mengenal dan mengenang kembali kendaraan angkutan umum jakarta tempo doeloe
TS
kiokids86
mengenal dan mengenang kembali kendaraan angkutan umum jakarta tempo doeloe
banyak macam angkutan umum di jakarta tempo doeloe sampai saat ini masih ada beberapa angkutan umum yang masih bisa kita liat dan menaiki nya di beberapa sudut kota jakarta yang telah banyak berubah dari jaman ke jaman ke jaman.Sementara itu, jumlah pemakai kendaraan umum di Jakarta makin menurun. semkin maju dan semakin modernya jakarta sekarang semakin banyaknya angkutan umum yang di transportasikan di willayah daerah jakarta.Tahun 1970, dan di jaman sekarang tahun 2012, banyak sekali perbedaanya. di tahun dulu angkutan umum di jakarta begitu benrmanfaat dan sangat fital untuk transportasi dan angkutan umum.namun seiring maju dan berkembangnya jaman angkutan umum sekarang tersaingi dengan banyaknya mobil dan kendaraan pribadi lainya.Tahun 2012 kemacetan pun terjadi di mana mana di wilayah kota jakarta di saat hari hari kerja. karena begitu banyaknya pengguna kendaraan pribadi dan angkutan umum. di sini saya contohkan type dan model model dari kendaraan angkutan umum jakarta tempo doeloe.
Spoiler for 1. OPLET:
MOBIL SEDAN MERK MORRIS TAHUN 1980-AN YANG DIMODIFIKASI, INI JUGA DI GUNAKAN SEBAGAI SARANA ANGKUTAN UMUM YANG LEBIH DI KENAL DENGAN OPLET, NAMUN MOBIL AUSTIN JUGA YANG DI MODIFIKASI DI JADIKAN ANGKUTAN UMUM UNTUK JENIS SEPERTI OPLET LAINYA . NAMUN SEIRING PERKEMBANGAN JAMAN OPLET PUN TERGUSSR DAN DI GANTIKAN OLEH KENDARAAN JENIS MIKROLET DAN METROMINI. DAN TAHUN 1979 TRAYEK UNTUK ANGKUTAN KENDARAAN JENIS OPLET DI HAPUS. DAN MIKROLET DAN METROMINI YANG MENDOMINASI ANGKUTAN UMUM UNTUK WILAYAH JAKARTA DAN SEKITARNYA. BERSAMA NAGKUTAN UMUM YANG LAINYA SEPERTI BUS ANTAR KOTA JUGA KOPAJA DAN BUS TRANS JAKARTA.
Spoiler for 2. BEMO:
DARI TAHUN 1971- 1989 SEBENARNYA PENGGUNAAN DARI ANGKUTAN YANG SATU INI SUDAH DI HAPUS. BEMO ARTINYA BECAK MOTOR YANG HADIR BERSAMAAN DENGAN GANEFO TAHUN 1962.TAHUN 1962 BEMO MULAI DI GUNAKAN MENJADI SARANA ANGKUTAN UMUM DI WILAYAH JAKARTA BERSAMAAN DENGAN SEBUAH ANGKUTAN UMUM YANG LAINYA YANG BERNAMA GANEFO PADA SAAT ITU. BEMO SENDIRI MEMPUNYAI ARTI DARI BECAK BERMOTOR, DENGAN CIRIKHAS BERODA TIGA, BEMO HINGGA SAAT INI MASIH BANYAK KITA TEMUI DI WILAYAH WILAYAH JAKARTA DI TEMPAT TEMPAT YANG AGAK SULIT DI JANGKAU OLEH KENDARAAN BESAR LAINYA. SEPERTI BUS DAN ANGKUTAN LAIN NYA YANG MEMPUNYAI BODY BADAN KENDARAAN YANG LEBIH BESAR.
Spoiler for 3. Becak:
BECAK DAHULU BEGITU BANYAK DI GEMARI OLEH PENDUDUK JAKARTA DI KARENA KAN DENGAN ONGKOS YANG MURAH JUGA MAMPU MENGANGKUT BANYAK BARANG DI DALAMNYA. PADA TAHUN 1940 ADALAH AWAL MULA DI OPERASIKAN NYA MENJADI ANGKUTAN UMUM DI WILAYAH JAKARTA HINGGA TAHUN 1980AN. SEJAK TAHUN 1988 MULAI ADA PERATURAN YANG MELARANG BECAK BEROPERASI DI WILAYAH JAKARTA. NAMUN PADA TAHUN 1998 TERJADI PEMUSNAHAN DAN LARANGAN BECAK BEROPERASI DI JAKARTA SECARA BESAR BESARAN. DAN GANTI KAN OLEH ANGKUTAN ANGKUTAN UMUM YANG BERTENAGA MESIN, KARENA PERATURAN DAN LARANGAN ITU BANYAK DARI PARA ABANG DAN TUKANG BECAK BERALIH PROFESI NAMUN SEBAGIAN JUGA BANYAK YANG BERPINDAH LOKASI OPERASINYA DI WILAYAH SELAIN DI JAKARTA DAN SAMPAI SEKARANG BECAK MASIH BANYAK KITA TEMUI DI DAERAH KAMPUNG KAMPUNG DAN PEDESAAN ATAU PUN PERKOTAAN SELAIN DI DI JAKARTA SEPERTI DAERAH KOTA BEKASI DAN KOTA TANGERANG ATAU PUN DI DAERAH DAERAH LAIN NYA
Spoiler for 4. TRAM / BIS BERMESIN UAP:
LAPANGAN BANTENG YANG KINI SUDAH DIUBAH MENJADI TAMAN DLU ADALAH SEBUAH TERMINAL DARI MOBIL ANGKUTAN YANG BERMESIN UAP PADA TAHUN 1981. NAMUN ANGKUTAN UMUM KENDARAN BERJENIS MESIN DENGAN TENAGA UAP INI DI HAPUS PENGGUNAANYA OLEH PRESIDEN SUKARNO PADA TAHUN 1960. ANGKUTAN UMUM JAKARTA YANG DIKELOLA BELANDA MENURUT SEJARAH, BAHWA NAGKUTAN INI ASAL MULA DARI ANGKUTAN UMUM YANG SEPERTI KITA LIAT SAAT SEKARANG INI SPRTI BUS BUS METRO MINI DDAN BUS BUS YANG LAINYA. .
Spoiler for 5. BUS TINGKAT:
BUS TINGKAT INI TERKENAL DI TAHUN 1970-AN HINGGA TAHUN 1980-AN. KARENA BODY NYA YANG PANJANG DAN BERTINGKAT ANGKUTAN INI BEGITU BANYAK DI GEMARI DAN MENJADI ANGKUTAN TERBAGUS SAAT ITU, SEIRING PERKEMBANGAN JAMAN JUGA DARI SEGI KEAMANAN YANG SANGAT PENTING UNTUK PARA PENUMPANG, BUS TINGKAT MULAI DI LARANG BEROPERASI DI TAHUN 1990-AN. DENGAN BENTUK YANG TINGKAT, MENJADIKAN KENDARAAN INI TIDAK EFISIEN JIKA MELINTASI JALAN JALAN PROTOKOL YANG BANYAK DI TANAM PEPOHONAN UNTUK PENGHIJAUAN. DAN SAMPAI SAAT INI DI GANTI DENGAN BUS PPD PATAS ATAUPUN TRANS JAKARTA.
Spoiler for 6. HELICAK:
HELICAK INI ADA DI TAHUN 1970AN. KARENA BENTUK DAN MODEL NYA YANG UNIK, BERBENTUK BECAK YANG BERMESIN SEPERTI MOTOR DENGAN PENGENDARA NYA DI BELAKANG DAN PENUMPANG YA BERADA DI DEPAN. DI TAMBAH LAGI MODEL NYA YANG ANTIK SEPERTI HELIKOPTER, MAKA GABUNGAN DARI KATA UNTUK KENDARAAN ANGKUTAN UMUM YANG SATU INI DI SEBUT HELICAK. DAN DI SAAT SEKARANG KENDARAAN SEPERTI INI SUDAH TIDAK ADA LAGI. DI JAKARTA. BAHKAN SEANDAINYA ADA YANG MEMPUNYAI KENDARAAN INI, BISA DI SEBUT SEBAGAI BARANG ANTIK. LAYAKNYA KENDARAAN YANG LAIN.. NAMUN SEGI DARI MESIN DAN BODI DARI HELICAK INI MIRIP BODY MOTOR VESPA YAH.
Terimakasih sudah datang di thread ane, mohon rate 5 dan komengnya