alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/51a05b076312434f3e000001/arti-warna-bendera-dalam-balapan
Arti Warna Bendera dalam Balapan
Ya akhirnya si nubi yang unyu-unyu ini *eh lupakan* hadir lagi dengan trit baru. Setelah sekian lama bertapa di puncak mahameru *ceilah* akhirnya ketemu juga ide buat bikin ide ini. Ya walaupun ane gak pernah nonton balapan sih, ya semoga aja trit ini bermanfaat buat agan-agan sekalian.

Jangan lupa buat ngasih
Spoiler for :


Atau gak
Spoiler for :


Ane gak menerima
Spoiler for :



Langsung aja, cekidot


Dalam balap Formula 1 (F1) atau Moto GP, terdapat bermacam-macam bendera balap yang berfungsi untuk memberi tahu pesan penting kepada para pembalap yang sedang berpacu dalam lintasan lomba. Bendera ini biasanya dikibarkan oleh para marshal di sekeliling lintasan agar dapat dilihat dengan jelas oleh para pembalap. Penggunaan bendera ini juga berlaku di dunia balap Internasional lainnya dan digunakan hampir di semua balapan dunia otomotif, bukan hanya dalam Formula 1 (F1) atau Moto GP saja.

Namun, khusus dalam balap Formula 1, karena pembalap memacu mobil balapnya dengan kecepatan yang sangat tinggi, maka tentu akan sulit bagi pembalap tersebut untuk melihat bendera yang sedang dikibarkan. Untuk menjawab permasalahan ini, sebuah display khusus dalam setiap kokpit pembalap yaitu GPS Marshalling System dibuat.

Display ini akan menyala sesuai dengan warna bendera balap yang dikibarkan dalam sirkuit. Dengan diciptakannya sistem ini, maka para pembalap pun sangat terbantu untuk mengetahui pesan dari pengawas perlombaan secara efektif. Berikut warna-warna bendera yang digunakan dan makna atau pesan dibalik dikibarkannya bendera tersebut.



1. Bendera Papan Catur (Chequered Flag)

Spoiler for Nih gan:


Bendera ini menyatakan bahwa perlombaan telah usai. Dalam latihan dan sesi kualifikasi, bendera ini dikibarkan jika waktu untuk latihan dan sesi kualifikasi telah habis. Sedangkan ketika lomba, bendera pertama kali dikibarkan kepada pemenang lomba, kemudian kepada setiap pembalap yang berada di belakangnya.


2. Bendera Kuning

Spoiler for Nih gan:


Menandakan bahaya, seperti misalnya ada mobil atau motor yang rusak dan berada di tengah lintasan balap. Jika 1 bendera kuning dikibarkan, berarti setiap pembalap harus memperlambat lajunya. Sedangkan ketika 2 bendera kuning dikibarkan sekaligus, berarti para pembalap harus memperlambat lajunya dan bersiap berhenti jika diperlukan. Selain itu, pembalap dilarang menyalip pembalap lain ketika bendera ini dikibarkan, jika melanggar maka akan mendapat ganjaran hukuman.


3. Bendera Hijau

Spoiler for Nih gan:


Bila bendera ini dikibarkan, maka menandakan bahaya telah teratasi. Pembalap telah melewati bahaya dan larangan pada bendera kuning pun dicabut.


4. Bendera Merah

Spoiler for Nih gan:


Jika bendera ini dikibarkan, maka perlombaan akan dihentikan. Bendera ini biasanya dikeluarkan jika terjadi kecelakaan yang fatal atau kondisi lintasan atau cuaca yang buruk. Namun dalam balap Moto GP, sekarang jika hujan turun saat balapan tidak lagi dikibarkan bendera merah, para pembalap langsung menuju pit untuk mengganti ban sesuai kebijakan tim.

5. Bendera Biru

Spoiler for Nih gan:


Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa dia akan di over lap. Pembalap yang mendapat petunjuk ini juga harus membiarkan pembalap lain yang akan meng-over lap untuk menyalipnya. Jika pembalap tersebut tidak mengindahkan petunjuk ini sampai maksimal 3 kali, maka pembalap tersebut akan mendapat hukuman. Petunjuk ini juga ditempatkan pada ujung tempat keluar dari pit ketika ada pembalap lain yang berada dalam lintasan mendekat.


6. Bendera Garis Kuning dan Merah

Spoiler for Nih gan:


Bendera ini dikibarkan untuk memberi tahu pembalap bahwa lintasan menjadi licin, biasanya disebabkan oleh oli atau minyak yang tercecer atau ketika hujan turun.


7. Bendera Hitam dengan Lingkaran Berwarna Jingga di Tengah

Spoiler for Nih gan:


Biasanya dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia mengalami masalah mekanis dan ia harus segera kembali ke dalam pit.


8. Bendera Hitam Putih

Spoiler for Nih gan:


Juga dikibarkan bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, bendera ini digunakan untuk memberi peringatan kepada pembalap bahwa ia melakukan tindakan yang kurang sportif atau curang. Jika pembalap tidak memperdulikan peringatan ini, maka pembalap tersebut akan menerima bendera hitam.


9. Bendera Hitam

Spoiler for Nih gan:


Dikibarkan juga bersamaan dengan nomor salah seorang pembalap, berarti bahwa pembalap tersebut harus kembali ke dalam pit. Bendera ini juga sering berarti bahwa pembalap tersebut didiskualifikasi dan dikeluarkan dari lomba.


10. Bendera Putih

Spoiler for Nih gan:


Bendera ini dikibarkan untuk memberi peringatan bahwa safety car berada dalam lintasan. Dalam balap Moto GP, bendera ini jarang sekali dikibarkan, bendera putih dalam Moto GP berarti pembalap harus masuk ke dalam pit untuk mengganti ban karena perubahan kondisi cuaca dan lintasan.





Finally tritnya selesai juga hehehe. Ternyata bikin capek ya gan emoticon-Ngakak
Ya sekian trit abal-abal dari nubi yg unyu-unyu ini. Mohon dimaafkan apabila ada salah kata atau repost. Wassalam
apakah pertamax?
Sesama neewbie dilarang salip menyalip emoticon-Ngakak

lownbendera kuning berati ada orang meninggal gan emoticon-Ngakak
Haha nais inpoh gan
Infonya menarik gan.
Pengetahuan baru nih.
Quote:Original Posted By specialdena
lownbendera kuning berati ada orang meninggal gan emoticon-Ngakak


Ya itu mah beda lagi gan emoticon-Cape d...
Quote:Original Posted By specialdena
lownbendera kuning berati ada orang meninggal gan emoticon-Ngakak



emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By widjaja.x
Sesama neewbie dilarang salip menyalip emoticon-Ngakak



Jiahaha mentang-mentang tritnya ttg balapan, makanya menyalip segala emoticon-Ngakak
Quote:Original Posted By tanwrestra1
Haha nais inpoh gan



Makasih gan emoticon-Kiss
baru tau ternyata banyak juga benderanya emoticon-Malu:
ane kira cuman ada 3 emoticon-Big Grin
bendera kotak-kotak catur, merah dan kuning emoticon-Embarrassment
soalnya cuman itu doang yang pernah liat di tipi emoticon-Big Grin
taunya yang kotak kotak doang gan emoticon-Big Grin
Wahaha iya nih. Ane suka nonton balapan, tp gatau mksd dr bendera nya
nais ipoh gan emoticon-thumbsup
baru tahu gan,, emoticon-Matabelo

nitip lapak ya gan,, emoticon-Cool
Quote:Inilah yang terjadi ketika IPA dan IPS dihapus
Eyang Subur dan Ahmad Fathanah, siapa yang lebih Laki ?
Akun facebook resmi presiden SBY
emoticon-Matabelo
Ternyata banyak juga jenis bendera yang digunakan...
Yang pernah ane lihat di balapan motoGP cuma yang untuk awal start sama finish sama yang merah itu saja


Nais inpoh btw
By obivious emoticon-Big Grin
udah tau gan..tapi koq ada yg warnya bru ane tau yak??
Kalo bendera Merah berarti hijau berarti ada si Komo lewat gan..
×