alexa-tracking

Main Content

1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/519ec526631243f57c000001/amankah-perhiasan-pada-bayi
Thumbs up 
Amankah Perhiasan Pada Bayi ?
Sebagian orang tua menginginkan penampilan bayinya menarik dan menggemaskan, selain itu orang tua juga harus memperhatikan keamanan dan kesehatan pemakaian perhiasan pada bayinya.
Apabila melihat bayi, baik laki-laki maupun perempuan yang lucu, imut, dan menggemaskan pastilah sangat menyenangkan bagi semua orang. belum lagi jika bayi-bayi mungil tersebut dihiasi dengan perhiasan-perhiasan yang akan menambahkan daya tarik bayi-bayi tersebut.
Sebagian besar orang tua akan memakaikan perhiasan pada bayinya, terutama bayi perempuan. bahkan memakaikan perhiasan pada bayi perempuan seperti sudah menjadi tradisi dalam masyarakat. perhiasan yang biasa dipakaikan adalah anting dan cincin. namun adapula yang mengenakan gelang tangan, gelang kaki dan kalung, walaupun tak banyak. lalu bagaimanakah perhiasan yang aman untuk bayi ?
Menurut DR. Dr. Rini Sekartini Sp.A(K), mengenakan perhiasan pada bayi boleh saja dilakukan. tetapi harus diperhatikan keamanan perhiasannya dan kebersihannya. biasanya bahan perhiasan yang dikenakan pada bayi terbuat dari emas atau emas putih, karena bahan tersebut lebih aman dibandingkan bahan plastik. perhiasan yang terbuat dari emas pun relatif aman jika dibandingkan dengan perhiasan yang terbuat dari perak atau platinum.

Kriteria Aman
Sebenarnya selain mengenakan perhiasan dari bahan yang aman pada bayi, hal lain yang menjadi pertimbangan orang tua menyangkut perhiasan adalah bentuknya.. perhiasan sebaiknya jangan terlalu kecil dan terlalu besar. lebih tepatnya kenakan perhiasan yang tidak mudah dijangkau oleh bayi. perhiasan yang dikenakan oleh bayi pun sebaiknya harus pas dengan anggota tubuhnya, seperti jari, pergelangan tangan atau kaki dan bentuk kepalanya.
Dalam pemakaiannya sehari-hari, sebaiknya perhiasan sering-sering dilepas. jangan memakaikan perhiasan terus menerus tanpa melepasnya sesekali. perhiasan yang dikenakan terus-menerus akan terpapar oleh sabun dan shampo sehingga menjadi rusak. apabila perhiasan tersebut rusak, misalnya berkarat, maka akan berbahaya untuk bayi. mungkin saja kulit bayi akan merah dan gatal akibat iritasi.
Bayi suka sekali memasukan jari-jarinya ke dalam mulut, menjilati dan menggigitnya. oleh karena itu, disarankan sebaiknya orangtua selalu memperhatikan keberadaan atau keadaan perhiasan yang dikenakan pada bayinya. perhatikan apakah salah satu antingnya ada yang hilang, atau ada bagian gelang yang sedikit gompal. hal ini perlu diwaspadai karena bisa saja bayi anda memasukkan ke mulut, hidung, atau telinganya.

Ekstra Hati-Hati
Terakhir, utamakan keselamatan buah hati anda. alih-alih menginginkannya tampil cantik dan menggemaskan, tapi malah bahaya yang dituai. disarankan agar orangtua harus ekstra hati-hati ketika buah hati kita memakai perhiasan. jangan sampai perhiasan itu malah menjadi "tamu tidak diundang" yang bisa membahayakan keselamatan bayi. perhiasan yang berlebihan tidak jarang akan memunculkan niat jahat seseorang dan memicu orang lain untuk mengambilnya. oleh karenanya, gunakanlah perhiasan secara wajar, pas dengan tubuh bayi, dan terbuat dari bahan yang aman. dengan demikian, buah hati anda akan semakin cantik dipandang. (DK)

Sumber : Graha XAMthone