alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51bb466a1acb17eb2f000004/komunitas-honda-fit-dan-jazz-gd3-amp-ge8-4th-stage
Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)
Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

Pertama, ane ucapkan selamat datang di rumah kita yang keempat ini.
Ga perlu basa basi, silahkan baca rules terutama untuk newcomer yang masuk kemari. supaya tidak terjadi kesalahpahaman.

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

Yang jelas, trit ini anti BERDAGANG. Jika mau berjualan, silahkan via PM.

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

Rules utk Thread ini :

1.Saling menghormati antar penghuni baik penghuni thread ini atau pun cuma guest --> intinya sesama kaskuser saling menghormati.

2.Kita di sini saling bertukar info, mau ngobrol juga boleh...akan lebih baik kalau bisa bertemu scr langsung utk kopdar ala kadar

3.TIDAK POSTING DAGANGAN DI FORUM INI !! entah itu nitip lapak, nitip dagangan, ada barang bagus nih, dsb dsb yang berbau transaksi. Ini forum komunikasi bukan forum jual beli ! TOLONG HARGAI KAMI SEMUA YANG SUDAH BERUSAHA MENYUSUN FORUM INI SEBAIK MUNGKIN. KALAU MAU JUALAN SILAHKAN DI FORUM JUAL BELI. akan dikasih hadiah BATA untuk pelanggar.

4. Isi postingan tidak boleh bersifat menyerang, memancing kerusuhan/pertengkaran, NO PORNOGRAFI + NO SARA

5. Apabila ada masalah yang ingin diselesaikan secara pribadi, silahkan selesaikan secara pribadi lewat PM/VM, bukan di forum.

6. Jika ada yang ribut / brantem --> kami akan tegur dulu, jika masih terjadi lagi, kami akan berikan peringatan, dan sampai yang ketiga kalinya masih terjadi kami akan lapor ke moderator utk diproses selanjutnya. Jika anda yang ribut di banned atau di blacklist maka kami tidak akan bertanggung jawab terhadap ID anda. DO IT AT YOUR OWN RISK !!

7. Dilarang ngejar postingan (nge JUNK) seperti Posting : absen, bumping (up/nyundul) thread tanpa ada komentar jelas (hanya gambar atau tulisan "up/sundul lagi" dan sejenisnya)

8. Dianjurkan untuk mempergunakan Quote atau Multiquote

9.Aturan lain akan menyesuaikan dengan kondisi seiring waktu berjalan...

10.Terima kasih dan selamat bergabung di sini...Salam Damai


~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~~

Untuk tips and trick, beserta semua DIY dan segala macam yang sudah ada tidak diulang lagi disini, silahkan cek di trit lama di link :
http://www.kaskus.co.id/thread/00000...z-gd3-amp-ge8/


untuk link ESM Khusus GD3 bisa download di sini :
[url]http://www.4*shared.com/rar/FKQKY9Kd/Honda_Jazz_Fit-ESM.htm[/url]

NB : hilangin tanda * nya supaya bs masuk ke link nya...


silahkan melanjutkan topik dari trit lama dan happy posting semuanya...






Mohon perhatian !
Trit ini tidak ada hubungannya dengan Kojak.


Untuk users yang lain, silahkan kalau anda mau mampir kemari. Kami tetap welcome. Tidak perlu join dan daftar registrasi.
Siangg smua

uda rumah ke empat aja nih emoticon-Selamat
smoga komunitas nya semakin byk dan ilmu mengalir terus dari suhu-suhu

suhu-suhu cara tau bearing roda dpn uda aus, sama ga cara cek nya spt roda belakang?
Spoiler for kojak18:
Weee.. gk bs update om prazz nih

MODIFICATION BIBLE

Credits to : Christian "sapsap"

Stage One Modification:

1. Upgrade Ban & Velg Alloy

Sebelum menambahkan lebih banyak power untuk honda jazz, mobil anda harus memiliki level grip yang memadai untuk power saat ini & rencana kedepannya. Velg alloy yang enteng tidak selalu diperlukan upsize ukuran ban. Panduan lengkap tentang upsizing ban bisa dibrowsing di internet. Perkiraan Biaya : 2,5jt - 10jt

2. Air-Filter

Memang sebuah replacement performance filter yang bentuknya mirip standard tidak memerlukan modifikasi dan sangat sederhana untuk dipasang karena cocok persis pada airbox pabrikan. Kenaikan performa marjinal. Perkiraan biaya: 400rb - 1,5jt
Cold Air intake (CAI) adalah jenis performance air filter yang lebih serius, karena proses pemasangan nya sangat penting dan tidak boleh menghisap udara panas dalam kap mesin. Semakin dingin udara yang dihisap maka kenaikan performance makin besar. CAI yang sebenarnya menghisap udara dari luar, sementara jenis filter short ram dan kebanyakan aplikasi CAI lainnya menghisap udara dari dalam kap. Meskipun di luar kap cuma beda dikit suhu nya, tapi tetep lebih signifikan dinginnya dibanding udara dalam kap mesin. Ukuran diameter pipa keseluruhan seharusnya sama dan lebih besar dari ukuran throttle body. Perlu diperhatikan bahwa suara filter akan naik signifikan dengan CAI, dan perlu hati-hati ketika musim hujan. Perkiraan biaya: 1jt - 3,5jt

3. Knalpot Free-flow

System exhaust / knalpot free flow yang dirancang dengan baik dapat meningkatkan kemampuan napas mesin dan dapat meningkatkan performance / efisiensi bahan bakar. Sangat penting untuk mendapatkan free-flow kit (termasuk header) dan tidak hanya muffler ujungnya saja. Design header yang bagus juga penting dan anda dapat memesan pada installer anda untuk preferensi kenaikan tenaga di low, mid atau high rpm. Mengingat kondisi jalan di jakarta jarang sekali menggunakan high rpm, maka anda mungkin bisa memesan design header untuk low ke mid-range power. Selain itu levl back-pressure juga mesti sesuai kalau tidak anda bakal kehilangan torsi. Exhaust system sebenarnya seperti sebuah rantai, bagian yang paling menghambat biasanya catalic converter atau mid-muffler. Beberapa tuner akan coba mencopot catalic yang mengakibatkan kesulitan untuk memenuhi standar emisi. Jangan lupa juga coba melindungi bagian terbuka dari header dalam hood dengan bahan asbestos atau ceramic coating. Perkiraan biaya: 1,5jt - 5jt

4. Busi

Busi after market tidak bisa menambah performance mobil standard atau jika mobil yang hanya dimodifikasi dengan minimal. Hanya jika modifikasi yang anda lakukan memerlukan system ignition yang lebih tinggi barulah penggantian busi mendapatkan kenaikan power. Tapi dalam stage satu ini, anda belum memerlukan penggantian busi karena hanya buang-buang uang saja. Perkiraan biaya: 300rb - 1,2jt

5. Temperature Signal Modifier

Perangkat ini cukup mudah diinstall, dan hasilnya cukup lumayan pada kenaikan power, karena alat ini dapat merubah beberapa sinyal yang diantarkan ke ECU, sehingga dapat menyebabkan pengunduran timing fuel/ignition. Perkiraan biaya: 200rb - 1,8jt

6. Oli Synthetic:

Oli sintetis sangat direkomen oleh kebanyakan bengkel Honda dan non-honda untuk proteksi yang lebih dan meningkatkan pelumasan. Perkiraan biaya: 100rb - 260rb per liter

7. Strut-braces:

Strut braces / tower bar dapat mereduksi flex, dan membantu meningkatkan level grip . stabilitas mobil ketika berbelok . Bagaimanapun, perbedaannya hanya terasa ketika melakukan belokan tajam. Perkiraan biaya: 300rb - 1jt

8. Short-shifters:

Short shifter alias tuas persnelling yang pendek dapat mempersingkat lemparan gigi mobil anda. . Namun perlu diperhatian ada spesifikasi khusus pada panjang optimum tuas transmisi, dan juga dari sisi ergonomis dan kenyamanan anda. Kebanyakan driver memang cenderung memilih tuas transmisi standard. Perkiraan biaya: 900rb - 1,5jt


Stage Two Modification:

1. Performance Suspension Kit:

Dengan penambahan kekuatan mesin yang telah anda dapatkan sekarang, maka perlu juga diimbangi dengan peningkatan tingkat grip. Ada beberapa pilihan merk branded yang terseduia untuk strut performance, coil-over, per, dan damper (shock absorber) serta chamber kit (polyurethane bush kit). Perkiraan biaya: 1jt – 19jt

2. Head Porting & Polishing:

Pemapasan head silinder dan polishing mengacu pada pembesaran dan penghalusan port pada intake dan exhaust. Modifikasi ini menghasilkan kualitas dan kuantitas gas flow yang lebih baik. Kenaikan power juga sangat nyata jika pekerjaan porting & polish berkualitas tinggi. Namun perlu diingat bahwa port intake harus finish permukaan kasar, sedangkan port exhaust harus memiliki finish mirror. Perkiraan biaya: 1.8jt – 3jt

3. Copot Rev-Limiter

Ini merupakan modifikasi yang cukup sederhana yang dapat dikerjakan oleh spesialis ECU dalam waktu singkat. Batas rpm yang sudah ditetapkan oleh produsen mobil anda dapat ditambah, namun kita perlu memeriksa juga apakah internal mesin bisa mengatasi stress tambahan ketika RPM dipacu semaksimal mungkin. Memang modifikasi ini tidak menyebabkan kenaikan power, namun dapat menjadi tools yang berguna untuk memperbaiki lap times di sentul dan mempercepat akselerasi (1 gear lebih singkat untuk mencapai 0-100 km/h)

4. Nitrous Oxide Systems:

Lebih dikenal dengan NOS, merupakan tembakan power yang lebih hemat biaya dan menjadi favorit untuk para drag races. Karena sifat yang melekat pada bahan bakar tersebut, instalasi ini sangat berisiko. Selain itu disarankan untuk tidak memacu pedal secara penuh ketika dosis NOS anda sedang penuh, atau mesin anda akan terbakar. Selain itu diperlukan juga pengunduran timing sekitar beberapa derajat. Perkiraan biaya: 4,5jt – 14,5jt

5. Performance Camshaft:

Performance camshart adalah modifikasi yang luar biasa dan bisa menambah power sekitar 10% - 20%, dengan pilihan cams yang tersedia untuk peningkatan low, mid dan high-rpm. Peningkatan rasio kompresi sangat dianjurkan ketika mengganti camshaft, selain itu diperlukan juga cam adjuster (variable cam puller untuk menyesuaikan timing cam) agar dapat merealisasikan kenaikan HP secara optimal dari camshaft aftermarket. Namun sangat penting untuk menghindari over-cam’ing, karena profil cam yang memiliki bukaan tinggi tidak cocok untuk daily driven karena respon low-end akan terganggu, bahan bakar jadi boros dan anda perlu mengutak atik pengaturan idle untuk bisa setting dengan benar. Perkiraan biaya: 2,5jt – 7jt

6. Map Sensor Signal Modifier:

Ini dapat meningkatkan kinerja bagian throttle, tetapi hanya menambah kenaikan power cara marjinal. Perkiraan biaya: 2,5jt – 5jt

7. Valve Angling:

Pekerjaan multi-angle valve dapat menambah tarikan lebih enak di jalan. Namun perlu diperhatikan pekerjaan ini berorientasi pada presisi, jadi harus bengkel yang benar-benar paham. Perkiraan biaya: 700rb ke atas

8. Over-Boring / Stroker Kits:

Over-Boring adalah meningkatkan kapasitas kubik (CC) kendaraan dengan mengubah ukuran piston dan stroke mesin. Pistons, connecting rods, dan poros engkol (crankshaft) akan perlu diganti dan di balance lagi. Secara ringkasnya, ukuran gmesin yang lebih besar = kenaikan HP. Contohnya, Honda fit 1.3 L bisa di overbored menjadi kapasitas 1.5 L. Perkiraan biaya: 2,5jt keatas


9. Piggy-back ECU :

Piggyback adalah unit kontrol mesin tambahan yang bekerja sama dengan ECU Standard. Cara kerjanya adalah meningkatkan performa mesin dan meninggalkan tugas mesin non-elektronik pada ECU Standard. Piggyback akan memodifikasi beberapa sinyal (yang dikirim kembali ke ECU) dan memainkan parameter kinerja (injeksi bahan bakar, timing, dll). Pengendali bahan bakar pada piggyback akan menyesuaikan pemetaan bahan bakar dan memungkinkan mesin untuk meningkatkan output daya. Contoh dari computer untuk setting bahan bakar adalah Apexi S-AFC, alat ini menawarkan banyak penyesuaian dimana anda dapat menjalankan air fuel ratio rich atau lean, tergantung kondisi mengemudi. Sangat penting bagi piggy-back untuk kompatibel dengan ECU anda. Ingat bahwa penyesuaian sinyal AFR harus dilakukan tandem dengan wide band AFR kit, serahkan urusan tuning ini pada mekanik yang expert. Perkiraan biaya: 2,5jt – 7jt

10. Engine Remap:

Flash ECU dapat memberikan kenaikan power lebih besar daripada piggyback, dengan mengubah seluruh karakteristik dan pengaturan dari perangkat lunak pabrikan. Terdapat beberapa performance remap tersedia untuk beberapa mobil di Indonesia dengan prosedur instalasi cukup sederhana. Namun jika anda berencana untuk memodifikasi mobil anda lebih jauh ke tahap tiga modifikasi, sebaiknya lakukan remap pada tahap akhir. Setiap perusahaan yang menyediakan flash ECU akan menanyakan list modifikasi anda agar dapat memberikan remap yang terbaik. Perkiraan biaya: 4,5jt – 12jt.
Newbie izin gabung dirumah baru..
Reserve page 1..

FAQs (Frequently Asked Questions)

Q : Jenis jazz di pasaran kita itu apa ajah ?
A : Jazz lama (GD3) dan new jazz (GE8)

Q : Apa bedanya matic jazz lama dan baru ?
A : Jazz lama menggunakan sistem CVT dan jazz baru menggunakan girbokas matic konvensional 5 speed.

Q : Apa itu CVT ?
A : Continously Variable Transmission, nyawa utamanya adalah rantai baja di dalamnya (seperti belt karet pada motor matic). Disebut CVT karena rasio girnya yang bisa berubah sesuai tenaga dan kebutuhan mesin, makanya raungan mesinnya relatif monoton seperti motor matic pada umumnya karena nggak ada oper mengoper gigi, kecuali kalau mode tiptronik 7 speednya diaktifkan.

Q : Oli Mesin pake apa?
A : Oli umum yang dijual dipasaran, minimal semi sintetik dengan kekentalan 10W-40 dengan api service SJ ke atas (SM, SN lebih baik). Full sintetik dengan viskositas 5w-30, 5w-50, dsb. Semakin kecil angka W, semakin encer olinya. Namun perlu diingat bahwa penggunaan oli full sintetik yang encer dapat menguap karena iklim tropis negara kita, ditambah lagi kalau situasi ekstrim seperti jakarta, dll. Merk oli bebas, sesuai selera dan dompet.

Q : Oli matic pake apa?
A : utk CVT harus menggunakan CVTF HONDA. Untuk matic 5 speed konvensional pada jazz baru, menggunakan ATF Z-1 Honda. Ingat jangan tertukar dan jangan sengaja menukarnya.

Q : Oli manual pake apa?
A : MTF Honda

Q : Perlu ganti oli manual ga?
A : Perlu, tiap 40rb sampai 60rb km.

Q : Perlu kuras oli matic ga?
A : CVT ga perlu. Matic konvensional perlu, setelah sekitar 60rb km perjalanan disarankan untuk dikuras.

Q : Kenapa CVT ga dikuras? bengkel2 nyaranin lho
A : Apakah semua bengkel2 yang nyaranin mengerti struktur CVT ? belum tentu. Mereka rata2 hanya tau, matic dan manual. Girboks CVT GD3 simpel, nggak banyak celah2 dan saluran sempit, begitu isi oli, langsung masuk ke karternya, beda dengan matic biasa dimana banyak saluran2 sempit, dan ada torque converter, makanya perlu kuras. Jangan hanya menjadi korban bujukan bengkel demi keuntungan mereka semata.

Q : Jadi kalo CVT mau di "kuras" mending gimana?
A : perpendek interval penggantiannya. Misalnya tiap 10rb km, gantilah setiap 5rb km. Ingat, diganti biasa ya. Bukan dikuras. Hanya intervalnya yang diperpendek.

Q : interval penggantian oli mesin?
A : oli mesin semi sintetik tiap 5rb km, full sintetik tiap 10rb km, untuk kondisi ekstrim, kurangi 20% nya, jadi semi seintetik tiap 4rb km dan full sintetik tiap 8rb km.
Perlu diingat bahwa penggantian oli mesin juga berpengaruh waktu. Jika sudah 6 bulan pakai semi sintetik, saatnya ganti walau belum 5rb km. Juga untuk oli full sintetik. maksimal 1 tahun, sebaiknya jangan sampai setaun.

Q : Interval penggantian oli matic?
A : CVT tiap 10rb km (buku manual tiap 20rb bahkan 40rb, tidak disarankan untuk iklim negara kita) ; Matic konvensional bisa tiap 20rb atau 40rb km.

Q : Filter oli kapan diganti ?
A : Setiap 2 kali ganti oli mesin




.......to be continued

Tips n Trick

Kalibrasi CVT GD3
by : Danielkaskus


Yg m kalibrasi metic sendiri bisa ikutin langkah2 ini.
Langkah2nya berbeda sm yg di trit depan, karna ane udah coba jg yg di trit depan ga ngaruh apa2.
Karna mungkin ada beberapa langkah2 yg terlewat / mungkin kurang detail penjelasannya.

Silakan gan


akhirnya ane dah berhasil kalibrasi metic, dapat info dari agan mhenky emoticon-Shakehand2

ane coba urutin langkah2nya agar agan2 jg bisa berhasil melakukan kalibrasinya

1. cabut negatif accu, kira2 1 menit ( prosedure reset ECU) * saat cabut accu nyalain lampu besar supaya listrik benar2 terkuras habis di ECU nya.
setelah 1 menit lampu besar di off kan kembali baru,
2. sambungkan kembali kutub negatif accu/aki ,rem tangan,nyalain mesin
3. biarkan mesin menyala sampai kipas radiator menyala ( kurang lebih 25 menit ) * Intinya langkah ke 3 adalah suhu kerja mesin sudah tercapai.
4. matikan mesin, terus jumper socket OBD di conector 4 & 9

Liat foto di bawah, posisi socket OBD yg ane tunjuk, dan posisi conector yg di jumper 4 & 9

* perhatikan posisi pin 4 di bagian atas dan pin 9 di bagian bawah, liat bentuk trapesium terbalik connector OBD nya

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

5. putar kunci (lampu indikator di spedometer nyala) , injak rem ( terus injak jgn dilepas2 ), nyalakan lampu besar, baru nyalakan mesin

setelah mesin dinyalakan, tampilan di spedometer akan nyala lampu engine check, lampu EPS, lampu Airbag, Lampu ABS

Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

6. biarkan selama 20 detik
7. Lalu baru prosesi emoticon-Hammer (S) memindahkan tuas metic dari N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N-D-S-L-S-D-N (lakukan dgn cukup cepat, ga usah nunggu jeda 1 detik per gear )

nanti setelah 3 balikan ke N, maka lampu N dan D nyala bersamaan (posisi gear di N)

kalo berhasil lampu N & D akan nyala bersamaan

* bisa saja perlu lebih dari 3 balikan (4 atau 5 balikan ke N)
sampai indikator N & D nyala bersamaan

JKomunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 (4th Stage)

8. ketika lampu N dan D nyala bersamaan rem tetap di tahan, biarkan sampai lampu D mati.
9. waktu lampu D mati ( posisi gear masih di N)
10. baru pindahin gear ke D , tetep tahan rem, sampai beberapa detik lampu D akan mati (posisi gear di D )
11. Setelah lampu D mati walau di posisi gear di D, baru pindahkan ke N
12. Matiin mesin , cabut jumper yg di OBD tadi.

SELESAI emoticon-I Love Indonesia (S)

jadi kalibrasi metic sebaiknya dilakukan setelah reset ecu , agar performanya lebih maksimal. Yg kerasa tenaga lebih responsif, kick down ga perlu injak terlalu dalem, & pada gear S tenaganya mantep emoticon-Blue Guy Peace
reserved
reserved
reserved
reserved

DIYs

reserved
reserved
reserved
reserved
Reserved
Quote:Original Posted By praz3112
Ini rumah keempat, lanjutan dari trit Komunitas Honda Fit dan Jazz GD3 & GE8 yang sudah full. Untuk first page ini saya reserved, sembari menyusun page pertama silahkan untuk posting mulai di page 2. trims.

Puji Tuhan.
Akhirnya dapet rumah baru
emoticon-Big Grin
Reserved......




Please Posting di Page 2
Reserved Lagi...... sampe full ke page 2





Please Post di Page 2