alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a747261b76088f72000003/all-about-aquaponic-beautiful-and-delicious
Quote:Original Posted By nanonkst
Ane juga pengen berbagi... masih coba-coba pengen tau efeknya dulu...

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]


itu media dalam pot pake apa gan..ijin nyimak emoticon-Malu (S) ya gan.
Quote:Original Posted By musikuhitam
@om maman, kemanggi ad fungsi sebagai pengusir hama ga om?
@Om nano yg verriculture selada pake media ap?

Mantabh emoticon-thumbsups
Rapiih om kaya di filem2 luar negeri
Eh youtube emoticon-Big Grin


Medianya Kompos : Arang sekam padi : cocopit bandingannya 1:1:1,
setelah panen 2 kali, dikeluarin lagi dicampur semua tambah pupuk kandang, diaduk2 lagi dimasukin lagi... cacing juga dimasukin... penyiraman pake air kolam... itu resep saya Om... hehehe...
terus diulang2 gitu Om... hanya penambahan kompos aja....

ha...ha... emoticon-Ngakak makasih Om...

Quote:Original Posted By wildan123


itu media dalam pot pake apa gan..ijin nyimak emoticon-Malu (S) ya gan.


itu sama dengan yang di tanaman slada Om... kayak di atas.... isinya kompos, arang sekam padi, cocopit, tapi udah campuran lama.... saya lagi mencoba Om... nanti perkembangan saya share lagi Om...

Quote:Original Posted By nanonkst


ha..ha... ilmu alam Om....

Kata kata jawa... "tresno jalaran seko kulino" itu memang benar Om....
mau suka menanm... harus dimulai... memang berat di awal... tapi lama-lama pasti enjoy...

Tak tulari ya Om... yang penting pertanian... OOT dikit.. emoticon-Ngakak

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

Slada terakhir panen...
ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]



haha.ha..., bisa aja Om Nano ini bikin orang pengen. saia memang ada rencana pelan2 ikutan, tapi dengan cara khusus pemalas Om, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

oya itu akuaponiknya kalo pake pipa segede itu masih pake SLO nggak Om,
Quote:Original Posted By musikuhitam
@om maman, kemanggi ad fungsi sebagai pengusir hama ga om?
@Om nano yg verriculture selada pake media ap?


Mantabh emoticon-thumbsups
Rapiih om kaya di filem2 luar negeri
Eh youtube emoticon-Big Grin


kalo kemangi setahu saia tidak mengusir hama. kalo saudaranya, selasih biasa untuk jebak lalat buah. kalo bawang bawangan malah dikit2 bisa ngusir hama.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By mamanabee


kalo kemangi setahu saia tidak mengusir hama. kalo saudaranya, selasih biasa untuk jebak lalat buah. kalo bawang bawangan malah dikit2 bisa ngusir hama.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


ooo beda ya om emoticon-Malu
tiwas sering bilang kalo selasih itu bijinya kemangi emoticon-Malu
Quote:Original Posted By mamanabee


haha.ha..., bisa aja Om Nano ini bikin orang pengen. saia memang ada rencana pelan2 ikutan, tapi dengan cara khusus pemalas Om, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

oya itu akuaponiknya kalo pake pipa segede itu masih pake SLO nggak Om,


Nanaem gitu juga bisa males2an kok Om... cuma rajin pas nanem aja, nyiram tinggal masukin pipa atas dah... itu aja gak tiap hari paling 2-3 hari sekali hehe...

SLO apaan Om... gak tau ane.. ??


Quote:Original Posted By mamanabee


kalo kemangi setahu saia tidak mengusir hama. kalo saudaranya, selasih biasa untuk jebak lalat buah. kalo bawang bawangan malah dikit2 bisa ngusir hama.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Setuju dengan Om Maman... kalo mau bagus lagi nenemnya tumpang sari Om koki... banyak macamnya.. itu juga bisa mengurangi hama....

Quote:Original Posted By KokiBelang


ooo beda ya om emoticon-Malu
tiwas sering bilang kalo selasih itu bijinya kemangi emoticon-Malu


kalo selasih itu bau daunnya lebih kuat. jd tidak umum dikonsumsi tapi kalo di luar kayaknya pernah baca dikonsumsi jg (kalo g salah hehehe). paling bijinya yang dipake buat es cendol Om kaya biji kemangi. yang kayak telor kodok tp segerrr.....emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By ledlover
Absen saja om....
Seminggu setelah ane treatment dengan kulit pisang dan tulang oven, cabe ane mulai tambah banyak yg jadi buah. Padahal saya korek2 lagi kulit pisangnya belum terurai seluruhnya.
Tanda2 lain mulai ada kupu2 yg terbang di sekitar cabe dan bunga yg mekar didatengin sama semut.



Om Ledlover itu treatmentnya bisa dipakai untuk merangsang tanaman berbunga gak Om...?? karena ini tomat dan cabe saya kok belum berbunga juga ya...??? emoticon-Sorry

Quote:Original Posted By mamanabee
malem Agan2, absen hari minggu
Spoiler for :


mari semangat
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Hmmm... Om Maman ini memang paling pintar menyebar racun dan membuat tergiur...


Quote:Original Posted By unawakaned2
^ itu hidroponik ya om ? emoticon-Belo

Akhirnya bersih juga setelah kerja berat cuci satu persatu....
Jalan Air juga jadi lebih lancar emoticon-Belo

http://i.imgur.com/sXojxZX.jpg



Klo saya kemarin saya taruh diatas ayakan besar terus saya siram pakai air selang bersamaan dengan ayakannya saya goyang goyang Om...
Tapi saya salut dengan semangatnya... emoticon-2 Jempol
Tetap semangat Om...

Quote:Original Posted By ledlover


Makasih om...
Sebelumnya saya juga sudah kena kutu daun, saya pakai air rendaman cabe rawit dan bawang putih uleg, tapi perlu 3 harian (6 x semprot) baru bener2 minggat si kutu kupretnya....



menggunakan air rendaman cabe apakah tidak memberikan efek panas ke daun dan batang tanaman Om...??

Quote:Original Posted By KokiBelang


@Arie,
emang susah kalo udah menjadi lingkaran setan, semuanya karena 1 hal KORUPSI,


Saya sepakat dengan Om Kobel... selama kepentingan kaum kapitalism berkuasa atas petinggi negeri kita tercinta ini.. yang namanya swasembada pangan... peningkatan ekonomi mikro.. yang berakar pada ekonomi kerakyatan hanya akan menjadi konsep manis tanpa mampu direalisasikan.. sementara dengan gencarnya informasi akan perkembangan produk produk elektronik yang membanjiri pasar menimbulkan efek domino yang tidak akan pernah mampu dibendung dan semakin membentuk budaya konsumtif dalam masyarakat..

Quote:Original Posted By mamanabee


setuju. Korupsi adalah akarnya.....

shampo fungsinya cuma sebagai emulgator Om, untuk nempelin Nikotin ke daun yang dilapisi resin/lilin. jg nempelin ke kutunya langsung.

kayaknya kalo dua tetes untuk sistem saia masih aman gan. growbed sama kolamnya misah. terus kalo seandainya msuk ke kolam pun masih di bawah 0.5 ppm.

idealnya pake ladybug (indonesianya apa ya?) sih Om, tp nyarinya susah emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak


Om Maman, lebih efektif mana menggunakan sampo atau sabun cuci piring sebagai perekat pestisida alami?

Quote:Original Posted By KokiBelang


ooo beda ya om emoticon-Malu
tiwas sering bilang kalo selasih itu bijinya kemangi emoticon-Malu


yang saya pernah baca dari Om Google.. Kemangi cocok untuk mengurangi kehadiran hama pada tanaman cabe... itu sebabnya saya juga menanam kemangi di sekitar tanaman cabe... dan sepanjang yang saya amati tanaman cabe saya baik2 saja... meskipun kadang saya masih melihat beberapa semut menghampiri tapi tidak sampai merusak daun dan tanaman cabe saya...
Quote:Original Posted By nanonkst


Nanaem gitu juga bisa males2an kok Om... cuma rajin pas nanem aja, nyiram tinggal masukin pipa atas dah... itu aja gak tiap hari paling 2-3 hari sekali hehe...

SLO apaan Om... gak tau ane.. ??

Setuju dengan Om Maman... kalo mau bagus lagi nenemnya tumpang sari Om koki... banyak macamnya.. itu juga bisa mengurangi hama....



itu masih ada kata rajinnya Om, hehehehehe......emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kalo saia cocoknya yang g usah olah media, g usah nyiram, g usah mupuk emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S). pernah baca referensinya cm harus dicari lg dan di modifikasi agar cocok dipake di sini.

SLO (solid lift overflow) mungkin Om Nano tahu cm g kenal istilahnya saja. soalnya kalo diindonesiakan jd aneh, limpasan angkat padatan hehe...emoticon-Ngakak. itu cm rangkaian pipa buat buang kotoran padat di dasar kolam secara otomatis , biar g repot kuras dan kolam selalu bersih.
punya saia kaya gini

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By nanonkst


Tak tulari ya Om... yang penting pertanian... OOT dikit.. emoticon-Ngakak

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

Slada terakhir panen...
ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]




Om Nano... itu Seladanya pakai sistem guyur manual atau menggunakan sistem aero seperti sistem di hidroponic... dan apakah tetap memanfaatkan air kolam untuk nutrisinya..??
Saya kepengen bikin vertical garden dengan memanfaatkan nutrisi dari air kolam Nila tapi masih bingung... karena kalau konsul dengan teman2 hidroponik yang menggeluti vertikal gardenmereka menggunakan timer untuk pompanya.. lha kalau saya harus menggunakan timer berarti harus import lagi dari jawa (berat di ongkir Om emoticon-Hammer (S) )

Salam Aquaponic
emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By mamanabee


itu masih ada kata rajinnya Om, hehehehehe......emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kalo saia cocoknya yang g usah olah media, g usah nyiram, g usah mupuk emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S). pernah baca referensinya cm harus dicari lg dan di modifikasi agar cocok dipake di sini.

SLO (solid lift overflow) mungkin Om Nano tahu cm g kenal istilahnya saja. soalnya kalo diindonesiakan jd aneh, limpasan angkat padatan hehe...emoticon-Ngakak. itu cm rangkaian pipa buat buang kotoran padat di dasar kolam secara otomatis , biar g repot kuras dan kolam selalu bersih.
punya saia kaya gini

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Hmmm... Om Maman mulai menelurkan ilmu baru lagi ini.. Om saya bisa minta petunjuk itu sistem kerjanya bagaimana?? Saya lagi bersemangat sekali saat ini karena baru saja dapat warisan hak kelola kolam yang begitu banyak dari Bapak Kost.. hanya saja problemnya ibeberapa kolam airnya begitu keruh dan penuh lumut.. padahal dulu Bapak Kost sering banget kuras kolamnya... tapi tetap saja setiap 2 minggu air kolam sudah menjadi keruh dan berlumut.. rencana saya mau bersihkan dulu dan berikutnya pengen saya jejali dengan aquaponic sistem disekitarnya.. hanya saya masih khawatir dengan begitu cepatnya air kolam menjadi keruh.. (sebagai tambahan informasi itu kolam tidak dilengkapi dengan sistem pembuangan sama sekali.. karena posisi kolam dibawah permukaan tanah.. jadi selama ini kalau kuras kolam harus ditimba..

Saya juga berharap masukkan dari Mastah yang lain... saya harus bagaimana untuk mengkondisikan Kolam-kolam tersebut.. agar bisa saya manfaatkan menjadi nutrisi growbed saya...

Salam Aquaponic
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By arded


Hmmm... Om Maman ini memang paling pintar menyebar racun dan membuat tergiur...

Om Maman, lebih efektif mana menggunakan sampo atau sabun cuci piring sebagai perekat pestisida alami?

yang saya pernah baca dari Om Google.. Kemangi cocok untuk mengurangi kehadiran hama pada tanaman cabe... itu sebabnya saya juga menanam kemangi di sekitar tanaman cabe... dan sepanjang yang saya amati tanaman cabe saya baik2 saja... meskipun kadang saya masih melihat beberapa semut menghampiri tapi tidak sampai merusak daun dan tanaman cabe saya...


salah satu cita2 saia memang jd tukang racun profesional Om, emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak

kalo sabun cuci piraing belum cb. tp sama2 mengandung sabun sebagai emulgator. cm pendapat saia shampo lebih soft....

kalo kemangi mengurangi hama baru denger tuh. perlu dicoba. kalo selasih malah mengundang lalat buah jd kalo udah ngumpul lalatbuahnya tinggal semprot aja.

mari semangat
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By nanonkst


Medianya Kompos : Arang sekam padi : cocopit bandingannya 1:1:1,
setelah panen 2 kali, dikeluarin lagi dicampur semua tambah pupuk kandang, diaduk2 lagi dimasukin lagi... cacing juga dimasukin... penyiraman pake air kolam... itu resep saya Om... hehehe...
terus diulang2 gitu Om... hanya penambahan kompos aja....

ha...ha... emoticon-Ngakak makasih Om...



itu sama dengan yang di tanaman slada Om... kayak di atas.... isinya kompos, arang sekam padi, cocopit, tapi udah campuran lama.... saya lagi mencoba Om... nanti perkembangan saya share lagi Om...


Jadi Verticulture selada ga pake campuran tanah? Pengen nyoba tapi ane mau pake pet**ganik sebagai penganti kompos. Kira2 perbandingannya gmn om,, mohon ptunjuknya emoticon-Malu (S)



Quote:Original Posted By mamanabee


itu masih ada kata rajinnya Om, hehehehehe......emoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
kalo saia cocoknya yang g usah olah media, g usah nyiram, g usah mupuk emoticon-Malu (S)emoticon-Malu (S). pernah baca referensinya cm harus dicari lg dan di modifikasi agar cocok dipake di sini.

SLO (solid lift overflow) mungkin Om Nano tahu cm g kenal istilahnya saja. soalnya kalo diindonesiakan jd aneh, limpasan angkat padatan hehe...emoticon-Ngakak. itu cm rangkaian pipa buat buang kotoran padat di dasar kolam secara otomatis , biar g repot kuras dan kolam selalu bersih.
punya saia kaya gini

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Jangan2 itu yang punya orang payakumbuh, saya pernah baca juga, dia petani malas haha... tapi tulisannya ok... tapi gak tau sama gak dengan artikel yang Om Maman baca hehe... Berarti kita sama2 petani cuma beda aliran tapi hasilnya sama.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

O itu Om... di akuaponik banyak dipakai... tapi makasih lo Om... ni saya malah bisa nyari banyak referensinya... biar akuaponik saya semakin sempurna hehe... makasih lo Om...

Quote:Original Posted By arded


Om Nano... itu Seladanya pakai sistem guyur manual atau menggunakan sistem aero seperti sistem di hidroponic... dan apakah tetap memanfaatkan air kolam untuk nutrisinya..??
Saya kepengen bikin vertical garden dengan memanfaatkan nutrisi dari air kolam Nila tapi masih bingung... karena kalau konsul dengan teman2 hidroponik yang menggeluti vertikal gardenmereka menggunakan timer untuk pompanya.. lha kalau saya harus menggunakan timer berarti harus import lagi dari jawa (berat di ongkir Om emoticon-Hammer (S) )

Salam Aquaponic
emoticon-I Love Indonesia (S)
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


Itu sistem biasa Om... siram manual, dan pake tanah...
saya tipe orang yang gak bisa diem soalnya Om... jadi tiap hari ya maunya harus ada yang dikerjain di kebun, kalo sudah gelap baru berhenti emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak
ingat listrik juga Om.... kalo mau praktis... hehe
Quote:Original Posted By arded


Hmmm... Om Maman mulai menelurkan ilmu baru lagi ini.. Om saya bisa minta petunjuk itu sistem kerjanya bagaimana?? Saya lagi bersemangat sekali saat ini karena baru saja dapat warisan hak kelola kolam yang begitu banyak dari Bapak Kost.. hanya saja problemnya ibeberapa kolam airnya begitu keruh dan penuh lumut.. padahal dulu Bapak Kost sering banget kuras kolamnya... tapi tetap saja setiap 2 minggu air kolam sudah menjadi keruh dan berlumut.. rencana saya mau bersihkan dulu dan berikutnya pengen saya jejali dengan aquaponic sistem disekitarnya.. hanya saya masih khawatir dengan begitu cepatnya air kolam menjadi keruh.. (sebagai tambahan informasi itu kolam tidak dilengkapi dengan sistem pembuangan sama sekali.. karena posisi kolam dibawah permukaan tanah.. jadi selama ini kalau kuras kolam harus ditimba..

Saya juga berharap masukkan dari Mastah yang lain... saya harus bagaimana untuk mengkondisikan Kolam-kolam tersebut.. agar bisa saya manfaatkan menjadi nutrisi growbed saya...

Salam Aquaponic
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


cara kerjanya sederhana kok om, kalao ada air masuk, air luber cuma luberny air dari bawah.

mantap itu om, dengan kolam segitu bisa go komersial.

untuk lumut sebabnya kelebihan nutrisi aja. asal udah ada akuaponiknya dan akuaponiknya cukup pasti ilang sendiri.

untuk keruh wajar karena nila memang pabrik kotoran hehehe...

solusinya bikin saja clarifier atau waste solid removal yang bagus sebelum growbed. bisa pake [URL="swirl filter aquaponics"]swirl filter[/URL] atau vortex.

semoga membantu
emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By musikuhitam

Jadi Verticulture selada ga pake campuran tanah? Pengen nyoba tapi ane mau pake pet**ganik sebagai penganti kompos. Kira2 perbandingannya gmn om,, mohon ptunjuknya emoticon-Malu (S)



Iya Om... gak pake... tapi dipastikan komposnya udah mateng... nanti dari campuran itu semakin lama juga menyerupai tanah tapi lebih gembur, karena tercampur dengan kascing juga...
Apa itu pet**ganik om... apakah petorganik maksutnya..?
Quote:Original Posted By nanonkst


Jangan2 itu yang punya orang payakumbuh, saya pernah baca juga, dia petani malas haha... tapi tulisannya ok... tapi gak tau sama gak dengan artikel yang Om Maman baca hehe... Berarti kita sama2 petani cuma beda aliran tapi hasilnya sama.... emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak

O itu Om... di akuaponik banyak dipakai... tapi makasih lo Om... ni saya malah bisa nyari banyak referensinya... biar akuaponik saya semakin sempurna hehe... makasih lo Om...



hahaha.....iya om, petani malas. salah satunya artikel yang orang payakumbuh itu. aliran ini guru besarnya Masanobu Fukuoka Om, siapa taho Om Nano tertarik jadi malas, hehehehe.....emoticon-Ngakak
meski beda yang penting swasembada....

SLO ini efektif banget Om, saya sudah lama membuktikan.

Quote:Original Posted By mamanabee


hahaha.....iya om, petani malas. salah satunya artikel yang orang payakumbuh itu. aliran ini guru besarnya Masanobu Fukuoka Om, siapa taho Om Nano tertarik jadi malas, hehehehe.....emoticon-Ngakak
meski beda yang penting swasembada....

SLO ini efektif banget Om, saya sudah lama membuktikan.



Waktu itu saya sering baca, tapi lama-lama habis bacaanya trus gak baca lagi... intinya mereka mengandalkan alam ya Om...
malas dalam sudut pandang berbeda mungkin bisa juga Om hehe...
betul Om yang penting swasembada pangan... hihi...
Apa yang membedakan sistem SLO dengan pemipaan biasa Om, tolong kasih pengertiannya..? sokor2 skemanya...emoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By nanonkst


Waktu itu saya sering baca, tapi lama-lama habis bacaanya trus gak baca lagi... intinya mereka mengandalkan alam ya Om...
malas dalam sudut pandang berbeda mungkin bisa juga Om hehe...
betul Om yang penting swasembada pangan... hihi...
Apa yang membedakan sistem SLO dengan pemipaan biasa Om, tolong kasih pengertiannya..? sokor2 skemanya...emoticon-Ngakak



betul Om, alam yang bekerja. kita cm mengarahkannya sja.

ini skemanya, maaf corelnya macet jd seadanya

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

jadi air yang keluar dari tong adalah air bagian bawah sekalian bawa kotoran padat. sirkulasi air jd lebih bagus, tong bersih dari padatan. kalo pemipaan biasa air yang keluar air bagian atas.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)
Quote:Original Posted By mamanabee


betul Om, alam yang bekerja. kita cm mengarahkannya sja.

ini skemanya, maaf corelnya macet jd seadanya

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

jadi air yang keluar dari tong adalah air bagian bawah sekalian bawa kotoran padat. sirkulasi air jd lebih bagus, tong bersih dari padatan. kalo pemipaan biasa air yang keluar air bagian atas.

emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)emoticon-I Love Indonesia (S)


O o... itu, kebetulan saya sudah terapkan Om, termasuk swirl filter... dan hasilnya memang ok, tong yang kecil biru itu bagian bawah saya kasih kran, jadi rencana seminggu sekali tinggal buka kran keluarin 1 ember ganti air bersih 1 ember...
na yang masih jadi pertanyaan saya, itu yang atas kan pipanya model T ... apa bedanya dengan langsung pakek siku... Om....?
itu yang belum saya aplikasikan... hehe...

×