alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cb80c75a2acf3d56000000/kemampuan-menulis-kanji-orang-jepang-menurun-di-era-digital
Kemampuan Menulis Kanji Orang Jepang Menurun di Era Digital
Kemampuan Menulis Kanji Orang Jepang Menurun di Era Digital
Photo by: http://www.flickr.com/photos/shingo/

Setelah lulus SMA, anak-anak muda Jepang masa kini bisa selalu mengandalkan komputer mereka untuk menulis huruf-huruf kanji. Akibatnya, kemampuan menulis mereka menurun.

Seorang lulusan SMA di Jepang ada yang mengatakan kalau dia mungkin inget bentuk kasar dari kanji tertentu, tapi dia nggak inget gimana nulisnya pas dia mau ngisi formulir di tempat dia kerja sambilan.

Kenapa Jepang nggak ganti metode penulisan aja? Mungkin itu karena ada banyak sekali homofon yang disebabkan oleh terbatasnya suku kata yang bisa dibentuk. Jadinya, untuk membedakan "koi" yang artinya cinta (恋) dan yang artinya ikan gurame (鯉), mereka membutuhkan huruf kanji.

Spoiler for Artikel:


Sumber-sumber:
jepang aja gitu
apalagi kita indonesia yg sering diambil budaya daerahnya...
btw ane pertamax kah???
Menurut aku masalahnya kebutuhan untuk menulis itu emang berkurang setelah ada komputer seperti sekarang sedangkan huruf-huruf di Jepang itu banyak banget. Akibatnya, secara otomatis kemampuan menulis orang-orang Jepang menurun karena emang kebutuhan mereka untuk menulis itu berkurang.
Kalo ngeliat di film film
ampe ada kaligrafinya emoticon-Embarrassment
hiragana,katakana,kanji...zzz ribet emoticon-Matabelo
untung bahasa kita ga serumit itu yah ganemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By kamenyaro
hiragana,katakana,kanji...zzz ribet emoticon-Matabelo
untung bahasa kita ga serumit itu yah ganemoticon-Ngakak


dl gw malah pengen belajar, tp pas sekolah gw ada pelajaran bahasa jepang jd emoticon-Najis
wah, jepang jg terken imbas globalisasi ya emoticon-Stick Out Tongue
Quote:Original Posted By gideonjack
wah, jepang jg terken imbas globalisasi ya emoticon-Stick Out Tongue


Jangan lupa baca ini juga: http://news.silobreaker.com/gifu-man...16767127306267 . Seorang kakek-kakek 71 tahun nuntut NHK karena acara TV-nya menggunakan kata-kata asing secara berlebihan (terlalu banyak).
Ane aja puyeng gan belajar kanji... emoticon-Hammer2
padhal waktu ane sma pengen banget nih bisa nulis huruf katakana, hiragana..
sekarang malah warganya sendiri udah turun kemampuan nya
Quote:Original Posted By rickyeki
padhal waktu ane sma pengen banget nih bisa nulis huruf katakana, hiragana..
sekarang malah warganya sendiri udah turun kemampuan nya


Kalau cuma hiragana, katakana semua orang bisa. Yang susah itu kanji yang jumlah hurufnya ribuan.
Karena udah terpengaruh ama teknologi yang canggih dan mempermudahkan manusia gan... Mungkin kalo di kyoto yang masih kental ketradisionalannya masih bisa nulis kanji emoticon-Shakehand2
ane malah belum hapal kanji seluruhnya gan emoticon-Mewek
nulisnya kadang salah
wah emang sekarang jamn elektronik,jadi gak susah2 buat nulis kanji
bisa begitu ya gan...
gara2 kemajuan teknologi...
nice share gan emoticon-Ngakak
ane taunya tepung kanji gan
kalau bahasa jpang ane gak tau
(Pas banget iklan di footer kaskus learning japanese
Kalau liat orang jepang nulis kanji.... Kita sendiri bingung... Bisa secepat itu... Walaupun brantakan masih bisa baca
×