alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5205362abccb17b531000005/ragam-budaya-suara-takbir-di-pulau-seribu-hanya-sampai-jam-11malam
[Ragam Budaya] Suara Takbir di Pulau seribu hanya sampai jam 11malam
youtube-thumbnail





Ini pengalaman ane menghabiskan malam takbiran di pulau pramuka, kepulauan seribu. Masih satu kota administratif dengan jakarta, tapi rasanya ada dibagian lain indonesia. Orang orang di sini tidak barbahasa seperti orang jakarta umumnya, lu gue nyokap bokap.. bahasa mereka sekilas seperti bugis makasar,bangsa pelaut..

setelah mereka menjalankan ibadah di masjid besar di pulau itu mereka memulai acara karnaval ini di halaman masjid, di buka dengan pidato pejabat setempat, kemudian rombongan berkeliling kampung sambil membawa obor dan beduk, di tempat yang secara geografis kepulauan,kulit kambing tidak populer jadi mereka menggunakan drum plastik, suaranya mirip mirip kok..
bukan cuma penduduk lokal para turis asing pun ikut serta dalam rombongan, ane pun ikut mengbadikannya dengan kamera, suasanya cukup meriah, ane merasakan athmosphere ke gembiraan dalam rombongan ini, semua orang berkumpul dan memacarkan energi positif kegembiraan,perhatikan wajah mereka

populasi mereka gak banyak, mereka saling mengenal satu sama lain atmospere keleluargaan memancar dalam karnaval itu...
tapi sayang, turis lokal malah ngumpet menyendiri seperti bukan bagian dari mereka, ane malah menemukan turis asing dalam karnaval itu, sepasang turis ikut rombongan keliling kampung sambil mengabadikan moment itu dengan kamera nya..
jangan lah kamu berfikir ini takbiran yang hanya dirayakan umat islam, tapi ini bagian kebiasaan mereka..

so teman2 traveler..
kalau kamu memang kebetulan merencanakan meninggalkan jakarta di malam takbir (1day before idul fitri) karena jakarta sepi dan mati.. berkunjunglah ke sini ..tapi jangan lupa bawa obor,dan ajak teman teman serta keluarga ikut rombongan, keliling pulau, seperti culture tourism

dan juga para traveler ..tong sampah disini agak jauh,tapi gakpapa kok sambil jalan jalan menikmati suasana pulau.. jangan takut jalan sendirian malam di pulau ini, aman.. mereka hanya pulau kecil,penjaga dermaga di utara pulau mengenal tetangganya penjaga konservasi penyu di selatan pulau.. penjaga pelabuhan tempat akses keluar masuk pulau adalah teman bertanding sepak bola di acara lomba 17an..so tidak ada tuh pencurian atau masalah kriminal, mereka hanya kampung kecil di tengah pulau yang kebetulan posisi geografisnya berada di utara jakarta

sangat damai, tentram.. kita orang jakarta yang merusaknya mengajarkan cara kejakartaan kita kepada penduduk di pulau, setiap wisatawan membawa bekal perjalanan, tapi di kapal arah pulang ke jakarta tak ada satupun yang membawa sampah mereka..plis gak usah bawa apa2 dari jakarta, semua di sini ada dan harganyapun tidak mahal mahal, sama seperti di jakarta.. selisih 4ribu wajarlah untuk perjalan 3 jam dari jakarta ke pulau seribu,semua lengkap disini, ada warung padang, ada warung kopi 24jam di samping dermaga,ada ATM bersama.. bawa pulang bungkus kemasan ke jakarta supaya pulau pramuka tetap bersih.

ow iya disini suara takbir yang berisik itu hanya sampai jam 11 malam, tepat jam 23.00 mereka mematikan pengeras suara di atas masjid, suasana kembali tenang dan damai..pernah ane mendengarkan suara takbir jam 1 malam dari masjid di selatan pulau, hanya satu kali setelah itu hening,mungkin itu pendatang yang kemudian di tegur masyarakat lokal bahwa di sini di batasi sampai jam 11 malam.. hmmm suasana kepulauan yang damai..

[Ragam Budaya] Suara Takbir di Pulau seribu hanya sampai jam 11malam

pulau panggang
[Ragam Budaya] Suara Takbir di Pulau seribu hanya sampai jam 11malam

[Ragam Budaya] Suara Takbir di Pulau seribu hanya sampai jam 11malam


ane kurang setuju ama agan, yg anggap suara takbir itu berisik emoticon-Marah
Quote:Original Posted By miobikeku
ane kurang setuju ama agan, yg anggap suara takbir itu berisik emoticon-Marah


oke lah, ane coba nengahin gan emoticon-Big Grin
takbiran masa kini kan pake TOA yang otomatis bisa didenger orang banyak, saran ane sih takbiran boleh nonstop tapi yang takbir kudu enak didenger juga. Jangan orang suaranya cempreng disuruh takbir, sama aja ngganggu...

Dan kalo ini juga kurang pantes, ane balik deh...
Gimana kalo lagu-lagu yang dipake gereja pake toa?
BTW ane muslim gan, mohon maaf yah gan... (masi lebaran neh emoticon-Big Grin)