alexa-tracking

[VISA CHINA] Jenis, Syarat, Tariff dan Prosedure

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51b40d2c8227cf4f6f000007/visa-china-jenis-syarat-tariff-dan-prosedure
[VISA CHINA] Jenis, Syarat, Tariff dan Prosedure
Melihat banyaknya yg belum mengerti tentang VISA CINA dan Prosedurnya, dengan ini ane buka Informasi secara detail dari A - Z mengenai VISA CINA.
Spoiler for Penjelasan Singkat Tentang Visa China:

Spoiler for Informasi mengenai Bebas Visa:

Spoiler for Visa Hongkong SAR dan Macau SAR:

Spoiler for VISA PELAJAR:

Spoiler for VISA KERJA:

Spoiler for BIAYA PEMBUATAN VISA:

Spoiler for APPLIKASI ONLINE dan OFFLINE FORM VISA CINA:

Spoiler for PROSES PEMBUATAN VISA CINA:

Spoiler for Pertanyaan yang sering ditanyakan mengenai visa China:

Spoiler for CATATAN:

Sumber: http://id.china-embassy.org/eng/

Jangan lupa emoticon-Blue Guy Cendol (L) nya yah gan
berguna banget nih gan... kebetulan sodara ane ada yg baru mau belajar disana.
mantep gan infonya, ane bantu rate dan up emoticon-Angkat Beer emoticon-2 Jempol
kalo bisa di-sticky nih..

Visa Kunjungan Bisnis

Visa Kunjungan Bisnis ( F )

Visa "F" diberikan kepada pemohon yang diundang ke China untuk kunjungan, peninjauan, ceramah, bisnis, pertukaran ilmu dan teknologi, kebudayaan, serta menyertai kursus jangka pendek atau praktek kerja jangka pendek yang tidak lebih dari 6 bulan.

Persyaratan :
Paspor asli yang masih berlaku paling sedikit 6 bulan sebelum masa berlakunya habis dengan adanya 1 halaman visa yang masih kosong.

1 lembar Formulir Permohonan Visa yang sudah dilengkapi dengan 1 foto ukuran paspor (boleh hitam putih / berwarna). Untuk paspor Amerika dibutuhkan 2 foto dan 2 Formulir Permohonan Visa.

Surat undangan dari perusahaan pengundang atau partner di China atau surat sponsor dari perusahaan anda (surat boleh asli / fotokopi / fax).

Bagi Warga Negara China terdahulu yang telah masuk kewarganegaraan asing, ketika pertama kali memohon visa harus memperlihatkan paspor asli China yang lama. Jika Warga Negara China terdahulu yang masuk kewarganegaraan Indonesia, masih perlu memperlihatkan Surat Pelepasan Kewarganegaraan China.

Tata Cara Permohonan

Pemohon visa boleh datang sendiri atau mempercayakan orang lain, Biro Perjalanan Wisata, agen pengurusan visa ke Kedutaan Besar China dan Konsulat Jendral di mana pemohon visa tinggal untuk memohon visa.

Permohonan visa tidak perlu diberitahukan terlebih dahulu, Formulir Permohonan Visa tidak boleh dikirim ke Otoritas Visa China.

Jika Formulir Permohonan Visa tidak diisi dengan lengkap, benar dan jujur, mungkin mengakibatkan penolakan visa atau penundaan proses.

Visa waktu proses

Waktu proses normal adalah 4 hari kerja. Pengambilan visa pada hari yang sama membutuhkan proses cepat ( Super Kilat ) dan dikenakan biaya tambahan Rp.300.000,- dengan memperlihatkan tiket pesawat untuk hari yang bersangkutan / hari berikutnya ( permohonan visa yang diajukan sebelum pk.11.30 pagi dapat diambil antara jam 3 sampai jam 4 sore pada hari yang sama ). Pengambilan visa keesokan hari atau lusa akan dikenakan biaya tambahan Rp.200.000,-

Mohon membayar dengan uang tunai Rupiah - Indonesia sewaktu pengambilan visa.

Masa berlaku visa dan lama tinggal

Biasanya masa berlaku dari 1 kali masuk atau 2 kali masuk visa "F" adalah 90 hari atau 180 hari dari tanggal penerbitan visa. Pemegang visa diharapkan masuk ke wilayah China tidak lebih dari 90 hari atau 180 hari dari tanggal penerbitan, jika tidak visa akan habis masa berlaku. Lama tinggal dari Visa "F" adalah 30 hari, berarti pemohon bisa tinggal selama 30 hari di China. Setiap kalinya, petugas visa mungkin memperpanjang waktu tinggal di China menurut permintaan pemohon visa.

Informasi tambahan

VISA CHINA BISNIS : Harus ada Calling Visa ASLI ( Fax, Scanning, fotocopy tidak boleh). Calling Visa = Surat Izin Visa dari instansi pemberi visa di China

Mereka yang mengidap penyakit AIDS, Hepatitis, dan penyakit menular yang lain, atau jiwanya kurang normal tidak diijinkan masuk ke wilayah China.

Prosedur Permohonan Visa Wartawan Asing Untuk Liputan Jangka Pendek Atau Tetap Di Chi

1. Tentang liputan wartawan asing untuk jangka pendek.

Diminta serahkan bahan2 yang tercantum dibawah ke Bagian Konsuler Kedubes China untuk negara X :

a. Formulir permohonan visa ke China yang ditandatangani oleh penanggung jawab badan media serta program rincian kegiatan di China (termasuk daftar nama, waktu tiba, tempat liputan dan tujuan liputan).

b. Surat undangan dari orang / organisasi yang diwawancarai (termasuk keadaan pokok orang / organisasi yang diwawancarai, program liputan, program kegiatan, nama penghubung dan cara menghubungi).

c. Foto kopi paspor dan surat keterangan wartawan serta cara menghubungi.

d. Formulir permohonan visa.

e. Bila membawa peralatan peliput, harap mengisi formulir " Laporan Peralatan Wartawan ".

2. Tentang liputan wartawan asing tetap.

a. Badan media luar negeri yang ingin mengirim wartawan tetap di China, harus mendirikan cabang tetapnya di China. Badan media itu harus secara langsung atau melalui Kedubes China untuk negara X mengajukan permohonan tertulis kepada Direktorat Penerangan Departemen Luar Negeri China. Surat permohonan itu harus ditandatangni oleh pemilik legal badan media dengan tercantum kandungan dan dokumen sbb:

1. Keadaan pokok badan media.

2. Nama cabang tetap di China, alamat cabang , lingkungan kerja, jumlah orang, jenis kelamin, umur, kewarganegaraan, jabatan dan riwayat hidup dari penanggung jawab dan anggota yang lain.

3. Foto kopi surat pendaftaran badan media.



b. Badan media yang telah memiliki cabangnya di China jika ingin mengirim wartawan tetap, harus secara langsung atau melalui Kedubes China untuk negara X mengajukan permohonan tertulis kepada Direktorat Penerangan Departemen Luar Negeri China. Surat permohonan itu harus ditandatangani oleh penanggung jawab (ketua dewan komisaris, ketua/wakil ketua badan media, kepala/wakil kepala editor, direktur/wakil direktur radio dan stasiun televisi) dengan meliputi kandungan dan dokumen sbb:

1. Keadaan pokok badan media.

2. Nama, jenis kelamin, umur, kewarganegaraan, jabatan, riwayat hidup waratawan yang akan dikirim dan kota yang akan didirikan cabang badan media.

3. Surat keterangan wartawan.

c. Wartawan yang dikirim oleh dua atau lebih dari dua badan media asing sebagai wartawan tetapnya, harus menyiapkan surat permohonan dari masing2 badan media, dan mengisi jelas indentitas yang dirangkap oleh wartawan itu.

d. Setelah surat permohonan disetujui, wartawan beserta keluarganya bisa mengajukan permohonan visa J-1 kepada Kedubes China untuk negara X . Bagi pekerja asing bukan status wartawan serta keluarganya mengajukan permohonan visa Z. Bagi keluarga wartawan diharuskan melampirkan surat keterangan hubungan keluarga.

Tourist L-Visa Extension

Halo, mau tanya nih. Saya mau trip ke China beberapa hari lagi, mulai dari Beijing sampai ke Chengdu selama 53 hari. Visa udah saya apply dan ternyata dapetnya double entry, sekali entry dibolehin cuma 30hari.
Nah, saya mau perpanjang permit of stay disana, agan tau prosedur2 nya? katanya ribet banget harus ke kantor polisi trus deposit uang dlam jumlah banyak ke bank of China.

Ditunggu yaa fast response nya. Thanks.
Quote:

visa single dan double entry hanya berlaku masa 30hari sejak cop masuk gan. jadi sebelum 30 hari sebaiknya ente keluar dulu dari China mainland dalam bentuk apapun juga, bisa ke HK, Korea atau ke macau, jalan2 aja deh seharian di sana, trus masuk lagi dengan cop baru. Cuma itu satu-satunya cara untuk menetap lama di negara yg memberlakukan visa, karena ente ngak dapat VISA PELAJAR(6 bulan - 1 tahun)
Quote:


Iya saya juga maunya begitu gan, tapi mikir2 juga jarak dari chengdu ke HK itu jauh banget, naik kereta bisa 2 harian dan pesawat harganya engga murah ke sana, mungkin bisa jadi alternatif terakhir. saya dibilangin kalo bisa extend visa disana lewat exit&entry administration tapi engga tau seluk beluk prosedurnya.
Quote:

itu bukan alternatif terakhir gan, tapi hanya satu2nya jalan supaya anda tidak di blacklist imigrasi cina apabila ada keterlambatan COP keluar cina. Malah bisa berakibat seluruh visa di dunia waktu agan mau buat visa negara tersebut selalu di tolak, karena akibat overstay dan dianggap VISA ente cacad.

yah lumayan Chengdu ke HK cuma CNY1660 PP
Numpang tanya sama agan2 sekalian
rencanyanya Januari tahun depan, mau ke HK-Macau-Shenzhen
Nah..yang jadi pertanyaan...untuk ke HK & Macau free visa kan??
Ga seperti visa ke china??
Better kemana dulu yach Macau-Shenzhen apa jalan2 dlu di hongkong
Soalnya beli tiket pulang pergi CGK-HKG-CGK untuk tgl 6-12 JAnuari

Untuk musim dsana untuk bulan januari bagaimana?
Quote:

Hongkong - Macau Free Visa, shenzhen harus visa atau VOA.
Januari merupakan titik tertinggi musim dingin, suhu bisa 0 derajat.
mau belanja apa gan bulan januari. malah nanti ngak bisa keluar karena suhu dingin

visa x

numpang nanya gan

Gw mau kuliah di China mulai september ini, tapi masa paspor gw kurang dari setahun dan dari imigrasi nolak perpanjang karna masih lebih dari 6 bulan.

rencananya mau buat visa L china disini, dan diperpanjang visa X disana, dari situasi gw masalah gak ya gan?
dan niatnya balik februari, perpanjang di Indonesia. visa x yang udah diurus masih berlaku gak ya?

Quote:

Seluruh Applikasi Visa di semua negara, MENGHARUSKAN Passport minimal 6 bulan masa berlakunya habis. kalo kurang dari masa berlaku 6 bulan semua kedutaan akan menolak pembuatan VISA, ini Prosedur STANDARD seluruh Kedutaan terhadap pengajuan VISA di negara nya.
Jadi kalo pasport ente kurang dari 6 bulan masa berlakunya, lebih baik ganti baru dulu passportnya gan, baru ajukan VISA, percuma ente apply VISA L atau A atau yg lainnya, tetap akan di tolak, sebab syarat MUTLAK aplikasi VISA salah satunya PASSPORT minimal 6 bulan masa berlakunya. Hal ini ngak bisa di bantah atau kasih alasan apapun juga.
Quote:


Ok sip ga
Paspor saya masa berlakunya lebih dari 6 bulan kok gan. Tapi gak sampai setahun. Itu maksud saya. Thx gan... emoticon-Big Grin

Quote:

kemungkinan di visa X minimal batas 1 tahun expired passportnya, jadi apply Visa 6 bulan saja,
Kalo visa turis kenanya 30hari
gan, mau tanya kl mau buat visa china hrs uda ada tiket dlu ya?
kl blm ada tiket tp ngajuin visa dlu bs gan?
Quote:


menurut ane gan, mending apply visa F dl yg 6 bulan, trus pas disana baru diganti ke residence permit (X), soalnya klo med check di indo ms hrs kluar duit buat legalisir lg pas di china nya.

ini sih pengalaman ane pas th 2012 yah
Quote:


ajukan visa lebih baik 1 bulan sebelum keberangkatan gan.
sebab masa berlaku visa expired 90 hari sejak visa di keluakan
jadi saran ane beli tiket dulu baru apply visa.
denger2 info multiple 1tahun uda gak bisa dipake lagi ya?

apa bener?
Quote:

belum ada data tentang hal itu dari embassy gan.
http://www.visaforchina.org/JKT_EN/ (masih ada dalam pengisian online visa cina)
adanya malah Free Visa 3 hari kunjungan sejak 24 Juli 2013, http://id.china-embassy.org/eng/jrzg/t1061404.htm

yang ada malah libur lebaran gan.

Bagian Visa Kedutaan Besar China akan libur selama dua hari pada tanggal 8 Agustus 2013 (Kamis) dan pada tanggal 9 Agustus 2013 (Jumat).
emoticon-Ngakak