alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/521011eda4cb17de5e000002/overstay-buat-jepang-belum-berikan-bebas-visa-bagi-indonesia
Overstay, Buat Jepang Belum Berikan Bebas Visa Bagi Indonesia
Rabu, 24 Juli 2013 17:05 WIB

Duta Besar Jepang untuk Indonesia, Yoshinori Katori, mengungkap alasan pemerintahnya belum bisa memberi fasilitas bebas visa bagi Warga Negara Indonesia (WNI). Alasannya adalah banyak WNI di Jepang melanggar batas waktu izin tinggal (visa) yang diberikan atau overstay.

Sebaliknya, pemerintah Jepang baru-baru ini memberlakukan kebijakan bebas visa bagi Warga Negara Thailand dan Malaysia. Demikian ungkap Katori saat berbincang denganVIVAnews di ruang kerjanya di Gedung Kedutaan Besar Jepang, Selasa 23 Juli 2013.

Katori mengaku tidak memiliki data rinci seberapa banyak jumlah WNI yang overstay di Jepang. "Kami mendapat laporan dari imigrasi Jepang, banyak WNI yang bermukim di sana dan telah melewati batas waktu yang ditentukan. Jumlahnya jauh lebih tinggi apabila dibandingkan dengan kasus yang dialami warga Thailand dan Malaysia," ungkap Katori.

Untuk itu dia meminta kepada WNI, apabila visanya sudah habis agar segera diurus perpanjangannya dan kembali ke tanah air tepat waktu, sehingga tidak ada lagi kasus overstay yang dicatat oleh pihak imigrasi Jepang.

Walau Indonesia belum diberikan kelonggaran dapat mengunjungi Jepang tanpa visa, namun kata Katori, sudah ada langkah besar yang ditempuh Kedubes Jepang di Jakarta untuk mempermudah kunjungan WNI ke Negeri Sakura.

"Kami telah berupaya dengan cukup baik, karena saat ini WNI dapat memperoleh visa selama lima tahun untuk berbagai keperluan. Dan waktu kunjungan pendeknya telah diperpanjang dari yang awalnya 15 hari menjadi 30 hari," tutur Katori.

Menurut Katori, WNI kini sudah dapat berkunjung ke Jepang kapan pun dan tinggal di sana paling lama hingga satu bulan. Seperti yang diberitakan sebelumnya, Kementerian Luar Negeri Jepang pada 25 Juni kemarin memberikan kelonggaran visa bagi beberapa negara Asia Tenggara atau ASEAN.

Ada tiga negara yang diberikan kelonggaran visa yakni Indonesia, Vietnam dan Filipina. Sementara dua negara lainnya yakni, Malaysia dan Thailand diberikan keleluasaan masuk ke Jepang tanpa perlu menggunakan visa. Pemerintah Jepang mengatakan kebijakan ini mulai diberlakukan pada 1 Juli 2013.

Alasan di balik kebijakan ini terkait peringatan 40 tahun hubungan persahabatan antara Jepang dengan ASEAN. [Viva]

Sumber: http://www.theglobejournal.com/Polit...esia/index.php

Komentar ane:
Jumlah penduduk indonesia itu sekitar 10 kalinya jumlah penduduk malaysia dan sekitar 4 kalinya jumlah penduduk thailand, jadi kalo dibilang jumlah overstayer asal indonesia lebih banyak ya pasti bung... kalo mau adil, mendingan diliat dari persentasenya aja... karena (kononnya) overstayer terbanyak di jepang itu berasal dari china dan filipin...
berita sedih emoticon-Sorry
tp emang bangsa kita hobinya nempatin tanah orang secara ilegal sih ya..
liat tuh pkl pada jualan di trotoar..
jadi kalo udah seminggu-2minggu nyaman di luar negri pada ogah balik..
yg repot kita2 yg emang niat jalan2..
emoticon-Marah
Quote:Original Posted By ngeeek
berita sedih emoticon-Sorry
tp emang bangsa kita hobinya nempatin tanah orang secara ilegal sih ya..
liat tuh pkl pada jualan di trotoar..
jadi kalo udah seminggu-2minggu nyaman di luar negri pada ogah balik..
yg repot kita2 yg emang niat jalan2..
emoticon-Marah


hehe, iya gan, tapi ya gak bisa disalahin juga sih karena kalo tinggal di indonesia para imigran ilegal itu mau kerja apa? yang ada angka pengangguran juga naik, kecuali kalo pemerintah mau berbaik hati kasih mereka pekerjaan...

emang orang indonesia yang mau jalan2 udah direpotin banget kok selama ini, kmana2 aja pake visa segala... kadang kalo apply visa udah berasa kayak bekas mafia aja, dimintain ini itu...
Quote:Original Posted By charlies280590
hehe, iya gan, tapi ya gak bisa disalahin juga sih karena kalo tinggal di indonesia para imigran ilegal itu mau kerja apa? yang ada angka pengangguran juga naik, kecuali kalo pemerintah mau berbaik hati kasih mereka pekerjaan...

emang orang indonesia yang mau jalan2 udah direpotin banget kok selama ini, kmana2 aja pake visa segala... kadang kalo apply visa udah berasa kayak bekas mafia aja, dimintain ini itu...


kerjaan sebenernya banyak gan..mereka aja yg pingin enaknya dapet gaji gede di luar negri meskipun tau itu salah..jgn dibelain yg begituan gan..emoticon-Big Grin
mo travelling jadi bete duluan deg2an ngurus visa..
emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By ngeeek


kerjaan sebenernya banyak gan..mereka aja yg pingin enaknya dapet gaji gede di luar negri meskipun tau itu salah..jgn dibelain yg begituan gan..emoticon-Big Grin
mo travelling jadi bete duluan deg2an ngurus visa..
emoticon-Sorry


hehehe, iya deh gan, tabah gan tabah...
dan yang gak adilnya yah, negara2 laen maen ke indonesia tinggal packing2 aja dan dapet visa on arrival di indonesia, mestinya indonesia menerapkan sistem resiprokal, jadi kalo wni ke negara itu pake visa, ya warga negara itu ke indonesia juga pake visa... payah nih pemerintah...
Quote:Original Posted By charlies280590


hehehe, iya deh gan, tabah gan tabah...
dan yang gak adilnya yah, negara2 laen maen ke indonesia tinggal packing2 aja dan dapet visa on arrival di indonesia, mestinya indonesia menerapkan sistem resiprokal, jadi kalo wni ke negara itu pake visa, ya warga negara itu ke indonesia juga pake visa... payah nih pemerintah...


kalo diterapkan kaya gitu.....wisatawan yg berkunjung ke indonesia bisa berkurang drastis he3......
jadi indonesia belum bebas visa ya ? jadi ke jepang mesti apply visa lagi ??? kayaknya pernah baca berita kalau visa dibebaskan, mana yang benar nih ?
Quote:Original Posted By mantansr
jadi indonesia belum bebas visa ya ? jadi ke jepang mesti apply visa lagi ??? kayaknya pernah baca berita kalau visa dibebaskan, mana yang benar nih ?


bebas VISA utk malaysian gan.. indonesian msh belom.. nasib nasib emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By wearif


kalo diterapkan kaya gitu.....wisatawan yg berkunjung ke indonesia bisa berkurang drastis he3......


hehehe, iya gan, bakalan berkurang drastis banget tapi di saat yang sama kan bisa jadi pertimbangan negara lain untuk bebasin visa ke wni...
Quote:Original Posted By charlies280590


hehehe, iya gan, bakalan berkurang drastis banget tapi di saat yang sama kan bisa jadi pertimbangan negara lain untuk bebasin visa ke wni...


pertimbangan suatu negara memberikan bebas visa tergantung dari tingkat kesejahteraan rata2 warna negara yg akan dikasi visa,contoh warga negara sg,bebas visa ke us yg saya tau.....(pemerintah us ga kuatir warga sg ga balik ke negaranya)
nah kalo malaysia dan thai uda diberi bebas visa jepang,mungkin jepang menilai warga kedua negara itu sdh lumayan makmur.....kalo indonesia?wah ketinggalan jauuuh....mau makan daging sapi aja sama cabe susah
Quote:Original Posted By wearif


pertimbangan suatu negara memberikan bebas visa tergantung dari tingkat kesejahteraan rata2 warna negara yg akan dikasi visa,contoh warga negara sg,bebas visa ke us yg saya tau.....(pemerintah us ga kuatir warga sg ga balik ke negaranya)
nah kalo malaysia dan thai uda diberi bebas visa jepang,mungkin jepang menilai warga kedua negara itu sdh lumayan makmur.....kalo indonesia?wah ketinggalan jauuuh....mau makan daging sapi aja sama cabe susah


iya gan setuju banget...
tapi kalo ngomongin kesejahteraan nih, india dan turki berani tuh kasih indonesia visa on arrival. dan untuk india, cuma 11 negara yang sementara ini bisa voa, dan indonesia salah satunya... mungkin karena india gak takut orang indonesia overstay di sana kali yahhhh, hehehehehe, secara taraf hidup denger2 sih masih tinggian indonesia...
Quote:Original Posted By charlies280590


iya gan setuju banget...
tapi kalo ngomongin kesejahteraan nih, india dan turki berani tuh kasih indonesia visa on arrival. dan untuk india, cuma 11 negara yang sementara ini bisa voa, dan indonesia salah satunya... mungkin karena india gak takut orang indonesia overstay di sana kali yahhhh, hehehehehe, secara taraf hidup denger2 sih masih tinggian indonesia...


di turki banyak tuh org indo kerja gelap...jadi therapis spa 6 bulanan....makenya visa turis....
Quote:Original Posted By wearif


di turki banyak tuh org indo kerja gelap...jadi therapis spa 6 bulanan....makenya visa turis....


oiyahhhh...? wah ane malah belom pernah denger tuh gan orang indonesia kerja gelap di turki. kalo di belanda, jerman, inggris sih udah cerita sehari2... ane pikir di turki malah gak ada...
Ini lah kalau negara kita udah jelek di mata negara lain emoticon-Sorry

Gw mau jenguk cwek gw di fukuoka jadi ribet musti ngurus visa dulu emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By Tommy_007
Ini lah kalau negara kita udah jelek di mata negara lain emoticon-Sorry

Gw mau jenguk cwek gw di fukuoka jadi ribet musti ngurus visa dulu emoticon-Sorry


wah, pacarnya di jepang
tapi visa jepang katanya gampang kok gan (menurut yg udah pernah lho) asal syaratnya lengkap. Lagipula, salah satu enaknya visa jepang itu adalah baru bayar setelah visa disetujui. Visa murah, bayarnya nanti kalo udah disetujui. Lumayan kan dibanding negara lain yg visanya muahal harus bayar duluan, trus kalo ditolak maka duitnya nggak bisa balik
Quote:Original Posted By sekar.dewi


wah, pacarnya di jepang
tapi visa jepang katanya gampang kok gan (menurut yg udah pernah lho) asal syaratnya lengkap. Lagipula, salah satu enaknya visa jepang itu adalah baru bayar setelah visa disetujui. Visa murah, bayarnya nanti kalo udah disetujui. Lumayan kan dibanding negara lain yg visanya muahal harus bayar duluan, trus kalo ditolak maka duitnya nggak bisa balik


bener banget, jadi urus visa jepang itu kesannya emang mereka bener2 screening siapa aja yang bisa masuk ke jepang... kalo urus visa ke negara2 laen kesannya kayak bener2 minta duit aja... dan selalu dikasih tau dari awal kan 'biaya visa tidak bisa dikembaliin'
Quote:Original Posted By sekar.dewi


wah, pacarnya di jepang
tapi visa jepang katanya gampang kok gan (menurut yg udah pernah lho) asal syaratnya lengkap. Lagipula, salah satu enaknya visa jepang itu adalah baru bayar setelah visa disetujui. Visa murah, bayarnya nanti kalo udah disetujui. Lumayan kan dibanding negara lain yg visanya muahal harus bayar duluan, trus kalo ditolak maka duitnya nggak bisa balik


Hehehehe iya gan mama nya orang jepang papa nya orang bandung. Sekarang dia lagi ambil spesialis kandungan di sana.
Iya gan visa jepang kata nya gampang apa lagi udah ada visa amrik, kebetulan gw student Baruch College di New York harus nya bisa gampang dapetin visa cuma ribet aja gan kalau masih pake visa musti ke embassy, apa lagi cuma dapet visa yang berlaku 15-30hari, gak multi entry. Coba aja kayak singapore tinggal beli tiket enak banget emoticon-Sorry
Quote:Original Posted By Tommy_007


Hehehehe iya gan mama nya orang jepang papa nya orang bandung. Sekarang dia lagi ambil spesialis kandungan di sana.
Iya gan visa jepang kata nya gampang apa lagi udah ada visa amrik, kebetulan gw student Baruch College di New York harus nya bisa gampang dapetin visa cuma ribet aja gan kalau masih pake visa musti ke embassy, apa lagi cuma dapet visa yang berlaku 15-30hari, gak multi entry. Coba aja kayak singapore tinggal beli tiket enak banget emoticon-Sorry


kalo sekarang ini katanya pemegang paspor indonesia bisa dapet multiple entry visa yang berlaku 30 hari gan... tapi ane belom pernah denger sih orang yang udah dapet setelah peraturan visa ke indonesia diubah belom lama ini...