alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cbbee71ad7191f62000009/rip-marc-rich-milyarder-trader-yang-ternyata-buronan
RIP Marc Rich, Milyarder Trader Yang Ternyata Buronan
Marc Rich, pedagang komoditas yang melarikan diri dari AS untuk menghindari dakwaan federal di tahun 1980 sebelum akhirnya Presiden Bill Clinton mengampuni dia dua dekade kemudian, hari ini meninggal dunia hari ini di usia 78 tahun.

Spoiler for marc rich:


Pengusaha yang flamboyan dengan dasi kupu-kupu dan cerutu Kuba itu adalah penemu spot oil market. Tapi kemudian menjadi salah satu buronan kerah putih yang paling dicari dalam sejarah Amerika selama 17 tahun. Setelah meninggalkan AS, ia mendirikan sebuah perusahaan perdagangan komoditas yang menjadi cikal bakal dari Glencore Xstrata Plc hari ini (GLEN).

Rich meninggal di sebuah rumah sakit dekat rumahnya di Swiss awal hari ini, juru bicara Christian Koenig mengatakan melalui telepon.

Rich melarikan diri ke Swiss beberapa jam sebelum didakwa pada tahun 1983 untuk lebih dari 50 tuduhan penipuan kawat, pemerasan, perdagangan dengan Iran selama embargo, dan menghindari lebih dari $ 48 juta pajak pendapatan AS. Tuduhan berasal dari rantai jutaan dolar transaksi minyak mentah AS yang mengguncang industri minyak global di awal 1980-an.

Pada hari terakhir masa kepresidenannya pada Januari 2001, Clinton mengampuni Rich, yang berulang kali berkeras menyatakan dirinya tak bersalah.

"Kami membeli minyak, kami menangani transportasi dan kami menjualnya," ujar Rich selama wawancara untuk 2009 buku yang diterbitkan di tahun 2009 "Raja Minyak: Kehidupan Rahasia Marc Rich" oleh Daniel Ammann. "Mereka tidak bisa melakukannya sendiri, sehingga kita mampu melakukannya."
Kerajaan Komoditas

Rich mengoperasikan kerajaan bernilai miliaran dolar yang membentang dari tambang nikel Rusia melalui deposito timah Malaysia dan ke bursa perdagangan di London, Hong Kong dan New York. Dia memiliki armada tanker minyak, tokoh yang diperhitungkan oleh mantan Menteri Luar Negeri AS Henry Kissinger dan berteman dengan penyanyi opera tenor Placido Domingo, tinggal di sebuah rumah yang bernilai $ 9.500.000 di Spanyol Costa Brava dan bahkan memiliki sebagian saham Studio 20th Century Fox . Dia menyumbangkan kekayaannya untuk amal dan museum di Swiss dan Israel, dan membantu membiayai tim Olimpiade Jamaika dan Zurich Opera.

Rich mendirikan perusahaan komoditas Marc Rich & Co pada tahun 1974, yang berganti nama Glencore International AG, 20 tahun kemudian ketika ia menjual 51 persen sahamnya. Perusahaan Rich adalah tempat di mana Ivan Glasenberg, yang dibeli senilai 1,2 juta dolar dalam proyke pembelian manajemen yang sekarang adalah CEO Glencore Xstrata, belajar perdagangan komoditas.
Pioneer Besar

"Kami sedih mendengar kematian Marc," kata Glasenberg hari ini dalam sebuah pernyataan e-mail. "Dia adalah seorang teman dan salah satu pelopor besar dari industri perdagangan komoditas, mendirikan perusahaan yang menjadi Glencore. Kami menyatakan simpati dan belasungkawa terdalam untuk keluarga yang ditinggalkan.
Keberuntungan Rich adalah misteri, meskipun asetnya diperkirakan mencapai lebih dari $ 1,5 miliar. Dia menduduki peringkat No 937 miliarder dunia yang tercantum dalam daftar majalah Forbes yang diterbitkan pada tahun 2010.

Akhirnya, perusahaan Rich mengaku bersalah atas 35 tuduhan penggelapan pajak, membayar $ 90 juta denda, meninggalkan perdagangan komoditas yang dikenal melalui industri sebagai "el matador" karena kemampuannya untuk menghindari bencana berpotensi menghadapi hukuman penjara lebih dari 300 tahun jika ia pernah kembali ke AS

Tapi grasi tersebut mengundang kecaman tajam. Mantan pejabat Departemen Kehakiman yang terlibat dalam penuntutan Rich mengatakannya sebagai "keterlaluan" dan "menjijikkan." Rudolph Giuliani, yang adalah seorang jaksa federal ketika Rich melarikan diri, mengatakan ia terkejut oleh perintah presiden dan menyerukan penyelidikan kongres atas masalah tersebut oleh Komite Reformasi Pemerintah House.


Jejak Sang Tokoh

Sandy Weinberg, jaksa AS yang menghabiskan bertahun-tahun menyelidiki lingkup minyak dunia Rich dan kerajaan komoditasnya, mengatakan Rich dan perusahaannya memiliki sikap berdagang dengan lawan bisnis yang begitu mengerikan sekaligus bertindak ingin menjadi warga negara yang baik dari AS

Rich, memiliki paspor AS, kewarganegaraan Spanyol dan Israel pada berbagai waktu, menghabiskan sekitar dua dekade menghindari tim marsekal AS dan eksekutif internasional yang beroperasi di bawah kode Proyek Otford. Kelompok ini mengemban tugas membawa Rich kembali ke AS

Pada saat yang sama, pemerintah AS terus melakukan bisnis dengan Rich dan perusahaan-perusahaannya. Pada tahun 1985, peneliti menemukan bahwa kongres telah memaksa salah satu perusahaan Rich yang berbasis di Swiss untuk ikut proyek bernilai hampir $ 100 juta yaitu program subsidi Departemen Pertanian Ameriksa yang membantu Negara-negara asing dalam pembelian gamdum dan barley dari Amerika.


Penawaran Pemerintah

Pada tahun 1988 dan 1989, peneliti mengetahui bahwa sebuah perusahaan yang dikendalikan Rich bernama Clarendon menjual hampir $ 30 juta nikel, tembaga dan seng ke US Mint. Departemen Dalam Negeri juga telah menyetujui permintaan dari pemerintah US Virgin Islands yang memungkinkan Rich membiayai pembelian $ 45 juta pabrik alumina di St Croix.

Rich lahir pada 18 Desember 1934, di kota Antwerpen Belgia sebagai satu-satunya anak David Rich dan Paula Rich-Wang, menurut websitenya. Melarikan diri dari pendudukan Nazi di Eropa, keluarga Yahudi ini menetap di Amerika Serikat pada awal 1940an, di mana ayah Rich membuka sebuah toko perhiasan di Kansas City, Missouri.

Rich menyelesaikan sekolah dasarnya di EF Swindon , sekolah menengahnya di Westport dan sekolah lanjutan atasnya di Southwest High School di Kansas City. Ketika ayahnya memutuskan untuk memulai bisnis perhiasan di East 11th Street di New York, Rich pergi ke Forest Hills High School dan kemudian Manhattan Rhodes Sekolah. Sebuah laporan guru dari Rhodes pada tahun 1952 digambarkan Rich sebagai "bertujuan, aktif kreatif, kuat mengendalikan, mendalam dan umumnya khawatir, dengan asumsi tanggung jawab dan sangat stabil."


Bisnis Keluarga

Keluarganya pindah ke Queens, New York, pada bulan Mei 1950, di mana David Rich membuka Melrose Bag & Burlap Co. Pabrik tas yang terbuat dari goni ini mengimpor goni dari Bengali. Ayah Rich kemudian mulai perusahaan perdagangan pertanian dan membantu mempertemukan America Bolivia Bank dengan mitra dimana ia bekerja sebelumnya.

Marc Rich mencoba meraih gelar bisnis di New York University, tapi putus pada tahun 1954 untuk bekerja di perusahaan perdagangan Philipp Bersaudara, di mana ia kemudian membantu menjalankan operasi di Bolivia, Kuba dan Spanyol. Dia tetap ada sampai 1974 ketika ia mendirikan Marc Rich & Co dengan Pincus Hijau, perdagangan komoditas sampai 1983 pada dakwaan menghindari pajak dan melanggar embargo perdagangan.

Rich mendirikan kembali perusahaannya di Swiss dengan pajak rendah setelah melarikan diri dari otoritas AS. Dia juga menerima tiga gelar doktor kehormatan, dari Bar-Ilan University, Universitas Ben Gurion dan Tel Aviv University untuk kerja filantropis.

Rich menikah dua kali, menceraikan penulis lagu New York,Denise Eisenberg pada tahun 1996. Mereka memiliki tiga anak perempuan, satu di antaranya meninggal karena leukemia pada usia 27. Dia bercerai dari istri kedua Gisela Rossi dan bertahan dengan putrinya Ilona Schachter-Rich dan Danielle Kilstock Rich sampai meninggalnya.

Spoiler for source:

waduh gan emoticon-Matabelo ternyata kaya gitu buronan
Tampilin pict nya gan biar tambah ngeh ma cerita nih orang....emoticon-Jempol
Quote:Original Posted By bjauhari
Tampilin pict nya gan biar tambah ngeh ma cerita nih orang....emoticon-Jempol


makasih gan dah diingetin, lupa ane.dah ane tampilin doi gan