alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5215ee961ed7193620000002/penjelasan-ilmiah-larangan-meniup-minuman-panas
Penjelasan Ilmiah Larangan Meniup Minuman Panas
Spoiler for Bukti No Repost:



Penjelasan Ilmiah Larangan Meniup Minuman Panas

Umumnya ketika makan makanan atau minuman yang panas maka kita meniupnya dengan tujuan agar makanan atau minuman menjadi dingin. Tapi tahukah Anda hal ini dapat berisiko terhadap kesehatan. Berikut penjelasannya.

Makanan atau minuman yang masih panas akan mengeluarkan uap air yang mana kita tahu uap air adalah H2O(aq). Ketika meniupnya, maka kita akan mengeluarkan gas karbondioksida (CO2) dari dalam mulut. Sehingga menurut reaksi kimia, apabila uap air bereaksi dengan karbondioksida akan membentuk senyawa asam karbonat (carbonic acid) yang bersifat asam, dengan rumus kimia

H2O + CO2 => H2CO3 di mana senyawa ini akan terhirup dan masuk ke dalam paru-paru. Kemudian asam; yang bersifat korosif ini; bisa merusak jaringan paru.

Akan tetapi teori di atas masih dipertanyakan. Mengapa? Ini alasannya.

1. Reaksi antara CO2 dan H2O hanya terjadi pada suhu dan tekanan tinggi. Sekedar informasi ketika kita mengeluarkan napas bukan hanya CO2 yang dikeluarkan, melainkan juga H2O. Jika tidak percaya silahkan sekarang anda bernapas di depan cermin, apa yang terjadi? Cermin menjadi lembab (berembun) kan. Sekarang, bayangkan saja kalau reaksi antara CO2 dan H2O dengan mudahnya dapat terjadi.
2. Untuk mempercepat reaksi CO2 dan H2O dibutuhkan katalisator (katalisator adalah zat yang mempercepat laju reaksi). Kalau tidak ada katalisator, reaksi ini akan berjalan lambat. Yang tentunya hanya akan ada sedikit asam yang terbentuk dan tidak berefek apa-apa bagi tubuh.
3. H2CO3 merupakan asam lemah.
Muncullah penjelasan lain yang lebih diterima.
Pada saat manusia mengeluarkan udara hasil pernapasan; serta udara saat meniup; maka tidak hanya mengeluarkan gas hasil pernapasan saja. Mulut juga akan mengeluarkan uap air dan berbagai partikel yang ada dari dalam rongga mulut. Paling mudah dideteksi adalah napas atau bau mulut. Bau mulut ini mengindikasikan ada partikel yang juga dikeluarkan dari mulut. Partikel ini dapat berasal dari sisa makanan yang tertinggal di sela-sela gigi, selain itu dapat juga berupa mikroorganisme yang hidup di rongga mulut. Mikroorganisme ini kadang bersifat merugikan dan bersifat sebagai pathogen. Hal inilah yang harus dihindari supaya jangan terbawa ketika meniup makanan/minuman. Sehingga karena partikel berupa padatan, maka akan dapat menempel dan mengkontaminasi pada makanan yang ditiup.

Spoiler for Buka:
Pertamax Hanya Mitos !
kalo kgk di tiup ntr meleleh lidah gue lahh

gimane lu tong tong emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By ejja.vigoss
kalo kgk di tiup ntr meleleh lidah gue lahh

gimane lu tong tong emoticon-Cape d... (S)emoticon-Cape d... (S)


cuma larangan aja misal nya ente sakit terus ente lagi nyuapin anak ente saat lu tiup makanan nya lagi panas, nanti anak ente ketularan penyakit ente emoticon-Ngakak kalau lagi gak sakit juga bisa ketularan virus mulut mu emoticon-Ngakak



emoticon-Bingung (S) masih tetep gag ngerti ane gan
jadi amannya dibiarin aja yah
ente guru kimia ya ? emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
infonya bagus juga sih walau masih ngambang emoticon-Hammer2
Quote:Original Posted By LeafOn
ente guru kimia ya ? emoticon-Ngakak emoticon-Hammer2
infonya bagus juga sih walau masih ngambang emoticon-Hammer2


udah di benerin tuh gan penjelasan nya emoticon-Ngakak
jd ini penjelasan ilmiah hadist larangan itu ya. nice info
boleh dong minta ijo ijo nya emoticon-Malu
Terima kasih Gan infonya, bermanfaat emoticon-Shakehand2
Quote:Original Posted By cephyhakim
Terima kasih Gan infonya, bermanfaat emoticon-Shakehand2


sama sama gan emoticon-Shakehand2

boleh minta ijo ijo atau abu gosok emoticon-Ngakak
Ini salah satu pendapat yang sudah hampir meluas ke masyarakat kalau minuman panas ndak boleh diitup, termasuk ane... emoticon-Ngakak (S)
Semoga aja ini cuma mitos belaka, soalnya kan bisa lama nungguin minuman agak dingin, jadi harus ditiup lah... emoticon-Ngacir
Quote:Original Posted By hafizhfp
Ini salah satu pendapat yang sudah hampir meluas ke masyarakat kalau minuman panas ndak boleh diitup, termasuk ane... emoticon-Ngakak (S)
Semoga aja ini cuma mitos belaka, soalnya kan bisa lama nungguin minuman agak dingin, jadi harus ditiup lah... emoticon-Ngacir


Udah di jelasin secarah ilmiah kaka emoticon-Ngakak
masih blm psti nih emoticon-Big Grin
nais inpoh gann..
yaah, kalo ga ditiup ga dingin2 dong makanan/minumannya gan ..
kebanyakan cingcong,orang dulu aja mau di tiup mau di kunyah juga g ada effect apa apa nyit emoticon-Big Grin
klo kita tiup kan blum tentu langsung ke hirup sama kita ???
emoticon-Matabelo
×