alexa-tracking

MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51afc2a148ba54225e000006/manfaat-lensa-projector-u--bohlam-hid-pada-kendaraan-bermotor-amp-cara-merawatnya
Poll: Enakan Pake HID tanpa lensa Projector apa Pake HID dengan lensa Projector

This poll is closed - 30 Voters

View Poll
Enak HID pake Lensa Projector 73.33% (22 votes)
Enak HID tanpa Lensa Projector 26.67% (8 votes)
Thumbs up 
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
Mudah2 an ga emoticon-Blue Repost

Sesuai judul ane cuma pengen share singkat buat agan2 semua yg mungkin menggunakan lampu HID dan manfaat penggunaan lensa Projector yang berfungsi untuk lebih memfokuskan sorot cahaya bagi yg menggunakan bohlam lampu jenis HID (High Intensity Discharge)


Penggunaan lampu HID membuat sorot lampu motor agan jadi super kinclong dan terang banget bak lampu pertamax, jg bisa membantu pengelihatan pengendara agar lebih pokus melihat jalan.

TAPI kalau aplikasinya ga bener alias cmn asal aje pasang bakal bikin cilakan pengguna jalan laen gan..


Spoiler for Lampu Sumber Celaka:



kinclong sih kinclong tapi klo dari arah berlawanan kek gini bikin bahaya jg
Spoiler for Ampun gan silau :


dan akhir nya bikin pengemudi laen jadi gini gan
emoticon-Takut (S)
Spoiler for Pengguna Jalan murka :


nah agar qta yg hendak menggunakan bohlam HID mendapat terangnya tapi juga tidak membuat pengguna jalan laen terganggu/cilaka, implement pemasangan lampu hid disarankan juga disertai pemasangan lensa Projector, selain kinclong jg buat tunggangan agan pada jadi lebih hot/ganteng emoticon-Malu (S)

Sejarah dari penggunaan lampu berbasis projector pada kendaraan dimulai dari tahun 1981. Projector headlight pertama dikenalkan oleh Audi, pada saat itu Hella perusahaan asal German juga masih dalam pengembangan teknologi ini. Baru pada tahun 1987 ketika BMW seri 7 lahir menggunakan projector headlight produksi masal pertama kali.

Meski pada awalnya penggunaan lensa projector hanya di aplikasikan pada kendaraan2 roda empat OEM/bawaan pabrik, trend pengaplikasian projector lens pada kendaraan roda 4 ataupun roda 2 yang pada awalnya tidak menggunakan lensa projector mulai merambah. Dikarenakan selain tampilan kendaraan menjadi lebih gagah, cahaya yang dihasilkan juga menjadi lebih lebar dan jauh jangkauan nya.


Pengaplikasian lensa Projector itu sendiri tidak lain dan tidak bukan hanyalah sebagai rumah bagi lampu atau bohlam HID itu sendiri. Sama seperti fungsi Reflektor sebagai rumah lampu standart dan pemancar cahaya dari bohlam lampu. Bedanya dengan rumah lensa Projector, cahaya lampu akan dikurung dalam rumah lampu & hanya dipancarkan lewat lensa Projector tersebut u/ memfokuskan cahaya yg dihasilkan lampu HID.

Contoh Lens Projector
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA


Dalam pengaplikasiannya, untuk mempermanis tampilan lensa projector bisa ditambah dengan shroud untuk penempatan Angel Eyes/sejenis lampu neon melingkar disekeliling lensa projector

SHROUD
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
salah satu jenis shroud jenis gatling gun mini

ANGEL EYES
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

DEMON EYES
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
Perbedaan Angel Eyes dengan Demon Eyes hanya pada pengaplikasiannya, Demon Eyes ialah Angel Eyes yang dipasang dalam lensa Projector sehingga cahayanya berpendar didalam lensa projector

Kondisi Projie setelah dipasang Angel Eyes. AE dalam posisi menyala
Spoiler for Dengan AE tampilan Projie jadi makin ciamik gan:


nah, pemasangan lensa projector ke headlamp disebut retrofit projector.
apa itu retrofit projector? retrofit projector adalah menanamkan sebuah projector kedalam rumah lampu standart. Rumah lampu/Headlamp hanya akan jadi dudukan bagi projector setelah proses retrofit dilakukan.

Contoh headlamp yang sudah di retrofit
Spoiler for headlamp retrofit 1:

Spoiler for headlamp retrofit 2:
Spoiler for headlamp retrofit 3:


Untuk lebih jelasnya tentang retrofit projector, ada trit tetangga sebelah yang membahas mengenai retrofikasi lebih lengkap & jelas nya cekidot di :


Ada beberapa kekurangan dan kelebihan dalam pengaplikasian HID with Projector lens

Keuntungan :

- Mengfokuskan lampu anda agar warna dan terang yang keluar dari lensa projector lebih solid
- Memotong ketinggian lampu, agar pengendara dari lawan arah tidak silau
- Membuat tampilan headlamp menjadi berbeda, karena dapat ditambahkan angel eyes / devil eyes sebagai aksesoris pemanis (optional)
- Menjaga agar rumah lampu dan reflector anda agar tidak rusak / mengelupas / leleh karena penggunaan lampu yang panas (dipengaruhi jg dengan besar watt HID yg agan pilih)
- Menjaga panas dari lampu anda agar tetap di dalam projector saja, tidak mengenai reflector / rumah lampu



Kekurangan :

- Rumah lampu/Headlamp reflektor harus sedikit dimodifikasi, jadi agan2 yang mau pasang harus sedikit rela Headlamp nya dibongkar & sedikit dibobok agar rumah lensa Projie bisa dimasukkan dalam headlamp. (Ada beberapa jenis projie yang plug & play bisa langsung pasang tanpa harus melakukan pembobokan headlamp).
- Jika pengerjaan kurang rapih saat pengeleman kembali reflektor dengan rumah headlamp/mika, ada kemungkinan timbulnya embun air dalam headlamp saat hujan deras mengguyur tunggangan agan. emoticon-Cape d... (S)
- Jumlah kabel yang berseliweran didalam tunggangan agan akan semakin banyak, jika tidak dimanage dengan rapih dan benar terasa agak cukup mengganggu.
- Harga yang cukup lumayan, untuk paketan satu projector termasuk lensa, Shroud, neon Angel Eyes, Demon Eyes, inverter, ballast agan harus merogoh kocek 600 ribu rupiah/ bisa lebih dari itu. Belum termasuk ongkos pasang & mengubah arus kelistrikan motor "bagi yang masih arus ac seperti motor bebek" menjadi Fullwave.
- Tunggangan yang menggunakan Headlamp hasil retrofit lensa Projector, biasanya jadi pusat perhatian dijalanan gan emoticon-Malu (S) . Maklum selain terang, tunggangan jadi terlihat ganteng & beda sendiri. Ane masukin jadi kekurangan, karena jadi ga enak sendiri lagi konsen bawa kendaraan dilirik2 sama rider laen emoticon-Malu (S)
- Karena belum banyak tunggangan yang menggunakan lensa projector, kecuali motor2 keluaran tertentu "pulsar type tertentu" & mobil2 modern keluaran baru, untuk survei ketahanan/daya tahan umur pakai HID dengan lensa Projector ini masih dipertanyakan. Survei dari teman2 ane yang pakai HID with projie sejak pasang hingga sekarang yang terlama bertahan sampai 2 tahun "pemasangan 2011 awal dan masih berfungsi baik hingga sekarang". Tapi ada juga yang hanya berumur 1 bulan berhenti berfungsi karena aki tekor/ jalur pengisian spull tidak ikut dimodif u/ meningkatkan pengisian aki. u/ keawetan kembali lagi pada penggunaan
emoticon-Malu (S)

perbandingan sinarnya dibandingin HID biasa & yg sudah mengaplikasikan lensa Projector

HID biasa langsung
Spoiler for Dengan Reflektor Sutandar:


Spoiler for Saat dijalan:


HID dengan lensa Projie
Low Beam
Spoiler for Cahaya Terlihat seperti terpotong:

High Beam
Spoiler for Jarak Sorot Lampu melebar & semakin Jauh:


nah beda kan kinclong, cahaya lebih fokus, melebar kesamping jadi jarak yang dicapai cahaya lebih luas, ga terlalu tinggi terutama dibagian kanan agak rendah karena ada sistem cut off jadinya ga silau dari lawan arah gan. emoticon-Cool


MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

Note : Tetap bijaksana dalam menggunakan lampu jauh High Beam, karena dalam kondisi bohlam standar pun tetap menyilaukan pengendara lain dari arah berlawanan jika qta semena2 dalam menggunakan lampu jauh.
Gunakan lampu jauh saat situasi gelap gulita yg memang membutuhkan penerangan extra jauh kedepan.
emoticon-I Love Indonesia (S)


Nah kenapa kalau kita menggunakan HID with Projector cahaya nya tetap terang, tapi tidak menyilaukan?!

karena didalam projector itu ada komponen yang berfungsi sebagai shield yang mengurangi cahaya berlebih yang dapat menyilaukan pengendara dari arah berlawanan (cahaya polutan) terletak di tengah bagian projie bersama dengan solenoid (lihat skema).
juga di gunakan untuk keperluan lampu jauh / high beam
setiap projector mempunyai bentuk shield dan karakter cut off tersendiri
juga terbagi dalam RHD (Right Hand Drive) dan LHD (Left Hand Drive) format yang disesuaikan dengan posisi kemudi dimasing2 negara. Negara kita RHD mangkanya format cut off pemotongan cahaya oleh shield dalam lens Projectornya disebelah kanan lebih rendah, agar lawan arah terutama yg dari sebelah kanan "umum lawan arah diindonesia" tidak merasa silau


MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

Nah kalau selenoid yg ane singgung2 diatas buat mengatur pencahayaan nya gan
Solenoid
sebuah rangkaian elektronik yang di dalamnya terdapat kumparan
dan kumparan ini akan bekerja dengan cara "membuka gerbang shield" sehingga cahaya yang tadinya terhalang oleh shield akan terbebas keluar tanpa ada halangan


MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

berikut ada sedikit tips bagi yang sudah mengaplikasikan Hid with lensa projie pada tunggangannya :

1. Pemasangan HID beserta aksesories Angel eyes, Demon Eyes membutuhkan arus listrik DC yg stabil. Selain kelistrikan sudah harus dirubah menjadi fullwave "untuk motor2 bebek" jumlah kabel seperti ballast, wirring kabel set pasti akan membuat jumlah kabel didalam motor agan berseliweran. Tata serapih mungkin yang agan bisa, dan pastikan bagian sambungan2 kabel2 tersebut dilindungi plester karet. Fungsinya agar tetap aman meski tunggangan tersiram hujan deras

2. Hidupkan lampu HID, AE, DE setelah motor menyalah, agar ketika komponen Projie mulai menarik listrik aki dalam keadaan mengisi sembari dlm keadaan idle mesin. Listrik keluar masuk

3. Bijaksanalah dalam menggunakan lampu jauh, karena dalam kondisi lampu standarpun pemakaian lampu jauh yang tidak tepat bisa membuat pengemudi lawan arah merasa kesilauan.

4. Jika tidak terlalu perlu "terutama disiang hari" gunakan lampu senja (Angel Eyes & Demon Eyes) jangan menyalahkan lampu utama HID nya. Rasanya cukup untuk memberikan tanda lampu qta menyalah disiang hari dengan AE & DE dlm posisi on. Hal ini untuk menghemat listrik aki, namun bukan berarti tidak boleh dinyalahkan sama sekali. sebenarnya selama arus kelistrikan sudah diganti ke fullwave dinyalahkan sianghari pun aman2 saja tidak akan membuat aki tekor.


MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA


Reverensi Om Google emoticon-Cool

Yang mungkin lebih tau mohon ditambahkan ya gan/dikoreksi kalau ada tulisan ane yang salah... emoticon-Malu (S)

Bantu Rate ya gan biar yg laen jg ikutan baca & comment
emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star

ane jg mohon masukan agan2 semua ye>>> emoticon-Matabelo

kalau ada yang ngasih emoticon-Cendol (S) ane emoticon-Najis (S) gan, ane ga suka emoticon-Cendol (S) soalnye emoticon-Malu (S) , yg penting trit ane ada yang komeng ane dah seneng gan emoticon-Malu (S) . Daripada cuman numpang lewat, tapi komeng juga kaga emoticon-Mad (S)
Apalagi yg cuman dateng numpang copas di "blog" nya tapi setengah2 ga semua di copas. Informasi yg diberikan malah jadi makin ngaco emoticon-Cape d... (S)

Cool 
PILIH BESARAN KELVIN HID DENGAN BIJAK

Lampu HID memiliki beberapa Color Temperature (CT) yaitu warna yang terlihat pada sumber cahaya (headlamp) oleh mata kita, diukur dalam standard ukuran Kelvin (K).

MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

perlu diperhatikan semakin besar angka Kelvin lampu HID maka otomatis semakin panas suhu yang dihasilkan... sehingga beresiko membuat reflektor meleleh, retak ataupun pecah...

kebanyakan orang sering berpendapat kalau derajat kelvinnya tinggi (mis 10000K atau 12700K) maka akan semakin bagus... padahal belum tentu juga, malah kebanyakan bikin reflektor meleleh, apalagi jika mobil tersebut aslinya tidak di desain menggunakan lampu HID (aslinya cuman pake halogen) ini karena kekuatan material reflektor lampunya tidak sama dengan reflektor mobil yang aslinya spek HID..

untuk kenyamanan dan keamanan, sebaiknya jangan lebih dari CT 4000-5400K... perlu diketahui kalau di luar negeri penggunaan HID 10000K atau 12700K biasanya hanya untuk kebutuhan kontes atau show, bukan untuk harian...

lampu HID yang baik yang tembus hujan
Mata manusia melihat warna dengan temperatur rendah misalnya 2.400°K sebagai warna merah. Sedangkan cahaya yang temperaturnya tinggi seperti 10.000°K diterjemahkan menjadi warna ungu. Nah lampu HID yang diproduksi umumnya bermain pada temperatur diantara 2.400°K hingga 10.000°K.

Berikut ini skema perbandingan antara temperatur dan warna cahaya:
1.500°K - Cahaya Lilin
2.680°K - Lampu halogen 40watt
3.000°K - Lampu halogen 200watt
3.200°K - matahari terbit/terbenam
3.500-4.300°K - Rata HID Superwhite
5.500°K - Siang hari
6.000°K-7.500°K - Siang hari yang cerah
8.000°K-9.000°K - Siang hari dengan awan kebiru-biruan
10.000°K - 12.000°K - Ungu


MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA
MANFAAT LENSA PROJECTOR U/ BOHLAM HID PADA KENDARAAN BERMOTOR & CARA MERAWATNYA

Aplikasi Lampu berdasarkan Temperaturnya
Cahaya bertemperatur rendah sering digunakan dalam setingan foto studio untuk memberikan kesan hangat. Sebaliknya temperatur tinggi digunakan untuk menangkap sebanyak-banyaknya detail pada objek foto (pada batasan temperatur tertentu). Jadi pada dasarnya temperatur rendah menghasilkan cahaya hangat dan temperatur tinggi menghasilkan cahaya yang lebih cool alias sejuk.

Ada Kelvin ada Lumens : Bisa tembus kabut dan hujan?
Satu catatan penting bahwa selain diukur dengan temperatur, cahaya juga diukur dengan intensitas dalam satuan Lumens. Bila temperatur menentukan warna maka intensitas menentukan kekuatan pancar dan daya tembus cahaya. Kelvin dan Lumens selalu berbanding terbalik; semakin tinggi temperatur maka intensitasnya menurun. Semakin rendah intensitas akan mengurangi kemampuan cahaya untuk menembus halangan, misalnya kabut dan hujan.

Cahaya dengan tingkat Lumens lebih rendah akan "tertutup" oleh cahaya dengan Lumens yang lebih tinggi.

- 3000k : berwarna kuning, 1500-2000 lumens. Agak kurang nyaman dimata & lebih sering digunakan untuk foglamp, Tapi memiliki visibilitas sangat baik saat kondisi kabut ataupun hujan.
- 4300k : berwarna putih, dengan sedikit warna kuning. 3200 lumens. Hid dengan kelvin ini yg biasa jadi lampu OEM. Warna putih dan sedikit warna kuning cukup nyaman dimata & mempunyai visibilitas yg cukup baik saat kondisi hujan atau berkabut.
- 6000k : berwarna paling putih, dengan binar biru sedikit. 2800 lumens. Terangnya cukup memanjakan mata & lumayan stylis, tapi untuk nembus hujan atau kabut masih kalah dibanding 4300k. Pengalaman pake motor temen ane, cahaya yg keluar nyaris tak terlihat saat kondisi hujan atau setelahnya (samar2 tapi masih kentara).
- 8000k: berwarna biru halus dengan binar putih sedikit. 2500 lumens. Warna yg sangat enak dilihat, tapi malah cukup menyusahkan saat ujan atau kabut
- 10.000k : berwarna biru terang. 2200 lumens. Tergolong terang, dengan warna biru, visibility jadi kurang baik
- 12.000k: berwarna violet/ungu, 2100 lumens. Tidak direkomendasikan untuk pemakaian harian.Lebih sering digunakan u/ pameran atau fashion karena warnanya yg nyentrik & terlihat bagus.


Ballast datang membantu
Kini hadir yang namanya Ballast dalam pembicaraan kita. Ballast berfungsi untuk menstabilkan arus listrik sehingga cahaya HID lebih stabil dan bohlamnya juga lebih awet. Namun, sedikit yang menyadari bahwa Ballast juga ternyata memiliki fungsi selain kelistrikan. HID yang sudah menggunakan teknologi electronic Ballast lebih unggul dibanding yang tanpa Ballast. Selain lebih stabil dan awet, ternyata Ballast juga membantu menengahi trade-off antara Kelvin dan Lumens. Jadi, peningkatan Kelvin pada HID yang memiliki Ballast tidak menjatuhkan Lumens terlalu banyak. Namun tetap saja jatuh... Tapi buat anda yang suka warna temperatur tinggi, ber-Ballast adalah wajib.

Kesimpulannya, bila anda menginginkan headlight berwarna putih maka pilihlah HID dengan temperatur 6.000°K. Bila ingin sedikit kebiru-biruan yang tetap enak dilihat pilih sekitar 8.000°K. Namun bila anda ingin tingkat kenyamanan yang paling baik untuk driving experience anda, silahkan pilih antara 4.000°K - 4.300°K.


Reverensi bro Google emoticon-Cool

Breaking News! 
TUTORIAL SINGKAT RETROFIT PROJIE LENS ke HEADLAMP MOTOR

Without Picture, Imagine The Process Inside Your Head emoticon-Malu (S)

MATERIALS :

JEROAN UTAMA
- 1 atau 2 unit HID projector kelvin bebas kalo bisa dibawah 6000k agar tidak terlalu panas. Watt bebas sesuaikan dengan ballast yang akan digunakan. Bulb 35 watt ballast 35 watt/bisa juga bulb 35 watt ballast 55 watt (tidak berlaku kebalikannya).
- Yang dijadikan objek percobaan projector mini h1, karena setelah melakukan beberapa experiment dengan beberapa projie oem, projie ini (walaupun bukan oem) mempunyai beam pattern yang cukup baik! Bersih dan tebal. Serta mempunyai dimensi yang sangat kecil dan sangat bersahabat dengan reflector roda dua yang kecil (muat disebagian besar headlamp motor).
- Headlamp motor yang akan diretrofit. emoticon-army

TOOLS
1. SAFETY KIT!
- Kacamata pelindung! bisa dengan mudah kita dapatkan di giant/hypermart/carefour/mini super/mini market atau toko kacamata terdekat dirumah anda. emoticon-Big Grin
- Masker! emoticon-doctor Berfungsi waktu proses potong memotong, agar serpihan potongan reflektor atau benda lain yg dipotong tidak terhirup & bersarang dalam paru2 agan. emoticon-Takut (S)
- Sarung Tangan! Berfungsi sewaktu memisahkan mika dengan reflektor with heatgun, rumah lampu jadi "panas" soalnya. emoticon-Genit

2. Heat Gun
- ini tool paling penting dalam retrofit untuk membuka reflector. Kalo untuk user yang melakukan retrofit sesekali (bukan buat kerja sampingan), lebih baik beli heat gun yang murah/minjem. Heatgun lho gan, bukan gun biasa emoticon-army

3. Rotary Tool
- ini juga tool yang penting untuk mempermudah pekerjaan retrofit, dikenal juga dengan nama “mini grinda” karena memang fungsinya sebagai grinda dengan ukuran yang kecil.

4. 2 Unit Obeng minus berukuran besar

5. Beberapa set lem epoxy hitam

6. Lem epoxy clear

7. Cat semprot (pilox) kalau bisa yang Hi temp yang kuat terhadap panas

8. Shroud atau bisa juga dengan seng tipis yang biasa digunakan untuk menutupi pagar (nb : jangan yg sudah berkarat ya!!!) emoticon-Big Grin

Langkah-langkah retrofiting......
1. REFLECTOR PREPARATION
Cabut rumah lampu reflektor dari headlamp motor kita. Beda merek dan jenis motor juga mempunyai cara yang unik untuk mencabut reflektornya, silahkan cekidot sendiri motor agan.
Kalau kita masih mempunya budget lebih untuk proses retrofit motor, gak ada salahnya kita membeli reflector original yang baru dikarenakan harga reflector motor yang relatif lebih murah, dan juga, selama proses berlangsung, kita bisa tetap menggunakan motor untuk kegiatan sehari-hari. Reflector cadangan yg akan di utak atik untuk retrofit, tapi kalau dana terbatas gunakan saja apa yang ada.

2. Perhatikan di sekliling rumah lampu, apakah ada pengait mika / baut yang harus dilepas terlebih dahulu sebelum membuka mika reflector, umumnya pengait mika pada reflector lampu menjadi satu dengan rumah lampunya. Gunakan heatgun untuk memanasi pengait mika depan ini. Tembakkan hawa panas heatgun dengan sangat hati-hati! jika terlihat pengait sudah mulai melunak, langsung gunakan obeng minus kecil untuk membuka / melengkukan pengait, agar nanti mika bisa melepaskan diri dari rumah lampu dengan mudah.

3. Kalau sudah yakin tidak ada lagi penghambat mika untuk memisahkan diri dengan rumah lampu, kita bisa mulai menggunakan heatgun untuk melunakkan lem pelekat mika dan rumah lampu. Pabrikan menggunakan lem yang menempelkan sekaligus sebagai sealant mika reflektor. Lem tersebut ternyata tidak tahan panas…, dan bila dipanaskan sampai lebih dari +-100 derajat, lemnya akan melunak kembali. Tembakkan heatgun pada sekeliling mika dengan perlahan sampai panasnya merata. Jika rumah lampu sudah cukup panas, sekarang gunakan obeng minus yang besar dengan bantuan beberapa temannya untuk mencongkel mica dari rumah lampu…, AWAS! Ada kemungkinan rumah lampu / mika ikut-ikutan lembek, jadi congkel dengan perlahan dan hati-hati. Perhatikan juga sisa lem yang menempel pada pinggiran mika jangan sampai jatuh pada mika, karena membersihkannya butuh perjuangan extra. (PERHATIAN : Jangan mencabut / membersihkan sisa-sisa lem yang ada di ujung sekeliling rumah lampu & mika reflektor! Karena kita akan memerlukannya lagi nanti waktu menutupnya kembali!)
Perlu diperhatikan juga disini bahwa mika dan rumah lampu milik roda dua mempunyai ketahanan dibawah rumah lampu yang dimiliki oleh roda 4. Jadi sewaktu kita menembakkan heatgun disekeliling rumah lampu, jangan sampai angin panasnya hanya fokus terhadap 1 titik dalam waktu lebih dari 10detik! Reflector yang dimiliki oleh roda 2 sangat mudah untuk melunak baik rumah lampu ataupun mikanya. Lebih mudah membuka rumah lampu yang dimiliki oleh motor daripada mobil.

4. Setelah mika terlepas dari rumah lampu, sekarang kita bisa memulai pemotongan reflector agar bisa ditanamkan projector didalamnya. Trik utama dari retrofit sebenarnya hanya memasangkan projector pada reflektor yang ada. Tapi prosesnya itu yang agak sulit. Untuk menggabungkannya kita perlu memotong bagian belakang reflektor agar bisa dimasuki oleh pantat emoticon-Malu (S) projector. Sebelum melakukan pemotongan, tandai dulu bagian yang akan dipotong dengan spidol agar bisa meminimalisasikan kesalahan potong. Sesuaikan dengan besar pantat projector. Lalu gunakan rotary tool dengan acc pemotong untuk membelah bagian blakang reflector dengan perlahan. Jangan memtong reflector langsung besar. Tapi sedikit demi sedikit sambil menyocokkannya dengan projector. Karena sekali reflector sudah terpotong, tidak akan ada jalan balik untuk menyatukkannya kembali.

5. Setelah dirasa letak projector tidak lagi menjadi masalah, cabut kembali projectornya, lalu buat lobang yang sama pada reflector kembaran disampingnya. Ratakan bekas potongan dengan menggunakan amplas pada rotary tool.

6. Untuk menutupi bekas potongan yang kurang nak dipandang, sebaiknya bagian chrome reflector dicat. Untuk cat bisa dipilih warna hitam, karena warna hitam mempunyai sifat menyerap cahaya dan tidak memantulkannya jika ada cahaya dari bohlam HID yang bocor kearah bagian dalam reflektor. Modifikasi HID projector pada reflector (retrofit) tidak seperti projector yang sudah dipasang oleh pabrikan yang memang sudah memperhitungkan dengan matang aliran cahaya yang keluar dari projector. Jadi tetap akan terlihat dari luar sumber cahaya hanya berupa titik kecil tapi bisa menerangi jalan dari ujung ke ujung dengan sangat baik. Rumah lampu pada motor mempunyai ukuran yang sangat mini. Jika keseluruhan berwarna hitam, terlihat kurang bagus. Agar rumah lampu tetap terlihat bagus, tetap pertahankan sedikit chrome dibagian luar yaitu pada bagian tengah dan ujung di kedua sisi kanan dan kiri (optional).

7. Potong-memotong telah selesai, sekarang kita kembali ke projectornya. Tipe projector MH1 mempunyai ciri khas body yang sama seperti projector milik BMW yang tidak tertutup semuanya. Jadi agak terlihat kurang bagus jika dipasang apa adanya. Sementara bila kita ingin menggunakan "shroud" untuk menutupi aliran cahaya yang tidak diinginkan, luasnya reflector dijamin kurang bersahabat. Untuk itu bisa dicoba untuk mengakalinya dengan menggunakan seng tipis yang biasa digunakan untuk menutupi pagar (opsi saja). Gunting seng seukuran dengan lobang disekeliling projector, dan lem menggunakan lem epoxy hitam. Lalu cat seng berwarna hitam kembali agar mempunyai warna yang sama dengan reflector.

8. Gabungkan projector kedalam reflector dengan memasukkan kepala projector (lensa) memlalui pantat reflector, lalu lem dengan lem epoxy 5 minutes berwarna hitam di sekeliling bowl projector dan pantat reflector. Tapi lem sedikit dulu saja. Lem hanya bagian ujung saja, dan hanya sekadar pegangan sementara pada reflector. Karena kita harus memastikan beam pattern yang dihasilkan rapih.

9. Pasangkan kembali rumah lampu yang baru setengah jadi ini pada motor tanpa memasang mica, rakit perkabelannya, dan coba nyalakan hidnya. Untuk mengatur beam pattern retrofit di reflector motor dibutuhkan usaha yang sedikit lebih banyak daripada retrofit projector pada reflector mobil. Karena pada umumnya, reflector di motor hanya bisa di adjust vertical naik dan turun. Tidak bia diadjust untuk bergerak horizontal kekanan dan kekiri. Nah jadi kita sudah harus menadjust beam pattern horizontal sebelum projector di lem pasti pada reflector. Caranya dengan mencari tembok rata, lalu standar dua motor kita menghadap dinding tersebut sejauh 10m-15m. nyalakan hid projectornya, atur letak projector dan pastikan garis cut off beam pattern rata dari kanan ke tengah, lalu naik sedikit dan kembali rata dari tengah kekiri. Bilamana motor kita menggunakan 2 unit projector, pastikan juga cut off beam pattern projector kanan dan kiri segaris.setelah dirasa hasil beam pattern cukup baik, perkuat lem epoxy pada projector dan reflector langsung TANPA melepas rumah lampu dari motor terlebihdahulu.
tunggu sekitar stengah jam sampai lem epoxy benar-benar kering, lalu coba bawa jalan motor keliling kompleks untuk memastikan hasil beam pattern sesuai dengan keinginan kita. Bilamanan cut off terlalu tinggi atau terlalu rendah, kita bisa mengaturnya melalui baut dibagian bawah reflector.

10. Jika dirasa hasil beam pattern sudah memuaskan, lepas kembali rumah lampu untuk finishing.
Perkuat kembaliu lem epoxy pada sekeliling bowl projector dan pantat reflector. Pastikan projector kokoh didalam rumah lampu. Lalu gunakan sealant silicon antipanas berwarna hitam pada daerah yang masih berlubang dibagian belakang reflector agar air tidak bisa masuk kedalam bagian rumah lampu atau projector.

Tambahkan angel eyes bila diinginkan untuk menambah kesan macho pada projector (optional hanya u/ mempermanis tampilan).
Sebelum memasang mika kembali pada rumah lampu, bersihkan dulu lensa projector dan mika bagian dalam, pastikan tidak ada setitik kotoranpun emoticon-Tai , lalu pasangkan mika dengan cara kebalikan dari pelepasannya.Tembakkan heatgun disekeliling rumah lampu untuk kembali melunakkan lem bawaan pabrikan sambil dibantu tekan dengan tangan pada sekeliling mika dan rumah reflector. Jangan lupa untuk meratakan penjepit mika di rumah lampu yang kita bengkokan pada saat pembukaan mika kembali menggunakan heatgun dan batuan obeng minus.

11. Apabila kita tidak yakin akan kerapatan reflector dengan mika, kita boleh menggunakan sealent disekeliling mika untuk lebih memastikan tidak akan ada air yang bisa menyelinap kedalam rumah lampu agar tidak mengembun dikemudian hari


Spoiler for Instalasi Kabel Set HID/Projector:

KOPIPAHIT Dari WWW.MODIFIKASI.COM emoticon-Cool
KASKUS Ads

Smile 
MINI GALERRY HEADLAMP MOTOR RETROFIT

Spoiler for 1:

Spoiler for 2:

Spoiler for 3:

Spoiler for 4:

Spoiler for 5:

Spoiler for 6:

Spoiler for 7:

Spoiler for 8:

Spoiler for 9:

Spoiler for 10:

Spoiler for 11:

emoticon-Malu (S) betmen
comot dari om Google emoticon-Cool

Video & Image 

Spoiler for RESERVED:




RESERVED
image-url-apps
perlu d praktekin ni
image-url-apps
wahh nice share gan,tpi ane suka sebel sama orang yg lampu belakang nya pake mika warna putih,bikin silau banget emoticon-Cape d...
Quote:



Kalau dana nye ada ane juga mau masang gan emoticon-Ngakak

tapi ngeliat temen2 ane yg make, emoticon-Ngakak
slaen tampilan lebih kinclong emang jadi ga terlampau nyilauin mata gan emoticon-2 Jempol
Quote:


Mika nya pakek mika standar sajah gan kagak diganti2, sebenernye nih ye, buat lampu oem dri pabrik juga sialau kalau dibilang mah, misalnye nih lampu jauh eh dipake buat liwat kampung ya silau jg emoticon-Cool

smuanye tergantung pemakaian, yg pling penting ati2 make lampu jauh mau bohlam biasa, ato HID jg.. emoticon-Malu (S)

bantu rate dun gan emoticon-Malu (S)
harganya berapaan tuh gan? ane baru tau
image-url-apps
lampu ane msh pakai yg warna orange gan, mau ganti yg HID.
bookmark dulu buat referensi. emoticon-Big Grin
Quote:


makasih infonya gan
mending pake HID gan emoticon-Recommended Seller
Quote:


Buat harga berparisasi gan, mulai harga 500 ribu sampai 1 jeti sis emoticon-Kiss (S)

kalau u/ masangnye pullwave biasanye ongkos bengkel 200 ribu smp 275 ribu sis

emoticon-Matabelo nabung dikit2 ah
Quote:


emoticon-Malu (S) silau lho gan sis kalau make hid doangan emoticon-Cool

image-url-apps
Keren gan info nya, ane msih survey buat projector yang bagus n awet nih gan g mau asal beliemoticon-Sundul Upemoticon-Ngakak bantu sundul deh penting soalnya.. moga jadi HT
image-url-apps
enakan pakek lampu standart gan emoticon-Cool
nice share gan emoticon-Angkat Beer



2855000
thread bagus nih...
tapi untuk penggunaan projie masih bingung bagusnya projie yang merek apa sama lampu hid yang bagus untuk penggunaan projie.. emoticon-Bingung
ane liat dmana2 projie itu pasanganx hid. apakah memang projie hrus pake hid? ada gak projie yg memang untuk lampu halogen? yg soketx M5 (standart matic ato bebek) biar g usah bli hid lg n ganti kelistrikan?? ada gak?