alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521310953f42b2732a000001/share-pengalaman-cabut-gigi-geraham-bungsu
Hepi 
[SHARE] Pengalaman Cabut Gigi Geraham Bungsu
Sejak minggu lalu, tepatnya 2 hari setelah Lebaran, gigi ane terasa sakit. Setelah disenter dan diobok-obok dengan jari, ane baru tahu kalau gigi geraham yang letaknya paling belakang (geraham bungsu) sudah bolong besar. Selama ini tidak terlihat karena tertutup daging pipi yang agak menonjol ke dalam. emoticon-Cape d... (S)

Ane mendatangi dokter gigi umum dan berkonsultasi apakah bisa ditambal gigi bolong saya itu. Tetapi katanya harus dicabut. Ane malah diberi obat pengurang rasa sakit. Katanya, gigi tidak bisa dicabut saat itu karena sedang terasa sakit. Dokter gigi itu menyarankan agar ane melakukan pencabutan gigi di rumah sakit tempat ane bekerja saat ini. (ane memang bekerja di rumah sakit dengan status pegawai kontrak). Apa alasannya ya? emoticon-Bingung (S)

Kemarin ---saat gigi ane sudah tidak terasa sakit---, ane melakukan pencabutan geraham bungsu. Geraham bungsu adalah gigi geraham yang tumbuh terakhir kali dengan pertumbuhannya yang bervariasi pada setiap orang, direntang usia 16 sampai 25 tahun. Karena tumbuh paling terakhir, maka sering terjadi gigi itu tidak mendapatkan ruang tersisa pada gusi, sehingga tidak tumbuh dengan sempurna. Gigi yang tumbuh dalam posisi demikian bisa menjadi sarang penyakit karena sulitnya membersihkan sisa-sisa makanan yang terselip, lama kelamaan akan menimbulkan berbagai keluhan, mulai dari gigi berlubang, infeksi jaringan lunak hingga terasa bengkak dan nyeri.

Sebelum melakukan pencabutan gigi bungsu, ane survey ke beberapa teman yang telah melakukan pencabutan gigi bungsu (di RS lain). Ada yang bilang sakitnya luar biasa (akibat posisinya yang sulit dijangkau) hingga doi harus rawat inap 1 malam. Ada pula yang bilang tidak terlalu sakit.

Pagi itu ane sudah siap jam 08.15, sementara dokter gigi datang pukul jam 08.30. Ane adalah pasien pertama. Begitu jam 08.30, bu dokter datang. *Mak jlebb* ane akan segera dieksekusi emoticon-Cape d... (S) Pencabutan gigi bungsu ane kali ini ditangani oleh dokter gigi spesialis bedah periodonti yang ada di rumah sakit tempat ane bekerja.

Dokter giginya bilang, akan dilakukan odontektomi jadi akan sakit sedikit. Pantesan dokter gigi umum menyarankan ane agar melakukan pencabutan di rumah sakit. Pasti dia tahu bahwa kasus gigi ane ini harus dilakukan odontektomi. Hal pertama yang terpikirkan oleh ane saat mendengar "odontektomi" adalah, "Ya mau gimana lagi, ane pasrah. Daripada sakit gigi berlarut-larut?". Hal kedua yang terpikirkan, "Haduh, biayanya bukan 200 ribu seperti cabut gigi biasa dong? Di dompet cuma ada uang Rp 400 ribuan. Mateng!!" *maklum ane berpenghasilan pas-pasan*

Odontektomi merupakan operasi kecil untuk mengangkat gigi impaksi. Sebelum dilakukan pencabutan, gigi yang impaksi perlu di foto rontgen terlebih dahulu (rontgen panoramic) untuk memeriksa bentuk dan posisi gigi pada tulang rahang.

Pertama, ane disemprot dengan cairan merah pekat, selanjutnya disuntik bius lokal. Dibor. Dicabut dengan tang. Sampai diuntel-untel malah emoticon-Cape d... (S) Dan terakhir, dijahit!

Selama proses berlangsung, ane mengucap nama الله (Allah) berulang kali (dalam hati). Proses berlangsung sekitar 45 menit mulai dari masuk ruangan poli gigi (08.30 WIB) hingga keluar ruangan poli gigi (09.15 WIB). Dari proses pertama hingga selesai, ane tidak merasakan sakit yang berlebihan. Malah, sakit gigi terasa lebih nyeri daripada odontektomi itu sendiri.

Selesai odontektomi, kali pertama ane mencoba makan Bakpia Patok, oleh-oleh seorang teman yang baru kembali liburan dari Jogja. Jujur, perut ane keroncongan pake banget. Laper berat. Sejak pagi, ane memang sengaja tidak makan. Takut ada sisa makanan yang nyangkut di gigi. Kan malu sama dokter giginya dong emoticon-Ngakak

Ternyata makan bakpia patok tidak membuat jahitan di gusi terasa sakit. Berhubung sangat sangat sangat *tidak salah ketik* lapar, separo kotak bakpia ber-teleportasi ke dalam perut ane emoticon-Ngakak Makan bakpia patok adalah pengganti makan siang ane hari itu. Nah, saat pulang ke rumah (sore), ane mencoba makan nasi dengan sop. Nikmat. Malam hari, makan sate. Juga nikmat. Alhamdulillah...

Berapa biaya yang ane habiskan?

  1. Berobat ke dokter gigi umum --> gratis (karena tidak ada tindakan, hanya diberi resep).
  2. Menebus resep dari dokter gigi umum --> Rp 135 ribu.
  3. Rontgen Panoramic --> Rp 100 ribu.
  4. Odontektomi --> Rp 480 ribu (pasien umum Rp 800 ribu, karena ane karyawan kontrak maka dapat potongan 40%).
  5. Menebus resep dari spesialis bedah periodonti --> Rp 54 ribu (aslinya Rp 89 ribu, karena ane karyawan kontrak dapat potongan 40%).


Seminggu lagi ane harus kembali ke poli gigi untuk mencabut jahitan. Kata temen ane , dia dulu ditetesi albotil setelah membuka jahitan, karena bekas jahitan akan menjadi sariawan. Nah, tetesan albotil itu adalah perasaan paling perih dari semua proses odontektomi ini. Waaaah... ogah aaaah...
nais share gan, manajer ane mana nih? *clingukan, doi mau operasi besok emoticon-Ngakak
ane share pengalaman cabut gigi bungsu :

ane pernah cabut gigi bungsu, seharusnya udah disuruh dokter 2011 gara gara ane terlalu parno sama yang namanya jarum jarum atau jait jaitan gara gara pas masih TK ane pernah dijait di kepala emoticon-Takut emoticon-Mewek dan jadi baru cabut tahun ini. soalnya ini gigi makin lama semakin mengganggu dan bisa dibilang pipi dalem ane udah hancur gara gara selalu kegigit.

pengennya cabut gigi bungsunya langsung 4, tapi harus di bius total. ane takut banget ngerasain sakitnyaa. emoticon-Takut
setelah berbincang lama, dokter memutuskan jalan terbaik ambil gigi bungsunya 2 dulu, yang bagian kiri atas bawah. biar ane bisa makan dan ga pake bius total yang rumit. setengah jam setelah eksekusi rasanya sakit banget gan. emoticon-Mewek kata dokter sih itu cuma gara gara parno makanya jadi sakit. emoticon-Ngakak entahlah.
habis itu ane langsung demam 3 hari, pipi ane bengkakkk ga bisa kuliah deh. ane juga masih ga berani buka mulut lebar. padahal disuruh dokternya harus dilatih buka mulut. tiap hari ane cuma makan pisang disendokin kayak anak bayi
hari ke empat ane disuruh kontrol ke RS langsung buka jaitan, di paksa sama dokternya buat buka mulut yang lebaarrr. ternyata ga sakit gan. dan disuruh langsung minggu depannya cabut sisa 2 gigi bungsu kanan. tapi ane takut merasakan sakit yang sama. jadi ga dateng ke RS dehh emoticon-Ngakak
oh iyaa. ane dicabutnya di RS Santosa Bandung kalo harganya ane ga tau, soalnya ane pake asuransi dari kantor orang tua
ane udah disuruh sama dokter dari tahun lalu buat cabut geraham bungsu tapi g brani
kemaren lusa baru ronsen panoramic dan liat sendiri posisi geraham bungsu nu ngahiwal *kata orang sunda begitu*
dan udah bulatin tekat besok mau konsul lagi sama dokternya,tapi kayaknya dikasih obat dulu deh,soalnya cenat cenutnya ngalahin sm*sh
Cabut gigi blum pernah, palingan cm tambal doank. Tp rontok 3 biji pernah, jatuh dari kasur. Wkwkwk
Ane malahan dua kali cabut (operasi kecil) gigi geraham bungsu.
waktu itu sekitar tahun 1996-1997 di klinik gigi di jalan purnawarman blok M jaksel.waktu itu klinik giginya berafiliasi sama RSCM (kalo ga salah).

pengalaman n rasa waktu dicabut udah lupa...yg jelas ada acara bius lokal (mulut jadi baal) dan bedah kecil di bagian gusinya....waktu operasi ga sakit eehhh pas udah selesai +/- 1 jam mulai berasa nyut-nyut

deuhhh kalo inget jadi takut sendiri dah....emoticon-Matabelo
:sundulgan:sundulgan:sundulgan:sundulgan:sundulgan
agan2 yang daerah jogja mau cabut gigi bisa ke ane gratis
ane lagi menempuh dokter gigi muda aka koas
jadi butuh pasien cabut gigi
nanti ane gratisin

hubungi 085878997898 SMS atau WA
Lebih tepatnya lagi kalau yg ngerjain drg spesialis bedah mulut gan, mereka memang ahlinya odontektomi/OD, tapi ya syukurlah sdh di OD, setelah itu terapi/latihan buka-tutup mulut ya gan, biar gak kaku pasca OD, kalau agak bengkak ya wajar krn tulang rahang bawah (mandibula) dibor, hehe..

Oiya, kalau mau diambil jahitannya gak perlu dikasih albothyl, albothyl itu matiin jaringan, gak bagus, kasih betadine cukup kok emoticon-Cool

Smoga bermanfaat, nice share gan emoticon-Smilie
Ane kamis mau cabut mana tiga gigi bawah kanan kiri sama kanan atas emoticon-Takut. Doainnya gan moga lancar dan gak sakit2 amat
cabut di mana gan, aye udah 3 hari ini nyeri banget... pengen cepet2 di cabut
Ane baru cabut gan, rahang ama tenggorokan sakit banget nieh emoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frownemoticon-Frown
wah ane lusa mau cabut 3 gigi bungsu gan, gileee biayanya
dokter gigi kasih tarif borongan 5jeti
wlehhhh pusing nehhh mikir dananya dari mane, dah mane sakit pula geraham bungsu yg bawahemoticon-Matabelo
oh gitu yah gan emoticon-Big Grin
Ane baru semalem dicabut gigi geraham bungsu sebelah kanan bawah. Pada waktu dicabut mah kaga sakit, udahannya ajah nih sampe sekarang masih nyot nyot....
aq gigi geraham kiri bawah lubang,
mahkotanya hancur..
ud ditambel sementara tapi masih ngilu emoticon-Mewek
doain ya biar bisa re-covery gak harus cabut..
takuttttt... emoticon-Sorry
ya takut nyabutnya ya takut ngeluarin uangnya emoticon-Hammer2
cabut ndak ya??? gigi ane calonnya 4 yg mau dicabut, kalau 2 gigi geraham depannya ndak bisa di repair ya 6 deh
gigi geraham bungsu ane juga tumbuhnya semena mena nihh, nih gigi udah ganggu banget jadi pipi dalam ane ludes gara gara nih gigi
pengen dech cabut, tapi masih ngeri inget pernah cabut gigi juga pas kecil dulu
dan makin ngeri pas udah baca komen komen diatas seputar cabut gigi geraham bungsu
Ane juga 2 minggu lalu gigi geraham ngilu. Lubangnya gak kasat mata. Karna ane risi ama ngilu2 itu trus ane ambil potong kuku yg dikit karatan kan ada pisaunya ane kikir..udah tajem ane kerok kerok ampe berlubang dan sakitnya 30 × sakitnya kalo di banding sama ngilu2 yg pertama sampe ane netes air mata.. Skarang infeksi gussi karna bakteri. Gigi belum bisa di cabut. Soalnya masi sakit pipi bengkak. Saran ane. Klo sakit gigi jangan di kerok apa lagi pake besi.. ok
Quote:Original Posted By dodiedo
:sundulgan:sundulgan:sundulgan:sundulgan:sundulgan
agan2 yang daerah jogja mau cabut gigi bisa ke ane gratis
ane lagi menempuh dokter gigi muda aka koas
jadi butuh pasien cabut gigi
nanti ane gratisin

hubungi 085878997898 SMS atau WA


Ntar bukan sembuh . Malah pipi miring karna salah urat emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Sekedar sharing pengalaman. Dioperasi angkat gigi geraham bungsu 8 tahun yang lalu di sebuah rumah sakit swasta di kota Bandung oleh dokter spesialis bedah mulut yang kini sudah almarhum.

Awalnya, memang ane sudah sadar bahwa ada kelainan dengan gigi geraham bungsu (M3) di kiri kanan belakang gusi bawah ane karena tumbuhnya miring dan tidak keluar serta tertutup gusi sebagian permukaannya (operkulum). Singkat kata saat ini ane masih ditanggung asuransi kantor bokap, dan langsung konsultasi ke dokter gigi umum, diminta untuk rontgen panoramik, dan hasil menyatakan keduanya di bagian gusi bawah ternyata tumbuhnya miring (impaksi), langsung oleh dokter gigi umum dirujuk ke dokter spesialis bedah mulut, setelah bertemu langsung dijadwalin untuk operasi.

Operasi diangkat keduanya, tetapi atas pertimbangan saya sendiri daripada terus jadi mending diangkat keempatnya. Operasi di kamar operasi dengan menggunakan bius umum (tidak sadar) dan memakan waktu lebih dari 3 jam. Berhubung ane sudah puasa dari semalam dan operasi tertunda yang seharusnya jam 6 pagi jadi jam 9, operasi selesai jam 1 siang. Karena efek obat bius yang membuat sangat mual (kata dokter anestesi menggunakan fentanil dan pelemas otot). Berhubung saat itu ane sudah puasa 13 jam, jadi mual tapi gak ada yang dikeluarkan hahaha, dan karena puasa sudah cukup lama, maka terpaksa dokter menambahkan cairan protein dan gula.

Di ruang recovery ane singgah disini cukup lama dan karena efek mual dan pusing yang amat sangat terpaksa ane diinapkan dulu dari 1 siang hingga jam 5 (walaupun obat bius sudah tidak ada, tapi untuk pusing ane lebih milih tidur). Setelah jam 5 baru ane dipindah ke ruangan.

Hingga jam 11 malam ane belum boleh makan karena belum ada bising usus, dan tersiksanya selama lebih dari 24 jam ane puasa, berhubung dapur sudah tutup jadi hanya boleh minum cairan susu (peptis*l) karena tidak boleh langsung makan makanan padat, dan baru bisa makan setelah paginya jam 6.

Pengalaman makan pertama, waaah sangat tersiksa walaupun disuguhkan makanan lunak, bubur nasi dan pepes tahu. Meskipun tidak penuh perjuangan untuk mengunyah, tetapi proses menelannya pasti kan melalui luka daerah operasi dan ini sangat menyiksa sekali. Selain nyeri, rasanya ada sensasi aneh bila gigi ane menyentuh daerah bekas operasi tampak banyak sekali benang jahitan dan cukup tebal.

Pagi jam 9 dokter yang mengoperasi ane visit, dan ada sedikit efek samping operasi dikarenakan gigi geraham bungsu kiri bawah tertancap agak dalam dan sedikit melewati daerah kanal persarafan, maka sebagian bibir bawah bagian kiri ane rada baal (mati rasa), tetapi ane tidak terlalu merasakan dan kawatir karena dokternya meyakinkan efeknya hanya sementara saja.

Sehari dirawat, langsung dijemput kakak ane (kebetulan dokter di rs yang sama). Tanpa basa basi, langsung diajak nonton sama kakak ane ke Bli*z di PVJ (haha). Dan tersiksanya, disana ada menu snack nonton kesukaan ane (french fries and fish). Mengunyah ikannya sih gak masalah, tapi ngunyah kentang gorengnya butuh perjuangan hebat. Ngunyah pake gigi depan terus aja, tapi yg namanya spontan kan setelah dipotong gigi depan pasti makanan melewati gigi belakang, dan ketika melewati bagian ini nyerinya luar biasa.

2 minggu, ane kontrol ke dokter bedah mulut, dan dicabut benang. Setelah dicabut benang yang jumlah lebih dari 5, terasa ada lubang bekas tempat bercokol gigi yang bekas dioperasi. Waktu itu, pas kebetulan hari ultah mama ane, dan setelah dilepas jahitan langsung deh kita makan-makan di restoran hanam*sa. Pulangnya, ada banyak sekali daging yang terjebak di kedua lubang kiri dan kanan bawah, hingga hal tersebut membuat ane gelisah, dan akhirnya malam-malam jam 11, kebetulan tetangga ane adalah mahasiswa FKG (sekarang drg. Celica) minta dengan alat seadanya diambilkan sisa daging yang tersimpan disitu.

Sekilas begitu pengalaman ane setelah operasi hehe... Semoga berguna.