alexa-tracking

Mengapa Raja hutan itu...Singa. Kenapa bukan Macan ?

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a0b125552acfa305000002/mengapa-raja-hutan-itusinga-kenapa-bukan-macan
Mengapa Raja hutan itu...Singa. Kenapa bukan Macan ?
Spoiler for No Resport:

Iya yah aneh, padahal yang tinggal di hutan itu macan bukan singa. Singa lebih sering tinggal di savana.
Mungkin karena singa mempunyai rambut yang tebal di sekitar kepalanya itu dikenal dengan nama mahkota (crown) yang disebabkan bentuknya seperti mahkota (crown) jadi singa disebut raja hutan.

Dalam kepercayaan china, macan juga lebih tinggi dari singa. Ada dongeng loh :
Kita sering terheran dengan simbol-simbol mitologi China karena di mana pun di dunia, raja dari segala binatang adalah singa, bukan macan. Konon, menurut legenda China pada zaman dahulu kala, singa termasuk salah satu shio dari 12 binatang dalam kepercayaan masyarakat China. Tidak ada macan.

Karena singa itu terlalu kejam, Dewa Utama mau menyingkirkan singa dari struktur shio. Tetapi Dewa Utama tidak bisa begitu saja melakukannya karena singa adalah raja dari segala raja binatang. Kalau singa mau disingkirkan, perlu binatang baru untuk mengontrol binatang-binatang yang ada. Dia teringat sama macan.
Macan sendiri adalah makhluk yang tidak penting di dunia manusia, lanjut legenda yang ada. Namun, ketika macan belajar keahlian bertarung dari kucing, sang macan menjadi ksatria gagah berani. Semua binatang yang menantang dia akan mati atau luka parah sekali. Macan yang selalu menang dalam perkelahian menjadi terkenal karena keahliannya.

Karena macan menjadi sangat terkenal, Dewa Utama memanggilnya ke kahyangan. Setibanya di sana, macan pun berhasil mengalahkan semua ksatria Dewa Utama. Setelah memenangkan semua pertempuran, macan pun menjadi salah satu ksatria penting Dewa Utama.

Aksara raja

Namun, setelah macan menjadi salah satu ksatria penting Dewa Utama, binatang-binatang di dunia mulai menyerang manusia karena kurangnya pengawasan. Berbagai kejadian telah menarik perhatian Dewa Utama, dan kemudian memerintahkan turun ke bumi untuk melindungi umat manusia.

Macan kemudian meminta persyaratan untuk setiap perkelahian yang dimenangkan, ia ingin mendapat penghargaan. Permintaannya dikabulkan oleh Dewa Utama. Setelah tiba di bumi, macan mempelajari kalau singa, beruang, dan kuda adalah binatang paling kuat. Macan menantang semua dan menang.

Ketika berbagai makhluk jahat mendengar kemenangan macan, semua bersembunyi di hutan yang tidak berpenghuni dan tidak pernah terlihat lagi. Seluruh umat manusia berterima kasih kepada macan karena mengalahkan makhluk-makhluk jahat.

Macan pun kembali ke kahyangan. Karena macan telah menang tiga kali, Dewa Utama menempatkan tiga garis utama di kening sang macan. Lewat beberapa waktu, dunia kembali dikacaukan oleh seekor kura-kura yang memiliki kekuatan magis jahat. Bumi dibanjiri air bah oleh kura-kura tersebut.

Macan kembali dikirim ke bumi dan membunuh kura-kura jahat tersebut. Dewa Utama kemudian memberikan penghargaan dengan menambah garis horizontal di tengah tiga garis yang dihadiahkan di kening macan. Penambahan garis ini membentuk aksara China ”wang” yang berarti raja. Aksara kanji ”wang” ini sampai sekarang masih terlihat di kening macan.

Ketika Dewa Utama mendengar kebrutalan singa di dunia, diputuskan status shio singa dicopot dan macan dipilih untuk menggantikan singa dalam strata shio kepercayaan China. Selain memiliki status shio, macan pun dinobatkan sebagai raja dari segala binatang. Macan dalam legenda China disimbolkan sebagai peredam kekacauan yang terjadi di bumi.

Dan satu lagi :
Seorang anak kecil baru saja selesai menonton acara National Geographic dan bertanya pada orang tuanya : “Mama, kenapa singa di sebut raja hutan? Kan dia tinggalnya bukan di hutan. Yang tinggal di hutan itu kan harimau. Kenapa bukan harimau yang menjadi raja hutan? “.

Dan aku pun bertanya-tanya akan hal yang sama -> lalu mulai menelurusi google

**

beberapa jawaban yang berhasil di himpun, dengan terjemahan ala kadarnya

(*) Tidak ada singa yang hidup di hutan. Mereka disebut raja hutan untuk menunjukkan bahwa mereka berada di puncak rantai makanan di Savana

(*) Singa tidak hidup di hutan, mereka hidup di Savana. Harimaulah yang hidup di hutan. Singa dan harimau akan sangat sering berkelahi. Harimau jauh lebih besar dibandingkan singa. Harimau adalah raja hutan (jungle), singa raja savana, dan beruang adalah raja hutan (woods).

(*) Sebenarnya terdapat singa di tempat lain selain di Afrika, yakni di hutan-hutan di India. Jadi, mereka memang hidup di hutan di tempat itu.

(*) Karena rambut yang tebal di sekitar kepalanya itu dikenal dengan nama mahkota (crown) yang disebabkan bentuknya seperti mahkota (crown) -> berarti hanya singa jantan dong yang jadi raja

Sumber :
http://bom2000.com/macan-raja-yang-m....html#more-145
http://watergius.wordpress.com/2011/...nga-raja-hutan

Spoiler for Gak nerima ini:

Spoiler for Kalo boleh:
ia juga sih
padahal tiger juga ada yang bisa ngalahin singa
jadi inget Game Bloody Roar emoticon-Ngakak
Mungkin karna Singa aumannya lebih keras gan dari pada macan.. emoticon-Bingung
di film2 kan gitu, singa mengaung keras bgt trus seluruh hewan pada tunduk. Kalo macan mengaung hewan2 pada lari.. emoticon-Hammer2
Penjelasan nya bagus juga nich gan menambah wawasan ane ane rasa emank bener gan kenapa sing yah bukan macan kalo dipikir-pikir lagi!!! ato karena macan ga ada apa di negera yang mengganggap Singa Raja Hutan??
nih gan, di youtube juga udah ada perdebatannya siapa yang lebih kuat
[YOUTUBE]
[/YOUTUBE]

semoga bisa jadi bahan referensi buat agan sekalian emoticon-Malu
Mungkin karena singa lebih keren kali yaa wujudnya emoticon-Matabelo
Quote:


iya gan emoticon-Sorry
Quote:


iya mungkin gan karna klo singa klo diliat agak garang dari pada macan emoticon-Berduka (S)
karna singa terkena sipilis
mungkin ini bisa membantu gan hehehe

http://filsafat.kompasiana.com/2013/...an-537811.html
ceritanya kaya kungpu panda ya gan..wkwkwk
hm..... ane juga kadang bingung gan
Quote:


kata siapa? Ngarang aja emoticon-Nohope
Ada yang manggil saya ya?
Quote:


ngaco
nice share gan!
btw, ane jg sering tuh mikir kayak gitu!
Ane lebih setuju yang paling raja adalah Gajah emoticon-angel
mungkin singa lebih besar dari pada macan
Kalo menurut ane sih gan singa kenapa raja hutan itu lebih dilihat bukan ke 'hutan' atau 'savana'nya tapi ke sifatnya ya. Kalau macan itu hidupnya nggak berkelompok gan mereka sendiri-sendiri aja sementara kalau singa itu kemana-mana berkelompok dan selalu ada alpha nya gan. Mungkin itu yang bikin singa dibilang raja hutan. Raja kan selalu ada rakyatnya dan memerintah gitu istilahnya.