alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521b6b338227cf8b5f000002/alasan-nabi-muhammad-tidak-pernah-dilukis-no-sara
alasan nabi Muhammad tidak pernah dilukis (no sara)
Spoiler for :


Saat Nabi Muhammad SAW hidup,
tidak ada seorang pun yang pernah
melukis wajahnya, dan juga kamera
foto belum lagi ditemukan. Jadi itulah sebenarnya duduk
masalahnya. Dan dengan masalah itu
sebenarnya kita harus bangga. Sebab keharaman menggambar
wajah nabi SAW justru merupakan
bukti otentik betapa Islam sangat
menjaga ashalah (originalitas)
sumber ajarannya. Larangan melukis Nabi Muhammad
shallallahu ‘alaihi wa sallam terkait
dengan keharusan menjaga
kemurnian ‘aqidah kaum muslimin. Sebagaimana sejarah permulaan
timbulnya paganisme atau
penyembahan kepada berhala
adalah dibuatnya lukisan orang-
orang sholih, yaitu Wadd, Suwa’,
Yaguts, Ya’uq dan Nasr oleh kaum Nabi Nuh ‘alaihis salam. Memang pada awal kejadian, lukisan
tersebut hanya sekedar digunakan
untuk mengenang kesholihan
mereka dan belum disembah. Tetapi setelah generasi ini musnah,
muncul generasi berikutnya yang
tidak mengerti tentang maksud dari
generasi sebelumnya membuat
gambar-gambar tersebut, kemudian
syetan menggoda mereka agar menyembah gambar-gambar dan
patung-patung orang sholih
tersebut. Melukis Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam dilarang karena bisa
membuka pintu paganisme atau
berhalaisme baru, padahal Islam
adalah agama yang paling anti
dengan berhala. Demikian Rasulullah shallallahu
‘alaihi wa sallam mencela kelakuan
orang-orang ahli kitab yang
mengkultuskan orang-orang sholih
mereka dengan membuat gambar-
gambarny a agar dikagumi lalu dipuja. Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa
sallam melarang menyerupai
mereka : “Barangsiapa menyerupai
suatu kaum maka dia termasuk
golongan mereka.” (HR. Abu Dawud) Itulah sebab utama kenapa Umat
Islam dilarang melukis Rasulullah
shallallahu ‘alaihi wa sallam, yaitu
dalam rangka menjaga kemurnian
‘aqidah tauhid. Allahu Akbar !!!
Allahu Akbar!!! Wallahu 'alam..
Wowwwww
dengan diharamkannya menggambar wajah nabi Muhammad dapat menghindari pengkultusan sosok beliau, sehingga tidak lupa bahwa hakikat bahwa beliau hanya utusan Allah emoticon-2 Jempol
iya gan, emang gitu gan,
Biar ga dijadikan sesembahan
Yg merupakan awal mula penyembahan berhala
nice inpo ganemoticon-Jempol
iya bener gan.
guru ane juga udah njelasin masalah ini.
untuk menjaga kemurnian aqidah dan tidak tersesat menyembah buatan manusia.
mantap bener dah gan, bener2 insanul kamil.
Quote:Original Posted By Depokerz
dengan diharamkannya menggambar wajah nabi Muhammad dapat menghindari pengkultusan sosok beliau, sehingga tidak lupa bahwa hakikat bahwa beliau hanya utusan Allah emoticon-2 Jempol


Stuju gan..ane sependapat dgn ente..emoticon-Cendol (S)
bagaimana dengan gambar2 yang lain seperti sunan wali songo dll...haram gak yah hukumnya
emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By ekurniaw
bagaimana dengan gambar2 yang lain seperti sunan wali songo dll...haram gak yah hukumnya


iya tuh gan,, tuh ada yg ngelukis gitu... emoticon-Bingung (S)
no comment ah kaboooor
Belajar lagi sejarah Nabi Muhammad SAW.
buka kitab2 tua gan
Quote:Tanggapan Habib Munzir Al Musawa
mengenai lukisan atau melukis, mengagungkan ,

Berkata Hujjatul Islam Al Imam Ibn Hajar
menjelaskan larangan itu, bahwa sebagian ulama
berpendapat bahwa hal itu adalah pada masa
awal islam karena kuatnya ajaran jahiliyah dan
kemusyrikan, namun jika sekarang maka tidak
demikian.
Sabda Rasul saw:
“Maukah kalian kuberitahu orang orang mulia
diantara kalian..?, mereka yang ketika dilihat
wajahnya maka membuat mereka ingat pada Allah
(Adabul Mufrad oleh Imam Bukhari),
maka jelas
sudah bahwa larangan adalah penyembahan, bukan
memuliakan hamba yang dimuliakan Allah swt,
sebagaimana Allah swt memerintahkan Iblis untuk
memuliakan Adam as, hamba Nya yang shalih,
namun Iblis menolak, inilah satu satunya kesalahan
Iblis, ia hanya mau memuliakan Allah, tanpa mau
memuliakan makhluk yang dimuliakan Allah


Quote:Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Limpahan rahmat Nya semoga selalu menghiasi hari hari anda,

saudaraku yg kumuliakan, mengenai "FOTO" berbeda hukumnya dg lukisan, hadits yg melarang gambar, yg dimaksud adalah lukisan makhluk yg bernyawa.

Foto tidsk dilarang, karena foto adalah menangkap bayangan dari cahaya yg dipantulkan, itu terlepas dari hukum dilarangnya melukis makhluk yg bernyawa.

dijelaskan dalam beberapa hadits shaih bahwa malaikat rahmat tidak menginjak rumah / ruangan yg ada lukisan makhluk yg bernyawa padanya, ini maksudnya bahwa di zaman Nabi saw orang orang kafir melukis nabi nabi mereka dan sesembahan mereka untuk kemudian disembah. maka tentunya para malaikat tak akan masuk ruangan yg ada lukisan berhalanya, maksudnya bahwa Rahmat Nya swt akan terjauhkan dari rumah para penyembahan berhala.

namun ada juga pendapat para fuqaha yg mengatakan bila ada lukisan makhluk yg bernyawa malaikat tak akan masuk ke ruangan itu, tentu sebabnya tidak lain karena hadits Nabi saw yg melarang lukisan.

Lukisan yg dilarang bukanlah semua lukisan, tapi para ulama mengklasifikasikan bahwa yg dilarang adalah lukisan makhluk yg bernyawa yg dengan tubuh sempurna, bukan setengah badan, bukan hanya kepala misalnya.

namun ada pula pendapat ulama dan fuqaha kini yg berpendapat bahwa lukisan yg dilarang adalah lukisan berhala, atau apa apa yg disembah selain Allah, misalnya lukisan Bunda Maria, Yesus, Dewa Syiwa dll yg disembah oleh manusia,

selain daripada lukisan lukisan itu maka makruh hukumnya dan tidak haram, demikian sebagian ulama berpendapat, namun sebagian besar mengharamkannya kecuali bila lukisan makhluk bernyawa itu tidak sempurna.

mengenai foto foto orang shalih maka tak ada ikhtilaf dalam hal ini, karena foto adalah menangkap bayangan dari pantulan cahaya, dan bayangan orang shalih mempunyai kekhususan tersendiri, sebagaimana hadits Rasul saw yg mengatakan : "sungguh syaitan itu menyingkir bila melihat bayangan Umar" . menunjukkan bahwa bayangan orang orang shalihin mempunyai keweibawaan disisi makhluk Alah swt, maka demikian istinbath atas foto foto orang shalih, karena foto adalah merekam bayangan.

demikian saudaraku yg kumuliakan,

wallahu a'lam


Quote:Alaikumsalam warahmatullah wabarakatuh,

Kelembutan dan kasih sayang Nya swt semoga selalu tercurah pada hari hari saudari,

saudariku yg kumuliakan,
mengenai foto foto itu tak dilarang dalam syariah tuk memajangnya, karena adanya pelarangan adalah pada lukisan, bukan foto, karena foto itu bukan perbuatan tangan manusia yg membentuk gambar tubuh dan wajah, tapi foto adalah merekam bayangan dg alat dan menampilkannya kembali, hal itu jauh dari makna melukis, maka hukumnya mubah saja,

namun yg menjadi pelarangan tentunya bila foto itu adalah foto wanita yg tak menutup auratnya, misalnya rambutnya terlihat, atau lehernya, atau lainnya, dan diruang tamu adalah orang umum yg keluar masuk padanya, hal seperti ini membuka masalah pelarangan dalam memajangnya, kecuali bila dipajang dikamar pribadi, maka sebaiknya dihindari.

mengenai menjemur pakaian dalam diluar rumah tak menjadi pelarangan kecuali bila akan banyak dilihat orang umum, maka hal ini adalah khilaful muru'ah (perbuatan yg kurang sopan dan menjatuhkan martabat), bila disengaja maka haram hukumnya, maka sebaiknya bila dapat terlihat oleh orang umum maka dicari cara tuk menutupinya, misalnya dijemur ditengah tengah atau ditutupi pakaian lainnya hinggga pakaian dalamnya tak terlihat umum atau hal hal semacam itu.

demikian saudariku yg kumuliakan, semoga dalam kebahagiaan selalu,

wallahu a'lam


Quote:Rasul saw bersabda : "Aku tak takut kemusyrikan menimpa kalian, yg kutakutkan adalah keluasan dunia yg menimpa kalian (sebagaimana Saudi Arabia dan Negara wahabi lainnya) (Shahih Bukhari).
Jelaslah sudah bahwa Rasul saw telah menjawab seluruh fitnah mereka, bahwa Rasul saw tak merisaukan syirik akan menimpa ummatnya, hanya Iblis saja yg tak rela muslimin memuliakan ulama, Iblis ingin muslimin ini sama sama dengannya, tak memuliakan siapapun selain Allah swt,
namun justru tempat mereka adalah kekal di neraka.


Bedakan "MENYEMBAH" dengan "MEMULIAKAN"
wow... dapet ilmu manteb gini di lounge , alhamdulillah...
pagi2 udah dapet siraman rohani nih,, thanks saudara2ku atas ilmunya emoticon-2 Jempol