alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cbd1e748ba54a071000000/makana-sehat-sahabat-mahasiswa
Makana Sehat Sahabat Mahasiswa
Quote: Orak-Arik Telur Sayur
Quote:Misi gan Ini trit kopian dari trit ane yang ane taruh di life & heatlty Soalnya bingung gimana mau mindahinnya
Makana Sehat Sahabat Mahasiswa

Misi agan mau berbagi salah satu makanan kesukaan ane, selain murah dan menyehatkan, ini jadi menu wajib kalo lagi makan dikampus

Resep Orak-Arik Sayur Telor

Bahan: Sayuran dipotong kecil-kecil:
-Wortel 3 buah
-Buncis 200 gr
-Kol 3 atau 4 lembar

-Bawang merah iris
-Bawang putih iris
-Garam secukupnya
-Gula secukupnya
-Penyedap bila suka
-Telur, 4 atau 5 buah


Cara membuat
1.Buat orak-arik telur, pisahkan
2.Tumis bawang merah dan bawang putih hingga wangi
3.Masukkan semua sayuran
4.Masukkan garam, gula, merica dan penyedap
5.Masukkan telur orak-arik
6.Aduk rata hingga semua matang

Quote:
Kandungan yang ada di dalam sayurannya:
Quote:Brokoli

Makana Sehat Sahabat Mahasiswa


Brokoli telah lama diketahui sebagai salah satu sayuran yang menyehatkan karena kandungan gizi di dalamnya. Sayuran itu tak hanya mengandung antioksidan termasuk vitamin C, brokoli juga merupakan sumber alami asam folat.Asupan asam folat membantu mencegah penyakit hati. Sayuran berwarna hijau juga berpotensi dan melindungi untuk melawan perkembangan penyakit kanker.

Hasil penelitian Journal Arteriosclerosis Thrombosis and Vascular Biology mengklaim, brokoli efektif mencegah serangan jantung dan stroke. Zat kimia sulforaphane yang terkandung di dalam brokoli, menurut peneliti, berfungsi menguatkan sistem kekebalan tubuh untuk mencegah penyumbatan arteri.

Tanaman lain seperti bunga kol, tauge, kubis dan pak choi juga mengandung zat kimia ini. Tetapi dari keseluruhan sayur itu, brokoli memiliki kadar paling tinggi.

Cara kerja sulforaphane, menurut peneliti, arteri yang berbentuk melengkung lebih berisiko terserang penyakit karena kekurangan protein yang dikenal dengan Nrf2. Sementara arteri yang lurus, lanjut peneliti, dilindungi protein tersebut. Perlindungan ini akan mencegah sel-sel mengalami peradangan, indikasi awal perkembangan penyakit jantung.

Temuan dari peneliti di John Hopkins University itu mengungkapkan bahwa ada sebuah kandungan dalam brokoli yang mampu mencegah perkembangan tumor hingga 60 persen.Brokoli juga menunjukan pengurangan ukuran tumor yang tidak berkembang hingga 75 persen.
Zat terkandung di dalam brokoli juga bermanfaat sebagai antioksidan. Sedangkan seratnya bermanfaat untuk mencegah konstipasi/sembelit dan ganguan pencernaan lainnya.

Seperti dikutip dari female first, brokoli merupakan salah satu makanan yang sarat gizi, tetapi memiliki kalori yang rendah, selain itu, sayuran ini juga sering menjadi plihan yang sehat bagi mereka yang ingin menurunkan berat badan.

MANFAAT BROKOLI :

Meningkatkan daya kerja otak
Peneliti dari Royal Pharmaceutical Society membuktikan bahwa brokoli mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer. Alzheimer adalah bentuk dementia (berkurangnya ingatan) yang paling umum dijumpai di kalangan orang tua yang disebabkan oleh enzim acetylcholinesterase. Brokoli dianggap memiliki sifat anti-acetylcholinesterase paling kuat.

Mengatur tingkat gula darah
Kandungan chromium di dalam brokoli dapat mengatur tingkat gula darah sehingga brokoli sangat disarankan untuk dikonsumsi penderita diabetes.

Menetralkan zat penyebab kanker
Sulforaphan, zat antioksidan pada brokoli dapat membantu tubuh menghilangkan atau menetralkan karsinogenik, zat penyebab kanker. Diketahui juga bahwa zat bekarotin di dalam brokoli mampu mencegah kanker usus besar dan payudara. kanker paru, kanker perut, kanker rahim, kanker mulut, kanker parynx dan kanker larynx

Manfaat brokoli lainnya bagi tubuh :
1. mengurangi resiko terkena gangguan stroke dan jantung
2. memperkecil kemungkinan terjadinya kanker kerongkongan (esophagus)
3. mampu menghancurkan perkembangan sel - sel kanker secara efektif (anti kanker)
4. antioksidan yang tepat bagi tubuh
5. mampu menjaga keseimbangan keadaan di dalam usus besar (kolon)
6. menyembuhkan anemia
7 menurunkan resiko katarak
8. memelihara kepadatan tulang dan mencegah lahir cacat pada bayi.

Kandungan yang bermanfaat dari brokoli ini :
1. Karotenoid
2. Sulforaphane
3. Pro Vitamin A
4. Seng
5. Vitamin C
6. Vitamin E
7. Kalsium
8. Zat Besi



Quote:
Buncis

Makana Sehat Sahabat Mahasiswa

Buncis (dari bahasa Belanda, boontjes, Phaseolus vulgaris L.) merupakan sejenis polong-polongan yang dapat dimakan. Buah, biji, dan daunnya dimanfaatkan orang sebagai sayuran. Sayuran ini kaya dengan kandungan protein. Ia dipercaya berasal dari Amerika Tengah dan Amerika Selatan.

Buncis adalah sayur yang kaya dengan protein dan vitamin ini membantu menurunkan tekanan darah serta mengawal metabolisme gula dalam darah dan amat sesuai dimakan oleh mereka yang mengidap penyakit diabetes atau hipertensi. Kandungan serat dan enzim yang tinggi dapat membantu penurunan berat badan.

Kacang buncis tumbuh melilit, mempunyai akar tunggang dan sisi yang panjang dan memerlukan tiang untuk memanjat.


Buncis dapat menjadi alternatif baru bagi penderita penyakit diabetes melitus.

(SuaraMedia) - Sebuah riset yang sekaligus sebagai disertasi doktor seorang mahasiswa pasca sarjana di Institut Pertanian Bogor (IPB) menemukan bahwa buncis dapat menjadi alternatif baru bagi penderita penyakit diabetes melitus.

Hal itu terungkap dalam ujian disertasi yang disampaikan Yayuk Andayani, mahasiswa Program Studi Biologi Program Pasca Sarjana IPB untuk meraih gelar doktor, kata Kepala Humas, Promosi dan Hubungan Alumni IPB, drh Agus Lelana di Bogor, Rabu.

Pada ujian pada hari Selasa (9/9) dengan Komisi Pembibing Prof drh Reviany Widjadja Kusuma Phd (Ketua) dengan anggota Prof dr Slamet Suyono, Sp.PD, KEMD, Dr Rimbawan dan Dr drh Heru Setijanto, serta penguji Luar Komisi Prof Dr dr Mulyanto (Guru Besar Universitas Mataram) dan Prof dr Ir Dedi Muchhtaddi (Fateta IPB), hasil riset tersebut dipaparkan dengan gamlang.

Menurut Yayuk Andayani, diabetes, merupakan penyakit dengan kadar gula darah tinggi yang menyebabkan penderitanya terpaksa harus hati-hati dalam menerapkan pola makan.

Selama ini para dokter seringkali menganjurkan agar penderita disiplin dalam mengkonsumsi obat, berdiet dan melakukan olah raga serta menjauhi stres.

Diakui bahwa saat ini banyak obat yang beredar di pasaran untuk mengobati diabetes tersebut, namun seringkali harganya mahal karena bahan-bahannya haruslah diimpor.

Namun kini kita penderita diabetes tak perlu khawatir karena ternyata sayur Buncis tebukti mampu mengobati diabetes melitus.

Kandungan Zat Aktif dalam Buncis
Dalam disertasi penelitiannya bertajuk "Mekanisme Aktivitas Antihiperglikemik Ekstrak Buncis Pada Tikus Diabetes Dan Identifikasi Komponen Aktif", Yayuk Andayani menjelaskan dalam risetnya ia melakukan percobaan pada tikus jantan putih berumur 3 bulan dengan perlakuan induksi diabetes.

Tikus tersebut sebelumnya telah diberi ekstrak buncis sehingga 30 menit setelah "dengan sengaja" dibuat menderita diabetes, di mana akhirnya diketahui tekanan gula darah tikus-tikus percobaan kembali normal tanpa mengalami penurunan pada tingkat hipoglikemik(dibawah kadar gula normal).

Hal tersebut, katanya, bisa dipahami sebab dalam buncis mengandung "b-sitosterol" dan "stigmasterol" yang bisa meningkatkan produksi insulin.

Kandungan Gizi dalam Buncis

Selain itu, sayur berwarna hijau panjang ini dalam 100 gram-nya mempunyai komposisi :
Karbohidrat 7,81%,
Lemak 0,28%,
Protein 1,77%,
Serat kasar 2,07%,
dan kadar abu 0,32%.



Quote:
Wortel

Makana Sehat Sahabat Mahasiswa


Wortel mengandung vitamin A yang baik untuk kesehatan mata.
Mengkonsumsi wortel baik untuk penglihatan pada mata, terutama bisa meningkatkan pandangan jarak jauh

Manfaat Wortel Bagi Kesehatan:


Wortel kaya betakaroten (vitamin A), zat gizi penting yang diperlukan oleh mata. Senyawa ini memang tidak dapat menyembuhkan kebutaan, namun dapat memperbaiki kondisi mata akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

KOLESTEROL. Penelitian oleh Robertson dkk menunjukkan mereka yang makan 200 g wortel mentah setiap hari selama 3 minggu, kolesterolnya turun sebanyak 11%. Begitu juga penelitian yang dilakukan di Harvard University, AS. Mereka yang makan wortel 5 x seminggu, menurunkan risiko stroke hingga 68%. Sedangkan dari penelitian di Universitas Brussels diketahui vitamin A yang terkandung di dalam wortel dapat mencegah cacat dan kematian akibat stroke. Diperkirakan penurunan kadar kolesterol ini berkat kandungan calcium pectate, jenis serat larut.

KANKER. Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru. Ternyata, selain kaknker paru, betakaroten serta senyawa lainnya yang juga bersifat antioksidan pada wortel dapat mencegah kanker mulut, tenggorok, lambung, usus, saluran kemih, pankreas, dan payudara. Untuk mendapat manfaat wortel sebagai antikanker, wortel perlu dimasak agar senyawa karotennya lepas. Dengan dimasak, kadar karotennya naik 2 - 5 kali lipat.

SEMBELIT. Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.



Quote: Telur Ayam Kapung

Makana Sehat Sahabat Mahasiswa


Sama seperti telur lainnya, telur ayam kampung juga mengandung protein,zat besi, kalori, retinol (vitamin A), karbohidrat, vitamin D, betakaroten, letichin , omega-3 dan masih banyak lagi lainnya. Karena diperoleh dari ayam yang utmbuh secara alami, kandungan telur ayam kampung jauh lebih “steril” dari pengaruh bahan kimia. Oleh sebab itu, secara klinis khasiatnya jauh lebih terasa. Jika didasarkan pada ciri fisik, telur ayam kampung memang khas dan berbeda dari jenis telur lainnya.
Telur Ayam Kampung

Spesifikasi fisiknya antara lain berat telur ayam kampung berkisar di anfka 26,27 gram sampai 55,4 gram. Ukurannya jeuh lebih kecil jika dibandingkan jenis telur ayam ras. Bentuknya lonjong dengan panjang sekitar 5cm. Sementara itu warna cangkangnya cenderung lebih putih dan bersih dan terkadang kemerahan dan coklat. Tekstur cangkangnya juga jauh lebih halus jika dibandingkan dengan cangkang telur lainnya.

Sehat Dengan Telur Ayam Kampung

Mencermati kandungannya yang bebas partikel kimia, tidak heran jika kemudian manfaat telur ayam kampung dirasa lebih nyata. Salah satu manfaat telur kampung yang populer adalah menambah vitalitas dan energi pria. Untuk mendapatkan khasiat ini, telur ayam kampung biasnaya dikonsumsi bersama madu asli. Selain itu, telur ayam kampung juga dikenal sebagai sumber protein yang mudah diserap tubuh. Karena itu telur ayam kampung sering diberikan kepada mereka yang sedang dalam masa recovery.

Telur Ayam Kampung
Manfaat telur ayam kampung tak berhenti sampai di atas. Masih ada deretan panjang manfaat yang bisa diperoleh dengan mengkonsumsi telur ayam kampung secara teratur. Manfaat tersebut antara lain:

Membantu proses penyembuhan penyakit kronis seperti jantung koroner, diabetes, usus besar dan juga maag akut.
Kandungan proteinnya yang tinggi bisa memperbaiki organ dalam tubuh manusia yang rusak.
Membantu aktifitas okat seperti fokus dan berpikir.
Membantu mengatasi rasa lelah dan pegal.
Menghilanhkan kantung mata yang menggangu.
Membuat kulit jauh lebih sehat, pori-pori lebih ringkas, membuat kulit kencang dan lembab.
Menambah kesuburan rambut sebab kandungan proteinnya baik untuk kesehatan rambut.
Mengurangi peradangan.
Mengusir penyakit tenggorokan seperti batuk, memelihara paru-paru, dan menjauhkan penyakit ginjal.
Meningkatkan syaraf dan masih banyak lagi lainnya.



Sekian Tips dari saya Mohon maaf bila kurang berkenan dihati agan/aganwati

TS menerima:
Quote:emoticon-Blue Guy Cendol (L) dan emoticon-Rate 5 Star
Please gan Jangan
Quote:emoticon-Blue Guy Bata (L)
emoticon-Ngakak ga jauh dr telur deh gan anak kostan
Nice gan...emoticon-2 Jempol
Quote:Original Posted By djuragancendol
emoticon-Ngakak ga jauh dr telur deh gan anak kostan


kalo makan di kantin itu termasuk menu sayur gan
jadi nasi 2000+ sayur 3000 kalo bbm belum naik hehehe
Quote:Original Posted By achiels0916
Nice gan...emoticon-2 Jempol


Banyak manfaatnya gan.
emang sehat semua itu gan
Quote:Original Posted By kwx.alpha01
emang sehat semua itu gan


sehat dan murah
Quote:Original Posted By tradasera


Titip lapak mas bro, pm ane kl keberatan, akan ane remove, TRIMS...

[CENTER]Jasa Pendaftaran & Perpanjangan Nama Domain Murah Meriah!
Hanya Rp50.000.- / Tahun![/CENTER]


Amin gan.. gelar aja tikernya gan
bagi anak kost, kunjungilah warteg terdekat. emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By bakaporn
bagi anak kost, kunjungilah warteg terdekat. emoticon-Ngakak


menu yang atas selalu ada. ckkckckck
Wah ntar ane coba bwt, nice share gan emoticon-thumbsups kbetulan dr kuliah biasa masak sndiri, coz drmh tinggal sndiri emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By Kansup
Wah ntar ane coba bwt, nice share gan emoticon-thumbsups kbetulan dr kuliah biasa masak sndiri, coz drmh tinggal sndiri emoticon-Big Grin


Coba aja gan Murah sehat yang pasti
emoticon-Sundul Gan (S)
mahasiswa liat brokoli aja jarang, apalagi bikin makanan dari brokoli emoticon-Cape deeehh
seep gan ane juga
kadang masak ini
sayangnya ane bukan herbivora gan emoticon-Ngakak
telor mahal gan,sekarang tanggal tua pula
Quote:Original Posted By aquasachet
mahasiswa liat brokoli aja jarang, apalagi bikin makanan dari brokoli emoticon-Cape deeehh

CKCKCKCKck suruh pacarnya bikinin gan
Quote:Original Posted By rajawatches
seep gan ane juga
kadang masak ini

yupemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By Juriusu
sayangnya ane bukan herbivora gan emoticon-Ngakak

emoticon-Ngakak kan ada telurnya
Quote:Original Posted By blanccasse
telor mahal gan,sekarang tanggal tua pula

bener sih gan telur agak mahal, solusinya beli ayam kampung pelihara tinggal panen telornya tuh emoticon-Cendol (S)
biasanya mahasiswa kaga ada yang mikirin sehat ato gak-nya gan, yang penting makan hhahahhaha








Need CTRL+A To Read My Post
emoticon-Sundul Gan (S)