alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521472c0f7ca17a235000002/memberi-uang-tip-tidak-dianjurkan-di-negara-ini
Memberi Uang Tip Tidak Dianjurkan Di Negara Ini
Memberi Uang Tip Tidak Dianjurkan Di Negara Ini

Quote:
Terkadang, turis tak tahu pasti apakah ia harus memberi tip saat traveling. Penduduk di beberapa negara memang seringkali meminta tip. Tapi kalau berkunjung ke 4 negara ini, sebaiknya Anda menyimpan uang itu baik-baik.

Beda daerah, beda lagi budaya tip-nya. Di beberapa negara, memberi tip kepada petugas hotel atau pegawai restoran adalah hal yang biasa dilakukan. Tak jarang pula para pekerja industri pariwisata meminta langsung uang tip kepada traveler.

Tapi di beberapa negara, rupanya memberi uang tip sangat tidak dianjurkan. Dilansir dari News Australia, Rabu (21/8/2013), negara-negara tersebut antara lain Jepang, Korea Selatan, Brazil, dan India.

Jepang misalnya, punya penduduk yang mandiri dan suka bekerja keras. Tak heran mereka tidak suka saat turis memberi uang tip. Lebih buruk lagi, Anda bisa saja dianggap tidak sopan.

Anda tidak tahu betapa mereka membenci hal itu, karena mereka jarang memperlihatkan atau membicarakannya langsung. Tapi meski begitu, di Jepang diberlakukan service charges di beberapa tempat terutama restoran kelas atas. Resto-resto ala western juga sudah menerapkannya.

Di Korea Selatan, memberi uang tip juga tidak terlalu dianjurkan. Penduduk Negeri Ginseng itu merasa uang tip tidak diperlukan. Sama halnya dengan Brazil, Anda tak perlu mengeluarkan banyak uang untuk tip. Kalaupun ingin memberi untuk apresiasi, sopir taksi di Brazil sudah biasa menerima pembayaran ongkos taksi yang nominalnya dibulatkan ke atas.

India memang terkenal oleh penipuan dan kriminalitas yang marak terjadi di kota-kota besar. Tapi siapa sangka, sebenarnya penduduk negara ini tidak terlalu tergiur oleh uang tip. Kali ini dalam artian yang agak lain: banyak dari mereka yang meminta uang terlebih dahulu sebelum Anda memberikan tip.

[URL="http://travel.detik..com/read/2013/08/21/120737/2336071/1382/ingat-memberi-uang-tip-tidak-dianjurkan-di-4-negara-ini"]sumber[/URL]



Quote:
Berminat kerja sebagai bartender ataupun waiter di negara-negara Asia? Hindari Jepang dan datang saja ke Thailand. Sebuah survei oleh MasterCard Worldwide mengungkapkan 89 persen restoran dan bar di Thailand secara rutin mendapatkan tip dari tamu.

Sebaliknya, hanya 3 persen restoran dan bar di Jepang merasakan hal tersebut. Survei tersebut didapatkan berdasarkan perilaku memberi uang tip pada 7.000 responden yang dilakukan selama tahun 2012. CNNGo memuat hasil survei tersebut pada Jumat (27/7/2012).

Sebagai gambaran, pelayan di restoran dan bar biasa mendapatkan tambahan pendapatan dari uang tip yang diberikan oleh tamu. Kebiasaan memberikan uang tip sebenarnya bukanlah hal yang lazim di banyak negara di Asia.

Seperti diungkapkan Editor Jepang untuk CNNGo Mark Hiratsuka, pemberian uang tip bukanlah bagian dari budaya orang Jepang. "Anda membayar, tutup dompet, dan itu saja," katanya.

Ia menambahkan, kalangan tua di Jepang malah melihat penghargaan berupa uang tip merupakan sesuatu yang membingungkan. Jika seseorang meninggalkan sesuatu di restoran atau bar, lanjutnya, seseorang akan mengejar tamu itu dan mengembalikannya.

Sementara itu, di Thailand, budaya pemberian uang tip masuk ke Thailand secara alami, terutama berhubungan dengan makanan. Di peringkat setelah Thailand adalah Filipina dan Hongkong.

Filipina disebut konsisten melakukan pemberian tip sebesar 75 persen, sementara Hongkong di angka 71 persen. Korea Selatan berada di 13 persen dan Taiwan di 17 persen, menjadikan keduanya bersama Jepang, berada di peringkat tiga terbawah.

"Riset ini mengindikasikan pasar yang begitu beragam yang membentuk wilayah Asia Pasifik. Ini sebuah perpaduan budaya dan memahami mereka merupakan tantangan besar untuk bisnis secara global," ungkap Georgette Tan dari MasterCard, seperti dikutip dari CNNGo.com.

Bagaimana dengan Indonesia? Indonesia di peringkat keenam bersama-sama dengan Malaysia, meraih tingkat konsistensi sebesar 60 persen. Secara jender, pria disebut lebih sering memberikan uang tip daripada perempuan. Hal ini pengecualian di Indonesia, Filipina, dan Singapura.

Berikut daftar pemberi uang tip paling konsisten di Asia-Pasifik.
1. Thailand - 89 persen.
2. Filipina - 75 persen.
3. Hongkong - 71 persen.
4. India - 61 persen.
5. Australia - 55 persen.
6. Malaysia - 40 persen.
6. Indonesia - 40 persen.
8. Singapura - 33 persen.
9. Vietnam - 30 persen.
10. China - 28 persen.
11. Selandia Baru - 20 persen.
12. Taiwan - 17 persen.
13. Korea Selatan - 13 persen.
14. Jepang - 3 persen.

sumber


Masyarakat Jepang memang hebat,rakyatnya berpikir positif,pantas negaranya sangat maju emoticon-Matabelo

Spoiler for Tambahan dan Komen Agan-Agan:



Quote:
Tolong Dong Gan Tinggalkan Jejak dan emoticon-Rate 5 Star
Kalau bisa minta emoticon-Blue Guy Cendol (L) jangan di kasih emoticon-Blue Guy Bata (L)
#Assalamualaikum gan, negara2 maju gan

sore ganemoticon-Smilie hmm di mari malah di harapkan tuh
Harusnya tips memang tidak dibudayakan sih
Quote:Original Posted By tokomadju
sore ganemoticon-Smilie hmm di mari malah di harapkan tuh


bener gan, tapi kalau disini pasti sangat tdk d harapkan bagi para pelayan dan pekerjaan sejenisnya..
Kadang org yg ga di kasih tips kasian gan pejwan emoticon-Peace
bener banget nih, ane sebenernya kurang setuju ama yang ngasih tip. untungnya di Indonesia sendiri bisa dibilang kecil harapan dari si penerima tip untuk dikasih duit jadi mereka mikirnya biasa aja, nah kalo di negara2 yang udah budaya tip ga ngasih tip dikiranya pelit emoticon-Cape d... (S). ane kalo kerja juga ogah deh dikasih tip2an, ga suka ama budaya tip2an.
#AHAY gan, sayang di Indo gak gituh gan





Keinget cerita temen yang beberapa minggu yang lalu berkunjung ke Negara Paman Sam

Jadi ceritanya doi sama temen-temennya makan di restoran (sejenis warteglah kalo di Indonesia). Sehabis makan billing yang diterima kira-kira 100 US Dolar. Biasanya kan dimari, kalau diminta seharga bill ya segitu juga bayarnya. Eh, waktu doi bayar seharga yang tertera, malah dimarahi sama waiternya, kudu ngasi lebih. Buset dah..... emoticon-Hammer2

Sebagai tambahan mungkin artikel ini bisa lebih menegaskan budaya tip yang ada di negeri USA sono emoticon-Big Grin

Spoiler for artikel terkait:
pejwan dulu ..
belum pernah ke luar negeri,masa thailand lebih parah....
nyimak dulu gan
negara yang lain gimana?
Tips itu boleh di berikan sebenernya gan , tapi tidak wajib untuk meminta
Baru tau to insure promptness
Hahaha TIP
uang tips mendidik tidak baik
ya udah, lumayan kalo gitu wisawatan bisa lebih hemat emoticon-Big Grin
jepang pelit amat padahal kaya
×