alexa-tracking

[Renungan] Kesuksesan Seseorang

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5214bddf8327cf2845000000/renungan-kesuksesan-seseorang
[Renungan] Kesuksesan Seseorang
KESUKSESAN SESEORANG

Halo Gan,,,

Sebelum masuk ke point utama artikel ini, TS mau perkenalan sedikit, boleh kan ya.. hehe.. As kaskuser, I am a newbie here. Selama ini saya hanya baca2 artikel tanpa ikutan nimbrung komentar. Begitu banyak hal yang saya dapatkan dari membaca kaskus sendiri. Pola pikir kebanyakan kaskuser yang open minded sedikit banyak memberikan inputan yang sangat berarti bagi saya. Oleh karena itu, kali ini saya ingin share artikel yang saya buat sendiri dengan harapan bisa memberikan sedikit masukan bagi para kaskuser yang sedang berjuang dalam meraih kesuksesan seperti yang saya jalani saat ini.

Artikel yang saya buat ini murni dari pemikiran, pendapat, dan pengalaman saya pribadi. Point utama artikel ini untuk membahas tips and tricks yang menunjang kesuksesan seseorang.

Sebelum masuk ke tips and tricks meraih kesuksesan, saya mau menjelaskan definisi daripada kesuksesan itu sendiri. Sederhana saja, definisi SUKSES menurut saya pribadi adalah saat seseorang mencapai apa yang diimpikan. Mimpi itu bagus ga sih? Kalau menurut saya, bagus, bahkan mimpi setinggi langit juga sangat bagus. Saya yakin semua orang pasti pernah bermimpi untuk kehidupan mereka yang lebih baik. Impian bisa berupa impian jangka pendek dan impian jangka panjang. Yang perlu diingat adalah mimpi kita hanya bisa jadi kenyataan kalau dibarengi dengan KERJA KERAS!

Saat ini, saya bukanlah orang yang sukses (kembali lagi lihat apakah definisi sukses menurut saya pribadi), tapi saya dalam tahap menuju sukses. Selain kerja keras, yang selama ini saya lakukan untuk mencapai kesuksesan (dan berhasil) adalah sebagai berikut

1. Give deadline to yourself


Saya selalu menuliskan apa yang saya impikan diatas secarik kertas. Kertas ini kadang saya pajang di kamar atau saya simpan di map. Impian yang saya buat selama ini adalah impian yang menurut saya realistis dan saya yakini kalau saya kerja keras dalam tempo deadline yang sudah saya tentukan, saya pasti bisa mewujudkan impian ini. Deadline bertujuan untuk membuat saya lebih fokus pada pencapaian mimpi saya. Dari impian yang besar ini, satu per satu langkah akan saya break down, dan juga saya kasih deadline penyelesaian. Ini adalah janji ke diri saya sendiri. Janji inilah yang menjadi penyemangat saya untuk bisa mewujudkan impian saya.

Contoh sederhana, saya dulu kuliah, kalau sudah keluar nilai UTS, pasti selalu saya tulis nilai-nilainya diatas secarik kertas, dan target nilai final yang saya harapkan. Misal, nilai UTS Kalkulus saya hanya 60, tapi target nilai final saya A, berarti saya harus mendapatkan nilai 90 di UAS untuk mendapatkan nilai A. Acuan ini akan membuat saya lebih fokus pada langkah-langkah detil berikutnya untuk mencapai impian saya.

2. Change negative thinking to positive thinking

Setiap pemikiran kita akan sangat mempengaruhi motivasi kita dalam melakukan sesuatu. Bahayanya kalo pemikiran yang datang ke kepala kita selalu pemikiran negatif dan kita biarkan berkembang tanpa berusaha untuk mengubahnya menjadi pemikiran positif, kebayang deh hasil kerja kita nantinya. Pemikiran negatif merupakan salah satu faktor yang dapat menghambat kita dalam menjalankan langkah-langkah pencapaian kesuksesan. Untuk setiap pemikiran negatif yang mampir ke kepala saya, selalu saya usahakan untuk berubah ke pemikiran positif.

Contoh, kalau saya membandingkan gaji saya dengan gaji pacar saya vs beban kerja saya dengan beban kerja pacar saya, gaji saya lebih kecil dengan beban kerja yang lebih besar. Memang perusahaan tempat kami bekerja berbeda, cuma pernah sekali terpintas hal ini membuat saya iri. Kembali lagi, apa sih sisi positif yang bisa saya ambil dari sini? Ya, memang gaji pacar saya lebih besar, tapi pengalaman hidup saya dan pengalaman solving problem saya lebih banyak dari pacar saya, yang mungkin akan berguna di kemudian hari. emoticon-Smilie

3. Welcome and be thanks to all the problems come to you and thanks to all persons who hate you

Saya selalu menggunakan orang2 yang iri atau menganggap remeh saya untuk membuat diri saya lebih bijak, lebih kuat, dan lebih bersemangat untuk bisa lebih sukses, lebih dari apa yang saya punya saat ini.

Contoh, kalau saya flash back dengan kehidupan saya dulu, compare dengan apa yang saya raih saat ini, sedikit banyak termotivasi karena ada orang yang iri sama saya. Jadi tempat kerja saya sebelumnya, ada beberapa rekan kerja yang iri sama saya karena atasan saya memberikan performance appraisal yang bagus terhadap kinerja kerja saya meskipun saya hitungannya anak baru. Dengan performance appraisal yang bagus, otomatis kenaikan gaji saya di atas rata-rata. Nah, beberapa rekan kerja agak “mengintimidasi” saya karena mereka bilang atasan saya pilih kasih dan performance appraisal saya karena alasan kesamaan suku. Dengan situasi kerja yang seperti ini, saya sendiri merasa tidak nyaman dan memberanikan diri resign meskipun belum dapat kerjaan di tempat lain. Yang pasti, diiriin orang lain itu ga asik banget deh. Saya yakin kinerja kerja saya itu karena memang hasil kerja keras dan kemauan saya yang lebih dari rekan-rekan lainnya. Jadi, saya ga perlu khawatir untuk ga bisa cari makan di tempat lain. 2 minggu setelah saya mengajukan surat resign, saya sudah diterima untuk bekerja di perusahaan lain yang notabene gajinya jauh lebih besar, posisi lebih menantang dan sesuai dengan karakter pribadi saya, dan bergerak di bidang yang prestigious. So, today, I’m just thanking to my ex-colleague that used to jealous to me and treated me not very well as partner.

4. Praying for your dream and each of your action

Be thanks for every good thing happened, even a little thing that effect to your way to be success. Saya itu orang yang paling bisa mengapresiasi hasil kerja saya sendiri. Menurut saya, ini adalah alat yang membuat saya lebih bersemangat untuk berkarya lebih banyak lagi atau bersemangat untuk melangkah ke tahap berikutnya.

Contoh, target saya adalah bagaimana perusahaan saya bisa melunasi utang yang ada dalam kurun waktu satu tahun. Dalam waktu 3 bulan, saya bisa melakukan invoicing ke customer 40% lebih dari bulan-bulan sebelumnya. Penambahan invoicing 40% tidak serta merta langsung menghabiskan utang perusahaan yang bejibun banyaknya, tapi dengan income yang lebih besar, otomatis utang bisa diangsur ke vendor lebih banyak. Dan saya sangat bangga terhadap diri saya sendiri bisa memberikan dampak positif ke perusahaan tempat saya bekerja. Ini cara saya mengapresiasi kinerja kerja saya sendiri.

5. Listen to others

Begitu banyak orang yang mampir di kehidupan kita, baik itu orang tua, teman akrab, teman baru kenal, pacar, tetangga, saudara, dll. Setiap kali kita menghadapi suatu masalah atau kekurangan ide, umumnya kita share ke orang yang lain. Nah, biasanya lawan bicara kita melemparkan tanggapan ataupun saran mengenai hal yang kita bicarakan. Disinilah kita harus bijak dalam memilih apakah saya bisa mengikuti saran orang ini atau cukup jadikan sebagai saran sepintas. Kalau sarannya cukup ok, kenapa ga kita coba untuk ikutin. Baru-baru ini saya dapat masukan dari teman yang baru saya kenal mengenai salah satu langkah untuk mencapai impian saya, dan setelah saya coba jalankan ide itu, it works and I am really thanks to him for the idea.

6. My Mom, My BF, and My Family

Many thanks to my great mom as she is always the first who give me support and remind me on each of my way. Even many thanks are not enough to describe how much I thank to her for all the supports. She always gives me direction on how to still good on each of my actions. She always reminds me to be a discipline person. Begitu pula dukungan dari pacar dan saudara2 saya yang tidak ada henti2nya. Saran saya, dengarkanlah nasehat orang tua kalian, karena saya yakin nasehat orang tua tidak akan pernah menyesatkan kita.

Ok gan, itulah beberapa tips and tricks yang menurut saya penting dalam meraih kesuksesan. Kalau kepanjangan dan ngebosenin, harap dimaklumi, kalau bisa bermanfaat bagi para kaskuser, saya akan senang sekali. Kalau dari Agan2 sekalian ada yang mau nambahin, boleh di share dan saya usahakan untuk taruh di pejwan.

Ps: Kalau Agan2 ada waktu, please have a look to below websites and give some advice if any emoticon-2 Jempol

My website: http://batam-dine.com
My bro’s website: http://popotophotography.com


Thank you Gan,, sampai jumpa di puncak kesuksesan!

-Piratos-



#Nganu gan, ane selalu lakuin "Praying for your dream and each of your action"

dibalik kesuksesan pasti ada usaha keras yg tidak mengkhianati emoticon-Ngakak
lha dobel post nih tritnya gan
Quote:


Penting banget gan!

Quote:


ane kurang ngerti tulisan lu gan.. ikut emoticon-Ngakak aja deh..

Quote:


Ya gan, sorry, masih newbie, tapi udah minta moderator delete kog.. hihi.
walo pernah baca
tapi keep posting
salam motivator,,, moga lain kali lebih sukses bikin trit biar ndak dobel emoticon-Big Grin
dan jangan lupa ya gan, klo dah sukses jangan sombong emoticon-Big Grin
Quote:


pernah baca dimana gan?
coba minta link nya dong.. emoticon-Angkat Beer

Quote:


iya nih gan, inet lemot pake semar.. emoticon-Cape d... (S)

semoga gan, ane sama cowo ane selalu bilang ke diri sendiri, kalo seandainya kita sudah sukses, jangan pernah mandang rendah ke orang lain.. emoticon-Smilie

thanks advise nya gan. emoticon-Angkat Beer
sundul biar banyak yang baca. emoticon-Big Grin
keren gan. emoticon-Angkat Beer

semoga menginspirasi banyak orang. emoticon-Angkat Beer
Quote:


Tengkiuww gan.. emoticon-Big Grin
pokoknya berbakti ma ortu biar sukses
Quote:


Bener banget gan.. Pengalaman pribadi ane, smakin bny qt memberi ke ortu qt, smkn bny pemasukan qt.. Doa ortu emang the best of the best lah.. :thumbsup
saya sering make point no.1 gan, tapi hasilnya malah sakit-sakitan terus.... emoticon-Ngakak
Quote:


Wah gan, kesehatan ttp ptg yak gan.. Success for u.. emoticon-Big Grin
kudu bener bener berubah nih gan emoticon-Malu
hidup ane seakan gak terarah emoticon-Hammer
Quote:


Sip gan, ttp semangat utk kehidupan yg lbh baik. emoticon-Angkat Beer

Young on Top

Barusan baca artikel agan BillyBoen, katany salah satu faktor sukses krn pny bny tmn, stuju bgt deh gan. http://m.kaskus.co.id/thread/52143c671cd719af14000005
makasih gan buat renungannya emoticon-Cendol (S)
Quote:


Sama2 gan.. Smg sukses! emoticon-Big Grin
×