alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/520e285e1f0bc3ad59000001/pembatalan-sepihak-tunehotels-pasar-baru-khusus-kamar-promo
Pembatalan Sepihak TuneHotels Pasar Baru Khusus Kamar Promo
Buat rekan-rekan yang sering traveling dengan budget pas-pasan dan sudah mempersiapkan penginapan dari jauh-jauh hari karena harganya yang menggiurkan, jangan senang dulu.

Ngga cuma pesawat aja yang bisa di delay bahkan di cancel, tapi hotel juga!

November tahun lalu, Tunehotels, budget hotel yang memiliki konsep "pay as you use" hotel, melakukan promosi kamar dengan harga istimewa 10.000 rupiah per malam.

Promo yang murah tentu saja menarik perhatian semua orang, termasuk saya. Lagipula, promo yang ditawarkan benar-benar murah. Tidak hanya sekali-dua kali saya menginap di hotel tersebut dengan harga yang super miring. Makanya, kali ini, tentu saja saya langsung booking 18 malam (dalam 5 kode booking) di Tunehotels Pasar Baru, Jakarta.
Tidak cuma di Pasar Baru, pada saat itu juga hotel di Penang dan KL pun tidak luput dari bookingan yang saya buat.

Booking lancar dan confirmed, CC terdebet, itenerary ditangan. Jakarta, I'm coming!
Satu bulan sebelum check in, tiba-tiba muncul email dari Tunehotels yang mengabarkan kalau "Selama masa promosi tersebut, kami mengalami kesulitan teknis yang memengaruhi pesanan yang anda buat. Kami mohon maaf tidak dapat memroses pesanan anda".

Sampai disitu? Tentu tidak.

Tunehotels juga mengembalikan secara penuh uang kita, 1000 poin big bagi pemilik akun BIG, serta 50% diskon untuk menginap di jaringan hotel mereka di seluruh dunia tanpa memberikan opsi lain apakah customer mau dipindahkan ke tanggal lain, ruang lain yang tersedia, dsb.

Pertamanya mikir, oh mungkin hotelnya tutup permanen. Ngga taunya begitu coba dummy booking, eh ternyata masih banyak kamar tersedia dengan harga normal (350-500rb per malam).

Tidak puas dengan opsi yang diberikan, saya pun komplain ke twitter. Responnya cukup bagus, Customer Care Manager nya langsung menghubungi secara pribadi melalui surel. Saya pun menanyakan "technical problem apa yang dialami?" dan ia menjawab "It took a while for us to guests that made bookings as we were trying our very best to find means to HONOUR those booking that were given on PROMOTIONAL RATES, but we unfortunately couldn't"

Bayangkan, rencana liburan 18 hari yang sudah di booked setahun sebelumnya, secara sepihak dibatalkan karna data pembelian "promotional rate" tidak tercatat didalam sistem!

Ngga cuma bikin liburan berantakan, additional cost yang seharusnya sudah tertutupi, eh malah jadi membengkak karna mau ngga mau harus booking hotel lain atau booking ulang di tunehotels dengan rate yang 400x lebih mahal (dari harga promosi yang didapat) dan diskon 50%!

Uang refund yang 'cuma' 200rb untuk 18 malem, trus sekarang harus bayar kamar yang sama (setelah diskon 50%) pun cuma dapet 1 malem.
Tidak solutif.

Pengalaman hampir mirip pernah saya alami ketika booking hotel di Bangkok, saat itu kamar yang saya bayarkan ternyata sudah fully occupied dan nama saya tidak tercatat dalam sistem. Untungnya setelah ditunjukkan bukti booking, manajemen hotel punya itikat baik untuk mencarikan hotel serupa (bahkan jauh lebih bagus) sebagai bentuk "hospitality" yang mereka tawarkan.

Menariknya, hotel ini punya CEO yang istimewa. Beliau langsung menelfon saya secara personal menjelaskan perihal "technical glitch" yang terjadi.

Uniknya lagi, hal ini hanya terjadi di tunehotels pasar baru dan affected HANYA kepada seluruh pemegang kamar "promo".
He has no option to give, and neither do i as the booking has one-sidedly cancelled by the hotel.

Padahal, ruangan yang dimiliki masih ada. Sebagai industri yang bergerak di bidang hospitality, harusnya take action dengan memprioritaskan affected customers untuk ditempatkan dikamar yang masih ada, bukan malah di refund dan diajak untuk booking ulang dengan harga normal plus iming-iming diskon 50%.

Semoga share ini menjadi pembelajaran buat rekan-rekan untuk lebih berhati-hati memilih penginapan dengan harga murah serta rajin-rajin ngecek apakah nama kita sudah tercatat ke dalam sistem atau belum, apalagi buat yang dapet harga promosi luar biasa.


Salam
@edwiko


Wah turut berduka Gan

Mungkin dimasukin ke surat pembaca di media aja Gan. Ane rasa mungkin ada unsur kesengajaan tu
gw jg salah satu korbannya....
hati² aja ya agan² sama si merah itu kl lagi promo, kasus lagi nanti !!! emoticon-Najis
wah, ngeri banget itu gan, apalagi buat yang niatnya emang bener2 serius liburan kayak agan ini....
msekipun di refund 100% tapi caranya aja udah nggak bener kalo begitu,karena setahu ane, mereka harus update sistem dulu kalo mau mengadakan promo, nggak bisa begitu aja....
semoga kejadian itu nggak terulang lagi ya gan emoticon-Smilie
wah,kalo ada kesalahan sistem gitu harusnya mereka bertanggung jawab penuh tuh buat ganti 100% di kamar yang sama atau lebih bagus.
Saya pernah baca yang kaya gini dan diganti ke kamar di level atasnya.
Musti hati hati ni brati booking hotel online.
Turut berduka dengernya gan..
Bulan Juli lalu saya menginap di Tune Legian dgn harga promo Rp 6000 dan di Tune Hotel KL dgn harga promo juga 60cent RM, Alhamdulillah ga ada kendala apapun.
serius 10rb rupiah gan ? emoticon-Hammer
Gan,kejadian di bangkok dengan hotel yg sama ? Si merah
Soal nya temen juga pernah kaya agan kasus nya hampir sama di pasar baru, tp setelah ngotot2 dengan hotel merah di pasar baru tetep di kasih kamar. Waktu itu temen saya cuma 1malam saja karena cuma iseng.

Hahah
jangan mudha percaya iming-iming promo begituan yah
buat kacau liburan aja
Bahasa iklan berbuih-buih gan, lebih indah daripada aslinya...
Mengenaskan pengalamanmu gan...

emoticon-Turut Berduka
istilahnya itu "murah kok minta selamat" ya harus waspada juga
hotel yang dibangkok itu bukan hotel tune gan, tapi hotel budget lain.

iya, untungnya liburannya di jakarta yang emang ga butuh tiket pesawat.

Bayangin deh kalo kejadian ini di Bangkok, agan udah beli tiket PP 18 hari, trus tiba2 di cancel padahal itinerary udah siap?

Reschedule pesawat pasti mahal, belum lagi ditambah biaya tak terduga beli hotel lain yang harganya bikin tepok jidat.

Itikad baik hotelnya ngga memuaskan. Secara logika, data customer ada. Room masih available. Orang awam juga tau, hal pertama yang harus dilakukan adalah mindahin customer tersebut ke room yang tersedia, bukan malah dibalikin uangnya dan disuruh beli pake harga normal dgn diskon 50%!

Waah sabar gan, tp murah juga promonya sampe 10rb gitu.. Ane sih belum pernah nginep d tune hotel jd mesti waspada nih
Quote:Original Posted By dwar_dwer_dwor
hotel yang dibangkok itu bukan hotel tune gan, tapi hotel budget lain.

iya, untungnya liburannya di jakarta yang emang ga butuh tiket pesawat.

Bayangin deh kalo kejadian ini di Bangkok, agan udah beli tiket PP 18 hari, trus tiba2 di cancel padahal itinerary udah siap?

Reschedule pesawat pasti mahal, belum lagi ditambah biaya tak terduga beli hotel lain yang harganya bikin tepok jidat.

Itikad baik hotelnya ngga memuaskan. Secara logika, data customer ada. Room masih available. Orang awam juga tau, hal pertama yang harus dilakukan adalah mindahin customer tersebut ke room yang tersedia, bukan malah dibalikin uangnya dan disuruh beli pake harga normal dgn diskon 50%!



Akal-akalan Tony Fernandes bgt tuh gan...
Jadi degdegan nih, minggu depan ane nginep di Tune Hotel Downtown KL dapet yg promo juga 300rb berdua untuk 2 hari. emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By dwar_dwer_dwor
hotel yang dibangkok itu bukan hotel tune gan, tapi hotel budget lain.

iya, untungnya liburannya di jakarta yang emang ga butuh tiket pesawat.

Bayangin deh kalo kejadian ini di Bangkok, agan udah beli tiket PP 18 hari, trus tiba2 di cancel padahal itinerary udah siap?

Reschedule pesawat pasti mahal, belum lagi ditambah biaya tak terduga beli hotel lain yang harganya bikin tepok jidat.

Itikad baik hotelnya ngga memuaskan. Secara logika, data customer ada. Room masih available. Orang awam juga tau, hal pertama yang harus dilakukan adalah mindahin customer tersebut ke room yang tersedia, bukan malah dibalikin uangnya dan disuruh beli pake harga normal dgn diskon 50%!


Ulang baca lagi dari post TS , masih tetap merasakan gimana ya gitu
Kalau hotel tutup krn bangkrut, ok lah bookingan di cancel sepihak
Kalau hotel kebakar sehingga lagi renovasi dan tidak layak huni, ok lah bookingan di cancel sepihak.

Ini karena atas dasar mau untung lebih maksimal, PROMOSI di khianati sendiri.
My arse lah kalau masalah sistem dsb.
Sudah jelas kebijaksanaan ini berkaitan dengan profit.
Padahal sektor bagian hospitality gini HARUS nya berani jual berani jalankan.

Tok tok petok deh T pasar baru


di twitter ada yang ngadu kalau bookingannya untuk akhir agustus ini dibatalin juga oleh tunehotels pasarbaru.

lengkap sudah emoticon-Smilie
Gagal sistem dibebankan kepada konsumen, parah nih TuneHotels Pasar Baru.!!
Dituntut wanprestasi baru tau rasa nih hotel.!!

Thanks bro atas informasinya sangat bermanfaat.
kalo saya sdh ga pernah lagi coba2 air asia dan teman2nya......promonya sdh ga seperti dulu....
mending pake jasa airlines betulan aja dan hotel full service aja....lebih tenang di hati
Quote:Original Posted By wearif
kalo saya sdh ga pernah lagi coba2 air asia dan teman2nya......promonya sdh ga seperti dulu....
mending pake jasa airlines betulan aja dan hotel full service aja....lebih tenang di hati

Betul apalagi kalo kita sudah buat ittenary yang lengkap dan detil gara2 mau hemat jadi bisa boros.Lebih baik yang full service.Kalo masih full service di tendang. kata prabowo : saya siap pasang badan. Asal mesannya di avatar saya yah...

×