alexa-tracking
Selamat Guest, Agan dapat mencoba tampilan baru KASKUS Masih Kangen Tampilan Sebelumnya
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
[ Belajar Buat Thread ] Stasiun KA Non Aktif [ Mati ] Di Magelang - Secang - Parakan
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/519ae341be29a0fa2d000001/belajar-buat-thread--stasiun-ka-non-aktif--mati--di-magelang---secang---parakan

[ Belajar Buat Thread ] Stasiun KA Non Aktif [ Mati ] Di Magelang - Secang - Parakan

Spoiler for Stasiun Muntilan :


Bangunan Eks Stasiun Muntilan Kini Beralih Fungsi Menjadi Terminal Drs. Prajitno Muntilan

Spoiler for Stasiun Mertoyudan :


Stasiun ini pernah digunakan oleh PDAM.Entah Digunakan Oleh Siapa Saat Ini...Yang Jelas Di Depan Eks Stasiun Mertoyudan Berdiri Warung Bubur Ayam Stasiun.

Spoiler for Stasiun Kebon Polo :


Kini bekas stasiun Kebon Polo difungsikan sebagai sebuah subterminal yang melayani angkutan dalam kota

Namun sekarang kondisi stasiun tersebut tidak terawat lagi. Lembaga atau instansi yang membawahi keberadaan situs itu, tak jelas. Pemkot selama ini meminjam aset PT KAI untuk dimanfaatkan menjadi terminal.

Spoiler for Stasiun Secang :


Di stasiun Secang merupakan stasiun paling strategis di seputar Magelang dan Temanggung. Hal ini karena posisinya yang berada di 3 jalur, yaitu antara Magelang, Temanggung/Parakan dan Ambarawa/Willem I. Karena begitu strategis nya maka Stasiun Secang lebih luas dan memiliki jalur perlintasan lebih banyak Apalagi jenis loko yang melayani jurusan ke Ambarawa juga beda di karenakan memakai rel bergerigi untuk melewati tanjakan di wilayah pegunungan.

Berdasarkan papan nama yang ada di lokasi, stasiun Secang saat ini digunakan sebagai Gedung Purna Bakti Kecamatan Secang sedangkan bekas ruang loket penjualan tiket digunakan untuk kantor Pepabri serta Legiun Veteran RI Kecamatan Secang. Meskipun demikian, bangunan bekas stasiun ini nampak tidak terawat. Sebagian rangka atap dan daun pintunya sudah lapuk, beberapa jendela ditutupi dengan papan kayu, di beberapa sudut lantai stasiun juga nampak ditumbuhi rerumputan. Hal ini semakin diperparah dengan digunakannya emperan stasiun sebagai tempat parkir untuk truk gandeng yang berukuran cukup besar.

Di bekas stasiun ini, selain dijumpai bangunan bekas stasiun juga dijumpai gudang stasiun dan deretan rel yang terbagi dalam 3 jalur. Seperti kebanyakan tanah-tanah PT. KAI yang lainnya, di bantaran rel stasiun Secang ini sudah banyak didirikan rumah-rumah permanen.

Spoiler for Stasiun Kranggan :


Antara Stasiun Secang menuju Temanggung melewati stasiun kecil yaitu Stasiun Kranggan. Stasiun Kranggan juga berfungsi mengangkut hasil bumi masyarakat sekitar. Di stasiun ini juga pernah menjadi saksi tergulingnya gerbong kereta yang terlepas dari lokonya. Peristiwa ini membawa korban yang sangat banyak.

Spoiler for Stasiun Parakan :


Spoiler for Stasiun Parakan :


Stasiun Parakan merupakan stasiun awal dan akhir bagi kereta api jalur Temanggung-Parakan. Pada masanya, stasiun ini memiliki peran penting dalam pengangkutan tembakau dan hasil bumi lainnya.

Stasiun Parakan terlihat cukup catchy karena dicat dengan warna pink alias merah muda. Bentuk bangunannya pun sangat istimewa apabila dibandingkan stasiun-stasiun yang dikunjungi oleh tim DDS sebelumnya. Di bagian depan sebelah kiri nampak ada bangunan tambahan untuk menambah luasan ruang bekas stasiun yang saat ini digunakan sebagai Pos Pelayanan Properti PT. KAI di Parakan.

Spoiler for Stasiun Kedu :


Stasiun Kedu terlihat lebih bersih dan cukup terawat. Stasiun yang terletak di pinggir jalan raya dan persawahan ini sekarang digunakan sebagai Kantor Pepabri Kedu. Selain bentuk stasiun yang kemungkinan sudah diubah lebih ‘modern’, bekas rel yang sudah diubah menjadi pagar pembatas, terdapat pula alat pemberi sinyal yang terletak di bagian tengah stasiun.

Spoiler for Stasiun Temanggung :


Stasiun yang memiliki design sama dengan stasiun Parakan ini merupakan stasiun yang kondisinya paling sejahtera dibandingkan stasiun yang lain. Stasiun Temanggung atau yang sekarang disebut dengan Gedung Juang 45 ini sekarang digunakan untuk kantor salah satu instansi pemerintah di Kabupaten Temanggung. Terdapat penambahan bangunan di sebelah kanan stasiun yang dibangun menempel stasiun dan bentuk bangunannya menyesuaikan bangunan stasiun sehingga tidak terlalu mencolok dan mengesankan bahwa bangunan tsb adalah bangunan baru.

Spoiler for Stasiun Payaman :


Stasiun Payaman terletak tidak jauh dari pasar Payaman. Bentuk bangunan yang biasa dan juga papan nama stasiun yang telah dicat putih menyamarkan bangunan eks stasiun ini. Jika diperhatikan dengan seksama, mungkin malah akan dikira sebagai rumah tua biasa.

Stasiun ini sepertinya dimanfaatkan oleh warga untuk parkir kendaraan karena di sebelah bangunan stasiun yang tadinya terbuka kini sudah ditembok rapat dengan batu bata. Jejak spoor di sekitar stasiun masih bisa ditemui dengan adanya rel yang masih tersisa di sana dan juga palang besi yang konon digunakan untuk parkir spoor.
Diubah oleh Eikichi_Onizuka
Urutan Terlama

PertamaGS!!!!!!!

PERTAMAXXXXemoticon-Belomatabeloemoticon-Belomatabeloemoticon-Beloberdukasemoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-Berduka (S)emoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesiaemoticon-I Love Indonesia
yg ane tahu cuma Kebon Polo krn deket dan bekas Stasiun Muntilan emoticon-Cape d... (S)
yg lainya kgk tau emoticon-Bingung (S)
banyak juga di magelang stasiun2 yg udah gak di pakai lagi...
stasiun temanggung doang yg keliatan masih bagus emoticon-Baby Boy 1
Quote:


Dan Juga Terawat Gan
halo gan! emoticon-shakehand
TS orang mana nih?? emoticon-Kagets
ane dari Muntilan gan! emoticon-Big Grin
btw, stasiun Blabak kok gak ada gan?? emoticon-Bingung (S)
================================
[edit] mungkin maksud TS, st. Mertoyudan disini adalah st. Blabak yg ane maksud.. soalnya setelah ane amatin pict-nya, mirip kawasan st. Blabak gan.. emoticon-Embarrassment
Spoiler for pabelan:
Diubah oleh Mr.Woo
jalanannya sepi gitu ya gan.. ga kaya di jakarta nih.... semua jalanan pasti banyak kendaraan bermotor
nice trit gan... semoga bisa mengingatkan kita akan sejarah gan...
Quote:


ane orang jogja gan.....

Spoiler for Stasiun Blabak:


Stasiun ini juga sudah berubah fungsi jadi warung dan tempat jualan pulsa. Namun, posisi stasiun ini sangat jelat terlihat. Alignment jalan raya jelas menghindari kompleks emplasemen stasiun ini. Stasiun Blabak ini memiliki 3 sepur, dan merupakan stasiun pulau. Dulunya stasiun ini digunakan untuk mengangkut (bongkar muat) ke Pabrik di Blabak (Pabriknya masih ada, yaitu Pabrik Kertas Blabak,, dulu ada jalur menuju ke Pabrik atau gudangnya,, ). Sisa timbangan masih ada.

[ Belajar Buat Thread ] Stasiun KA Non Aktif [ Mati ] Di Magelang - Secang - Parakan

Eks Stasiun Blabak Terdapat eks timbangan kereta. Stasiunnya sudah digusur. Sedangkan, sisa jalur masih terlihat.

berubah fungsi jadi warung dan tempat jualan pulsa.satu-satunya stasiun pulau di jalur Magelang – Jogja yang sekarang bangunannya sudah hilang demi pelebaran jalan.

Stasiun Mertoyudan Beda Sama Stasiun Blabak Gan
wawww ane izin
nyimak dolo yee
sayang kok gak berfungsi lagi ya, kalo masih kan gak usah jauh2 ke kota lain cari stasiun
keren gan.. emoticon-Matabelo
coba sampe sekarang masih ada stasiunnya, pasti magelang rame banget deh.. emoticon-Smilie
ngmong2 kok sbgian stasiun yg ga dpake malah dmanfaatin warga ye?
bukanya hak bngunan msh dpegang pt.kai??
andai bisa beroprasi lagi ya gan,
pasti seru tu, ada kreta lewat magelang
gambar kagak muncul nih ..
pernah liat gan
Blm pernah liat gan
ane tau tempat ini
sayang yah dah pensiun stasiunnya..


×
GDP Network
Copyright © 2018, Kaskus Networks, PT Darta Media Indonesia.
Ikuti KASKUS di