alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Hobby / ... / Freshwater Fish /
ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]
5 stars - based on 8 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a747261b76088f72000003/all-about-aquaponic-beautiful-and-delicious

ALL about AQUAPONIC [beautiful and delicious]

Tampilkan isi Thread
Urutan Terlama
Halaman 4 dari 128
asal taneman nya yang berongga seperti bayem, bagus
Spoiler for my aquaponik:


ket :
pipa pvc paralon diameter 4 1/2 panjang 2m
pot dari toples sonissss dgn jark tanam 10 cm emoticon-Big Grin
sistem ygn digunakan "pasang surut' (lupa lagi namanya emoticon-Cape d... (S))
apalagi ya emoticon-Bingung (S) emoticon-Big Grin


Diubah oleh musikuhitam
Quote:

filternya berapa lama sekali dibersihinnya gan?

Quote:

berongga itu maksudnya yg batangnya kopong ya gan?

Quote:

wuih.. stoberinya cakep banget gan.. kalo di jakarta bisa tumbuh ga sih stoberi?
itu pake media tanamnya apa?

Diubah oleh denzoo
Quote:

strawberry termasuk tanaman subtropis CMIIW
coba aja gan emoticon-Big Grin
Quote:


cuma meres dakron yg di bagian oren pralon doang 2 hari sekali gan

Aquaponic

Bismillah. Akhirnya ada threadnya juga di kaskus. Memang aquaponic lebih menguntungkan. Disamping dapet ikannya juga dapet hasil tanamannya. Tanamannya juga ga perlu dipupuk. Di rumah ane baru bikin kolamnya. Nanti rencananya mau bikin growbed-nya.
Quote:

gan itu siphone nya taro di sebelah mana? pengen coba bikin juga pake pralon.. tp bingung bikin siphon nya gimana?

Quote:

kalo ane malah sehari sekali.. tapi skr dakronnya diganti sama pasir malang. hehehe.. daya saringnya kurleb samalah ama dakron. malah awet, kalo dah kotor, tinggal cuci aja pasirnya. emoticon-Big Grin

Quote:

mantep gan.. ntar di share di mari yak, kalo dah jadi.. siapa tau bisa nyontek.... emoticon-Hammer2
Quote:


itu media pengganti tanahnya make apa gan? kok rapi dan cakep bgt emoticon-Big Grin
Quote:

makasi gan.. itu pake pasir malang namanya.
Quote:


insya Allah gan. rencana ini juga mau bikin kolam ikan lagi. ga tahu mau ditanam mujair atau gurami
Quote:


Quote:


halo agan agan, saya mau tanya itu bibitnya kalo saya pakai yang model biji beli di toko gitu harus diapakan dulu ya?
tolong saya dijelasin cara pembibita nya sebelum ditanam ke media aquapponic nya, apa langsung ditabur diatas kerikil nya gan? (misal saya pakai kerikil)
makasih gan tolong dijawab ya
Quote:


Bismillah.
Bibitnya disemai dulu gan. Nanti kalo udah tumbuh baru dipindah ke growbednya.
Quote:


itu gan yang saya bingung, caranya menyamaikan itu gan yang saya bingung, penjelasan di internet terlalu rumit. misal saya ingin menanam tomat, tahapan penyemaian nya sperti apa ya gan? thanks gan
Quote:

bioball= cuman media buat tumbuh bakteri aja (rumah bakteri singkatnya), tidak mengandung zat apa², bahannya dari plastik
emoticon-Cendol (S)
Quote:

cakep strawberrynya emoticon-Matabelo

minta tolong di share langkahnya, mulai dari awal, maklum nubie emoticon-Malu (S)
emoticon-Cendol (S)

Quote:


setubuh gan, aku juga bingung emoticon-Malu (S)
Diubah oleh KokiBelang
Quote:


sama gan, kita tunggu jawaban dari mastah2 emoticon-Big Grin
Quote:


thanks utk penjelasan bioball nya gan..

soal penyemaian tumbuhan pada umumnya sebenarnya mudah gan..

1. siapin wadah utk penyemaian, usahakan yg bawahnya bolong sehingga ada sirkulasi air jika kelebihan.

2. siapin bibit, tentunya. sekarang banyak yg jualan bibit online dan murah-murah. silakan di googling.

3. siapin media tanam. bisa berupa tanah, kapas, kompos atau humus.

4. masukkan media tanam k wadah secukupnya, lalu taburi bibit benih.

5. lapisi lagi dengan tanah tp jangan terlalu tebal. asal tertutup aja si biji benihnya.

6. selesai. agan tinggal nunggu aja nanti akan keluar dua pucuk daun mungil yg lucu sekali.. emoticon-Big Grin

taruh wadah di tempat yg tidak terkena sinar matahari langsung atau terlalu banyak dan jaga kelembabannya dgn cara disiram dgn spray biar tdk hancur.

ini saya baru nyemai daun selada umur 3 harian dengan media tanam kompos.

Spoiler for semai selada:

Diubah oleh denzoo
Quote:


mantab gan

kalo gt besok ane mau nyemai cabe ah.

kalo dikasi lampu 18 jam sehari bisa lebih cepet ga tumbuh akar ama daunnya gan?
Wah baru tau ada aquaponic juga disini emoticon-Matabelo

numpang share aquaponic ane
Spoiler for aquaponic:

Spoiler for aquaponic:

Spoiler for aquaponic:


foto di ambil sekitar 6 bulan yg lalu, pas lg pengen nyoba aquaponic. tanaman diisi bayem sama slada. pernah nanam kangkung tp hasilnya kurang memuaskan krn batangnya panjang dan daunnya kurus2 penampakanya seperti foto di bawah. kira2 knp gan? perkiraan ane sih krn media yg dipake pasir malang yg bikin PH jd tinggi 7.8 atau memang jenis kangkungnya yg begitu? ada yg tau penyebab sebenarnya knp kaga yach?

akhirnya kangkungnya buat nila dehemoticon-Ngakak

Spoiler for kangkung:
Quote:


manteb abis gan, keep up to date ya, jangan lupakan trit ini emoticon-Malu

biar gendut dah coba dikasi lampu yg sinarnya warm (kyk sinar sore) gan? kabarnya bisa bikin taneman jadi menggemuk atau cepat berbunga , sementara yg cool (kyk pagi dan siang) bikin cepet tumbuh tapi kurus dan tinggi.

maap kalo ngaco, bukan master emoticon-Malu (S)
Quote:

kurang tau tuh gan. biasanya yg pake lampu buat yg indoor atau sistem bertingkat krn keterbatasan sinar matahari gan..
menurut saya, sinar matahari harusnya sih lebih bagus drpd sinar lampu.. emoticon-Smilie

Quote:

wah parah.. ini mah kelas petani.. emoticon-Takut
Halaman 4 dari 128


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di