sinoptikAvatar border
TS
sinoptik
Tidak selamanya online ticketing akan mempermudah hidup anda
Ane mo ngeshare aja sih pengalaman online ticketing kereta api. Ane biasa pake jasa salah satu web yang memang resmi melayani online reservation buat kereta api. Web ini resmi terdaftar di pt.kai bisa dicheck sendiri di web pt.kai. Dan sampai saat ini ane baru sadar kalo memang risikonya lebih parah dari yang kelihatan. Mungkin yang ada di benak kaskuser bahwa online reservation (resmi) itu akan mempermudah dalam mendapatkan tiket, dan ngga perlu susah-susah antri. Namun yang terjadi malah sebaliknya. Begini kronologinya

Jam 15.40 ane pesen tiket lewat web langganan ane. Terus jam 16.09 ane bayar ke atm, terus keluar struk pembayarannya, dan sampai sejauh ini saya ngga memperhatikan kalo ternyata transaksi tersebut gagal. Terus ane dapet notifikasi kalo transaksi tersebut gagal via sms. Di sms itu tertulis kalo waktu pembayaran sudah kadaluwarsa. Padahal belum ada satu jam dari waktu mesen tadi emoticon-Mad.

Anehnya ane masih belum yakin juga kalo memang bener-bener gagal. Logikanya kalo transaksi gagal, saldo di rekening kita pasti kagak akan terpotong. Tapi yang terjadi, saldo udah kepotong dan tiket juga kagak dapet karena kode bookingnya kagak keluar. Terus ane kontak Costumer Servicenya, tipikal CS kebanyakan, lama banget ngangkatnya dan sempat beberapa kali di reject. Tapi akhirnya kesambung juga. Terus ane komplain deh, sama CS nya.

Ane bilang aja, gimana sih kok dapet notif gagal transaksi sampai 6 kali, dan tertulis udah expired waktu pembayarannya. Terus CSnya bilang mungking itu dari banknya, emoticon-Hammer Jiah parah banget nih CS, masa ya banknya yang ngirim sms, jelas2 itu nomer GSM dan ada tulisannya silakan hubungin cs nomer berikut *****. Terus CS itu ngomong kalo waktu pembayaran belum expired dan masih bisa dicoba lagi. APA !!!! Suruh nyoba lagi? Saldo ane udah kepotong dan kagak dapet tiket, masa ya suruh nyoba lagi. emoticon-Gila

Terus ane komplain kalo transaksi gagal kok saldonya kepotong? Bingung deh tuh CS, terus langsung ngomong aja kalo sistem lagi error. Kenapa juga kagak bilang dari tadi kalo error, atau emang sengaja? Terus CS--nya ngejelasin kalo system error ntar reservasi dilakukan secara manual, dan bila seatnya masih ada nanti bukti reservasinya akan di kirim lewat email. Dan apabila seat sudah tidak tersedia maka akan di refund penuh, Gila aja nungguin sistemnya bener dan ujungnya kagak dapet tiket juga :gila

Terus ane balik nanya, terus gimana bukti pembayaran di atm? Kan kalo manual kode bookingnya beda ya?
CS-nya menjawab memang beda kode bookingnya, dan tinggal ditukarin aja bukti reservasi yang dari email ke satsiun online.
Untung ane kagak bodo2 amat langsung percaya aja sam tuh CS. Gimana ceritanya coba, nukerin tiket cuman modal printout dari email tanpa disertai bukti pembayaran dari atm emoticon-Hammer
CS-nya malah jawab gini: "bukti pembayaran yang dari ATM itu kagak bisa ditukerin sama tiket"
Ane bales lagi, "kalo biasanya saya nukarin tiket itu bukti pembayaran di atm juga ikut diserahin"
CS-nya tetep aja bilang nanti akan diproses manual dan akan di kabari lewat email. Dan disuruh nunggu. Dan terpaksa ane tutup teleponnya

Terus ane mikir lagi, dari pada ujungnya kagak jelas ane dapet tiket apa ngga, mendingan ane batalin aja. Dan ternyata proses pembatalannya pun susahnya minta ampun. Dan namanya orang jualan, CS-nya tetep ngotot suapaya di proses manual aja, karena kemungkinan kalo pesen langsung tiketnya mungkin uda habis, Tapi tetep aja ane ngotot kalo cancel dan mo refund tuh tiket.

Terus ane diminta nyebutin nomer rekening+bank+nama. Dah kelar terus disuruh nunggu. selang 45 menit kemudian CS-nya nelpon, dan bilang kalo uangnya kagak bisa ditransfer katanya nomer rekeningnya salah. WTF !!!!!!

Gimana bisa salah? selama ini ane transaksi pake nomer rekening itu normal-normal aja. Terus CS-nya bilang kalo ada nomer rekening lain misalnya B*I/B*A? Ane bilang aja kagak ada, Terusa ane ngotot suruh ngulangin lagi transfernya. Dan CS-nya pun cuman menjawab kalo kagak bisa ditransfer. Dan terpaksa ane pke nomer rekening lain selain 2 bank tadi yang disebutin, dan untung bisa. Dan akhirnya duit ane balik 100 persen.


Semoga hal ini tidak menimpa orang lain, cukup saya saja. Dan supaya tulisan saya ini bisa menjadi bahan evaluasi bagi yang merasa. emoticon-Big Grin


Quote:

Ini webnya udah terdaftar di pt. kai, makanya ane percaya. Selain itu ini juga lewat fastpay via atm. Kalo ada waktu pasti saya beli langsung gan, emoticon-Big Grin
Diubah oleh sinoptik 15-05-2013 16:33
0
2.4K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan