alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a808971bcb178849000007/penyakit-epilepsi
Poll: wajib diisi
berapa lama anda menderita penyakit ini 40% (2 votes)
konsumsi obat apa yang anda minum 60% (3 votes)
Smile 
PENYAKIT EPILEPSI
BUKTI NYATA EPILEPSI DAPAT DISEMBUHKAN, SAYALAH BUKTI TERSEBUTPENYAKIT EPILEPSI
LEBIH BAIK BERTANYA, AKAN MENDAPATKAN INFORMASI. WALAUPUN SAYA BUKAN DOKTER TAPI INFORMASI DAPAT DARI SAYA DPAT MEMBANTU ANDA
sedikit cerita kisah nyata
dari umur 5 tahun mulai divonis epilepsi oleh dokter di rumah sakit harapan kita, kejadian tersebut berawal pada tahun 1983. setiap kumat terjadi langsung kejang kejang tapi belum berbusa dari mulut. pengobatan alternatif dari cara kuno sampai yang aneh aneh sudah selalu di lekukan walaupun sejauh kaki melangkah tapi orang tua saya tak kunjung patah semangat. makanan setiap hari untuk kepala saya kalau lagi kumat antara lain, lantai, kursi, meja dan aspal jalan. setiap pergi kesekolah selalu tidak boleh memikirkan hal hal yang setidaknya membuat urat saraf dikepala korslet, jadi dari pihak sekolah baik guru dan kepala sekolah diberitahu masalah penyakit yang saya derita, jadi bilamana ada tugas sekolah yang harus menghadapi panas terik, konsentrasi lumayan tinggi dan olah raga berenang lari, itu saya tidak diperbolehkan mengikutinya,. karena sering terjadi jatuh tanpa sadar bila terlalu kepanasan, terlalu lelah, dan konsentrasi terlalu berat itu pasti langsung kumat epilepsinya. konsumsi obat dari dokter yang setiap hari 3 butirpun tidak berefek terhadap kinerja otak, dan sangat mengganggu aktifitas dalam belajar. obat yang saya minum itu namanya luminal. dari umur 6 tahun saya sudah meminum dosis luminan yang cukup besar yaitu 100gram per hari. setelah saya selidiki ternyata obat itu obat keras dan tidak sembarangan bisa didapat. tapi pada akhirnya saya juga mengambil langkah inisiatif sendiri dengan berexperimen terhadap diri saya sendiri. Saat duduk dibangku SMP dosis saya turunkan sendiri tanpa sepengatahuan dokter dan saya tidak memberitahukannya, dosis yang saya minum hanya 2 butir sehari, pada saat kelas 3 saya kurangi lagi menjadi 1 butir. tapi efek dari itu sangatlah berat dan menyakitkan.
istri saya sekarang ini juga epilepsi baru berjalan 2 tahun,sama dia juga belum mengeluarkan busa,dia pernah di icu -+ 3minggu di SILOAM KEBON JERUK,sampai saat ini dia juga masih suka kejang,kadang berhalusinasi,obat yang dia minum..luminal racikan,zonegran dan presidal untuk cegah halusinasi,sedangkan luminal 30mg tablet dan riklona persiapan kalo istri keseringan kejang,sampai saat ini kepala istri sudah 3x jahit sebanyak 8 jahitan,perjalanan perawatan istri saya sama seperti ortu agan,karna ketidaktahuan saya,tentang penyakit ini..yang mengaku orang pinter udah banyak saya datangi,mereka bilang sama itu adalah santet,ga tau dah duit dah abis berapa,akibat omongan orang yang sok tahu padahal tidak tahu..dan ALHAMDULILLAH,..sekarang saya sudah memahami tentang epilepsi.
yang ingin saya tanyakan adalah
1.apa yang agan rasakan ketika luminal dikurangi dosisnya.
2.apakah agan pernah berhalusinasi (dikasih tau ortu agan)
dan saya juga minta saran lain,yang berkenan dengan pisikologis,diluar pengurangan dosis luminal,buat saya jadikan bahan perawatan.
pengalaman agan mungkin berguna buat saya yang merawat istri,terlebih lagi buat kesembuhan istri saya.
saya tunggu infonya gan...
Quote:Original Posted By s.ione
istri saya sekarang ini juga epilepsi baru berjalan 2 tahun,sama dia juga belum mengeluarkan busa,dia pernah di icu -+ 3minggu di SILOAM KEBON JERUK,sampai saat ini dia juga masih suka kejang,kadang berhalusinasi,obat yang dia minum..luminal racikan,zonegran dan presidal untuk cegah halusinasi,sedangkan luminal 30mg tablet dan riklona persiapan kalo istri keseringan kejang,sampai saat ini kepala istri sudah 3x jahit sebanyak 8 jahitan,perjalanan perawatan istri saya sama seperti ortu agan,karna ketidaktahuan saya,tentang penyakit ini..yang mengaku orang pinter udah banyak saya datangi,mereka bilang sama itu adalah santet,ga tau dah duit dah abis berapa,akibat omongan orang yang sok tahu padahal tidak tahu..dan ALHAMDULILLAH,..sekarang saya sudah memahami tentang epilepsi.
yang ingin saya tanyakan adalah
1.apa yang agan rasakan ketika luminal dikurangi dosisnya.
2.apakah agan pernah berhalusinasi (dikasih tau ortu agan)
dan saya juga minta saran lain,yang berkenan dengan pisikologis,diluar pengurangan dosis luminal,buat saya jadikan bahan perawatan.
pengalaman agan mungkin berguna buat saya yang merawat istri,terlebih lagi buat kesembuhan istri saya.
saya tunggu infonya gan...


EFEK DARI PENGURANGAN DOSIS MEMINUM LUMINAL
sebaiknya jangan langsung dikurangi per butir, sebaiknya dikurangi dalam hitungan jam terlebih dahulu. biasanya meminum luminal per 6 jam. itu ditingkatkan menjadi 7-8 jam. ini akan mengakibatkan gejala pusing yang lumayan menyakitkan, luminal itu obat penenang otak yang justru kita bisa sedikit berhalusinasi, bilamana terjadi kejang pada saat kambuh siapapun yang berada didekatnya harus menekan kaki menggunakan jari ataupun apa saja asal jangan menggunakan benda tajam "kasihan bagi penderita" akan luka dikakinya. gambar menyusul besok karena sekarang masi malam jadi takut nggak kelihatan.
pengurangan dosis yang ekstrim akan mengalami kecanduan terhadap obat lain, contohnya saya : saya sangat extrime sehingga kecanduan obat warung selama 1 tahun yaitu paramex, tidak tanggung tanggung saya bisa minum paramex untuk menghilangkan sakit kepala yang berlebihan sekali minum 4 butir dan itupun tidak menggunakan air biasa tapi menggunakan sprite ataupun yang bersoda. sebaiknya jangan lakukan ini karena berbahaya, kalau tidak kuat jantungnya bisa alamat urusannya. sebaiknya lakukan seperti yang pertama saya katakan. Hindari pemikiran pemikiran yang terlalu memberatkan si penderita, jangan terlalu lelah, hindari tempat tempat seperti kolam, laut karena ditakutkan pada saat kambuh jatuh di air. penyakit ini juga tidak dapat diprediksi kapan akan terjadi, karena ada urat saraf dikepala yang menyilang. bilamana terjadi proses aliran darah diotak yang cepat sehingga terjadi pembesaran kedua urat saraf tersebut maka akan terjadi kejang.
Yang agan maksud berhalusinasi itu sebenarnya tidak ada, tapi kepala terasa hampa setelah selesai kumat. dan melihat keadaan sekitar jadi bingung dan terjadi meracau "ngomong yang sifatnya spontan" itu efek dari benturan kepala kata dokter gunawan di RSAD.

obat luminal yang agan punya itu harus diminum setiap hari gan, utk mengurangi kumat. jangan diminum kalo kumat terus terusan aja, kasihan si penderitanya. yang ada jahitan terus dikepala, itu masih mending agan dikasi 30mg. saya 50mg perbutir, pernah 100mg perbutir tapi hanya 3 hari saja. efek dikepala seperti orang sakau kena narkotika. padahal luminal itu juga seperti narkotika, masalahnya dosis 50mg pernah saya tes ke teman sekolah saya "orang normal" sampai bengong pada saat belajar "tatapan kosong" tapi tidak beraksi pada penderita epilepsi. karena obat itu menurunkan tekanan darah di urat saraf yang menyilang agar tidak terjadi pembesaran urat saraf yang spontan.
dosis meminum obat luminal untuk penderita epilepsi 3 kali sehari, pagi siang dan sore. untuk masalah kejang ini posisi titik urat saraf yang harus di tekan hingga si penderita berhenti dari kejang kejangnya.
PENYAKIT EPILEPSI
PENYAKIT EPILEPSIPENYAKIT EPILEPSI
proses penusukan menggunakan benda tumpul seperti pulpen dengan menggunakan tutup, sumpit, jari tangan kalau kuat. metode ini ditemukan oleh ahli saraf india didaerah tanah kusir - jakarta. samapi sekarang saya selalu terapkan kepada penderita epilepsi yang kumat dijalan, sebagai penyelamat pertama. karena epilepsi kalau dibiarkan kejang kejang hingga berhenti sendiri akan berubah menjadi berbusa lama kelamaan. dan terjadilah yang namanya ayan, bilamana sudah di vonis ayan. sudah sangat berbahaya bagi sipenderita, karena penderita pada saat kambuh bisa menggigit lidahnya sendiri hingga putus. itu pernah saya lihat di rumah Sakit Harapan Kita, bisa jadi si dokter ingin melihat apa yang akan terjadi bila didiamkan saja dan diambil pula data EEGnya. lidah sipenderita sampai berdarah dan mulutnyapun berbusa. yang membahayakan darahnya itu bila langsung masuk kekerongkongan akan mengakibatkan tersedak masuk ke paru paru.
masalah obat pun saya sebagai bahan percobaan juga oleh dokter, tapi tak apalah korban 1 nyawa tapi bisa menyelamatkan banyak nyawa. pernah diberikan semacam sirup, entah itu sirup apa saya juga tidak mengerti dan yang saya alami adalah ketenangan tapi teramat tenang sehingga bila dalam proses belajar yang ada "masuk kanan keluar kiri" tidak ada yang nyangkut sedikitpun yang tadi dipelajari. untuk masalah olah raga "lari, renang, senam" dan upacara bendera saya sangat tidak diperbolehkan ikut "jadi satpam sekolah dari kelas 1-6 SD" KALAU ANDA SEKALIAN MASIH RAGU DENGAN KISAH INI ANDA BOLEH CEK KE RUMAH SAKIT HARAPAN KITA, DENGAN NAMA ADHI ARIYANTO, ALAMAT JALAN KEMANGGISAN ILIR GANG 3, RIWAYAT PENGOBATAN SARAF OTAK. Pesan terbesar dan amat berat adalah : jangan menyembunyikan penyakit anda dengan orang lain, karena sewaktu waktu pasti anda membutuhkan pertolongan mereka sewaktu waktu terjadi kumat.
Mencoba pengobatan alternatif tetap sangat dibutuhkan untuk mempercepat proses penyembuhan, tapi jangan yang bersifat instan karena membahayakan sipenderita. Bukan saya mengiklankan tapi kalau mau terapi saya ada tempat yang sering menangani kepusingan yang amat sangat sakit. itu akan terjadi setahun sekali, jatuh dibulan apa kadang tak tentu, sebelum sebelumnya saat kelas 1 sma s/d 3 sma kepusingan paling parah itu per triwulan, pada saat kuliah persemester dan sekarang pertahun. untuk terapi ditempat saya juga dapat mengembalikan posisi urat saraf yang menyilang tersebut, diapun mempelajarinya dari diri saya sendiri sebagai kelinci percobaannya untuk dilihat kadang disengaja oleh beliau dibikin kejut. Dikarenakan sudah 10 tahun tidak kumat jadi kejutan tersebut tidak efektif untuk saya. penggeseran itu menggunakan terapi dari aura tubuh sipengobat tersebut sehingga mengeluarkan hawa panas yang dikeluarkan dari jari jarinya. ingat.... ini bukan dukun atau penjual obat, saya bisa antarkan anda jika ingin mencobanya. Beliau juga tidak akan melarang anda kedokter, justru menyarankan anda kedokter berobat juga dan untuk mengevaluasi hasil pengobatannya.
Dulu sempat menanyakan apa itu epilepsi dan bagaimana cara penyembuhannya, alhasil tidak ada yang bisa menjawabnya. Dokter spesialispun hanya berkata jalani saja sewaktu waktu pasti sembuh. Hingga berbagai media saya tanyakan apakah epilepsi itu menular, bila menular virus tersebut melalui apa. Anda sekalian pernah mendengar iklan di RCTI dengan kata kata seperti ini " ADI MAIN BOLA LAGI YUK, PENYAKIT EPILEPSI BUKAN PENYAKIT MENULAR ATAU KETURUNAN" sebenarnya saya tidak rela nama saya digunakan, tapi apa boleh buat demi khalayak banyak agar mengerti dan memahami apa itu penyakit epilepsi. Penyakit ini bisa menghinggapi kepada siapa saja, baik muslim atau non muslim baik orang hitam maupun putih. karena penyakit ini sampai saat ini masih tanda tanya besar, bagaimana bisa terjadi, apa penyebabnya hingga terjadi. kalau menurut pengalaman saya penyakit ini timbul pada saat saya umur 4 tahun dan bermain main didekat jalan raya, kemudian ada tukang becak marah marah karena saya tidak bisa dibilangin "bandel" akhirnya saya diceburin ke got sedalam 1 meter waktu itu, dan yang nolong saya pulang tetangga dekat rumah orang tua. ini baru kemungkinan yaaa, kemungkinan akibat trauma rasa takut, depresi, shock dll bercampur aduk. sejak saat itulah saya sering kejang kejang menurut orang tua saya, tapi memory dikepala saya tentang wajah orang yang nyemplungin saya ke got masih ingat sampai sekarang. dari 3 orang, yang 2 sudah wafat tinggal satu lagi hingga saat ini masih hidup. padahal dulu saya berumur 4 tahun, saya sudah bisa mengingat kejadian kejadian yang saya alami sejak umur 7 tahun. Makanan kepala saya setiap minggu itu : kursi, meja, lantai, tangga. untungnya ga pernah dijahit.
Makasih banyak gan atas info dan saran,serta cara menghentikan kejang lewat tusukan syaraf,semoga ini bisa membantu saya merawat istri,
dan besok istri saya mau di EEG dan ambil darah lagi,ini untuk yang ketiga,karna dokternya ingin tau serangan itu seberapa besar,sampai istri saya jatuh.
gan ini kalender perkembangan istri saya yang selalu saya bawa jika kontrol.
saya ingin agan menilainya.PENYAKIT EPILEPSIPENYAKIT EPILEPSIPENYAKIT EPILEPSI
Kronologi sama dengan saya, sebenarnya setelah kambuh biasanya demam tapi tidak demam itu efek dari kejang, yang saya rasakan pada saat habis kejang adalah pusing 7 keliling tapi tidak pusing, kalau melihat keadaan sekitar terlihat berputar putar dan eneg di lambung. waktu itu saya bereksperimen sendiri dengan makan bubur nasi tapi agak pedas sedikit, langsung muntah setelah habis setengah mangkuk. tapi efeknya sangat bagus untuk diri saya, pusing, demam sudah mulai rada menghilang. Untuk masalah EEG, EEG pada saat tidak kejang tidak akan terlihat banyak hasilnya. coba ini dibicarakan oleh dokter anda bahwa ada seorang bernama adhi ariyanto yang pernah berobat diHARAPAN KITA dan saat ini sudah sembuh. data EEG saya mungkin bisa dipinjam atau dilihat sesama dokter. soalnya pada saat kambuh saya pernah diprioritaskan langsung di EEG disana. masalahnya data saya selama itu ada semua. pada saat saya divonis sembuh dan saya menginginkan data itu tidak dikasih oleh pihak rumah sakit.
Yang baca banyak tapi ga ada yang ngasi cendol ane yah emoticon-Bingung
hahaha...maaf gan...newbie..jadi blom ngarti gimane caranye ngasih ce[removed]void(0);ndolemoticon-Sorry
Quote:Original Posted By s.ione
hahaha...maaf gan...newbie..jadi blom ngarti gimane caranye ngasih ce[removed]void(0);ndolemoticon-Sorry


emoticon-Cape d... (S) tinggal klik add reputation yang warna ijo
Mav gan agak nyimpang tanyanya, tapi saya ingin bertanya, apakah dengan mengkomsumsi obat seperti itu secara rutin tidak memberatkan ginjal,
Mav, saya memang bukan dokter, tetapi sekarang saya sedang aktif di dunia kesehatan, jadi ingin lebih banyak tahu tentang semua jenis penyakit.
Quote:Original Posted By maaayaaa
Mav gan agak nyimpang tanyanya, tapi saya ingin bertanya, apakah dengan mengkomsumsi obat seperti itu secara rutin tidak memberatkan ginjal,
Mav, saya memang bukan dokter, tetapi sekarang saya sedang aktif di dunia kesehatan, jadi ingin lebih banyak tahu tentang semua jenis penyakit.


waallahu alam, memang memberatkan dan menyiksa kinerja ginjal. tapi apa mau dikata, yang saya butuhkan adalah menjaga agar tidak tambah parah. efek dari mengkonsumsi selama kurang lebih 15 tahun dan baru menimbulkan efek di tahun 2010 saya terkena batu ginjal, tapi alhamdulillah batu itu bisa saya keluarkan sendiri dengan obat herbal plus mengkonsumsi nanas muda. setelah itu terjadi saya menetralisir semua obat yang saya konsumsi dengan obat herbal utk menyehatkan kembali ginjal saya serta memperbanyak konsumsi air putih
sekarang sekarang ini saya sedang bereksperimen kepada diri saya sendiri dengan memperberat kinerja otak, yaitu mengerjakan sesuatu baik menyerfis laptop, membuat alat lain yang membutuhkan tingkat konsentrasi dan ketelitian dalam mengerjakannya. alhamdulillah dalam 3 tahun ini belum ada dampak yang terlalu serius. Paling hanya pusing sedikit "paling paramex 1 butir atau tidur" serta pusing karena telat makan, maklum kalau lagi keasikan nyervice yang keluar bahasa "tanggung bentar lagi" tau tau udah 5 jam lewat belum makan siang. tapi keseringan kalau digenjot terus kinerja otak terjadi seperti sering mengigau atau teringat ingat memory yang telah lampau dan susah diingat dapat teringat lagi pada saat saya tidur tengah malam. sampai sampai saya pernah teringat seperti berkunjung ke suatu tempat tapi tempat itu belum pernah saya kunjungi atau lewati "seperti memori lawas jadi anyar maning" ketika saya cari tau dan telah saya kunjungi lokasi tersebut ternyata saya memang pernah berada dilokasi ini. Yang aneh dari saya itu adalah sangat sulit menghafal jalan menuju kesuatu lokasi pada siang hari, bilaman mana menghafal jalan pada malam hari langsung bisa ingat. itu yang masih jadi pertanyaan pada diri saya hingga saat ini, apakah ini merupakan efek obat luminal yang dulu saya konsumsi atau ada hal lainnya. masi dalam proses pencarian, ilmu saraf memang sangat rumit dan membingungkan.
kalo dari istri saya,belum ada indikasi ke ginjal,efek yang dirasakan dari beragam obat yang dikonsumsi istri,sangat miris lihatnya
*pingsan
*HALUSINASI (sangat susah dikendalikan,pokoke parah dah..)
*buang air besar aga susah
*kebingungan
*gampang banget emosi.
*susah makan
itu yang sering terjadi,efek lain kadang juga ada,emang bener penyakit syaraf,bikin orang stres,biayanye aje bisa bikin jual rumah,belum ngerawatnye,hati selalu was was,takut dia pingsan,jatuh,dijait lagi tuh kepala.kalo dah halusinasi saya jamin emosi yang ngerawat bisa kepancing.emoticon-Cape d... (S)
Quote:Original Posted By s.ione
kalo dari istri saya,belum ada indikasi ke ginjal,efek yang dirasakan dari beragam obat yang dikonsumsi istri,sangat miris lihatnya
*pingsan
*HALUSINASI (sangat susah dikendalikan,pokoke parah dah..)
*buang air besar aga susah
*kebingungan
*gampang banget emosi.
*susah makan
itu yang sering terjadi,efek lain kadang juga ada,emang bener penyakit syaraf,bikin orang stres,biayanye aje bisa bikin jual rumah,belum ngerawatnye,hati selalu was was,takut dia pingsan,jatuh,dijait lagi tuh kepala.kalo dah halusinasi saya jamin emosi yang ngerawat bisa kepancing.emoticon-Cape d... (S)

coba ente kerumah sakit AD di daerah senen, tanya ahli saraf yang namanya dokter gunawan masi ada atau tidak. kalau masi ada coba tanya beliau, obat apa aja yang saya konsumsi, masalahnya obat yang saya konsumsi cuma 2 macam setelah dia yang periksa dari tahun 90-an tahun sebelumnya saya 5 macam dari tahun 80-an. memang sangat besar biayanya karena istri anda baru terkena penyakit itu, tapi yang sabar ya mas...... orang tua saya aja sampai 15 tahun, setelah itu saya sendiri yang jaga diri saya. kalau bisa jangan sampai dia melamun, isi kegiatan istri dengan apa saja asal ringan dan tidak bikin stres sedikitpun. Cari kegiatan atau hobi dia biar sejalan, kalau anda waktu luang ajak dia ketempat rekreasi yang murah meriah laa seperti taman ria senayan atau hutan kota srengseng, jangan ditempat ramai orang atau kendaraan karena bisa bikin stress "bising"
penyakit epilepsi ini anehnya tidak ada pantang pantangan masalah makanan dan minuman, Untuk para lelaki yang sudah menderita ini janganlah minder atau malu, karena kemampuan otak kita berpikir tetap sama. dalam hal mengambil keputusanpun kita dapat cepat dan tepat, tapi ingat jangan terlalu meaksakan diri karena akan fatal terhadap saraf kita. Saya ingin berbagi kepada semua tetapi penyakit ini sangatlah tertutup, baru baru ini tetangga saya baru saja mengalami kejang kejang dengan gejala seperti epilepsi. Sekitar sehari yang lalu mendatangi rumah meminta pertolongan masalah obat yang harus diberikan. Saya hanya bisa menjawab "Obat tidak bisa dibeli sembarangan" kalaupun boleh orang biasa hanya diberikan 2-5 butir saja itu dengan dosis 10mg sebagai pertolongan sementara. Kocek yang kita keluarkan juga cukup lumayan untuk kalangan menengah kebawah. Saya hanya menganjurkan kedokter terlebih dahulu dan untuk pertolongan pertama bilamana kejang kejang ditekan dibelakang dengkulnya. sungguh mengerikan bilamana orang tidak tau dan malu bertanya serta tidak punya uang. bersyukurlah kita kita yang memiliki uang walaupun hanya pas-pasan. Subhanallah, saya masi bersyukur bisa merasakan mukjijat kesembuhan yang diberikan Allah kepada saya. Amin
Yang kenal dengan dokter ahli saraf dan mengetahui tentang cerita ini mohon diexpos kemana saja baik di facebook Saudara/i agar dapat menyelesaikan masalah. Tapi pernah saya dengar kabar burung sebenarnya penyakit ini bisa disembuhkan total tapi tidak disini. mungkin ada yang pernah mendengar atau membaca di media, tolong diberikan sumbernya. terima kasih
Alhamdulillah dapat sedikit sumber

Penggunaan obat anti-epilepsi merupakan metode terapi yang paling penting dalam penanganan pasien epilepsi. Sebanyak 70% dari semua pasien epilepsi, kejang dapat dikendalikan secara menyeluruh/hampir menyeluruh dengan menggunakan obat. Sedangkan 20-25% sisanta mengalami penurunan frekuensi dan keparahan setelah menggunakan obat anti-epilepsi. Umumnya hanya dengan penggunaan 1/2 jenis obat anti-epilepsi dapat mengatasi kejang yang timbul pada pasien epilepsi. Obat-obat anti-epilepsi sendiri memiliki berabagai macam variasi. Berdasarkan ketersediaannya obat epilepsi terbagi menjadi 2. Obat dengan half-lives yang panjang seperti fenitoin, fenobarbital, dan ethosuximide sehingga obat-obat ini cukup dikonsumsi 1 kali sehari. Sedangkan Asam Valproate dan carbamazepine memilik half-lives yang lebih pendek sehingga konsumsinya pun lebih dari 1 kali sehari. Walau sama-sama disebut obat anti-epilepsi akan tetapi setiap obat anti-epilepsi memiliki efektifitas yang berebeda-beda pada tipe kejang tertentu. Penggunaan obat anti-epilepsi pun harus hati-hati dan tidak asal dalam penghentikan konsumsi obat tersebut. Karena penghentian konsumsi obat anti-epilepsi secara tiba-tiba dapat menyebabkan peningkatan frekuensi kejang/status epileptikus.[2] Berikut ini adalah nama-nama obat yang dipakai untuk menyembuhkan ayan. Semua obat harus dikonsultasikan terlebih dahulu ke dokter. Carbamazepine, Carbatrol, Clobazam, Clonazepam, Depakene, Depakote, Depakote ER, Diastat, Dilantin, Felbatol, Frisium, Gabapentin, Gabitril, Keppra, Klonopin, Lamictal, Lyrica, Mysoline, Neurontin, Phenobarbital, Phenytek, Phenytoin, Sabril, Tegretol, Tegretol XR, Topamax, Trileptal, Valproic Acid, Zarontin, Zonegran, Zonisamide.

Selain dengan obat, ayan juga dapat disembuhkan dengan Ketogenic Diet.

konsultasikan dulu dengan dokter takut sumber informasi ini tidak akurat