alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
Gandeng Finlandia, Basuki Ingin Tingkatkan Kualitas Guru
5 stars - based on 3 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5214cfc017cb173578000004/gandeng-finlandia-basuki-ingin-tingkatkan-kualitas-guru

Gandeng Finlandia, Basuki Ingin Tingkatkan Kualitas Guru

JAKARTA, KOMPAS.com — Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan, masih banyak guru yang kurang berkompeten dalam memberikan pendidikan di Jakarta. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan bekerja sama dengan Pemerintah Finlandia untuk meningkatkan kualitas guru.

"Ya, lumayan sih, masih banyak guru yang enggak berkompeten," kata Basuki seusai bertemu Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Finlandia Krista Kiuru di Balaikota Jakarta, Rabu (21/8/2013).

Oleh karena itu, Pemprov DKI saat ini sedang mengkaji apakah dalam penerimaan calon pegawai negeri sipil mendatang akan membuka kuota lebih banyak untuk jabatan seorang guru. Selain itu, membuka peluang para guru honorer untuk diangkat menjadi PNS.

Dalam pertemuannya dengan Kiuru, rencananya Finlandia akan menggelar seminar bagi para guru sehingga kualitas guru atau tenaga pengajar di Jakarta dapat sejajar dengan kualitas guru di Finlandia.

Menurut Basuki, standar pendidikan dan kualitas guru Finlandia merupakan yang terbaik di dunia. Dengan mengikuti seminar itu, Basuki berharap para guru dapat menjalankan Kurikulum 2013. Rencananya, seminar itu akan dilaksanakan pada Oktober 2013.

"Untuk menjalankan kurikulum itu, kita butuh guru-guru yang mempunyai kualifikasi seperti guru negara sana," kata Basuki.

Pemprov DKI juga akan mengundang Pemerintah Finlandia untuk mengembangkan kerja sama di bidang selain pendidikan, misalnya teknologi dan investasi bisnis.

Spoiler for Baca:


Spoiler for sumber:


Spoiler for tambahan dai kaskuser:
Diubah oleh toalstoels
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 2
malam gan emoticon-Smilieterobosan yg bagus tuh gan
mantep banget tuh.. dibandung juga nih guru di sekolah ane tepatnya banyak banget yang ngak berkompten mengajarnya terutama di bidang fisika dan biologi (karena ane ipa gatau kalau ips dan bahasa) mereka tuh ngajarnya bikin kita boring banget.. mesti diperbaharui
klo pak ahok pasti ane dukung gan programnya

wah bisa2 sekolah di Indonesia ngga usah pake PR nih asyiik, kalo ngga salah denger sekolah di Finlandia ngga pernah ngasih PR ke murid2nya gan Cmiiw emoticon-Malu (S)
anjrit...langsung minta bantuan sama negara pemilik sistem pendidikan terbaik

coba dari dulu emoticon-Ngakak

mungkin disini dah kayak negara maju laennya
IMO sistem pendidikan finlandia sangat beda dari Indonesia bisa dikatakan gak cocok terutama kurikulumnya emoticon-Bingung (S)

kalo cuman gurunya aja sih mungkin bisa emoticon-Bingung (S)
Quote:


Gak ada PR gak ada ujian emoticon-Hammer
gimana ya gan, ane dukung deh, terobosan bagus emoticon-2 Jempol
Quote:


fuck with curiculum
Kurikulum gajelas bin dadakan gitu...
Lagian yang mau dicontoh ahok itu bukan cara ngajarnya doang tapi kan sikap cara berpikir cara menanggapi kelakuan sosial siswa yang jauh lebih penting drpda pelajaran sekolah...

Quote:


waktu jamannya si kumis mah menterinya yang jalan-jalan ngabisin duit anggaran,
waktu udah dipegang sama pakde... "OOO tidak bisa!" emoticon-Ngakak
sekarang lebih milih ngedatengin dari luar negeri, karena lebih kompeten emoticon-army:
Nggak salah juga kerjasama bareng Finlandia. Sejauh yang pernah saya tau, sistem pendidikan di Finlandia itu dikenal sebagai salah satu sistem pendidikan yang terbaik di dunia. Intinya sih sekolahnya relatif nyantai, bermain sambil belajar, guru juga ngajarnya nggak sembarangan dan seleksinya ketat, nggak maksa disuruh ngafalin pelajaran, ujian dan PR ada tapi bisa dibilang jarang, biaya sekolah juga gratis gan buat kebanyakan sekolah di sana soalnya sepenuhnya ditanggung negara. CMIIW.



Thread yang berkaitan dengan Finlandia: http://www.kaskus.co.id/thread/5174a...terbaik-dunia.

Cuma masalahnya ya, mental masing-masing orang belum tentu sama apalagi ini udah beda budaya juga (misal: ada seseorang yang sadar diri kalau dirinya butuh bantuan tapi tetap berusaha untuk bisa melakukan sesuatu tanpa ingin merepotkan orang lain, tapi ada juga yang sudah dibantu kemudian berpikir bahwa ini bisa jadi kesempatan emas untuk terus minta bantuan, akhirnya berperilaku manja). Tapi, nggak ada salahnya dicoba. Siapa tau cocok, terutama buat generasi selanjutnya. Intinya sih dimulai dari keluarga dulu.
Diubah oleh ventus28
Quote:


Ya liat aja unas emoticon-Big Grin
Quote:


mantap gan semoga ini bisa jadi solusi pendidikan di Indonesia emoticon-I Love Indonesia (S)


wow keren gan emoticon-Matabelo semoga dapat mengatasi masalah pendidikan indonesia
Harusnya HT ini
wah ganeng finlandia solusi bagus nih gan
klo mau pendidikan kita maju ya adaptasi pendidikan luar yang nyata ada hasil, daripada kurikulum indonesia yg kagak bener dari dulu, sayangkan klo org2 indonesia yg punya potensial di suguhi ma pendidikan yg ga sinkron materi dg aplikasinya.emoticon-Najis

contoh simple nya ja deh, ente2 belajar emang bisa diterapin di daily activity..?? boro2 ngembangin nerapin aja kagak bisa alhasil cuma tau teorinya doang at the cuma jadi pekerja aja,,,yg penting gajian. kapan innovasi nya.??

coba liat sistem pendidikan negara maju, mereka menggunakan kurikulum terapan, liat hasil nya..maju trus lah pak ahok secara pribai gw setuju banget ma programnya.

jng lupa cendol gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kapan ya ada terobosan baru yang sekali pencet otak kita jadi pinter emoticon-Ngakak (S)
waduh beneran manggil finland nih? keren amat emoticon-2 Jempol
iya sih soal guru masih banyak yang kurang, guru ane aja masih banyak yang sering bolos kelas emoticon-Mad (S)
ga ada salahnya dicoba gan.. pendidikan sudah seharusnya menyenangkan..bukan mengerikan seperti yg banyak terjadi sekarang di negara kita
Halaman 1 dari 2


×
GDP Network
© 2018 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di