alexa-tracking

Ayam pun bisa Haram [Khusus Muslim]

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5214f5de1acb170e7c00000a/ayam-pun-bisa-haram-khusus-muslim
Ayam pun bisa Haram [Khusus Muslim]
Ayam pun bisa Haram [Khusus Muslim]

Semoga tidak Repost

emoticon-Blue Repost


Selama ini fokus kita terhadap pemberitaan makanan haram itu yg mengandung unsur yang memang diharamkan sesuai dengan yang sudah tercantum dalam Al-Qurán maupun dalam Hadist.
Spoiler for Binatang Haram:

Seperti berita-berita yang kita dengar dari media tentang restoran yang ternyata dalam proses penyajian makanannya melibatkan salah satu unsur di atas, dan yang paling disoroti adalah yang mengandung unsur babi.
Namun kadang kita ternyata kadang tidak memperhatikan juga dengan proses penyembelihan yang memang sudah ditentukan dalam ajaran islam.
Spoiler for Proses Penyembelihan:

kemudian juga harus diperhatikan seperti hal di bawah ini
Spoiler for hal lain:

Beberapa faktor ane buat thread ini setelah berbincang dengan teman ane yang dulunya tukang potong ayam di sebuah rumah pemotongan hewan, tapi alhamdulillah dia sudah tobat. Dia bilang saat itu ketika memotong ayam, dikarenakan jumlah ayam yang harus dipotong banyak jadinya banyak pemotong ayam yang tidak mengucapkan doa menyembelih (asma Allah SWT), dan bahkan sebagian dalam keadaan mabuk saat melakukan pemotongan tersebut.
Kemudian juga waktu ane mengantar mertua ane ke sebuah pasar di kota ane, dengan mata kepala sendiri ane melihat seorang pemotong ayam yang sangking lihainya dia memotong ayam itu dengan cara menelikung leher ayam itu dengan jari-jari tangannya dan dia potong si leher ayam itu dengan mudahnya, lalu belum ayam itu benar-benar mati dia masukan ayam itu ke air panas. Kecepatannya luar biasa gan, karena memang dia sudah terbiasa, entah ketika memotong itu dia bacakan asma Allah SWT atau gak Wallahualam.
memang sulit ya gan kalau begini caranya, terus kita harus makan apa dong? ane pikir ada banyak pengusaha ayam yang menjalankan bisnisnya dengan baik dan sesuai syariah, tinggal kita nya yang aktif dan waspada dalam hal seperti ini. Gak ada salahnya ketika kita membeli ayam, tanyakan aja sama si penjualnya ini dipotongnya sesuai islam apa gak, atau kalo ada waktu kenapa gak kita beli ayam hidup terus kita potong sendiri deh, kalaupun gak bisa ya suruh orang yang ahli lah.
Ini nih beberapa bahaya kalau kita mengkonsumsi makanan haram
Spoiler for akibat:

Hadist yang berhubungan dengan hal ini:
Spoiler for Hadist:

Bisa saja kita bilang, kita kan gak tau kalo pemotongannya tidak dengan cara syariah, ya memang gan, tapi gak ada salahnya juga memastikan makanan yang masuk ke dalam perut kita/keluarga kita itu sudah seperti yang ditentukan oleh syariah Islam.
Beda halnya dengan di Amerika Serikat, adik ipar ane lama di Chicago, sekarang sih udah di Indonesia, dia bilang justru kalo di AS sana makanan terlabeli dengan baik (halal), seperti daging sapi atau ayam, dan yang lainnya. Pihak perlindungan konsumen di sana lebih ketat katanya (ini sih menurut adik ipar ane, ane sendiri belum pernah kasana).
Ane gak sedang men-judge pihak manapun, tapi ane berhadap mudah-mudahan kita semakin waspada dan berhati-hati gan, karena menurut ane ini penting. Jangan sampe cuma unsur babi aja yang diusut tapi dalam hal proses penyembelihanya di lupakan.
Spoiler for sumber:


Maaf kalo ada salah-salah, ilmu ane juga masih terbatas, masih belajar juga. Juga kalo ada yang kurang berkenan ane mohon maaf ya.
Kalo ada hal yang kurang atau koreksi boleh lah sharing, kita sama-sama berbagi ilmu dalam kebaikan, Insha Allah.

image-url-apps
Saya pernah makan nasi goreng bakso.
Didalam nasgor itu ada daging2 kering kecil yg ternyata babi, baksomya juga mengandung babi. Itu waktu 10 tahun yg lalu, karna gak tau akibat kelaperan jd main singgah rumah makan tanpa liat plank nama rumah makannya.
#WOWKAKWOW,trus nanti makan apa kak kalau semua haram emoticon-Bingung (S)








original post by anglputri

Ayam pun bisa Haram [Khusus Muslim]
KASKUS Ads
Kalau istri ane belinya dari tetangga yang kebetulan penyuplai ayam gan, dan istri ane ngliat dia nyembelihnya, mengucapkan asma Alloh. jadi hilang satu kekhawatiran.
Nice thread gan, mengingatkan sesama muslim, Semoga menjadikan ibadah.. emoticon-thumbsup
jadi bingung mau makan apa !
Berhubung kita gak mungkin bisa ngeliat semua proses penyembelihan daging yg kita makan. Berdoa aja semoga daging yang kita makan bener2 halal emoticon-Smilie
image-url-apps
mkn sayuran aja gan. sehat emoticon-Cool

btw nice thread gan emoticon-2 Jempol
ayam hasil maling juga haram gan emoticon-Ngakak
Quote:


Quote:

gak usah bingung cuma kita musti waspada dan ati2 aja gan... makan ikan juga aman tuh, atau tahu dan tempe... kalo untuk daging-dagingan ada baiknya kita pastiin itu disembelih dengan cara yang benar.
Quote:

beneran gan,ini sih susah juga ya emoticon-Bingung (S)

Quote:

mantap gan, istiqomah ya..insha Allah gan ini kan kewajiban kita walau ilmu masih dikit gak jadi halangan buat saling ngingetin.
Quote:

amiin gan...
Quote:

thx gan.. beneran sayur atau tempe tahu itu sehat ya...
tambahan ilmu yg berguna
paling bagus nyembelih sendiri gan kalo cuma ayam
MEmang sulit gan cari makanan yang bener2 sesuai syariat Islam.

Ada logo HALAL tapi gak semua penyedia makanan punya itu.

Terakhir, baca Bismillah aja gan, mdh2an aman emoticon-Malu (S)
yang pasti kalau kita tau pasti kita bisa menghindarinya gan
ayam kan makanan sehari hari, jadi makan apa dong? gak suka sayur dan ikan emoticon-Sorry
Quote:

makan ayam atau sapi pun ga papa, cuma kalo bisa sih pastiin aja gan cara penyembelihannya emoticon-thumbsup
image-url-apps
qta kan ga liat proses sembelih ayam.. taunya di pasar udah dikuliti aja
yah gimana ya gan kadang jg dicampur
image-url-apps
Quote:

apalagi ayam kampus? emoticon-Ngakak
image-url-apps
makan sesuatu yg kita tdk yakin dan ragu" juga bisa jadi haram loh gan
emoticon-Hammer2