alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5209a7cd3c118e4a22000001/pesona-gunung-galunggung-tasikmalaya
Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya
Wisata Gunung Galunggung Tasikmalaya

Pesona Gunung Galunggung Tasikmalaya

Assalamualaikum Wr. Wb.

Sebelum membaca lebih jauh, ane berterimakasih kepada agan/aganwati yg udah mau mampir ke trit ane.
Sesuai dengan judul diatas, ane mau share tentang Gunung Galunggung wisata yg sejuk, penuh dengan keindahan dan nyaman bagi siapa aja yg pernah berkunjung.

emoticon-Travelleremoticon-I Love Indonesiaemoticon-Traveller


Gunung Galunggung merupakan gunung berapi dengan ketinggian 2.167 meter di atas permukaan laut, terletak sekitar 17 km dari pusat kota Tasikmalaya. Terdapat beberapa daya tarik wisata yang ditawarkan antara lain obyek wisata dan daya tarik wanawisata dengan areal seluas kurang lebih 120 hektare di bawah pengelolaan Perum Perhutani. Obyek yang lainnya seluas kurang lebih 3 hektar berupa pemandian air panas (Cipanas) lengkap dengan fasilitas kolam renang, kamar mandi dan bak rendam air panas. Gunung Galunggung tercatat pernah meletus pada tahun 1882 (VEI=5). Tanda-tanda awal letusan diketahui pada bulan Juli 1822, di mana air Cikunir menjadi keruh dan berlumpur. Hasil pemeriksaan kawah menunjukkan bahwa air keruh tersebut panas dan kadang muncul kolom asap dari dalam kawah. Kemudian pada tanggal 8 Oktober s.d. 12 Oktober, letusan menghasilkan hujan pasir kemerahan yang sangat panas, abu halus, awan panas, serta lahar. Aliran lahar bergerak ke arah tenggara mengikuti aliran-aliran sungai. Letusan ini menewaskan 4.011 jiwa dan menghancurkan 114 desa, dengan kerusakan lahan ke arah timur dan selatan sejauh 40 km dari puncak gunung.

Spoiler for Selamat Datang:


Spoiler for Penampakan 1:


Spoiler for Penampakan 2:


Spoiler for Penampakan 3:


Letusan berikutnya terjadi pada tahun 1894. Di antara tanggal 7-9 Oktober, terjadi letusan yang menghasilkan awan panas. Lalu tanggal 27 dan 30 Oktober, terjadi lahar yang mengalir pada alur sungai yang sama dengan lahar yang dihasilkan pada letusan 1822. Letusan kali ini menghancurkan 50 ]desa, sebagian rumah ambruk karena tertimpa hujan abu.

Spoiler for Penampakan 4:


Pada tahun 1918, di awal bulan Juli, letusan berikutnya terjadi, diawali gempa bumi. Letusan tanggal 6 Juli ini menghasilkan hujan abu setebal 2-5 mm yang terbatas di dalam kawah dan lereng selatan. Dan pada tanggal 9 Juli, tercatat pemunculan kubah lava di dalam danau kawah setinggi 85m dengan ukuran 560x440 m yang kemudian dinamakan gunung Jadi.

Spoiler for Penampakan 5:


Letusan terakhir terjadi pada tanggal 5 Mei 1982 (VEI=4) disertai suara dentuman, pijaran api, dan kilatan halilintar. Kegiatan letusan berlangsung selama 9 bulan dan berakhir pada 8 Januari 1983. Selama periode letusan ini, sekitar 18 orang meninggal, sebagian besar karena sebab tidak langsung (kecelakaan lalu lintas, usia tua, kedinginan dan kekurangan pangan).

Spoiler for Penampakan 6:


Perkiraan kerugian sekitar Rp 1 milyar dan 22 desa ditinggal tanpa penghuni.
Letusan pada periode ini juga telah menyebabkan berubahnya peta wilayah pada radius sekitar 20 km dari kawah Galunggung, yaitu mencakup Kecamatan Indihiang, Kecamatan Sukaratu dan Kecamatan Leuwisari. Perubahan peta wilayah tersebut lebih banyak disebabkan oleh terputusnya jaringan jalan dan aliran sungai serta areal perkampungan akibat melimpahnya aliran lava dingin berupa material batuan-kerikil-pasir.
Pada periode pasca letusan (yaitu sekitar tahun 1984-1990) merupakan masa rehabilitasi kawasan bencana, yaitu dengan menata kembali jaringan jalan yang terputus, pengerukan lumpur/pasir pada beberapa aliran sungai dan saluran irigasi (khususnya Cikunten I), kemudian dibangunnya check dam (kantong lahar dingin) di daerah Sinagar sebagai 'benteng' pengaman melimpahnya banjir lahar dingin ke kawasan Kota Tasikmalaya. Pada masa tersebut juga dilakukan eksploitasi pemanfaatan pasir Galunggung yang dianggap berkualitas untuk bahan material bangunan maupun konstruksi jalan raya. Pada tahun-tahun kemudian hingga saat ini usaha pengerukan pasir Galunggung tersebut semakin berkembang, bahkan pada awal perkembangannya (sekitar 1984-1985) dibangun jaringan jalan Kereta Api dari dekat Station KA Indihiang (Kp. Cibungkul-Parakanhonje) ke check dam Sinagar sebagai jalur khusus untuk mengangkut pasir dari Galunggung ke Jakarta. Tapi sisa sisa dari letusan gunung Galunggung skarang tampak indah. Gunung berpasir yang ditumbuhi pohon – pohon pakis yang tumbuh dengan subur dan menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Baik domestik maupun mancanegara. Di pinggir kawah juga terdapat kantin – kantin bagi para pengunjung.

Spoiler for Penampakan 7:


Spoiler for Penampakan 8:


Spoiler for Penampakan 9:


Spoiler for Penampakan 10:


Spoiler for Penampakan 11:


Spoiler for Penampakan 12:


Spoiler for Penampakan 13:


Spoiler for Penampakan 14:


Spoiler for Penampakan 15:


Spoiler for Penampakan 16:


Spoiler for Penampakan 17:


Spoiler for Penampakan 18:


Spoiler for Penampakan 19:


Spoiler for Penampakan 20:


Spoiler for Penampakan 21:


SEKIAN Gan Thread ane,,maaf ya law berantakan.biasa gan newbie.

mOHON Saran dan kritik nya gan emoticon-Shakehand2emoticon-Travelleremoticon-I Love Indonesiaemoticon-Traveller
Spoiler for pertamax:


Galunggung KERENZ Abiezz Gan,,,
Kenalin donk gan sama temennya .....emoticon-Matabelo
Kayaknya ane kenal neh ma TS nya.....emoticon-Malu

emoticon-Matabelo keren ya pemandangannya....

Ane belum sempat ke sana ne...

Lain kali ke sana ah skalian cari wangsit emoticon-Traveller
tempatnya berasa asri banget gan...
fotonya keren keren gitu gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By mahameru044
Spoiler for pertamax:


Galunggung KERENZ Abiezz Gan,,,
Kenalin donk gan sama temennya .....emoticon-Matabelo


ahh ntar suka lagi gan,,,emoticon-Matabelo
waahh, ane udh pernah kesana gan.. tp sayang cuma bisa ke pemandian air panasnya gan.. soalnya ada kabut, jd g berani ke atas.. emoticon-Sorry emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By TreeMusketer
Kayaknya ane kenal neh ma TS nya.....emoticon-Malu

emoticon-Matabelo keren ya pemandangannya....

Ane belum sempat ke sana ne...

Lain kali ke sana ah skalian cari wangsit emoticon-Traveller


ia gann ayo aja,,ane dah ijin juga gan ama objek fotonya heeeemoticon-I Love Indonesia (S)
kebetulan ane ada temen di tasikmalaya dan pernah diajak ke gunung ini, hehe naik tangganya agak cape karena tinggi dan jauh, jadi kalau ajak orangtua agak kasihan.
trus cm liat kawah gitu aja sih..
Quote:Original Posted By prestezza
tempatnya berasa asri banget gan...


ia emang asri, dingin jg karna d puncak gunung..
Quote:Original Posted By powerpuffgirl21
fotonya keren keren gitu gan emoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


ia makasih gan,,,objeknya jga kayanya yg keren,,heeeeemoticon-Ngakak
wih...aslinya pasti lebih bagus gan pemandangannyaa
Quote:Original Posted By ivinityi
waahh, ane udh pernah kesana gan.. tp sayang cuma bisa ke pemandian air panasnya gan.. soalnya ada kabut, jd g berani ke atas.. emoticon-Sorry emoticon-Berduka (S)


wah sayang gan padahal indah bgt di atas tuh,,,
Quote:Original Posted By cuuupa
kebetulan ane ada temen di tasikmalaya dan pernah diajak ke gunung ini, hehe naik tangganya agak cape karena tinggi dan jauh, jadi kalau ajak orangtua agak kasihan.
trus cm liat kawah gitu aja sih..


ia lumayan sih naiknya,,tpi akan terbayar sma pemandangannya gan..emoticon-Matabelo
Anceees jadi hayang baliiiik emoticon-Frown
Sono euuy emoticon-Frown
Quote:Original Posted By mytinkerbell
wih...aslinya pasti lebih bagus gan pemandangannyaa


ia emang bagus gan coba aja kesana,,cuma sayang medannya aga susah...
Quote:Original Posted By bulanbintang666
Anceees jadi hayang baliiiik emoticon-Frown
Sono euuy emoticon-Frown


ia gan mudik aja gan, mumpung liburanemoticon-Matabelo
Cantik gan emoticon-thumbsup

Pesona Gunung Galunggung Tasikmalaya
ada eskalator nya gak gan ariffff

manteb ya gan disana emoticon-Matabelo
×