alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a1ace28227cffa6b000001/vas-rusak-dihargai-17-miliyar-mau-beli
Peringatan! 
Vas rusak dihargai 1,7 miliyar ....mau beli?
Vas rusak dihargai 1,7 miliyar ....mau beli?

Liputan6.com, Dorchester : Pria sepuh berusia 80-an tahun mengirimkan sebuah vas kuno asal Negeri China ke sebuah rumah pelelangan. Dengan kondisi seadanya, hanya dibungkus kardus penyok.

Vas itu ia warisi dari seorang kerabat beberapa tahun lalu. Kakek itu menyangka, harga jualnya pasti murah karena kerajinan dari keramik itu tak lagi utuh.

Bagian atas vas tersebut pecah dan disatukan kembali dengan kasar menggunakan staples logam besar-- teknik yang terakhir digunakan para ahli keramik pada tahun 1960-an.

Para ahli memperkirakan keramik yang berasal dari masa Kekaisaran China tersebut bernilai 2.000 pound sterling atau Rp 29 juta, cukup memuaskan bagi pemiliknya. Namun ternyata ia laku jauh lebih mahal.

Meski retak dan memiliki 7 staples, seorang kolektor China berani menawar vas warvna biru dan putik di rumah lelang Duke, Dorchester, Dorset, Inggris itu dengan harga tinggi. Ia sungguh ingin memiliki vas itu berasa dari masa Dinasti Ming.

Ia membeli vas itu dengan harga 119.500 pound sterling atau Rp 1,7 miliar. Seandainya saja tidak pecah, nilainya bisa berlipat ganda hingga 1 juta pound sterling atau Rp 14 miliar. Luar biasa!

"Padahal pemiliknya membawa vas tersebut pada kami dengan kardus tua dan penyok," kata juru bicara Duke, Andrew Marlborough, seperti dimuat Daily Mail. "Namun, ketika kami membukanya, isinya adalah porselen berbentuk bulan yang sangat indah."

Saat mengamatinya lebih jauh, para ahli taksir makin bersemangat. "Kami menemukan enam karakter tanda pemerintahan Kaisar Xuande dari Dinasti Ming pada leher vas."

Namun, semangat itu sontak hilang saat para ahli melihat bekas pecahan besar yang diperbaiki dengan ngawur. "Karena kerusakan itu, kami memilih berhati-hati, dan memberikan taksiran awal antara 1.000 sampai 2.000 pound sterling saja."

Situasi dalam pelelangan, di mana calon pembeli bersaing sengit memperebutkannya adalah bukti, meski rusak benda itu masih dinili berharga.

"Palu dijatuhkan pada harga 100.000 pound sterling, ditambah biaya lain-lain, harganya menjadi 119.500 pound sterling. Vas itu dijual kepada pembeli kaya dari Hong Kong."

Mendengar vas yang dikira tak berharga dijual mahal, pemiliknya tentu saja girang bukan main. "Dia adalah seorang pria sederhana, uang yang ia dapatkan akan membuatnya bagai "melayang ke Bulan".


sumber : http://www.thecrowdvoice.com/post/va...-13535132.html
mahal bener emoticon-Hammer
____
nanti bakal jadi barang langka kali yah emoticon-Embarrassment
bs beli boil n rmh tuch vas_nya hrganye 1,7M emoticon-Matabelo
mahal amir gan
mending ane buat beli rumah emoticon-Embarrassment
parah, pecah gitu ttp mahal.
buuussseettt dahh.. mahal amat.. emoticon-Hammer (S)
vas gitu doank harganya mahal bngt...
Hanya kolektor yang berminat ini mah
Mahal bener gans
Wow ketiban rejeki yg punya
Mending beli rumah gan emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Hammer2
Kolektornya kaya bener...
Barang antik gan, jadi wajar mahal
woooow emoticon-Matabelo kira2 kalo nglelang mug ane yg kemarin pecah laku berapa ya?
nilai historynya mahal bgtemoticon-Matabelo
ane sih mending buat beli rumah
ga kuat ganemoticon-Ngakak (S)
Untung yg punya ga ditepu tuh
Klo di Indo bisa dbego2in duluan sblum dilelang
buat makan aje susah beli gituan lagi
emoticon-Cool klw ane uang.a dri vas itu bwt kliling dunia aja
emoticon-Ngakak ane pecahin vas dirumah, udah bisa belom nih dijual, 1m aja dah emoticon-Hammer2
emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo duitnye kalau untuk beli kerupuk bisa berapa banyak tuh... emoticon-Hammer2
×