Kali ini mau coba bagi" info bwt yang mau mudik yg mau mendekat
Spoiler for no repost:
Spoiler for Berita:
Kali ini, bagi yang mengandalkan sepeda motor sport, perhatian harus semakin detail. Dicky Hermawan, Service Advisor Yamaha DDS Cempaka Putih, mengatakan bahwa sepeda motor sport lebih rumit.
"Meski mudik naik sepeda motor tetap tidak disarankan, tapi jika terpaksa menggunakan, harus cek semua komponen supaya aman dan tenang di jalan. Khusus untuk sepeda motor sport, karena secara dimensi dan komponen lebih rumit, harus ada perhatian ekstra," ujar Dicky
Apa saja? Simak rangkuman ini
:
Spoiler for 1:
Oli. Perhatikan, semua sepeda motor sport posisi silindernya vertikal/ cenderung tegak, bandingkan dengan bebek atau skutik. Ini yang membuat pemilik harus beri perhatian ekstra pada oli. Aliran oli harus lancar agar mampu melumasi dengan sempurna silinder bagian atas dan melawan gravitasi.
Spoiler for 2:
Kampas kopling, karena kopling manual, sehingga bagian ini juga butuh pengawasan. Ciri-cirinya, tarikan agak berat atau tersendat-sendat.
Spoiler for 3:
Kabel kopling, kalau sudah agak seret, tandanya perlu diperiksa.
Spoiler for 4:
Untuk yang berpendingin cairan (radiator), pastikan kondisinya sehat, sehingga kejadian overheat dalam perjalanan jauh bisa dihindari.
Spoiler for 5:
Komstir. Biasanya setelan pabrik agak berat. Ternyata bagian ini bisa disesuaikan keringanannya dengan selera masing-masing untuk meningkatkan kenyamanan.
Spoiler for 6:
Bush lengan ayun dan bearing. Masalah ini sering terjadi pada motor sport. Cek bagian ini, pastikan tidak ada yang goyang agar pengendalian tetap stabil, terutama menikung.
Spoiler for 7:
Sambungan lengan ayun (arm relay) dari rangka. Sama seperti bush, pastikan kondisinya masih stabil