alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5215c78918cb17a42e000003/kue-dongkal--khas-betawi--plus-pic
Kue Dongkal | Khas Betawi | Plus Pic |
Indonesia tidak hanya kaya akan sumber daya alam dan budaya, tetapi juga kaya akan kuliner khas daerah. Meski jaman semakin berkembang, dunia kuliner dengan makanan-makanan tradisional masih tetap menjadi primadona di Tanah Air.

Spoiler for Gerobak Penjual Kue Dongkal di Pertigan Pos Pengumben :



Salah satu daerah yang kaya akan kuliner tradisional adalah Betawi. Etnis Betawi memiliki beragam makanan khas yang sudah tak asing lagi bagi mereka yang tinggal di kota Jakarta dan sekitarnya, seperti Bekasi, Depok, dan Tangerang. Sebut saja Kerak Telor, Gabus Pucung, Soto Betawi, Kue Pancong, Kue Dongkal dan lain sebagainya.
Ya, Kue Dongkal. Cemilan satu ini kelezatannya tidak kalah dengan cemilan khas Betawi lainnya, seperti Kue Pancong atau Kerak Telor. Terbuat dari bahan dasar adonan tepung beras, gula merah, dan kelapa muda parut membuat Kue Dongkal menjadi pendamping minum teh atau kopi di pagi hari atau sore hari.

Spoiler for Kue Dongkal Yang blum di potong:


"Bahan dasar dongkal antara lain tepung beras, gula merah dan parutan kelapa muda. Proses pembuatannya, beras direndam terlebih dahulu selama kurang lebih 10 jam. Beras yang sudah direndam kemudian digiling dan dikukus berbentuk seperti tumpeng atau kerucut. Sebelum dikukus, beras yang sudah menjadi tepung dilapisi gula merah dengan cara bertumpuk-tumpuk. Dikukus kembali selama lima menit. Setelah itu di atasnya ditaburi parutan kelapa muda," jelas Achmad, penjual Kue Dongkal, saat ditemui Majalah TOPIK di gerobaknya yang berada di kawasan Rawa Belong, Jakarta Barat.

Spoiler for Alat untuk Masak Kue Dongkal:


Memang, tak perlu menunggu terlalu lama, atau sekitar lima menit untuk bisa menikmati cemilan khas Betawi ini. Ketika diangkat dari kukusan, uap panas yg keluar menyatu dengan aroma khas adonan tepung beras membuat siapa pun yang melihat tak sabar untuk segera mencicipi Kue Dongkal.
"Kue Dongkal enak dinikmati ketika baru diangkat dari kukusan dan kelezatannya hanya bisa bertahan hingga dua jam. Lewat dari dua jam, Dongkal akan menjadi keras dan rasanya sudah tidak seenak ketika baru diangkat dari kukusan," tambah Achmad yang mengaku tidak pernah menggunakan bahan pengawet dalam adonan Kue Dongkalnya.
Kelembutan tepung beras serta manis gula merahnya semakin bertambah enak karena dilengkapi dengan parutan kelapa muda. Sungguh perpaduan rasa yang seimbang, manis dan gurih. Bagi mereka yang memiliki masalah dengan gigi, mungkin, harus lebih berhati-hati. Jangan sampai, kenikmatan Kue Dongkal terganggu gara-gara masalah satu ini.
Harga Kue Dongkal bervariasi, tergantung ukuran. Untuk yang kecil, dihargai Rp 6.000 sampai yang berukuran besar mencapai Rp 80.000. Achmad yang sudah berjualan Kue Dongkal selama kurang lebih dua tahun tak menampik jika mendapatkan keuntungan yang lumayan. Dalam satu hari ia bisa menghabiskan sekitar 21 liter tepung beras, 7 kg gula merah, dan 18 butir kelapa muda.

Spoiler for oleh oleh kue dongkal yang ane beli kemarin:


Dalam menjalankan usahanya, Achmad tidak sendirian. Ia bersama keluarga besar dan saudara-saudaranya berjualan Kue Dongkal yang tersebar di Jakarta dan Tangerang. Biasanya, Kue Dongkal dijajakan pada pagi hari sebagai teman minum teh atau kopi. Namun, Achmad dan keluarga serta saudara-saudaranya menjajakan Kue Dongkal pada sore hari hingga malam hari.
Achmad berharap, meski masyarakat sekarang sudah di'gempur' dengan berbagai jenis makanan, namun keberadaan makanan tradisional hendaknya tidak hilang begitu saja. Karena, menurutnya, makanan tradisional bisa menjadi ciri khas dari suatu daerah dan merupakan salah satu kekayaan yang dimiliki Indonesia.

Narasi ane ambil dari :Kue dongkal

Sumber Gambar : Koleksi Pribadi
Baru tau ane gan nih kue..
Quote:Original Posted By athar
Baru tau ane gan nih kue..


Cepet amat ente gan
Kue-kue Khas Nusantara akan terus hidup jika kita orang indonesia mau membeli dan memperkenalkannya
kue dongkal baru denger ane gan, kalo sama kue rangi sama ngga?
jadi pengen cobaa..
ini enak gan,,,gw pernah nyoba,, tp agak seret gitu dimakannya menurut ane
Quote:Original Posted By IkanTenggelem
kue dongkal baru denger ane gan, kalo sama kue rangi sama ngga?


Rasanya mirip sama rangi gan , cuman dongkal menurut ane lebih renyah , kemarin beli satu kotak Rp 10000 di pertigaan Pos Pengumben setelah kampus binus situ gan
Namanya unik juga.. dongkal emoticon-Genit

Blum tau gan, tapi pasti ane suka emoticon-Big Grin
Dah kebayang rasa tepung beras, dan gula merah yang dikukus emoticon-Kaskus Banget
Hm sepertinya mirip kue putu nih emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By 12x3
Namanya unik juga.. dongkal emoticon-Genit

Blum tau gan, tapi pasti ane suka emoticon-Big Grin
Dah kebayang rasa tepung beras, dan gula merah yang dikukus emoticon-Kaskus Banget



dI cobain gan klo kata pak bondan "maknyusss" waktu puasa kemaren ane beli pertama kali ane kasih ke Istri , dan kemarin istri ane minta lagi

Resept Kue Dongkal

Quote:Resep Kue Dongkal

Bahan:

1 liter tepung beras (sebaiknya tidak menggunakan tepung beras kemasan tapi beras yang digiling sendiri)
1/4 kg sagu
1/4 kg irisan gula merah
Air dan garam secukupnya

Cara Membuat:

Kukus tepung beras menggunakan kain bersih hingga menggumpal.
Setelah dingin campurkan dengan sagu, aduk hingga rata.
Percikkan air garam ke adonan hingga adonan tidak menggumpal (buyar).
Masukkan adonan kedalam klakat (loyang yang terbuat dari bambu)/kukusan selang-seling dengan gula merah (lihat gambar).
Kukus hingga matang.
Sajikan dengan kelapa parut kukus yang dicampur sedikit garam.


Untuk + 20 porsi
Nb: gula merah boleh ditambahkan sesuai selera
kyq kue rangi yaemoticon-Bingung (S)
kalo udah agak lama, emang jadi rada keras gan, udah kuranng empuknya
Quote:Original Posted By b2273ph
kyq kue rangi yaemoticon-Bingung (S)


Rangi menurut ane texturenya lebih renyah klo dongkal lebih soft gan heheheh
rasanya menurut ane lebih kaya kue putu gan.. lumayan enak gan.. bikin kenyang tp.. makan 2-3 potong aja udah kenyang..
Quote:Original Posted By emw.patrem
Hm sepertinya mirip kue putu nih emoticon-Matabelo


Sama gan..ane pertama kali beli ni kue buat camer ane..pas liat dikira kue putu..taunya bukan..tapi emang enak ni kue, apalagi masih anget2 makannya.. emoticon-Big Grin
mantap dah gan emoticon-Big Grin
pengen nyoba
dlu sering beli di daerah kebayoran.....masih ada ga ya...udah lama ga beli...emoticon-Matabelo
sekarang udah susah nyarinya,mirip awuk ye gan