SuicideSilenceAvatar border
TS
SuicideSilence
Original Solution – Menjual Produk Asli agar Bisa Unggul dari Kompetitor


Netpreneur.co.id - Terdorong oleh perkembangan teknologi internet yang pesat, Yuliadi melebarkan pangsa pasar bisnis offline-nya ke dunia maya. Pemilik toko Jual Beli online Original Solution inipun memaksimalkan fungsi situs bisnisnya. Bahkan, Yuliadi rela merogoh kocek dalam-dalam untuk menyewa jasa web designer dan pakar IT. Hasilnya, aksesori gadget dan ponsel yang ditawarkan Original Solution ditampilkan dalam situs yang user-friendly. Berikut petikan wawancara Netpreneur dengan Yuliadi.

Netpreneur (N): Bagaimana cerita awal Yuliadi merintis Original Solution?
Yuliadi (Y): Bisnis ini dimulai pada tahun 2008. Pada saat itu, saya menjalankan bisnis secara offline dengan membuka toko di daerah Roxy, Jakarta Utara. Tahun 2011, saya membuka dua cabang toko Original Solution untuk mengakomodir buyer yang tersebar di seluruh daerah Jakarta. Sampai saat ini, Original Solution memiliki 3 toko.

N: Siapa yang menginspirasi Yuliadi untuk berwirausaha menjual aksesori gadget dan ponsel?
Y: Kakak saya. Sebenarnya, kakak sayalah yang pertama kali berdagang aksesori gadget ini. Saya mulai belajar berdagang dari kakak saya yang juga berjualan aksesori ponsel. Akhirnya, saya memutuskan untuk juga berdagang dan membuka toko sendiri.

N: Mengapa memilih produk aksesori asli?
Y: Banyak alasan saya memilih produk asli. Pertama, kompetitor yang mendagangkan aksesori palsu jumlahnya banyak. Artinya, persaingan pun lebih tinggi. Kedua, saya ingin menciptakan branding tersendiri terhadap toko saya. Saya ingin membangun citra dan pandangan di masyarakat bahwa ketika mereka membutuhkan barang aksesori asli, mereka akan membeli di Original Solution. Ketiga, menjual barang palsu cenderung repot. Saya akan “kejar-kejaran” dengan aparat jika ada razia. Alasan-alasan inilah yang membuat saya mengambil keputusan untuk menjual produk asli.

N: Yakinkah orang akan membeli aksesori asli yang berharga tinggi?
Y: Awalnya saya memang takut tidak akan ada orang yang mau membeli karena em>buyer selalu mencari barang dengan harga murah. Namun seiring berjalannya waktu, em>buyer merasakan keuntungan dari penggunaan aksesori asli. em>Buyer memang merasakan manfaat dari produk asli dan tidak merasa dibohongi karena telah membeli dengan harga mahal. Karena produk asli tersebut berkualitas baik, akhirnya banyak juga em>buyer yang membeli lagi di toko saya.



N: Dari kalangan mana saja konsumen Original Solution?
Y: Pedangang ritel dari dalam dan luar kota, serta em>buyer yang menggunakan gadget atau ponsel secara langsung.

N: Dari mana Yuliadi memasok aksesori asli?
Y: Saya mengambil dari distributor lokal yang ada di Indonesia. Jika ada produk yang tidak memiliki distributor di Indonesia, saya mengimpor langsung dari luar negeri.
Yuliadi, perintis dan pemilik Original Solution

N: Apa yang membuat Yuliadi memutuskan untuk membuka cabang Original Solution?
Y: Banyak buyer yang merasa jauh jika harus menempuh perjalanan ke daerah Roxy. Jadi, saya membuka dua toko lagi di daerah Kuningan dan Cempaka Mas untuk mengakomodir em>buyer yang tinggal di daerah tersebut.

N: Kapan mulai melebarkan bisnis secara online?
Y: Tahun 2009. Di tahun tersebut, saya membuat website Original Solution. Untuk berjualan di situs jual-beli online sendiri baru dilakukan beberapa bulan yang lalu.

N: Mengapa melebarkan berbisnis ke dunia online?
Y: Saya melihat bahwa dunia online mulai berkembang. Teknologi internet pun juga maju. Saya membaca di media bahwa pengguna internet di Indonesia jumlahnya banyak. Kesimpulannya, bisnis online memiliki prospek yang baik saat ini. Karenanya, saya mulai membuka website dan berjualan di eS E N S O Rmerce.

N: Persentase penjualan offline dan online?
Y: Sembilan puluh persen penjualan masih terjadi secara offline. Sepuluh persen sisanya secara online. Kebanyakan, em>buyer offline berasal dari para reseller yang membeli grosiran. Transaksi online selalu berasal dari user atau pengguna pribadi gadget dan ponsel.

N: Berapa profit per produk yang Yuliadi dapatkan?
Y: Sekitar 10-20 persen dari harga beli awal. Sebenarnya tergantung dari keadaan satu produk di pasaran. Jika satu produk sedang langka dan sulit ditemui, saya bisa mengambil profit yang tinggi. Sebaliknya, jika produk banyak beredar di pasaran, saya menetapkan profit yang sedikit sebab banyak kompetitor yang juga menjual barang sejenis.

N: Bagaimana memaksimalkan fungsi web Original Solution untuk berbisnis?
Y: Saya tampilkan beberapa fitur, seperti produk rekomendasi yang kompetibel dengan produk yang sedang dicari buyer. Merekomendasikan produk ini memudahkan buyer dalam mencari produk yang cocok dengan gadget atau ponselnya. Ada juga fitur yang menampilkan produk-produk yang pernah dilihat sebelumnya, jika buyer mengunjungi website di lain waktu. Ini mengingatkan buyer dengan produk yang pernah ia cari sebelumnya.

N: Dari mana gagasan fitur-fitur di website ini datang?
Y: Idenya dari saya sendiri, lalu saya sampaikan pada web designer yang saya sewa jasanya untuk mengelola web. Saya mendapat ide dari website-website merek gadget dan ponsel yang aksesorinya saya jual di toko saya.

N: Bagaimana sistem customer service yang dijalankan Original Solution?
Y: Ada satu staf yang standby di depan komputer untuk menjawab setiap pertanyaan dan keluhan yang disampaikan calon buyer sebelum membeli produk. Ini penting agar buyer tidak menunggu terlalu lama untuk mendapatkan jawaban dari seller.

N: Payment system di toko online?
Y: Saat ini belum ada. Hal ini sedang dalam pengerjaan oleh pakar IT yang saya sewa jasanya. Rencananya juga akan ada fitur add-to-cart untuk memudahkan buyer berbelanja di website.

N: Efektifkah berjualan secara online?
Y: Saat ini memang masih lebih besar penjualan secara offline. Namun setiap harinya, pasti ada penjualan dari channel online. Selain dari website dan eS E N S O Rmerce, saya juga memasang iklan dengan Google AdWords.

N: Bagaimana prospek bisnis aksesori asli ini?
Y: Sangat baik. Saya optimis akan tetap baik untuk ke depannya. Perkembangan teknologi ponsel dan gadget juga membawa dampak positif bagi bisnis saya ini.

N: Bagaimana strategi menghadapi kompetitor?
Y: Bangunlah kepercayaan buyer, misalnya dengan merespon secara cepat dan mengutamakan kepuasan pelanggan. Kepercayaan buyer adalah sesuatu yang harus dibangun secara pelan-pelan. Misalnya, saya menjual barang A seharga Rp 200.000 sementara kompetitor juga menjual barang yang sama dengan harga Rp 30.000. Buyer pun bisa menilai mana yang benar-benar aksesori asli dan mana yang tidak, sekalipun kompetitor mengklaim bahwa ia juga menjual barang asli.

N: Apa tips bagi seller yang juga berbisnis produk serupa?
Y: Tampilkan foto produk dengan baik dan lengkap. Kalau perlu, bukalah produk yang dikemas dalam kotak agar buyer tahu apa saja yang akan ia dapatkan. Foto produk sangat penting dalam bisnis online karena buyer tidak bisa menyentuh produk secara langsung. Memotret produk juga harus dari berbagai sisi, posisi, dan perspektif. Tidak menampilkan foto produk yang jelas dan lengkap justru akan membuat kerja seller semakin rumit. Akan banyak buyer yang mengajukan pertanyaan tentang produk. Jika mencantumkan foto yang lengkap, kita tidak perlu repot bolak-balik menjawab buyer karena semuanya telah terpampang dalam foto.

N: Untuk ke depannya, apa ada target tertentu yang ingin dicapai?
Y: Saya bercita-cita untuk membangun modern store di mall. Selain itu, saya ingin meningkatkan bisnis di ranah online.

------------------------------------------------------------------
ditunggu agan2 calon Bob Sadino muda emoticon-Big Grin
0
6.1K
2
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan