alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a87cbd532acfc852000006/tipu-tipu-kpr-bunga-murah-nasabah-shock-cicilan-kpr-tiba-tiba-naik-rp-1-juta
Tipu-tipu KPR Bunga Murah,, Nasabah Shock! Cicilan KPR Tiba-tiba Naik Rp 1 Juta
Seperti dilaporkan oleh Herdaru Purnomo melalui detikfinance (detik..com)
Jumat, 31/05/2013 11:56 WIB

Jakarta - Industri perbankan kian gencar mengucurkan kredit di sektor properti. Pasalnya, permintaan terhadap rumah di Indonesia masih sangat tinggi. Namun di sisi lain, nasabah tetap dihantui oleh tingginya bunga kredit.

Jika sudah bicara urusan rumah apalagi sudah terlanjur menyicil, akhirnya mau tidak mau nasabah akan membayarnya, berapapun itu!

Doni Syahputra (38), nasabah sebuah bank plat merah bercerita kepada detikFinance, Jumat (31/5/2013), tentang skema KPR yang membuatnya kaget.

"Saya KPR di bank punya pemerintah. Waktu itu dikasih bunga sebesar 9,9% fixed selama 1 tahun," tutur Doni.

Ketika itu, Doni bercerita plafon yang diberikan bank sebesar Rp 250 juta selama 15 tahun lebih. Akhirnya, sambung Doni dalam hitung-hitungannya bank, dirinya mendapat cicilan Rp 2.300.000 per bulannya selama setahun.

"Karena cicilannya murah, ya akhirnya saya ambil itu promo waktu itu diberikan sampai 9,9%. Memang waktu itu bank memberikan bunga agak mahal ngga seperti sekarang. Tapi tetap saja waktu itu 9,9% murah dan yang lain bank itu sampai 12%," paparnya.

"Tapi sayangnya cicilan rumah murah itu cuma 1 tahun yang memang saya sadar bahwa selebihnya ikut bunga pasar kata bank. Tahun kedua, saya dikenakan bunga sampai 12% hingga cicilan mencapai Rp 3 jutaan. Nah ditahun selanjutnya lebih dari Rp 3,5 juta cicilannya naik sejuta deh cicilannya," jelas Doni.

Ia meminta kepada nasabah lain agar cermat dalam memilih dan menghitung suku bunga yang ditawarkan bank. "Jangan sampai memberatkan kita ke depannya. Karena kalau sudah begini kan mau nggak mau deh harus bayar. Apalagi soal rumah," tuturnya.

Nasabah lain seperti Eko Budi (40) bercerita kisah yang sama dengan Doni. Bunganya yang didapatkan dari promo KPR 9% juga mendadak menjadi 13%. "Pemberitahuan cuma lewat SMS tiba-tiba bunga jadi 13%. Jadi cicilan saya naik hampir Rp 800 ribu tahun berikutnya. Duh saya shock," terangnya.

harus waspada .. emoticon-Embarrassment
jebakan betmen tuh juragan
Parah amat tuh bank.
itu sama aja menjebak nasabah....
yang namanya nyicil ya harus jelas lah, klo perbulannya sekian ya sampe lunas harus tetep sekian. masa tiap tahun naik...

emoticon-Cape d...
itulah knpa ane sampe sekarang takut kredit rumah , banyak akal bulus nya .
harus jeli ternyata...
baru baca inpoh kayak gini
kyknya kmrn ada thread tentang kpr
karena hanya dijanjikan hanya setahun
jadi lah hanya di tahun pertama

selanjutnya adalah mengikuti bunga persenan nya si bank tersebut

nice info
ane baru tau kalo ada gituan
Waspadalah!! Waspadalah!!
jadi takut nih mau mengajukan KPR
PHP emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By riecurl
Parah amat tuh bank.
itu sama aja menjebak nasabah....
yang namanya nyicil ya harus jelas lah, klo perbulannya sekian ya sampe lunas harus tetep sekian. masa tiap tahun naik...

emoticon-Cape d...


ehm
ane sih pernah ngobrol sm temen ane yg org bank
mmg untuk tenor itu ada perubahan nantinya gan
dan udh ada pemberitahuan sblm nya
cuma
kadang kalo orang awam kaya ane jg bikin ribet ngitung nya
jadi binggung kalau mau ngambil KPR emoticon-Bingung (S)

plat merah atau swasta jangan-jangan sama
Namanya juga bank, mereka sama aja kaya rentenir yang udah dilegalisir
Makasih Infonya Gan

Spoiler for Masih jaman main poker 1 meja? Kapan kayanya Gan :D:

wah ahrus hati2 nih yg main KPR emoticon-Matabelo
Memang benar ada sistem yg seperti itu gan di dunia perbankan.
Ane kasih contoh ya misalnya agan ngambil KPR dgn suku bunga fix and cap selama 10 tahun dgn suku bunga fix 9% ditahun 1-3 kemudian suku bunga cap 13% tahun ke 4-5.

Pengertian fix disini adalah, selama tahun 1-3 suku bunganya tetap diangka 9%. Kemudian makna dari suku bunga cap adalah apabila suku bunga floating saat itu ada dibawah 13% maka bunga akan mengikuti suku bunga floating, namun apabila suku bunga floating saat itu lebih dr 13% maka suku bunga yg dikenakan ke agan ttp diangka 13%.

Jadi cicilan agan misalnya 500rb di tahun 1-3 akan berubah di tahun ke 4-5 dimana cicilannya akan mengikuti suku bunga di angka 13% tsb.

Kalau misalnya td agan ngambil tenor yg 10 tahun dgn fix & cap, di tahun ke 5-10 itu agan biasanya akan mengikuti suku bunga floating. Suku bunga floating itu sndr artinya suku bunga yg berlaku pada saat itu. Bisa dibawah 13%, sama, atau bahkan lebih dari 13%.

Gak heran klo masyarakat suka ngeluhin masalah biaya cicilan, karena mereka sendiri ga baca perjanjian kontraknya (PK).

Yg ane jelasin diatas itu cuma cth aja ya gan, bukan suku bunga yg berlaku saat ini.

Saran ane,
Apabila agan membeli sesuatu dgn cara kredit, baik rumah, kendaraan, dll perlu cermati PK sebelum ditandatangani ya gan sist.





-EZZON-
Quote:Original Posted By EZZON
Memang benar ada sistem yg seperti itu gan di dunia perbankan.
Ane kasih contoh ya misalnya agan ngambil KPR dgn suku bunga fix and cap selama 10 tahun dgn suku bunga fix 9% ditahun 1-3 kemudian suku bunga cap 13% tahun ke 4-5.

Pengertian fix disini adalah, selama tahun 1-3 suku bunganya tetap diangka 9%. Kemudian makna dari suku bunga cap adalah apabila suku bunga floating saat itu ada dibawah 13% maka bunga akan mengikuti suku bunga floating, namun apabila suku bunga floating saat itu lebih dr 13% maka suku bunga yg dikenakan ke agan ttp diangka 13%.

Jadi cicilan agan misalnya 500rb di tahun 1-3 akan berubah di tahun ke 4-5 dimana cicilannya akan mengikuti suku bunga di angka 13% tsb.

Kalau misalnya td agan ngambil tenor yg 10 tahun dgn fix & cap, di tahun ke 5-10 itu agan biasanya akan mengikuti suku bunga floating. Suku bunga floating itu sndr artinya suku bunga yg berlaku pada saat itu. Bisa dibawah 13%, sama, atau bahkan lebih dari 13%.

Gak heran klo masyarakat suka ngeluhin masalah biaya cicilan, karena mereka sendiri ga baca perjanjian kontraknya (PK).

Yg ane jelasin diatas itu cuma cth aja ya gan, bukan suku bunga yg berlaku saat ini.

Saran ane,
Apabila agan membeli sesuatu dgn cara kredit, baik rumah, kendaraan, dll perlu cermati PK sebelum ditandatangani ya gan sist.





-EZZON-

thanks agan Ezzon emoticon-Shakehand2 berguna banget ini infonya emoticon-Big Grin
jadi harus bener2 pelajari tentang suku bunga dan kredit sebelum mengkredit suatu barang emoticon-Big Grin emoticon-Toast
Dunia sekarang musim tipu2 gan,...
Senasib sm ane Gan
ane waktu ambil KPR bunga KPR hanya 7% tapi cuma 2thun
setelah 2 thun suku bunga terus meningkat emoticon-Mad (S)
sekarang ane kena bunga 12%

Mau gimana lagi Gan... nasi sudah jadi bubur.
mau ga mau harus bayar atau rumah disita emoticon-Berduka (S)