alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51ab5e893f42b2a732000006/ternyata-mengemudi-dengan-memakai-handsfree-lebih-berbahaya-lho
Thumbs up 
Ternyata Mengemudi Dengan Memakai Handsfree Lebih Berbahaya Lho..
Ternyata Mengemudi Dengan Memakai Handsfree Lebih Berbahaya Lho..

Selama ini terjadi salah kaprah bahwa penggunaan perangkat handsfree memungkinkan pengendara untuk tetap dapat berkomunikasi sambil menyetir. Hal ini biasa dilakukan untuk menghindari larangan pemerintah menggunakan ponsel saat menyetir kendaraan.

Namun, sebuah studi di Kanada menemukan bahwa mengemudi dengan menggunakan perangkat handsfree secara signifikan lebih berpotensi bahaya dari pengemudi yang tidak melakukan pembicaraaan via telepon sama sekali. Ini menunjukkan bahwa penggunaan hands-free sama berbahayanya. Semula, pengemudi berpikir bahwa menggunakan perangkat hands-free secara signifikan mengurangi risiko kesalahan, bila dibandingkan dengan memegang telepon ke telinga.


“Penggunaan handsfree justru membuat pengemudi melakukan kesalahan, seperti melintasi garis tengah, mengebut, atau mengubah jalur tanpa menyalakan lampu penanda,” tulis Daily Mail, Selasa, 28 Mei 2013. Sebuah studi yang dipimpin oleh Profesor Yagesh Bhambhani, dari Universitas Alberta di Kanada, menunjukkan lonjakan kesalahan juga berhubungan dengan lonjakan detak jantung dan aktivitas otak.

Para peneliti melihat aktivitas otak dari 26 peserta yang menyelesaikan kursus mengemudi menggunakan simulator mengemudi. Peserta pertama diuji dalam kondisi 'kontrol' - menggunakan simulator mengemudi melalui jalan-jalan kota virtual saat tidak menggunakan perangkat telekomunikasi. Lalu, mereka diuji lagi sambil berbicara di perangkat hands-free.Peneliti menemukan ada peningkatan yang signifikan dalam aktivitas otak saat berbicara pada perangkat handsfree dibandingkan dengan kondisi kontrol.


Prof Bhambhani mengatakan, "Temuan juga menunjukkan bahwa aliran darah ke otak meningkat secara signifikan selama telekomunikasi handsfree. Sebab neuron dalam otak membutuhkan oksigen yang lebih banyak. ”Masihkah Anda berani membahayakan diri dan pengguna jalan lain dengan handsfree?

SUMBER
×