alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a8ec418027cf3624000002/alami-gangguan-tidur-makan-pisang-saja
Alami Gangguan Tidur? Makan Pisang Saja
Quote:
Spoiler for no repost:
Quote:Alami Gangguan Tidur? Makan Pisang Saja
INSOMNIA atau sulit tidur di malam hari banyak dialami orang. Untuk menghindari gangguan tersebut, cerdas mengatur porsi dan waktu makan jadi kuncinya.

Anda sulit tidur di malam hari atau tidak bisa merasakan tidur yang berkualitas? Mungkin salah satu penyebabnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lalu bagaimana sebaiknya agar tidak susah tidur, berikut yang bisa Anda lakukan.

Makan dalam porsi kecil dan sering

Memiliki sesuatu yang bergizi setiap beberapa jam membantu tubuh dan otak menjaga keseimbangan yang tepat dari hormon dan neurotransmiter, daripada makan besar. Sementara itu, jika pergi tidur dengan perut lapar, kebutuhan biologis tubuh Anda akan mengirimkan sinyal untuk membuat Anda terjaga. Jadi, camilan kecil pun lebih baik daripada tidak.

Makan lebih awal

Mengonsumsi makanan besar dapat meningkatkan aliran darah ke saluran pencernaan Anda sehingga menyebabkan perut untuk mengeluarkan lebih banyak asam lambung dan membuat otot-otot usus bekerja lebih keras. Selain itu, hindari makan malam tiga jam sebelum tidur karena hal ini akan mengoptimalkan gula darah dan tingkat melatonin.

Beberapa penelitian bahkan menunjukkan makan terlalu dekat dengan waktu tidur atau sangat larut malam, mungkin membawa tubuh Anda ke dalam kebingungan dan menyebabkan makan berlebihan serta kenaikan berat badan.

Pilih pisang

Pisang adalah buah yang dikemas dengan kalium dan magnesium, serta nutrisi ganda sebagai relaksan otot yang alami. Selain itu, pisang mengandung asam amino triptofan yang menginduksi tidur yang akhirnya berubah menjadi serotonin dan melatonin di otak. Serotonin adalah bahan kimia alami yang menghadirkan relaksasi, sedangkan melatonin adalah hormon yang menghadirkan kantuk.

Makan malam kaya karbohidrat

Sebuah penelitian terbaru di University of Sydney, Australia, menemukan bahwa orang yang makan nasi sebelum tidur akan tertidur lebih cepat daripada mereka yang tidak makan. Contoh berasnya adalah beras kaya gula yang meningkatkan produksi triptofan, yaitu asam amino yang membuat Anda mengantuk. Selain itu, roti, pasta dan sereal dapat memiliki efek yang sama. (ind) (tty)


source