alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/52144f4d38cb178827000007/tak-mampu-bayar-spp-puluhan-mahasiswa-siap-jual-ginjal
Tak Mampu Bayar SPP, Puluhan Mahasiswa Siap Jual Ginjal
Tak Mampu Bayar SPP, Puluhan Mahasiswa Siap Jual Ginjal

MALANG, KOMPAS.com — Puluhan mahasiswa Universitas Brawijaya (UB) Malang, Jawa Timur, menggelar aksi di depan kantor rektorat kampus setempat, Selasa (20/8/2013).

Mereka akan menjual ginjal masing-masing karena surat permohonan penundaan Sumbangan Penyelenggaraan Pendidikan (SPP) yang mereka ajukan ditolak.

Aksi mahasiswa dimulai dari depan gedung kuliah bersama dilanjutkan ke beberapa gedung fakultas dan finis di depan gedung rektorat. Mereka membawa poster bertuliskan "Saya mahasiswa UB berniat menjual ginjal demi lanjut kuliah".

Kepada Kompas.com, Ahmad Syaifuddin Zuhri, perwakilan mahasiswa yang bermasalah dengan SPP, menjelaskan bahwa ada puluhan mahasiswa yang siap menjual ginjalnya demi membayar SPP.

"Kita ditolak meminta surat penundaan yang ditolak karena sudah ada SK Rektor UB terkait pemberhentian penundaan SPP UB," katanya.

Mahasiswa lainnya, Megawati dan Galih Putra, juga siap menjual ginjal. Menurut Galih, dia pernah diterima di program Bidik Misi. "Namun, tiba-tiba digagalkan, tanpa ada pemberitahuan," kata Galih, mahasiswa FISIP UB.

Galih mengaku sudah mengajukan penundaan pembayaran, tetapi ditolak karena sudah ada SK Rektor UB itu. "Jika tidak melunasi SPP atau tidak membayar KRS, harus terminal dulu. Itu sudah opsi terakhir dari pihak rektorat," katanya.

Galih dan mahasiswa lainnya sudah mengajukan surat penundaan pada Senin (19/8/2013) kemarin. Namun, jawaban pihak rektorat adalah jika tidak bisa membayar SPP, mereka diminta meminjam ke bank.

"Hal itu yang menjadi kami tersakiti. Hal itu malah bukan meringankan kami karena bunga bank sangat besar, dari 0,3 sampai 15 persen," katanya.

Galih mengatakan, banyak mahasiswa FISIP UB yang bernasib sama dengan dia. "Penundaannya ditolak," akunya.

Para mahasiswa menyatakan akan tetap melakukan aksi jika tidak ada jawaban atau kebijakan dari pihak rektorat. "Sementara rektor dengan PD II FISIP saat ini sedang ke luar negeri. Dia katanya ke Hongkong," katanya.

Ditanya kenapa menjual ginjal, Galih dan teman-temannya mengatakan, hanya ginjal mereka yang bisa dijual demi melunasi SPP dan keperluan kuliah lainnya di UB.

"Saya rela jual ginjal demi biaya pendidikan yang mahal. UB saat ini dikenal dengan istilah 'no money, no study'," tegas Galih.

Dalam tuntutannya, para mahasiswa menolak tegas SK Rektor UB yang berkaitan dengan pemberhentian penundaan SPP UB untuk menentang kapitalisasi pendidikan serta keterlibatan modal-modal asing swasta dan asing pada UB.

"Maka dengan ini, kami dari aliansi mahasiswa Fisip UB (Amfibi) akan melakukan aksi segel beberapa bank swasta yang beroperasi di lingkungan UB. Aksi ini akan dilakukan selama tiga hari hingga tuntutan kami dipenuhi," katanya.

Spoiler for Sumber:
PERTAMAX GAK GAN??emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo
miris..emoticon-Sorry
#Assalamualaikum gan, parah banget gan negara kita gan
fenomena apa ikuta2an aja yah
Quote:Original Posted By ekkoprastiono
PERTAMAX GAK GAN??emoticon-Belomatabeloemoticon-Matabelo

selamat gan ente cepet banget emoticon-Shakehand2

Quote:Original Posted By eko33
miris..emoticon-Sorry



Quote:Original Posted By zendzzo
#Assalamualaikum gan, parah banget gan negara kita gan

iya gan untuk menuntut ilmu pun mereka rela sampai begitu emoticon-Sorry

Quote:Original Posted By tokomadju
fenomena apa ikuta2an aja yah

beneran deh gan kayaknya
mayan pejwan
supaya bisa diliat menteri pendidikan ni
Quote:Original Posted By makcrotz
supaya bisa diliat menteri pendidikan ni


tapi mana mentrinya yah gan emoticon-Big Grin
itu yang difoto pada ngelirik apaan sih? emoticon-Ngakak
ya jangan jual ginjal lah, walupun tar lulus tapi sakit2an kan percuma emoticon-Berduka (S)
jadi miris gan ngebacanya
Quote:Original Posted By zeigha.girl


tapi mana mentrinya yah gan emoticon-Big Grin

Cuma dilihat gak diselesein sama aja gan emoticon-Ngakak

bentar bentar pada jual ginjal ,miris,,,generasi muda mentalnya ko macem kuli.
Coba mahasiswa sebelum demo, pikir dolo....gimana kalo dy jadi pihak Universitasnya?
Kewajiban ga di lakukan, gimana mo nerima hak? Kalo ente jadi universitasnya, semua nunggak bayar, masa universitasnya suru jual ginjal juga?
Bukan saya ga punya nurani, coba lebih fair dari 2 sisi, jika ga sanggup bayar belajar biar dapet beasiswa, kalo cuman tidur2an dan otak ga sanggup... ya terima nasib aja bungemoticon-Matabelo
ginjal cuma dua!!!! kuliah 8 semester!!!! emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kasihan gan emoticon-Matabelo
yauda di beli aja tuh semua,
indonesia sukanya plagiat,
kalo ane contra sama kelakuan kayak gitu gan,
biar apa kayak gitu?
kalo emang niat mau jual ginjal buat kuliah langsung aja kerumah sakit ga usa di umbar d media emoticon-Cape d... (S) kalo emang ga kuat bayar kuliah ga usa di paksa lah emoticon-Bingung (S)
apa iya berani jual ginjal?
gak yakin ane kl liat mukanya
buset... sampe segitunya
dijual berapa tuh ginjal
jual ginjal dah kyk jual dodol aje gampang bener emoticon-Mad

emang ga ada solusi laen apa jdi harus jual ginjal bgitu?
×