yg laen juga naek kan pemilik pabrik juga ga bego,masa iyah mao rugi/ tekor/ untung kurang/saham turun . Ujung2nya mereka naekin harga juga secara upah produksi naek...... dan seterusnya mpe 1000 dipotong jadi Rp.1
Quote:Original Posted By touhouvania


lama2 itu perusahaannya stress akhirnya buruh2 dipecatin, diganti robot semua emoticon-Big Grin

eh koq pinter c? robot 24 jam,ga pake demo,ga minta naek UMR, ga ribut
tapi aturan di Indonesia musti pake tenaga kerja banyak gan,klo ga tar di demo masyarakat sekitar wkakakakak emoticon-Ngakak
emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
*perusahaan juga jangan kejam2 atau tahan2 gaji karyawan*
Quote:Original Posted By kimchillonte


waduh waduh gan emoticon-Malu (S)
gaji nambah, kerjaan nambah. simpel kan emoticon-Malu (S)
keberatan?
pengennya kerja lokal gaji internasional,
kalo perusahaan kolaps ente mikir ngga, ngga kan?
ente ngerasa pemerintah ngga adil? kerja keluar negeri aja, gaji bagusan tuh.
masi keberatan?

jangan banding2in kerjaan orang lah gan, lahan orang beda2.
lagian ngga semua orang kerja 100% buat nyari duit, tapi lebih ke passion ato beban moral mereka masing2.
kalo pola pikir ente masi dangkal kegitu, ya wajar kalo ente ngga pernah puas digaji berapapun. emoticon-Malu (S)



nah kan karena kemarin demo naik UMR dinaikin dan akhirnya emang naik, sekarang mulai ngancam2 naik lagi. Wong S1 aja di jakarta 4 jutaan untuk fresh graduate, ini buruh minta kenaikan 50% dan UMR 3 juta, lha gemblung
×