alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cbcf1a532acf821000000d/mengapa-bau-hujan-itu-enak
Inspiratif 
Mengapa Bau Hujan Itu Enak?
Apakah Anda menyukai bau hujan yang menyegarkan? Jika iya, itu berarti Anda mewarisi perasaan tersebut dari leluhur yang bergantung pada ikllim basah untuk mendukung kemampuan mereka bertahan hidup.

Mengapa Bau Hujan Itu Enak?

Akan tetapi, sebenarnya apa yang membuat bau hujan begitu enak? Ada beberapa aroma terkait hujan yang dianggap menyenangkan oleh beberapa orang. Salah satu bau itu disebut petrichor. Bau itu akan tercium di udara ketika hujan turun setelah kemarau panjang.

Istilah petrichor diciptakan oleh dua ilmuwan Australia, yakni Isabel Joy Bear dan R. G. Thomas, pada 1964 ketika mempelajari bau iklim basah. Petrichor berasal dari kata petra yang berarti 'batu' dalam bahasa Yunani dan ichor atau 'darah dewa' dalam mitos kuno Yunani.

“Aromanya sangat menyenangkan, semacam bau kasturi,” kata ahli tanah di Bureau of Land Management di Amerika Serikat, Bill Ypsilantis, kepada NPR. “Anda juga akan mencium bau itu ketika Anda berada di taman dan tengah menggali tanah.”

Beberapa tumbuhan mengeluarkan minyak selama periode kering. Lantas ketika hujan, minyak tersebut terlepas ke udara. Reaksi kedua, yang menciptakan petrichor, terjadi ketika zat kimia yang dihasilkan oleh bakteri tanah Actinomycetes terlepas ke udara. Senyawa aromatik ini berkombinasi untuk menghasilkan aroma petrichor yang menyegarkan ketika hujan menyentuh tanah.

Bau lain yang diasosiasikan dengan hujan adalah ozone. Selama hujan petir, kilat dapat memecah molekul oksigen dan nitrogen di atmosfer yang akhirnya berekombinasi kembali menjadi nitrit oksida. Substansi ini berinteraksi dengan zat kimia lain di atmosfer untuk membentuk ozone, yang memiliki bau tajam yang mirip klorin.

Ketika seseorang mengatakan mereka dapat mencium datangnya hujan, mungkin sebenarnya mereka mencium ozone dari awan yang tertiup angin dan masuk ke hidung.


SUMBER
hmm bener gan ampo kalau orang jawa bilang
apalagi kalo mendung mau ujan tuh gw suka sama baunya emoticon-Big Grin
emoticon-Matabelo
ohh asalnya dari ozone yak
pantesin bikin jadi segar yak emoticon-Matabelo
ga pernah nyium bau ujan gan emoticon-Ngakak
apalagi kalo lagi ngebau ujan sambil ngeteh

emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo
oooh ad namanya yah bau hujan..
ane sih ngerasanya spt bau2 tanah gtu.. emoticon-Cape d... (S)
jadi ql dah ad bau2 an spt itu, cpet2 cari t4 neduh..
Sepi neh gan...
ane bantu emoticon-Rate 5 Star yahhh
kyk bau jaman dahulu (kuno) tp enak seger kyk emoticon-Blue Guy Cendol (L)
haduh gan,,,hawa pas baru ujan itu ga baek buat kesehatan,bisa bikin pnas demam emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By KevinOctavianuz
haduh gan,,,hawa pas baru ujan itu ga baek buat kesehatan,bisa bikin pnas demam emoticon-Cape d... (S)


siapa yang lagi ngomongin hawa? emoticon-Bingung
yang dibahas kan bau ujan yang khas itu lho
baunya bikin adem tentrem gan,
mendamaikan, yang lagi emosi langsung jadi adem emoticon-Cool
emoticon-Matabelo ooh gitu gan..
Pantes aja..

Gw kira tuh orang punya indera keenam bisa tau kalo ujan mau datang
emoticon-Cool
Iya Gan, apalagi bau tanah nya. Bikin sejuuk emoticon-Matabelo
Bau ujan mang enak, gan.
Dulu waktu masih kecil, ane sering ujan2nya krna rasanya bau aer ujan itu menyenangkan.
ane gak pernah cium bau hujan gan,,
kalau merasakan hawa yang seger baru ia,,
Kalo nyium bau hujan selalu jadi inget masa kecil gan... emoticon-Ngakak
hujan tu bikin suasana nostalgia...
bau hujan memang menenangkan dan bikin nyaman gan
apalagi habis kemarau panjang