alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a0fc008027cf636e000005/keunggulan-tradisi-menikah-dengan-mahar-emas-di-aceh
Thumbs up 
Keunggulan Tradisi Menikah dengan Mahar Emas di Aceh.
Sorry masih Newbie..emoticon-Malu (S)
Ane posting Ulang karena tread ini tadi ane posting di Forum Adat dan tradisi..

Tapi Ane Posting lagi di Lounge..emoticon-Malu (S)
JAdi Selamat Menyimak,,

Spoiler for Pernikahan di Aceh:


Di Provinsi Aceh, menikah lazimnya menggunakan emas sebagai tanda yang diberikan oleh seorang suami kepada Istrinya pada saat akad nikah. Mahar ini diberikan sesuai dengan kemampuan sang Suami sendiri.

Majelis Adat Aceh sendiri menyatakan bahwa mahar terbaik adalah Alquran. Karena kemuliaan yang dibawa oleh Alquran sendiri, tetapi beban dan tanggung jawab yang sangat sulit dipikul. Atas pertimbangan itulah, sebagai pengganti Alquran sebagai Mahar, maka Majelis Adat Aceh dahulu kala menetapkan Emas sebagai Maskimpoi (mahar). Baik berupa Emas batangan atau emas perhiasan.

Spoiler for Emas batangan:

Spoiler for Perhiasan Emas:


Alasannya juga sangat sederhana yaitu layaknya emas, sang Istri layak untuk dimuliakan karena merunut pada Fungsi Istri yang sangat Sentral dan penting dalam rumah tangga. Dalam adat Aceh, Lelaki merupakan pemimpin tertinggi dalam Rumah tangga dan sangat dituntut untuk memuliakan IStri (wanita) yang fungsinya juga sangat penting dalam Pembinaan Rumah Tangga.

Spoiler for Penyerahan Mahar:


Menurut ane sendiri, ada begitu banyak manfaat Menikah dengan Mahar Emas ini :
1. Mahar Emas sebagai tanda Begitu seriusnya kita ingin menjalin Hubungan yang mulia (pernikahan) ini bersama Wanita impian kita. Layaknya Emas, Wanita juga wajib dimuliakan sebagaimana Allah telah memuliakan wanita, bahkan Allah mencantumkan Surah Annisa Sebagai salah satu Surah dalam Al Quran

2. Mahar Emas memang cenderung mahal, dengan harga saat ini ±Rp 1,5 juta / Mayam (1 mayam = 3,33 Gram). Tetapi mahalnya emas bukan penghalang seorang pemuda Aceh untuk menikah. Bahkan menjadi pendorong bagi pemuda Aceh untuk mencari sumber penghidupan dan pekerjaan yang layak sehingga mampu menikahi Gadis Tercintanya.

3. Sekadar Info, rata-rata mahar menikah di Aceh adalah 15 mayam (Rp 22,5 Juta), belum lagi biaya pernikahan lainnya.
Alih-alih menyulitkan, ternyata adat ini memiliki tujuan mulia, selain untuk memuliakan Wanita.
a. Pemuda yang mau menikah harus sudah bekerja, (kecuali ya keturunan Orkay).
b. Mahar ini bisa menjadi simpanan tersendiri bagi sang istri dan bisa menjadi back up keluarg (atas izin istri tentunya)
c. Dengan suami yang sudah memiliki pekerjaan tetap, diharapkan keluarga yang terbentuk nantinya bisa tetap hidup dalam kecukupan (bukan Kaya ya, tapi cukup). Sehingga terhindar dari jeratan ekonomi, apalagi di masa2 sulit seperti sekarang.
d. Mahar yang berat, memupuk jiwa pekerja keras bagi sang calon suami, sehingga ketika menikah, jiwa ini tetap melekat dengan semangat untuk menghidupi keluarga

4. Alasan lain adalah, mengurangi kasus perselingkuhan, karena sang calon suami sadar sekali bagaimana sulitnya dia menikahi seorang gadis saja.

5. Menjadi penghalang Poligami

6. Mengurangi gugat cerai oleh Istri atas alasan apapun karena dalam Islam, jika Sang Istri menggugat cerai suami, setelah Gugat Cerai dikabulkan Hakim Agama, maka Sang Istri Wajib mengembalikan Mahar yang dulu diberikan oleh suami saat Menikah.

Bagi agan-agan yang mau nambahin, monggo yaa..

Jangan Lupa di kasih emoticon-Blue Guy Cendol (L) yaa..
Ane baca dolo gan
selain harus katam Al Qur'an ternyata juga menggunakan emas sebagai ganti Al Qur'an. . . Bangga ane sebagai orang campuran dr aceh. . .



oh jd bgt ya gan emoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Best Regards,
WSSChanger

cendol buat TS

6. Mengurangi gugat cerai oleh Istri atas alasan apapun karena dalam Islam, jika Sang Istri menggugat cerai suami, setelah Gugat Cerai dikabulkan Hakim Agama, maka Sang Istri Wajib mengembalikan Mahar yang dulu diberikan oleh suami saat Menikah.

yg poin 6 ini apa ada dalil nya bang ?
owh gitu ya gan baru tau ane. kep posting gan...
"CEWEK ACEH MAHAL" itu kata temen saya yang mau ngelamar anak aceh emoticon-Ngakak
sayang liad temen saya yang dari luar aceh terganjel msalah mahar emoticon-Ngakak

ane jadi bangga kalo cewek aceh mahal maharnya soalnya saya orang aceh emoticon-Malu (S)
wah gitu tow gan
luar biasa deh
ga mahal kok Bro..

itu cuma jaminan, karena nikah itu bukan cuma modal cinta aja bro..
bukan kemapanan yg dituntut,, tp mampu ga..?
kdg org siap di batin, ba siap di lahir..
itu aja sihh..
Maaf telat reply..
ga smpat ngaskus..hehehehe..
coba buka Kitab Fikih Islam ttg Pernikahan..kita kan nikahnya secara Islam,,
wah tentang nikah di Aceh, ane pernah denger lho, sodara ane dari ibu ada yg maharnya 100 mayam, dan bikin ane shock ;(
Salam kenal gan sama-sama dari aceh nih
Btw agan aceh nya di banda apa dimana?
wah cuma ada d sana doang ya berarti
banyak bagusnya ternyata ya. hukum adat aceh yang kelihatannya rada berat justru mengikat pernikahan dengan konsekuensi yang lebih logis dan manusiawi ketimbang cara nikah Masa kini yang I life with you by love.emoticon-Ngakak
×