alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a10a90532acf8469000000/paradoks-kebebasan-dan-merdeka
Paradoks Kebebasan (dan Merdeka)
Halo, gan, ane cuman mau share artikel ane tentang apa yang sering kita sebut dengan paradoks.
Artikel ini ane tulis sendiri dengan usaha ane, tanpa menyontek dari manapun kecuali sebagai referensi.
Kalau mau baca langsung, bisa ke blog ane.

Quote:Oke. Kali ini ane mau bikin artikel yang sedikit serius. Artikelnya adalah tentang paradoks kebebasan. Untuk itu, mungkin kata-kata "ane" seperti pada artikel-artikel sebelumnya diganti dengan "saya" agar terlihat lebih profesional. Hahaha.

Yang pertama kali kita bahas adalah pengertian dari paradoks itu sendiri. Berdasarkan penjelasan Wikipedia, paradoks dapat disimpulkan sebagai berikut:
Suatu situasi yang timbul dari sejumlah premis (apa yang dianggap benar sebagai landasan kesimpulan kemudian; dasar pemikiran; alasan; (2) asumsi; (3) kalimat atau proposisi yg dijadikan dasar penarikan kesimpulan di dl logika), yang diakui kebenarannya yang bertolak dari suatu pernyataan dan akan tiba pada suatu konflik atau kontradiksi.
Contohnya adalah pada pernyataan berikut:

"Epimenides si orang Kreta mengatakan bahwa semua orang Kreta adalah pembohong"

Dari pernyataan tersebut, akan didapatkan beberapa premis yang mengarah kepada dua konklusi yang benar-benar berbeda. Premis tersebut adalah:
  • Jika apa yang dikatakan Epimenides benar, ia bukan pembohong
  • Jika Epimenides bukan pembohong, apa yang dikatakannya tidak benar (karena ia orang Kreta dan semua orang Kreta adalah pembohong)
  • Jika apa yang dikatakannya tidak benar, ia bukan pembohong


Maka, akan didapat dua konklusi dari premis-premis tersebut.

KONKLUSI PERTAMA:
  • Jadi, ia adalah pembohong dan bukan orang jujur.
  • Jika yang dikatakan Epimenides tidak benar, ia adalah pembohong.
  • Jika ia pembohong, apa yang dikatakannya tidak benar.
  • Jika apa yang dikatakannya tidak benar, itu berarti bahwa ia adalah orang jujur.



KONKLUSI KEDUA:
  • Epimenides adalah orang jujur dan bukan pembohong.

Dari jawaban tersebut, dapat disimpulkan bahwa pernyataan tadi secara serentak mengandung kebenaran dan kebohongan.

Untuk mempermudahnya, dapat melihat gambar berikut:
Spoiler for Boyle's Self Flowing Flask:

Inilah paradoks secara sederhana.

Yang kedua adalah kebebasan. Berdasarkan Wikipedia (lagi), kebebasan adalah kondisi dimana individu memiliki kemampuan untuk bertindak sesuai dengan keinginannya. Sedangkan merdeka adalah (1) saat di mana sebuah negara meraih hak kendali penuh atas seluruh wilayah bagian negaranya; dan (2) saat di mana seseorang mendapatkan hak untuk mengendalikan dirinya sendiri tanpa campur tangan orang lain dan atau tidak bergantung pada orang lain lagi.

Lantas, apa hubungannya antara paradoks dan kebebasan? Kebebasan, sebenarnya tidak boleh memiliki arti, sama halnya seperti kata "merdeka". Karena, jika mereka diberi arti, maka apakah mereka akan bebas?

Untuk simpelnya, kita lihat pengertian kebebasan di atas. Dari pengertian kebebasan di atas, maka saya boleh memaknai kebabasan sesuka saya. Saya bebas bertindak, dan tindakan saya adalah mengartikan kebebasan secara bebas. Namun, itu tidak bisa saya lakukan karena sudah "terkotakkan" oleh arti kebebasan tersebut.

Sedangkan untuk kemerdekaan, apakah patokannya adalah memegang kendali penuh serta terlepas dari penjajahan dsb, atau apakah patokannya kita bisa lepas dari orang lain? Karena pada kenyataannya, sebuah negara yang dikatakan merdeka, belum bisa merdeka sepenuhnya karena masih terjadi pemberontakan di dalamnya; atau karena pada kenyataannya kita tidak bisa terlepas dari orang lain (pada saat kita akan makan, memang kita masak sendiri, tapi peralatan memasaknya orang lain lah yang membuat).

Oke, sekian dari saya. Kalu mungkin menurut pembaca sekalian ada yang salah, ralat dari pembaca saya terima dengan lapang dada.

Referensi: Wikipedia


Dan ini ada tanggapan dari temen ane via FB kemaren...
Spoiler for Tanggapan:


Ditunggu tanggapan dari agan-agan sekalian...
Tanggapan yg bagus, bakal ane kutip di page one...
emoticon-Big Grin

Kalo ada yg mau emoticon-Blue Guy Cendol (L), ane gak nolak...
Pertamax ane reserved...
Nyimak dolo gan
nice share gan.
kayaknya berbobot nih emoticon-Big Grin
ijin nyimak gan.
moga jadi HT emoticon-Malu (S)
analisa yg bagus gan...
Quote:Original Posted By Mr.gelenks
Nyimak dolo gan

Oke, gan...
Hehehe...

Quote:Original Posted By audiwhite
nice share gan.

Yep...
Thx, gan...

Quote:Original Posted By 161209
kayaknya berbobot nih emoticon-Big Grin
ijin nyimak gan.
moga jadi HT emoticon-Malu (S)

Amiiinnn...
emoticon-Big Grin
Quote:Original Posted By lastikoendi
analisa yg bagus gan...


Sippp...
Thx, gan...
emoticon-Big Grin
ane bukan anak filsafat, tp menurut ane, kebebasan sejati itu ga ada..

Misal, ente merdeka.. bebas ngapain ajj,. tp, tiba2 ada yg mukul ente dari belakang (fisik) ente yg lg bebas ngapain ajj, jd mau ngapain? kabur? nusuk tu orang pake bt? mukul balik?.. bebas? ga.. ente udh diprogram dari jaman bahela.. klo ente ilang gigi, ente jg minta gigi.. mata balas mata.. nyawa balas nyawa?.. see?

ente ga akan sembarangan, dan ente seakan ga punya pilihan lain, katanya.. kalau ente liat bule? apa yg ada dipikiran? pasti bule yg paling jelek sekalipun akan terlihal lebih ganteng dari anjasmara dan gading martin... why? karena otak ente ga punya pilihan.. udh diprogram dari jaman bahela..

ane kira itu ajj, klo ada lg nanti ane edit.. emoticon-Embarrassment

mampir gan,
Spoiler for menggapai pertamax:
Quote:Original Posted By Branhact
ane bukan anak filsafat, tp menurut ane, kebebasan sejati itu ga ada..

Misal, ente merdeka.. bebas ngapain ajj,. tp, tiba2 ada yg mukul ente dari belakang (fisik) ente yg lg bebas ngapain ajj, jd mau ngapain? kabur? nusuk tu orang pake bt? mukul balik?.. bebas? ga.. ente udh diprogram dari jaman bahela.. klo ente ilang gigi, ente jg minta gigi.. mata balas mata.. nyawa balas nyawa?.. see?

ente ga akan sembarangan, dan ente seakan ga punya pilihan lain, katanya.. kalau ente liat bule? apa yg ada dipikiran? pasti bule yg paling jelek sekalipun akan terlihal lebih ganteng dari anjasmara dan gading martin... why? karena otak ente ga punya pilihan.. udh diprogram dari jaman bahela..

ane kira itu ajj, klo ada lg nanti ane edit.. emoticon-Embarrassment

mampir gan,
Spoiler for menggapai pertamax:

Udah gitu, logikanya aja, kalo kita bebas, kita juga harusnya bebas dipukul ataupun memukul.
Ya gak, gan..?