alexa-tracking

PKL: Jokowi Doang Gubernur yang Bisa Rombak Tanah Abang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5215695cbecb171a71000004/pkl-jokowi-doang-gubernur-yang-bisa-rombak-tanah-abang
PKL: Jokowi Doang Gubernur yang Bisa Rombak Tanah Abang

Jakarta - Kesemrawutan Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, yang disesaki para pedagang kaki lima membuat kawasan tersebut menjadi biang kemacetan selama ini. Penertiban PKL yang berjualan di pinggir-pinggir jalan dengan solusi direlokasi diakui aparat Satuan Polisi Pamong Praja dan juga pedagang sebagai terobosan positif dari kepemimpinan Gubernur DKI Joko Widodo dan Wakil Gubernur Basuki T. Purnama.

Apalagi, penertiban terhadap PKL yang berjualan tidak pada tempat yang semestinya itu dilakukan tidak dengan cara-cara kekerasan. Selain dengan cara persuasif, Pemerintah Provinsi DKI juga langsung memberi solusi. “Dia doang Gubernur (Jokowi) yang bisa rombak Tanah Abang. Dulu Sutiyoso dan Foke enggak bisa," kata Opick, 40 tahun, salah seorang pedagang di Tanah Abang saat ditemui detikcom, Jumat pekan lalu.

Opick mengaku ketika aparat Satpol PP belum lama ini melakukan penertiban PKL tidak diwarnai bentrokan sama sekali. "Enggak ada main kasar. Dia (petugas) bilangnya bagus dan kata-katanya juga bagus, bahkan kita malah dibantu mengangkat barang,” ungkap Opick yang berdagang sepatu ini.

Dia membandingkan dengan era gubernur-gubernur DKI sebelumnya dalam penanganan persoalan PKL Tanah Abang. "Pada zaman Sutiyoso malah ada pedagang dan Satpol PP berperang, bahkan pedagang sampai bakar mobil Trantib karena mereka arogan, dan masyarakat enggak suka,” tegas Opick yang sudah berjualan di Tanah Abang selama belasan tahun ini.

Pendekatan Satpol PP yang lebih persuasif itu menurut beberapa anggota Satpol PP memang karena ada perintah dari pimpinan. Menurut salah seorang petugas Satpol PP yang biasa bertugas di Tanah Abang Endang Martoni, 49 tahun, dulu mereka bersikap keras juga karena sistem kerja yang ditanamkan saat itu menuntut mereka harus keras.

“Dahulu perintahnya lain sama sekarang, dulu setiap kita melingkar (operasi) ada pedagang langsung digaruk, diangkat. Sekarang perintahnya harus menghimbau dulu,” kata Endang saat ditemui detikcom ketika berjaga di Tanah Abang, Jumat pekan lalu. Pria yang sudah bergabung di Satpol PP sejak zaman Sutiyoso pada 2000 lalu itu mengaku tugasnya pun sekarang jadi terasa lebih ringan karena hampir tak ada perlawanan dari pedagang.

Endang melanjutkan, ia dan puluhan petugas Satpol PP lain dari Kecamatan Tanah Abang ditugaskan untuk berjaga setidaknya hingga dua bulan ke depan, hingga selesai renovasi Blok G dan para pedagang mulai betah berdagang di sana.

Kepala Satpol PP DKI, Kukuh Hadisantoso, mengakui dalam pemerintahan Jokowi pihaknya tidak hanya menertibkan tapi memberi solusi. "Bukan sekadar menggusur tapi menata. (Pedagang kaki lima) itu dikasih tempat yang bagus, tempatnya di cat agar menarik, mereka tak lagi kehujanan dan kepanasan," Kukuh menjelaskan ke detikcom saat ditemui Jumat pekan lalu.

"Kalau bicara yang beli siapa, pembeli itu nanti pasti akan mencari, kita pancing ke sana. Nanti lama-lama akan ke sana. Ini kan proses," ujar Kukuh melanjutkan.

Pengamat perkotaan Yayat Supriyatna mengatakan dari segi struktur, Jakarta sudah mempunyai banyak aturan, pedoman, dan arahan untuk mengatur masyarakat. Sayangnya, selama ini Perda Nomor 8 tahun 2007 tentang Ketertiban Umum itu sulit ditegakkan karena tak didukung aktor yang kuat yang bisa menggerakkan seluruh unsur pemerintahan dan kelompok aktor lain.

"Di sinilah peran aktif Jokowi sebagai aktor yang mampu menggerakkan supaya kebijakan atau Perda itu dijalankan. Selama ini banyak aparat di bawah tidak tahu harus berbuat bagaimana karena dia berhadapan dengan struktur dan aktor yang lebih besar," ujar Yayat kepada detikcom kemarin.

Wakil Ketua DPRD DKI, Triwisaksana, mengakui peralihan Satpol PP yang kini lebih komunikatif dan tak lagi menggunakan cara kekerasan untuk penertiban seperti pada masa lalu adalah sebuah perubahan yang besar. “Pastinya ini ada pengaruh dari kepemimpinan Pak Jokowi. Monitoring yang melekat, turun ke lapangan, dan ketegasan dalam eksekusi,” kata politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini kepada detikcom, kemarin.

[url]http://news.detik..com/read/2013/08/21/152533/2336405/10/pkl-jokowi-doang-gubernur-yang-bisa-rombak-tanah-abang[/url]

inilah bukti pemimpin yang merakyat, seluruh kalangan memuji setiap gebrakan pak jokowi dan seluruh kebijakannya dapat sukses diterapkan... salut dh buat pak jokowiemoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)

salam Jakarta
#Assalamualaikum gan, iya gan perasaan baru jokowow aja yang bisa

trit calon HT gan emoticon-Ngakak
KASKUS Ads
pagi gan emoticon-Smilie betul sih keknya sebelum2nya ga bisa kek dia gan
image-url-apps
insinyur niat benahin kota jakarta gan
Si kumis ngapain aja ya dari dulu emoticon-Ngakak
image-url-apps
TS nya selalu bikin trit tentang pak deh nih , mantap daah !
Dukung trus pak jokowi ! emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup emoticon-thumbsup
Seandainya ada Jokowi lain di daerah Ane......emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S) pasti indonesiaemoticon-I Love Indonesia (S)
salah satu pemimpin yg layak dijadikan panutan n contoh buat pemegang pemerintah di level manapun
ga cuma banyak omong tapi action juga kudu nyata n membahagiakan masyarakat
image-url-apps
Quote:

kayaknya sibuk ngurusin nkumisnya gan.. wkwkwk
image-url-apps
Quote:


iyaa , gan dia emang bener - bener niat membenahi ibukota . Ane salut sama beliau dilihat dr kerja keras dalam wujud yang nyata emoticon-shakehand emoticon-shakehand emoticon-shakehand
 PKL: Jokowi Doang Gubernur yang Bisa Rombak Tanah Abang emoticon-Kiss (S) emoticon-Kiss (S) Selamat Jokowi - Ahok! hampir setahun pekerjaan anda mewujudkan Jakarta lebih baik, yang oleh pemimpin sebelumnya membutuhkan 5 tahun untuk pewujudannya.. eh lebih ding emoticon-Ngakak (S)

setelah Jakarta dipegang Jokowi - Ahok tiba² ajah Jakarta jadi punya duit banyak yah! emang dulu² duitnya pada dikemanain sih?

*Foke, please come home, we missed U
Semangat terus pak Joko Widodo

Kota Jakarta ini akan semakin tertib dan teratur

Menuju arah sana, doakan terus, banyak yang mendukung ..

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
jokowi emang luar biasa persuasif gan..

ga perlu kekerasan malah bisa damai..
Selamat ya buat jokowi dan ahok. Ane pasti nanti betah di jakarta emoticon-Big Grin
image-url-apps
kalau dihalusin mau lawan kyak enggan gtu gan... pd nurut.. pda damai... setau ane org jawa gtu mngkin org dr daerah lain jg.
klo di kerasin.. bakal keras pula maenya...

nah ane ykin kurng lbih 65% PKL dsna dr Jateng dan Jatim.
sisanya dr luar pulau.. jabar.. dn pdd asli
jokowi itu cuma memanusiakan manusia.
Pedagang itu manusia, jadi untuk memindahkannya ya bukan dengan diperangi, tapi dengan cara2 yang manusiawi.
menurutku orang indonesia itu cenderungnya kalo kita keras, mereka akan semakin keras, tapi kalo kita lembut, mereka akan semakin lembut.
image-url-apps
Program" Jokowi baek yg jangka pendek maupun panjang selalu NYATA Gan...
Tp ada aja org yg ngk suka.. entah kenapa...
 PKL: Jokowi Doang Gubernur yang Bisa Rombak Tanah Abang
nyata ya gan kerjanya.....

walau gitu masih ada aja yang menghujat jokowi,bukannya mendukung...
Pak Jokowi emoticon-2 Jempol
×