alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51d77d1de474b4136800000b/kualitas-air-minum-anda-menentukan-kesehatan-anda-merek-merek-umum
Kualitas air minum anda menentukan kesehatan anda (merek-merek umum)
WARNING! Buat yang sayang sama keluarganya wajib baca nih...
Selamat siang para kaskuser
Mo coba bkin thread pertama ane gan....aseli bikinan ane sendiri gan...

jadi bagi dong gan emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya...

jangan di emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) emoticon-Blue Guy Bata (L) gan..ane ogah...emoticon-Kiss

Bantu emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star juga dong gan...

Kita mulai...

Air merupakan komponen utama dari tubuh yang mana dikatakan 90% tubuh kita terdiri dari air. Air membantu tubuh menjaga kelembaban, menyalurkan nutrisi, dan lain-lain.

Komposisi dasar air murni adalah H2O (dihidrogen oksida), tetapi terdapat puluhan jenis mineral yang dapat larut di dalam air. Mineral ini kemudian dimanfaatkan oleh tubuh sebagai nutrisi yang membentuk tubuh manusia.

Mineral air ini sangat baik bagi tubuh selama mineral ini berada di dalam batas toleransi, terutama bagi mereka yang sedang bertumbuh ataupun beraktifitas, mineral diperlukan untuk membantu melengkapi kembali mieral yang terpakai atau terbuang melalui napas, keringat, ekskresi, dan lain-lain.

Ane ingin melakukan penelitian sederhana mengenai total kandungan mineral/padatan (total dissolved solids).

TDS (total dissolved solids) merupakan nilai TOTAL kandungan padatan yang TERLARUT didalam air, yang dapat berasal dari berbagai macam unsur, seperti halnya Na, Ca, Fe, Zn, B, P, K, dan lain-lain yang mana unsur-unsur ini merupakan penyusun organ-organ tubuh kita (walaupun tidak semua unsur padatan merupakan penyusun anggota tubuh).

NB : oksigen, hidrogen, nitrogen, dll, bukan termasuk padatan.

Walaupun mineral digunakan sebagai penyusun anggota tubuh kita sebagai contoh kita tahu kalau Fe (ferum/besi) digunakan dalam tubuh manusia untuk membantu penyusunan sel darah merah tetapi jika terlalu banyak tentu akan menjadi racun bagi tubuh manusia, maka dari itu mineral dengan jumlah yang tepat diperlukan bagi tubuh manusia.

Nilai uji TDS dilakukan dengan menggunakan TDS meter, dengan satuan ppm (mg/L) pada penelitian ini digunakan TDS meter merk Hanna instrument ane pake alat ini buat ditempat ane dah sekitar 1 tahun.

TDS merepresentasikan ppm total padatan, bukan ppm setiap unsur.

Spoiler for TDS meter:


WARNING!

mohon perhatiannya bahwa NILAI HASIL UJI TIDAK 100% AKURAT dapat diambil nilai plus minus dari nilai uji 0%-10%.

NILAI HASIL UJI JUGA TIDAK MENGATAKAN BAHWA PRODUK-PRODUK DIBAWAH INI BERBAHAYA ATAU SALAH SATU PRODUK LEBIH BAGUS DARI YANG LAINNYA, KARENA INDUSTRI MANUFAKTUR AIR MINUM PASTI TELAH MEMASTIKAN KUALITAS PRODUKNYA.

(ane pernah magang di coca-cola gan...disana kualitas airnya bener-bener dijamin gan, untuk prosesny higienis gan, masuk ruangannya aj harus pke perlengkapan LAB pdhal dah pake mesin otomatis)

SETIAP BAHAN PLASTIK YANG DIGUNAKAN DARI SETIAP MERK YANG DIUJI TELAH SAYA KOREKSI MERUPAKAN PLASTIK BERBAHAN PET (polythylene-thalate) yang merupakan FOOD GRADE jadi AMAN SEBAGAI KEMASAN AIR MINUM SEBAGAIMANA DITANDAI DENGAN LAMBANG SEGITIGA dengan NILAI ‘1’.


Pengujian akan dilakukan pada merek-merek minuman yang didapat di pasaran, yang dapat digunakan sebagai patokan umum.

Spoiler for objek:


Metode penelitan ane dengan cara menuangkan air dari produk air minum untuk dibilas, abis itu dimasukin lagi air sample dari produk lalu diuji nilai TDS nya, setelah dilakukan pengujian TDS meter dinetralkan kembali di air yang telah disterilisasi dengan nilai TDS 5ppm diambil dari tampungan ane.

Spoiler for clear glass:

Spoiler for 5ppm:

Spoiler for tampungan:


Penelitian dilakukan pada tanggal 22 juni 2013 dan 27 juni 2013 produk sementara dibeli di bali dan bandung.

Setelah pembelian, produk disimpan di dalam ruangan dengan pendingin (AC). NB : beberapa unsur mineral harus dipanaskan pada suhu tertentu baru dapat dilarutkan, jadi lokasi penyimpanan dapat memengaruhi hasil uji. kalo soal tempat penyimpan produk sebelum ane beli ane gak tau gan gimana.

Lokasi penelitian dilakukan di toko ane biar gak penasaran liat aja nih gan tokonya, tapi di thread ini ane GAK JUALAN...kalo mau tanya PM aja gan..

Spoiler for lokasi 1:

Spoiler for lokasi 2:


buat yang penasaran emoticon-Matabelo
Spoiler for tank 1:

Spoiler for tank 2:


Setiap produk yang saya uji udah di cek tanggal expired guna mem valid kan data.

Tujuan ane melakukan penelitian sederhana ini adalah agar masyarakat mengetahui jumlah TDS pada air minum yang beredar di pasar sehingga konsumsinya dapat disesuaikan.

by far ada 19 produk yang sudah ane uji, percobaan-percobaan bakal ane terus lakuin kalo minat reader nya bagus gan, terus kalo agan pengen airnya di tes kirim aja gan ke tempat ane, nanti ane uji. emoticon-Jempol

Hasil uji ane gan (alphabetic)
Spoiler for 2 TANG:

Spoiler for ALTO:

Spoiler for AMIDIS:

Spoiler for AQUA BALI:

Spoiler for AQUA BANDUNG:

Spoiler for BLUE STAR:

Spoiler for CHEERS:

Spoiler for CLEO:

Spoiler for CLUB:

Spoiler for EVIAN:

Spoiler for INDOMARET:

Spoiler for NESTLE:

Spoiler for OASIS:

Spoiler for OCEANIC:

Spoiler for PRIMA:

Spoiler for RON 88:

Spoiler for TOM RO:

Spoiler for VIT:

Spoiler for VULVIC:


demikian penelitian sederhana ane gan...semoga bermanfaat bagi kesehatan keluarga ente...emoticon-2 Jempol emoticon-2 Jempol
INFO TAMBAHAN BUAT AGAN-AGAN

FYI ane kerja di bidang yang sangat berkaitan erat sama mineral air (nutrisi), jadi ane mayan ngerti gini-ginian gan..

Buat info aja ni gan, apa yang ane uji baru mencakup nilai mineral didalam air, masih ada beberapa hal yang penting, salah satunya itu

MIKROBIOLOGI

ato bisa disebut juga bakteri.

Tidak menutup kemungkinan sumber air kita di rumah itu mengandung banyak bakteri, malah menurut saya sih 100% ada bakterinya..hehe...tapi tenang gan..ada cara-cara yang efektif buat ngilangin bakteri:

1. Sinar Ultraviolet
lampu ultra violet biasanya dipajang ditempat isi ulang, ditaruh di dalam tabung, sinar ini akan membunuh setiap organisme mikro yang melewatinya. perlu diingat lampu UV berwarna bening & TIDAK BOLEH dilihat mata (ini mengapa diletakan di dalam tabung).
2. Masak
Proses pemanasan pada suhu tertentu dijamin membunuh bakteri, tetapi perlu diingat juga jika yang anda masak air tanah anda, dan anda tinggal di daerah dekat laut dan nilai TDS air anda sangat tinggi, memang bakterinya mati, tapi proses pemanasan akan membuat beberapa proses kimiawi yang mengubah ikatan-ikatan kimia, yang bisa saja malah membuat kualitas air menjadi berbahaya (tetapi kasusnya sangat jarang)
3. Keringkan
Salah satu yang membedakan mengapa di bumi ada kehidupan yaitu suhu, yang mana suhu dapat mencairkan atau membekukan air. itulah mengapa di mars ditemukan air, tetapi dalam kondisi beku sehingga tidak ditemui ada kehidupan. jadi jika dalam alat-alat yang anda gunakan untuk konsumsi benar-benar kering (telah dikeringkan) maka akan terhindar dari bakteri.

TO BE CONTINUE YA GAN....
ppm yg diperbolehkan BPOM berapa ya gan ?
Quote:Original Posted By nuralka
ppm yg diperbolehkan BPOM berapa ya gan ?


setiap negara punya standarny sendiri-sendiri gan...kalo ane pribadi lebih milih yang TDS nya rendah gan...jadi ane minum cuma cari H2O nya aja,,mineral dari makanan ato susu gan,etc...

tapi menurut dokter temen ane kl fungsi lambung dah menurun sebaiknya minum yg bermineral, beda halnya sama yg fungsi ginjalnya menurun lebih baik minum TDS yg rendah..jadi bisa lebih disesuaikan gan...
sepi banget nih gan,,,emoticon-Ngakak
mau tanya nih.... sumber mata air pegunungan untuk sampel air minum BLUESTAR apa ya? terus itu teknik nya pake ozon/uv atau gmn? saya sudah nyari sumber nya susah ditemuin, saya lgi butuh banget buat laporan Kerja Lapangan saya, mohon bantuannya. trmksh emoticon-Smilie
Setelah ane ganti langganan air galon di rumah pake amid*s (yg TDS nol), ane berasa lebih fit, apa ada yg pernah ngerasa gitu juga gak? emoticon-Matabelo
kalo resiko dari minuman yang mengandung zat berbahaya kalo diliat dari TDS , TDS nya besar ato gimana gan ?
Quote:Original Posted By adiqdaru
kalo resiko dari minuman yang mengandung zat berbahaya kalo diliat dari TDS , TDS nya besar ato gimana gan ?


Makin besar nilai TDS berarti makin banyak zat padat yg terkandung didalamnya gan, yg mana zat2 tersebut tidak diperlukan oleh tubuh kita karena sebagian besar adalah mineral anorganik bukan organik, jangka panjang akan sangat merugikan kesehatan karena akan memberatkan kerja ginjal, yg baik utk dikonsumsi nilai TDS dibawah 50. begitu sih infonya..
nyimak aja gan emoticon-Cool
nyimak aja gan emoticon-Cool
Quote:Original Posted By soerya23


Makin besar nilai TDS berarti makin banyak zat padat yg terkandung didalamnya gan, yg mana zat2 tersebut tidak diperlukan oleh tubuh kita karena sebagian besar adalah mineral anorganik bukan organik, jangka panjang akan sangat merugikan kesehatan karena akan memberatkan kerja ginjal, yg baik utk dikonsumsi nilai TDS dibawah 50. begitu sih infonya..


oke ane paham gan emoticon-Big Grin thanks yaa
wih TS nya uji coba sendiri nih? emoticon-Matabelo
Ini TSnya kerja atau dibayar sama Amid*s ya?
wah info bgus nih, btw ad gak cra sederhana untuk mengetahui kualitas air? ane mau ngetes air galon langganan ane,,
kalo pake testpack mahal emoticon-Sorry
Nice info gan emoticon-Blue Guy Cendol (L)
bisa aja yg TDSnya besar karena ragam mineralnya banyak gan

klo air harus diuji kadar pHnya juga kan ? setau ane sih yang evian yg mendekati 7, mahal sih harganya
agan ga nguji air zam zam ? (penasaran juga emoticon-Big Grin)
berguna sekali thx
ane ga paham gan, ane bukmak dulu buat dibaca entar emoticon-Malu (S)
Oh......
Ini Info yg bagus Gan.....
Baru tau Ane.....