alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5210d0b71dd719bd12000003/cerita-17-an-suasana-17-an-di-gereja-kristen-jawa-gkj-joglo-no-sara
[Cerita 17-an] Suasana 17-an di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joglo. NO SARA
[Cerita 17-an] Suasana 17-an di Gereja Kristen Jawa (GKJ) Joglo. NO SARA


Cerita dan foto-foto di thread ini dibuat dalam rangka mengikuti lomba TANGKAS yang diadakan oleh KASKUS. Meskipun thread ini bermuatan tentang kegiatan 17-an di lingkungan gereja saya, namun saya tidak bermaksud untuk menonjolkan agama dan suku tertentu. emoticon-No Sara Please emoticon-No Sara Please

Sebagai umat beragama, tentunya kita harus bersyukur atas kemerdekaan yang telah diperjuangkan Indonesia. Itulah yang dilakukan secara turun-temurun di gereja kami. Di ulang tahun kemerdekaan Indonesia yang ke-68 ini, panitia mengangkat tema "tradisi dan budaya." Tema tersebut diangkat supaya kita lebih menghargai dan tidak lupa pada tradisi dan budaya yang dimiliki Indonesia.

Rangkaian acara dimulai dengan ibadah syukur. Setelah ibadah selesai, kita bersama-sama menyanyikan lagu "Indonesia Raya," sebagai tanda masuk ke kegiatan selanjutnya. Bentuk-bentuk kegiatannya antara lain:

- Music Corner: menampilkan lagu-lagu perjuangan dan daerah.
- Bazar makanan, pernak-pernik, dan permainan tradisional.
- Lomba-lomba seperti: sepeda lambat, tenis meja, memasukkan bendera ke dalam botol, gasing bambu, congklak, bekel, dan taplak (atau engklek, sunda manda).

Menurut saya, yang menarik dari rangkaian acara tersebut adalah unsur budayanya. Music Corner menyisipkan lagu daerah seperti Yamko Rambe Yamko (Papua) dan Gundul-gundul Pacul (Jawa Tengah). Kemudian bazar yang menjual krupuk, dodol, dan lain-lain. Bazar tersebut juga menjual permainan tradisional seperti gasing bambu, gamelan mini, congklak, bola bekel, dan lain-lain. Tentunya barang-barang tersebut juga turut dilombakan dalam rangkaian acara.

Foto-fotonya bisa dilihat di bawah. Maaf jika foto-fotonya kurang memberikan informasi dan tidak sebanding dengan deskripsi di atas. Itu disebabkan karena saya bertugas sebagai tim musik, sehingga tidak sempat mengabadikan seluruh kegiatan. Terima kasih untuk beberapa teman yang membantu saya mengambil gambar saat saya bertugas dalam tim musik.

Spoiler for Foto-foto:


Selain bersenang-senang, kita juga memperkenalkan budaya dan tradisi kepada anak-anak. Mudah-mudahan acara-acara seperti ini bisa terus diadakan, sebagai bentuk penghargaan dan selalu mengisi kemerdekaan Indonesia. MERDEKA!!!!!!!

Karya yang saya posting disini merupakan karya saya sendiri: ALIT MULATSURI GUSTI DAMARINGRAT, tidak melanggar hak cipta pihak manapun dan diperbolehkan untuk dipublikasikan KASKUS.
Waaah... Gak nyangka... Ane PERTAMAX di trit yg sangat berbobot...

emoticon-Matabelo

Happy b'day Indonesia... Semoga selalu cakep...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-I Love Indonesia
Sundul lagi ah...

emoticon-Selamat

Baru kali ini gw liat gereja lo, Lit... Lewat poto2 doank...

emoticon-Mewek

Breaking News! 
Nice share gan

emoticon-I Love Indonesia (S)Keep threading.... emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Waaah... Gak nyangka... Ane PERTAMAX di trit yg sangat berbobot...

emoticon-Matabelo

Happy b'day Indonesia... Semoga selalu cakep...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Sundul lagi ah...

emoticon-Selamat

Baru kali ini gw liat gereja lo, Lit... Lewat poto2 doank...

emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By gdeadrian
emoticon-I Love Indonesia (S)Keep threading.... emoticon-I Love Indonesia (S)


THX ALL. GBU!!!!

Ane masih terpesona sama pria yg pake kemeja ungu di poto pertama... Yg main gitar...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-Hammer2

Btw, kenapa gereja gw gak bikin yah?! Apa semua dah ngerasa jd warga negara Amrik?! Bikinnya ntar 4 Juli...

emoticon-Sorry

Gilaaaaa... Joglo lengkap Men... Ada congklaknya segala...

emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By adolfsbasthian
Ane masih terpesona sama pria yg pake kemeja ungu di poto pertama... Yg main gitar...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

emoticon-Hammer2

Btw, kenapa gereja gw gak bikin yah?! Apa semua dah ngerasa jd warga negara Amrik?! Bikinnya ntar 4 Juli...

emoticon-Sorry

Gilaaaaa... Joglo lengkap Men... Ada congklaknya segala...

emoticon-2 Jempol


sssttttt...jgn bilang siapa2 gan. Itu TS-nya. ahahahahahaha
Quote:Original Posted By kawula_gusti


sssttttt...jgn bilang siapa2 gan. Itu TS-nya. ahahahahahaha


Harusnya panitia Tangkas masukin syarat tambahan:

>>> Semua TS harus menyertakan pas foto 4 x 6 di bawah postingannya...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By adolfsbasthian


Harusnya panitia Tangkas masukin syarat tambahan:

>>> Semua TS harus menyertakan pas foto 4 x 6 di bawah postingannya...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Udah, Den. Jgn kebanyakan nge-junk. Ntar malah di-banned. hahahah
wah..
17 an rame.

kok panjenengan mboten motret jemaat greja ingkang cantik jelita lan ayu parase, mas bro?

bilih wonten jemaat ayu kinyis2 kula nyuwun dipun kenalaken hehehehe...

mantap ganemoticon-Cendol (S)
Quote:Original Posted By kawula_gusti


Udah, Den. Jgn kebanyakan nge-junk. Ntar malah di-banned. hahahah


Masih ada klonengan, Lit...

emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Mantap gan!!!!emoticon-I Love Indonesia (S)
Apik mas, cek kulkase tak siram cendol ijo mau
emoticon-I Love Indonesia
emoticon-I Love Indonesia
hasekkk dah gann.. di greja ane cuma nyanti 17 ags tahun 45............ gitu.. emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By OQ_jelly
Mantap gan!!!!emoticon-I Love Indonesia (S)


Quote:Original Posted By ankgoro
Apik mas, cek kulkase tak siram cendol ijo mau
emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By Pram-BDG
emoticon-I Love Indonesia


Quote:Original Posted By AganMike
hasekkk dah gann.. di greja ane cuma nyanti 17 ags tahun 45............ gitu.. emoticon-I Love Indonesia (S)


thx all!!!!
keliatannya seru tuh gan, di kampung ane aja mulai hilang lomba2 gituan emoticon-Matabelo
amazing banget, gan!
emoticon-2 Jempol
get ready for the cendol yaak!
Quote:Original Posted By warung.gaul
keliatannya seru tuh gan, di kampung ane aja mulai hilang lomba2 gituan emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By ano777
amazing banget, gan!
emoticon-2 Jempol
get ready for the cendol yaak!


thx for comment & cendol
emoticon-No Sara Please

Salut dgn siapapun dari agama manapun pokoknya yg no SARA, yg masih mempertahankan tradisi 17-an yang sudah terkikis jaman ini. Jujur dulu waktu kecil ane suka banget ketika 17-an, bisa ikut lomba apapun. Senang, riang, gembira, dpt hadiah. Bnr2 kerasa perayaan itu.

Tapi semakin ke sini, lapangan2 yg biasa dijadikan tempat perlombaan udah abis di gusur perumahan / mall. Udah semakin sedikit perlombaan2 yang di adakan. Dan feel "asik"nya itu udah sangat berkurang.

Makanya ane pribadi ngacungin 20 jempol bwt siapapun yg msh mau melestarikan tradisi ini.
emoticon-Kiss