alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51be7ad3582acf2061000002/petak-umpet-apa-sih-sebutan-permainannya-di-daerah-agan-sist-yuk-share-nostalgia
'Petak Umpet' apa sih sebutan permainannya di daerah agan/sist? yuk share nostalgia
Petak Umpet Wikipedia ane comot nih :

Quote:Dimulai dengan Hompimpa untuk menentukan siapa yang menjadi "kucing" (berperan sebagai pencari teman-temannya yang bersembunyi). Si kucing ini nantinya akan memejamkan mata atau berbalik sambil berhitung sampai 10, biasanya dia menghadap tembok, pohon atau apasaja supaya dia tidak melihat teman-temannya bergerak untuk bersembunyi (tempat jaga ini memiliki sebutan yang berbeda di setiap daerah, contohnya di beberapa daerah di Jakarta ada yang menyebutnya INGLO, di daerah lain menyebutnya BON dan ada juga yang menamai tempat itu HONG). Setelah hitungan sepuluh (atau hitungan yang telah disepakati bersama, misalnya jika wilayahnya terbuka, hitungan biasanya ditambah menjadi 15 atau 20) dan setelah teman-temannya bersembunyi, mulailah si "kucing" beraksi mencari teman-temannya tersebut.

Jika si "kucing" menemukan temannya, ia akan menyebut nama temannya sambil menyentuh INGLO atau BON atau HONG, apabila hanya meneriakkan namanya saja, maka si "kucing" dianggap kalah dan mengulang permainan dari awal. Apabila Yang seru adalah, pada saat si "kucing" bergerilya menemukan teman-temannya yang bersembunyi, salah satu anak (yang statusnya masih sebagai "target operasi" atau belum ditemukan) dapat mengendap-endap menuju INGLO, BON atau HONG, jika berhasil menyentuhnya, maka semua teman-teman yang sebelumnya telah ditemukan oleh si "kucing" dibebaskan, alias sandera si "kucing" dianggap tidak pernah ditemukan, sehingga si "kucing" harus kembali menghitung dan mengulang permainan dari awal.
Permainan selesai setelah semua teman ditemukan. Dan yang pertama ditemukanlah yang menjadi kucing berikutnya.
Ada satu istilah lagi dalam permainan ini, yaitu 'kebakaran' yang dimaksud di sini adalah bila teman kucing yang bersembunyi ketahuan oleh si kucing disebabkan diberitahu oleh teman kucing yang telah ditemukan lebih dulu dari persembunyiannya.




Mulai dari ane ya bernostalgia emoticon-Malu (S)

  • nama permainan petak umpet di daerah ane biasanya ane sebut CUMANCIK, mancik tu arti nya tikus gan, mungkin diartiin mencari tikus.
  • Tempat bermain biasanya dirumah dan di sekitaran mesjid
  • Waktu bermain habis ashar gitu ampe sore magriban sebelum ngaji kemesjid


yg seram2 gan emoticon-Takut (S)
Quote:Original Posted By ankerzz
hahahaa emoticon-Ngakak
jadi inget masa dulu
sampe lupa pulang dan lupa makan emoticon-Malu (S)
__prnah juga main mlm2 tak kira temen ane ajak ngobrol ternyata tante kunti emoticon-Takut

kalo di tempat ane mah namanya bentengan / butukan
emoticon-Ngakak


ayo agan2 sistah2 nostalgia bareng, ntr di taro pejwan emoticon-Angkat Beer

Daftar Nama Petak Umpet Setiap Daerah emoticon-Ngakak (S)
moga aja ada yg mau bantu nama2 ini dari daerah mana
Quote:Quote:1.Cumancik - Padang
2.delikan - Joga
3.Tungkupan -
4.Ngumpet
5.Jumprit Singit
6.Sumputan - Jambi
7.Petekong - Malang
8.Jilumpet
9.Tonggak Dingin dan Tongak Bantuan
10.inglo
11.Kacak Mancit
12.Ajakan Tukup - Banjarmasin
13.Pet-Pet - Aceh
14.Sembunyi Indup
15.Cendong
16.Umpetan
17.Ucing Sumput - Sunda
18.Susumputan
19.Jelung
20.Idris
21.ALIP BERONDOK - Sumatera Utara
22.engkeb-engkeban
23.Kheng Pi Pit
24.Kacal Mancet
25.sembunyi sembuny
26.DUNGDUNGAN
27. Tapok Pi pit - Pontianak
Quote:Ini nama petak umpet setiap daerah emoticon-Big Grin

Quote:Original Posted By HerryMasafumi
dhelikan emoticon-Embarrassment dari jogja....tp ada 1 lg jenis petak umpet disini namanya "sepak sekong" permainan persis petak umpet biasa cuma...kalo petak umpet berhitung utk memberi waktu yg mau cari tempat sembunyi kalo sepak sekong ini pake bola gan...jadi 1 orang nendang bola sejauh mungkin spy yg jaga nanti ngejar bolanya terus ditaroh dititik tadi nedang bolanya...pas ditendang kita lari dan cari sembunyian...nahh kalo misal yg jaga udah 3x gak bs menangin permainan dia boleh bawa bolanya sambil mencari teman2nya yg sembunyi...cara utk memenangi bagi orang2 yg sembunyi dengan cara memukul bolanya sampe jatuh ditanah...ada aturan jg kalo yg jaga salah menyebutkan nama dari orang2 yg sembunyi berarti dia gagal....kwkwkwk ini permainan jg seru...karena ada bolanya sbg media permainannya




Quote:Original Posted By nyebulsilit
kalo ditempat ane namanya "delikan" gan
hehehe
jadi nostalgia nih
hehehe


Quote:Original Posted By Smokerr
Delik an gan wkwkwkwkw emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

seru tuh , dulu pas SD sering maen ..

pas sebelum ada kesepakatan ngumpet nya (batas tempatnya) kampret mosok ngumpet nyari satu kampung kasian yg jaga atau yg nyari bisa bisa sampai magrib

konyol nya lg yg ngumpet dirumah ditinggal makan sekalian .. lama lama bisa jadi berantem tp seru kog emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By novushero
didaerah rumah ane nyebutnya Tungkupan gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Faaaaani
Kalau di jogja kota namanya delikan gan. Ndelik artinya ngumpet gan. emoticon-Kaskus Lovers


Quote:Original Posted By biersack6
kalo di tempat ane namanya Jumprit Singit gan
diambil dari bahasa jawa gan


Quote:Original Posted By muhammadlunas
Di jambi namanya sumputan gan


Quote:Original Posted By Toxz2710
Cumancik emoticon-Recommended Seller






Quote:Original Posted By tommyanggara88
kalo ane alek berondok gan


Quote:Original Posted By shetho
ditempat ane nyebutnya "JILUMPET"
Jadi kangen masa masih anak2 emoticon-Mewek


Quote:Original Posted By divisionbyzero0
Sondok-sondokan

Terbagi 2

1. Tonggak Dingin
2. Tonggak Bantuan


Quote:Original Posted By Vanguardez
di Malang namanya Tekongan gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Askndria
INGLO bray emoticon-Cool

yang seru itu maennya pake pecahan beling disusun , kl di ancurin jaga lagi tuh ampe nyerah wkakaakk emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By sukmaku21
tapok pipit,,...,,, gan


Quote:Original Posted By cempakul
di tempat ane kacal mancit gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By Hariramadhan41
litongan gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By RahmAry
di tempat ane namanya "ajakan tukup" gan emoticon-Ngakak
ajakan itu maksudnya kena, (yang jaga gitu emoticon-Malu (S))
terus tukup itu maksudnya tutup. soalnya kan salah satu pemainnya harus tutup matanya di dinding, atau tembok misalnya
gitu gan emoticon-Big Grin


Quote:Original Posted By B361N3R
di depok namany y tetep petak umpet gan emoticon-Big Grin
jadi kangen masa kecil dulu, skrg dh gak ada lg anak2x yang main beginian emoticon-Sorry


Quote:Original Posted By Chaorum
di tempat ane "hide & seek" gan emoticon-Cool


Quote:Original Posted By sidomrayeuk
emoticon-Request Permainan favorite ane waktu kecil dan tempat persembunyian favorite ane diatas pohon dan WC mushala.

emoticon-Ngakak kalau di Aceh disebut "PET-PET" atau "PET SOM"
Kalau menemukan temannya, dia langsung menyebutnya "PONG". kalau yang jaga menyerah dia dipanggil "LOCAK" dan biasanya dimainkan sepulang mengaji jam 21.00. emoticon-Sorry Jadi ingat kampung dan masa-masa kecil dulu.



Quote:Original Posted By protocyb
Daerah ane tanjungpinang nyebut nya sembunyi indup gan


Quote:Original Posted By oppagangnam
Di tempat ane namanya Sembunyian, gan. Trus BON disebut POL gan.


Quote:Original Posted By sibiru2612
CENDONG
emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By 77inkaskus
Tempat ane namanya "UMPETAN" gan.. tempat jaganya namanya "BANCAKAN"


Quote:Original Posted By share.ing
Alib brondok gan emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By adel14
di daerah sunda disebut ucing sumput emoticon-Malu (S)


Quote:Original Posted By pendex87
nah ini permainan yang sangat seru gan,,,
Permainan ane kecil sampai dewasa,,dlu ane main petak umpet pada malam hari sewaktu ane berumur 19 tahun an,,yang ikut permainan gak cuma anak" yang ikut orang tua" juga pada ngikut,,jadi seru dah,,


Quote:Original Posted By jambisquad04
Wah di daerah ane dulu (JAMBI) namanya SUMPUTAN atau SEPAK TEKONG gan . sekrang ane di bandung ga tau apa namanya gan emoticon-Matabelo


Quote:Original Posted By zuraidaofficial
karna ane tinggal di karawang, dan biasa berbahasa sunda. jadi petak umpet di ane bahasanya "susumputan" wkwkw.
dan pake kata 'bon!' / 'pas!' gitu gan ._.


Quote:Original Posted By aLLmanXD
delikan...
kalau yang ngumpet ketemu langsung lari ke tempat jaga & teriak jalum... emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By nyandra
Cing Umpet. Kayaknya memang khas daerah sunda deh emoticon-Ngakak


Quote:Original Posted By bandreker.zzz
Di bandung mah Uucingan gan


Quote:Original Posted By Ohimerz
Kalo di daerah ane (Bandung, Jawa Barat) disebutnya "ucing sumput" gan emoticon-Ngakak (S)
klo si yg nyumput (ucing) nya ketauan, kita harus ke tempat dimana si yg nyari ngitung mundur gan, sambil bilang "DUA LIMA"

Ane ga ngerti maksud kata "DUA LIMA" itu, sumpah ngakak ane klo inget emoticon-Ngakak (S) emoticon-Ngakak (S)

Biasanya maen game ini setelah sahur & pas sore hari, tp sekarang udh jarang anak kecil yg maen game tradisional ini emoticon-Berduka (S)


Quote:Original Posted By niko98
ajak tukup emoticon-Big Grin
artinya ga tau apa emoticon-Ngakak (S)


Quote:Original Posted By FeBrianTura
ucing sumput gan dari sunda cianjur

hihihi


Quote:Original Posted By xznx
jelung, idris, delikkan (di tempat ane sering pake istilah idris, coz tiap nyentuh tempat orang yang nyari kita sambil bilang idris emoticon-Ngakak)
kalo pake gacuk (lempengan terbuat dari pecahan genting,batu,dll) yang dimiliki setiap pemain ditumpuk di tengah lingkaran sebagai pusat namanya lain lagi, apolo emoticon-Ngakak tapi kalo apolo kadang aturannya dibikin curang coz setiap ada yang bisa ngeruntuhuin itu tumpukan gacuk, semua yang ngumpet menang (biasanya buat bully bocah emoticon-Ngakak )


lanjut
Spoiler for lanjut:


waktu SD sering main petak umpet tuh ane emoticon-Ngakak

biasa ngumpet di balik lemari guru emoticon-Malu
mainan ane kecil gan petak umupet
inglo arinya apaa ye gan samapi sekarang ane blom tau emoticon-Bingung (S)
Jumpritan kalo di malang gan
Quote:Original Posted By Anitachrist1
waktu SD sering main petak umpet tuh ane emoticon-Ngakak

biasa ngumpet di balik lemari guru emoticon-Malu



paling seneng itu, klo udah bosan main,.. pas terahir pada pulang semua yg ngumpet emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By Pranjic
mainan ane kecil gan petak umupet
inglo arinya apaa ye gan samapi sekarang ane blom tau emoticon-Bingung (S)


gak tau juga sih gan, moga ada yg ngasih tau emoticon-Big Grin
kalo ditempat ane namanya "delikan" gan
hehehe
jadi nostalgia nih
hehehe
Delik an gan wkwkwkwkw emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

seru tuh , dulu pas SD sering maen ..

pas sebelum ada kesepakatan ngumpet nya (batas tempatnya) kampret mosok ngumpet nyari satu kampung kasian yg jaga atau yg nyari bisa bisa sampai magrib

konyol nya lg yg ngumpet dirumah ditinggal makan sekalian .. lama lama bisa jadi berantem tp seru kog emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
didaerah rumah ane nyebutnya Tungkupan gan emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Kalau di jogja kota namanya delikan gan. Ndelik artinya ngumpet gan. emoticon-Kaskus Lovers
kalo di tempat ane namanya Jumprit Singit gan
diambil dari bahasa jawa gan
Di jambi namanya sumputan gan
Cumancik emoticon-Recommended Seller




Orang sunda bilang

"Ucing - ucingan"

emoticon-Ngakak
tempat ane "jepung delikan" gan..
kalo ane alek berondok gan
ditempat ane nyebutnya "JILUMPET"
Jadi kangen masa masih anak2 emoticon-Mewek

ane orang riau

Sondok-sondokan

Terbagi 2

1. Tonggak Dingin
2. Tonggak Bantuan
Quote:Original Posted By misseuleux
Orang sunda bilang

"Ucing - ucingan"

emoticon-Ngakak


Tp klo ∂ΐ rangkasbitung banten mah ucing sumput hehehehe
di Malang namanya Tekongan gan emoticon-Ngakak