alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a1a97a8127cf5547000007/makanan-khas-kabupaten-pati
Makanan Khas Kabupaten Pati
Di Indonesia banyak sekali makanan khas yang sangat enak, unik, dan lain sebgainya. Pada treadh ini akan membahas makanan khas asli dari kota Pati.

1. Nasi Gandul
Bagi warga Kabupaten Pati, siapa yang tidak pernah mendengar kata "nasi gandul". Yup nasi gandul adalah makanan khas Pati, makanan ini berupa nasi yang disiram kuah yang nikmat dan ada daging kerbau. Biasanya lauknya berupa thetelan atau organ sapi misalnya ***forbidden***, babat, kulit dan lain sebagainya. Mungkin agan-agan bertanya-tanya, tentang bagaimana nasi bisa digandulkan??
yah, nasi gandul dalam hal ini nasinya di taruh di atas lembaran daun pisang dan piring. Nasinya nggandul dan tidak menyentuh piring. Jangan tanya rasanya bagaimana, silahkan aja datang ke Pati.
Kalau hendak berburu nasi gandul yang nikmat, silakan menelisik Desa Gajahmati, yang terletak di sebelah selatan Terminal Bus Pati. Adalah Almarhum Pak Melet, yang hingga kini dipercaya sebagai orang yang memopulerkan nasi gandul ini. Memang, Pak Melet sendiri bukanlah pedagang pertama nasi gandul.

2. Soto Kemiri
Salah satu makanan khas dari Kabupaten Pati selain nasi gandul, adalah Soto Kemiri. Seperti soto dari daerah lain yang lebih dahulu dikenal masyarakat seperti Soto Kudus, Soto Kemiri juga menggunakan daging ayam (soto ayam). Makanan khas ini membutuhkan bumbu brambang (bawang merah), bawang putih, kencur, kemiri, lengkuas, jinten, merica, jahe, dan santan. Soto kemiri biasa disajikan tanpa penyedap makanan. Cara memasak soto kemiri pun tidak sulit, cukup menggunakan kuali dari bahan tanah liat serta dipanaskan dengan bahan bakar kayu. Salah satu cara menengarai soto khas Pati ini adalah aroma kemirinya yang lebih menonjol dan kuahnya lebih encer dibanding soto dari daerah lain. Cara penyajiannya pun unik, yaitu setelah mangkuk yang telah berisi nasi, irisan daging ayam, dan taoge lalu diberi kuah setelah itu kuah dari mangkuk tadi dituang kembali kedalam kuali, demikian diulangi beberapa kali sehingga rasa gurih bisa sangat terasa. Karena cara penyajian seperti ini Soto Kemiri juga dikenal sebagai Soto Kopyok. Lauk yang disajikan sebagai pelengkap sama seperti kebanyakan soto-soto ayam yang lain tapi yang membedakan adalah ukurannya, karena ayam yang digunakan adalah ayam dere maka ukurannya pun kecil-kecil sehingga kalo tidak terkontrol bisa menghabiskan sepiring lauk.
Spoiler for "nasi gandul":

Spoiler for "soto kemiri":

Spoiler for "runing test":
widiw emoticon-Genit
enak2 nih keknya emoticon-Genit
pati jawa tengah yah emoticon-Malu (S)
aku belum pernah kesana kk emoticon-Embarrassment
Blom pernah nyoba ane emoticon-Big Grin

Makanan Khas Kabupaten Pati follow gan... @T_Surya_H
ane suka nasi gandul gan, seger pake kuah emoticon-Big Grin



Hail kaskusQR
emang cita rasa paling endees di pati gan... gw sih asli pati.. tapi sekarang menetap di semarang emoticon-Matabelo jadi kangen rumah..emoticon-Bingung (S)
mau donk Gan.... emoticon-Request
kirim2 via JNE lah... emoticon-Big Grin
Sotonya enak tuh kayaknya
emoticon-Matabelo
jadi kangen waktu kuliah tiap minggu makan nasi gandul d maam yang adem uhmm gurihx
ane pernah ke pati sekali 'n udh pernah nyobain nasi gandul gan..
kta temen2 seh enak, tp pas ane nyobain mlah ngk suka gan..emoticon-Sorry
mgkin krena blm trbiasa kali ya..
mak nyus nich keliatannya..
Nasi gandul ky nya enak tuh emoticon-Matabelo
lucu2 namanya emoticon-Smilie
Quote:Original Posted By zhaa.anisa
mau donk Gan.... emoticon-Request
kirim2 via JNE lah... emoticon-Big Grin


Ntar ane kirim lewat tukang ojek aja ya ganemoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By arya.mrun
ane pernah ke pati sekali 'n udh pernah nyobain nasi gandul gan..
kta temen2 seh enak, tp pas ane nyobain mlah ngk suka gan..emoticon-Sorry
mgkin krena blm trbiasa kali ya..

mungkin agan gak suka sama santennya kaliemoticon-Ngakak

Quote:Original Posted By wolf.kris
emang cita rasa paling endees di pati gan... gw sih asli pati.. tapi sekarang menetap di semarang emoticon-Matabelo jadi kangen rumah..emoticon-Bingung (S)

Di Pati jalannya lagi rusak gan..
TUh di simpang lima Semarang banyak yg jual Nasi Gandul ganemoticon-Ngacir

emoticon-Ngacirngaciremoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2emoticon-Ngacir2
sotonya kecil banget mangkoknya
nasi gandul, gan..
favorit ane tuh
emoticon-2 Jempol
ijin nyimak gan
Buat laper tuh pict nya emoticon-Malu
bikin ngiler gan emoticon-Malu (S)