alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51caf9221ad719a515000003/ironislegenda-timnas-indonesia-yang-mungkin-sudah-terlupakan
[IRONIS]Legenda Timnas Indonesia Yang Mungkin Sudah Terlupakan
emoticon-I Love Kaskusemoticon-I Love IndonesiaWELCOME TO MY THREADemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Kaskus

Quote:Sebelum ataupun Sesudah Melihat Thread ini Monggo di emoticon-Rate 5 Star gan emoticon-Big Grin
dan Kalau Misalkan suka Tolong di berikan emoticon-Blue Guy Cendol (L) hihiemoticon-Ngakak
Mudah-Mudahan THREAD ane ga emoticon-Blue Repost ,, Misalkan Repost tolong Bilangin ane Gan... emoticon-Sorry







Quote:

Spoiler for Pict:


Abdul 'Kancil' Kadir, nama mantan pemain Timnas Indonesia tersebut kini mulai ramai dibicarakan, setelah keluarga yang ditinggalkannya dalam kondisi yang memprihatinkan.

Tak banyak yang tahu siapa pemain yang dijuluki Si Kancil ini, padahal, ketika masih hidup dan aktif bermain, Kadir menjadi andalan tim Merah Putih.

Abdul Kadir merupakan pemain kiri luar yang dimiliki Timnas Indonesia lahir di Denpasar, Bali, 27 Desember tahun 1948. Sejak kecil Abdul Kadir sudah menyukai sepakbola, dan klub pertamanya adalah klub amatir Assyabaab di Srabaya.

Kadir pun akhirnya bergabung dengan salah satu klub Galatama, Pardetex, klub asal Sumatera Utara. Permainan gemilangnya pun tercium oleh PSSI, pada usia 16 tahun, pemain yang dijuluki Kancil karena kecepatannya ini pun dipanggil oleh Timnas Indonesia.

Dimulai dari kejuaraan Asian Games yang dulu masih bernama Gafeto pada tahun 1964, Kancil tersebut membela Garuda hingga tahun 1979.

Bersama Timnas, Kadir menyabet sederet prestasi gemilang, di antaranya menjuarai Piala Raja 1968, Merdeka Games 1969, dan Pesta Sukan Singapura 1972.

Kadir juga pernah memperkuat Timnas saat menjadi runner up Piala Presiden Korsel (1970-1972).

Dulu, Indonesia memang menjadi salah satu macan di Asia, hal itu terbukti dengan berbagai gelar yang diraih. Tak hanya itu, gelar pribadi pun juga mampu diraih oleh para pemain Indonesia.

Abdul 'Kancil' Kadir menjadi salah satu pemain yang mendapatkannya, bersama Soejtipto Soentoro, Iswadi Idris, Max Timisela dan Jacob Sihasale, mereka terpilih dalam tim Asia All Stars.

Kancil juga telah mengenyam gaya kepelatihan arsitek hebat, Kancil pernah memperkuat Timnas semasa dipegang pelatih asal Yugoslavia, Tony Pogacnik, Endang Witarsa, Djamiat Dhalhar, dan pelatih asal Belanda, Wiel Coerver.

Abdul Kadir memiliki teknik sepak bola yang sangat tinggi, bahkan tidak kalah dibandingkan pemain dunia saat itu seperti Pele. Maha bintang sepak bola asal Brasil itu pernah bermain di Stadion Utama Senayan bersama klub Santos, Juni 1972 dan sedang berada di puncak kejayaannya setelah membawa Brasil memenangi Piala Dunia 1970.

Dalam sebuah acara di stasiun televisi TVRI, Pele diundang menjadi bintang tamu, dalam acara tersebut Pele mempertontonkan keahliannya mengolah si kulit bundar, dan pemain Indonesia yang mendapat kesempatan untuk mendampingi Pele adalah Si Kancil Abdul Kadir.

Prestasi gemilang di lapangan hijau tersebut ternyata tak sejalan dengan kehidupan pribadinya. Kancil seperti hidup serba kekurangan, selain itu, penyakit ginjal, jantung serta darah tinggi yang dideritanya membuat keuangan keluarga Kancil semakin kritis.

Namun, berbagai macam terpaan yang menimpanya tak membuat kecintaannya pada sepak bola dan juga Tanah Air ini luntur, dalam kondisi sakit, Kancil tetap memaksakan untuk menyaksikan Timnas Indonesia bertanding pada tahun 2002, dan saat itu Indonesia berhasil meraih kemenangan.

Abdul Kadir akhirnya meninggal dunia di Jakarta pada umur 55 tahun pada 4 April tahun 2003. Saat itu, dirinya baru menjalani perawatan di RS Thamrin, saat itu, Kancil dibawa ke rumah sakit oleh Ronny Pattinasarani, Iswadi Idris dan Agum Gumelar.

Pasca meninggalnya Abdul Kadir, kehidupan keluarganya semakin memprihatinkan. Bahkan, anak sulung Abdul Kadir, Areo Jasa Pradira meninggal dunia pada tahun 2005 karena sakit tipus dan ironisnya Areo harus meregang nyawa karena tidak punya biaya berobat.

Spoiler for Pict:

Sementara itu, tiga anak lainnya belum memiliki pekerjaan yang layak karena bekal pendidikan yang tidak memadai. Meski begitu istri Kancil, Lisa Abdul Kadir mengaku tak menyesal telah menikah dengan seorang pemain bola.

Spoiler for Pict:



Sebuah hal yang sangat ironis bila melihat segala perjuangan dan juga torehan prestasi yang diberikan oleh Abdul Kadir bagi bangsa ini.

Inilah saatnya bagi PSSI entah pimpinan Djohar Arifin maupun La Nyalla Mattalitti, untuk memberikan perhatiannya kepada keluarga pemain yang pernah mengharumkan nama bangsa.

Spoiler for pict:


Beberapa pergerakan untuk membantu keluarga Abdul Kadir pun mulai dilakukan, sekelompok anak muda yang tergabung dalam Kelompok Pemuda Bumi Satria Kencana (KPBSK) akan menggalang bantuan bagi keluarga legenda sepak bola Indonesia ini.

Bagi pecinta bola yang ingin memberikan bantuannya secara langsung, bisa mendatangi kediaman keluarga di alamat Perum Bumi Satria Kencana, Jalan Pandu Dewanata, Blok 1 no.11 Kayuringin, Bekasi Selatan
#KeepRESPECT



Spoiler for Sum:
Pertamax diamankan TS emoticon-Cool
emoticon-Berduka (S)
ya ampun. parah banget gan...
kemana ni pemerintah n pssi ? beliau adalah pemain yang pernah mengharumkan nama Indonesia. seharusnya ada bantuan bagi keluarga yang ditinggalkan abdul kadir..
Quote:Original Posted By setianegara
emoticon-Berduka (S)
ya ampun. parah banget gan...
kemana ni pemerintah n pssi ? beliau adalah pemain yang pernah mengharumkan nama Indonesia. seharusnya ada bantuan bagi keluarga yang ditinggalkan abdul kadir..


Entah Kemana gan emoticon-Berduka (S)
Quote:Original Posted By degdeg1
Wah kalo mau dihitung sebenrnya banyak banget mantan pemain Timnas yang terlupakan, ga bisa dihitung pake jari, #respect

13 DVD PAKET INSTAL ULANG PC / LAPTOP LENGKAP !!!


#RESPECT
emoticon-Matabelo
Quote:Original Posted By ypower
emoticon-Matabelo


emoticon-Beloberdukas
kurang perhatian bagian olahraga ke atlit" dulu yang mengharupkan negara ini
kasian nasib mantan atlit yg pernah membawa harum negara..kaya terbengkalai
Quote:Original Posted By baetus13
kurang perhatian bagian olahraga ke atlit" dulu yang mengharupkan negara ini


#RESPECT
Quote:Original Posted By serigala.malam
kasian nasib mantan atlit yg pernah membawa harum negara..kaya terbengkalai


#RESPECT
Aduh parah banget
Quote:Original Posted By fnjersey
Aduh parah banget


#RESPECT
dkt rumah ane gan
Semoga jadi pelajaran buat PSSI.
dan semoga indonesia jadi lebih baik, Amin.
Quote:Original Posted By ajiu66
dkt rumah ane gan


agan tetangganya?emoticon-Matabelo
banyak nasib atlet Indonesia gk diperhatiin emoticon-Mewek

Quote:Silahkan Mampir ke Trit ane yang lain emoticon-Smilie

[HT] Segudang Gaya Anak Sekolahan
Mau Jatuh Cinta Harus Siap Dengan Sakitnya


Terima Kasih emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By xawan
Semoga jadi pelajaran buat PSSI.
dan semoga indonesia jadi lebih baik, Amin.


AMIN.... #RESPECT
ane belon lahir gan jadi bener2 kaga tau emoticon-Malu
Quote:Original Posted By albrado
banyak nasib atlet Indonesia gk diperhatiin emoticon-Mewek



emang gan emoticon-Mewek #RESPECT