alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51cadfdc582acfb818000002/alasan-kenapa-pln-memadamkan-listrik-anda
icon-hot-thread
Alasan Kenapa PLN Memadamkan Listrik Anda
Thanks Buat Momod yg telah me-HT kan Trit Ane

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرحْمَنِ اارحِيم
Lagi Enak-enak Ngaskus eh mati lampu, sebel ga??
Spoiler for mati lampu:


Kita semua tau kan ama “Pemadaman Bergilir“, tu semua dilakukan oleh PLN (Perusahaan Listrik Negara), Tapi kita semua pernah tau ga kenapa PLN melakukan tu semua?? Pasti beberapa diantara kita pade blom tau kan


Okelah gan, ane berbagi sedikit informasi kenapa “Pak PLN” mengadakan pemadaman listrik, mungkin disebabkan hal2 berikut ini...

Pada dasarnya suatu sistem ketenagalistrikan, dari yang berskala kecil seperti jaringan distribusi ke yang berskala besar seperti instalasi jaringan transmisi atau Gardu Induk, harus dapat beroperasi secara berkesinambungan dengan normal tanpa adanya gangguan. Namun seringkali gangguan tidakdapat dihidari.

Gangguan tersebut dapat disebabkan oleh beberapa hal sebagai berikut:

a. Human Error (Kesalahan Manusia)
Spoiler for Human Error:


b. Internal/System Error
Spoiler for internal error:


c. External Error
Spoiler for external:


Sedangkan gangguan sistem tenaga listrik menurut sifat dan penyebabnya dapat dibagi menjadi 4 macam, yaitu:

a. Hubungan singkat
Spoiler for hubungan:


b. Beban Lebih
Spoiler for beban:


c. Tegangan Lebih
Spoiler for tegangan:


d. Gangguan Stabilitas
Spoiler for Gangguan:


Sumber: www.pln.co.id

Kalo informasinya menurut agan bermanfaat kasih
emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L) emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Inget pepatah gan:
Gajah mati meninggalkan gading
Manusia mati meninggalkan nama
Kaskuser yang baik meninggalkan komentar


Gan, Coment Udah 1300+ tapi yang guyur cendol masih dikit, Bagi donk gan buat ane CENDOLNYA

Pengen kayak pak obama
Spoiler for pak obama:

komeng2 yang bermanfaat
Quote:Original Posted By sicapuk
trit yg berguna buat agan² yg sering mengalami pemadaman ,ane yg kerja di lingkungan PLN jg memahami kekesalan para pelanggan yg selalu mengeluh jika listrik padam smpe kadang mengeluarkan sumpah serapah segala,... tp untuk pemdaman yg lama biasanya di kasih pengumuman ,biasanya lwt media/radio (radio dah jarang didenger orang gan),.... tp emang banyak faktor yg menyebabkan ,salah satu yg sering terjadi mungkin Trafo over capacity,..ini dikarenakan trafo yg sudah usang dan perlu rekondisi/diganti baru (mahal harganya) .apalgi pd beban puncak di mlm hari gan... kalo ane critain banyak bgt gan,....mungkin tuh salah 1 contoh nya


Quote:Original Posted By pemburuhotspot
keknya masalah gangguang alat sering kejadian gan
deket kosan ane yg lama trafo udah diganti skitar 4x (padahal ane ngekos baru 2 taunan wkt itu emoticon-Hammer (S))
pernah sekali meledak ampe ngluarin kyk kembang api gitu

kykny sih gr2 beban yg kegedean, soalnya di sekitarnya rata2 kos-kosan 30 kamar bahkan ada yg lebih emoticon-Hammer (S)


Quote:Original Posted By AI2001
JUST IMO
kalo menurut ane alasan PLN memadaman bergilir
selain human error, force major, pemeliharaan
jaringan ada kemungkinan
"SUBSIDI"
terkadang saat PLN akan mematika an listrik
dikarenakan subsidi yang dianggarkan di daerah
tersebut menipis "lebih banyak rumah tangga
450-900w /sosial dibanding bisnis"
selain untuk menjaga agar PLN gak rugi terlalu
banyak juga menjaga keperluan internal PLN sendiri
"gaji+bonus, penelitian SDA terbaharukan, dll"
sehingga PLN mampu berinovasi menjadi yang lebih
baik
contoh :
call center 123
tips + saran dari ane
kalo mau mindahin meteran listrik / sambungan
diatas genteng "SR"
pastikan disurvey + dikerjakan dengan benar, kalo
gak biayanya bisa menggila
dan jangan kasih PLN / kontraktor buat nyambung
listrik diatas genteng ente
suruh aja pelanggan baru itu pasang tiang p;aling
nambah 1jutaan
cuz kalo ente kasih apalagi sampai cantelannya
banyak, bisa kena 3-5 jutaan kalo pas renovasi
rumah dan harus bongkar canteelan diatas genteng
itu


Quote:Original Posted By dewedowo


newbe gan, ijin berpendapat emoticon-Smilie
kebetulan ane uda 4 tahun kerja di perusahaan ini, sedikit banyak ane bisa ngejawab keluhan agan2 disini emoticon-Smilie

yg pertama "Bersukurlah temen2 yang masih ada di daratan Jawa dan Bali" karena nasib temen2 tak lebih beruntung dari yang di luar itu, apa lagi indo timur,


1. soal minyak: boleh di chek gan korupsi minyak bagaimana yg agan maksud?, minyak kami dapet jatah dari pertamina, jadi kalau minyak sampe habis diluar kemampuan kami, oh ya di tangki penimbunan kami biiasanya minmial tahan untuk 14 hari pemakaian tanpa diisi ulang emoticon-Smilie

2. peralatan tua, database: tentu ada agan2, tapi apapun database itu untuk investasi di bidang kelistrikan tak semurah beli mobil ferari emoticon-Smilie, makannya walaupun undang2 kelistrikan yg baru sudah mengijinkan Listrik di kelolala swasta, sampe skarang yg mau ngelola cuman itungan jari, itupun di daerah2 industri atau wisata, dengan tarif bisa lbih dari 2 kali tarif PLN.

3. mati 1 detik nyala lagi: nah ini enaknya tmen2 di kota besar, mati bisa segera nyala lagi hehehee, kondisinya gini gan jaringan tegangan menengah keatas kita hampir 90% konduktor terbuka (bukan kabel bungkus, investasi 1 km kabel = 6 KM konduktor terbuka), kalau lihat yg di tiang kawat 3 paling atas itu konduktor terbuka gan. jadi rawan gangguan pohon kalau kena pohon listrik diharuskan padam, nah ada alat namana recloser, fungsinya untuk otomatis menyalakan lagi, jadi begitu di indikasi gangguan pohon (sesaat) akan langsung di nayalakan otomatis, nah di indo timur kayak gini ada tapi masih susah pakenya emoticon-Smilie

4.akun sosmed ya: bisa via: @PLN_123 atau FB: PLN 123, atau web: www.pln.co.id disitu bisa lapor gangguan, tambah daya sampai pasang baru.

5. listrik mati meteran masih muter gan: boleh di tanya sama profesor ahli listrik manapun kondisi ini bisa apa gak?, motor aja ada Rem nya, Kwh meter masak rem blong emoticon-Smilie, kalau masih ragu boleh di ganti sama yg prabayar gan kan pake pulsa g pake yg muter2 lagi hehehee


6. ada tadi lupa di qoute, subsid habis = listrik dimatiin : hehehhee, g ada relevansinya sama sekali gan. coba baca2 penganggaran negara indonesia, apa harian??? hehehe setahun skali gan kita dikasihnya, jadi g ada alasan hehehe


terkir: maaf curhat banyak banget, apapun kondisinya kami berusaha memberikan yg terbaik ke pelanggan, tapi tentu listrik adalah ciptaan manusia, yg tentu tak kekal dan abadi gan, memang masih banyak kekurangan sana sini, kamipun berusaha menjadi dokter listrik yg jago untuk mengobatinya pelan2.

dan ingat listrik itu di subsidi jadi hematlah uang subsidi dari negara untuk agan2.. hemat pangkal kaya, negara hemat kita kaya emoticon-Smilie.



Agan Yg Bikin ngakak

Quote:Original Posted By JENDERALkaskus
Ane malah demen klo mati listrik pas malem jumat, bs ngintipin pasutri pd belah duren emoticon-Matabelo

Klo gak ngintipin perawan lg mandi malem emoticon-Kiss

# sorry ts klo oot, btw taro pejwan dong emoticon-Malu (S)


kirain ane biar keliatan kerjanya... emoticon-Ngakak
Bikin rusak barang elektronik nih kalo sering mati gitu emoticon-Mad
nikmatin aja gan, tapi rada kesel juga sih kalo mati listrik emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...
biasanya sih human erroremoticon-Malu (S)
oooh gitu tohh, tapi kadang sebel juga mati idup mati idup, ngrusak elektronikemoticon-Cape d... (S)
mungkin minyaknya abis makanya sering mati gan..emoticon-Big Grin
yang jelas tetep nyebelin emoticon-Ngakak
apa kehabisan pasokan listrik? over capacity? emoticon-Hammer2
dikira main Sim City apa.. emoticon-Cape d... (S)
rumah ane sekarang jarang mati lampu nih gan emoticon-Smilie

Quote:Original Posted By kaskusagent007
nikmatin aja gan, tapi rada kesel juga sih kalo mati listrik emoticon-Cape d... emoticon-Cape d...


ya gan sama hahah
ternyata ada alasannya ya gan .. kirain karena iseng emoticon-Ngakak
yang paling sering yg mana tu gan?
Quote:Original Posted By BlackCoat
yang paling sering yg mana tu gan?


Alasan klasik gan gangguan cuaca, coba deh diperhatiin kalo hujan n badai pasti listrik padam,
Quote:Original Posted By PanggilAkuAgus
kirain ane biar keliatan kerjanya... emoticon-Ngakak


bener gan... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By renji.abarai
ternyata ada alasannya ya gan .. kirain karena iseng emoticon-Ngakak


Mungkin juga gan, wkwkw
emoticon-Ngakak
emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
emoticon-Sundul Gan (S)
:Sundulgans
kayanya kebanyakan karna human error deh gan emoticon-Embarrassment

Copyright Reva- emoticon-Embarrassment
tempat ane sebulan sekali pasti mati
Quote:Original Posted By reiii...2nd
biasanya sih human erroremoticon-Malu (S)


bener gan mati sebentar trus idup lagi
payah ni si TS,gak ada yg namanya tegangan lebih...emoticon-Cape d... (S) tegangan memang sengaja di tinggikan loh untk mengimbangi resistan kawat penghantar terutama dgardu induk emoticon-Cape deeehh

yg lebih tepat sih knp pmadaman dgilir krn beban lebih...emoticon-Big Grin
jika tdk dipadam gilir pembangkitnya bs overload emoticon-Big Grin